Cara Mengisi Kuota Smartfren dengan Voucher

Cara Mengisi Kuota Smartfren dengan Voucher Terbaru Tahun Ini

Cara Mengisi Kuota Smartfren dengan Voucher – Sampai saat ini, paket kuota internet memang masih banyak orang yang memilih untuk menggunakannya. Alasannya tentu beragam, namun yang pasti karena penggunaan internet seperti ini dapat diakses kapan dan di mana saja.

Meski seperti itu, namanya juga kuota internet, pasti memiliki batasnya sendiri. Sehingga jika kuota sudah habis, maka kita tentu harus mengisi ulangnya kembali agar bisa digunakan. Hal ini berlaku untuk semua provider yang menyediakan paket kuota untuk penggunanya.

Misalnya saja provider Smartfren. Ada banyak pilihan cara yang bisa digunakan oleh pengguna kartu Smartfren untuk mengisi ulang kuota yang sudah habis. Salah satu isi ulang kuota yang paling mudah dari Smartfren adalah dengan menggunakan voucher.

Voucher dari Smartfren juga dikenal mempunyai banyak pilihan kuota, mulai dari paket GSM, 4G, kuota malam, unlimited sampai dengan kuota lokal. Namun yang jadi masalahnya itu, ternyata masih banyak dari kita yang belum tahu bagaimana cara mengisi kuota Smartfren dengan voucher yang sudah di beli.

Jika memang masalah yang kalian hadapi seperti itu, maka tidak perlu khawatir karena di sini saya akan menjelaskannya caranya untuk kalian.

Cara Mengisi Kuota Smartfren Dengan Voucher

Sebelum kalian mulai membeli voucher, ada baiknya kalian coba cek kuota Smartfren yang di miliki terlebih dahulu. Karena tanda-tanda kuota habis itu sama seperti saat operator smartfren gangguan, lho. Di mana kita tidak bisa mengakses apapun di internet dan notifikasi dari beberapa aplikasi juga sering tidak muncul.

Jika setelah kalian sudah mengeceknya dan ternyata memang benar kuota Smartfren kalian sudah habis, maka kalian bisa mengisi ulangnya. Untuk mengisi ulang kuota Smartfren dengan voucher itu tidaklah sulit, karena saat ini sudah ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian pilih:

1. Mengisi Kuota Smartfren Dengan Voucher Via SMS

Mengisi Kuota Smartfren Dengan Voucher Via SMS

Cara yang paling mudah pertama saat kalian ingin mengisi ulang kuota Smartfren adalah menggunakan SMS. Karena operator Smartfren memang sudah menyediakan beragam format yang bisa digunakan oleh semua penggunanya untuk mengakses suatu fitur tertentu.

Nah, dengan format yang sudah di sediakan oleh pihak Smartfren, kita bisa menngunakannya untuk keperluan mengisi ulang kuota.

Begini cara mengisi ulang kuota Smartfren dengan Voucher via SMS:

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP.
  2. Lalu kalian pilih Buat Pesan Baru.
  3. Isikan format Isi(spasi)16 Digit Kode Voucher Smartfren.
  4. Setelah selesai, pilih kirim ke 999.

Contoh penulisannya seperti ini, Isi 0001234567898765 dan setelah itu kirim ke nomor 999.

Setelah berhasil terkirim, kalian hanya perlu menunggu beberapa saat saja sampai Smartfren mengirimkan kalian notifikasi melalui SMS kalau kuota berhasil diaktifkan.

2. Cara Isi Kuota Smartfren Melalui Kode USSD

Cara Isi Kuota Smartfren Melalui Kode USSD

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan saat ingin mengisi ulang kuota Smartfren adalah dengan memakai kode USSD. Kode USSD ini juga merupakan sebuah kode unik yang disediakan oleh setiap operator seluler dengan nomor yang berbeda-beda.

Meski kode setiap provider itu berbeda, namun secara fungsinya masih tetap sama. Misalnya saja seperti mengecek nomor, cek pulsa, cek paket, berhenti paket internet, transfer pulsa dan lainnya.

Nah, untuk operator Smartfren, mengisi ulang kuota dengan voucher juga bisa dilakukan dengan menggunakan kode USSD.

Caranya tidak sulit, begini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP.
  2. Lalu pada keyboard ketikan kode *999*Kode Voucher#.
  3. Setelah itu, tap menu Panggil.
  4. Terakhir akan muncul pop-up “Transaksi sedang di proses“.
  5. Pilih saja OK.

Sekarang kalian hanya perlu menunggu sampai ada notifikasi masuk dari Smartfren melalui SMS. Biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama, itu kalau di tempat kalian memang tidak sedang terjadi gangguan.

3. Isi Ulang Kuota Smartfren Dengan Voucher Lewat Aplikasi

Isi Ulang Kuota Smartfren Dengan Voucher Lewat Aplikasi

Untuk kalian pengguna kartu Smartfren yang sudah lama, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi MySmartfren. Di mana aplikasi ini memang sengaja di hadirkan oleh Smartfren untuk memudahkan semua penggunanya untuk mengakses semua layanannya.

Di dalam aplikasi MySmartfren juga sudah tersedia banyak fitur yang akan membantu kalian dalam segala hal yang berhubungan dengan Smartfren. Selain itu, ketika tidak bisa cek pulsa menggunakan kode USSD ataupun SMS, maka kalian bisa memakai aplikasi ini.

Namun tidak hanya sebatas itu saja sih, karena kita juga bisa memakai aplikasi Smartfren untuk mengisi kuota yang sudah habis dengan voucher. Penasaran? Berikut cara lengkapnya untuk kalian:

  • Pastikan kalian sudah mempunyai aplikasi MySmartfren di HP.
  • Jika belum login, maka login terlebih dahulu dengan nomor Smartfren kalian.
  • Apabila sudah, langsung saja pilih menu Top Up di halaman utama.
  • Setelah itu, pilih menu Voucher.
  • Pada kolom yang tersedia, kalian masukkan nomor voucher yang dimiliki.
  • Terakhir klik Kirim atau Konfirmasi.

4. Cara Mengisi Kuota Smartfren Dengan Voucher Lewat Situs

 

Untuk cara yang terakhir ini saya rasa belum banyak pengguna Smartfren tahu, deh. Mungkin karena banyak yang menganggap kalau situs website Smartfren hanya berfungsi untuk membagi informasi, seperti promo paket data dan lainnya.

Padahal kita tidak hanya bisa mengakses informasi saja, lho. Karena saat ini kita sudah bisa mengisi ulang kuota Smartfren secara langsung di dalam situs resminya. Selain itu, kalian juga bisa mengakses situs web Smartfren dari perangkat apapun, seperti HP, komputer ataupun laptop.

Jika kalian berminat, berikut proses lengkapnya:

  1. Pertama buka browser pada perangkat.
  2. Lalu kunjungi situs resmi Smartfren (my.smartfren.com).
  3. Login dengan akun yang sudah kalian buat, jika belum maka kalian bisa klik Daftar.
  4. Isikan semua data yang di minta, lalu klik menu Lanjutkan.
  5. Di halaman utama, kalian klik menu Top Up.
  6. Setelah itu pilih Voucher.
  7. Masukkan voucher yang sudah kalian miliki.
  8. Terakhir tinggal tap menu Isi Ulang.

Selesai dan sekarang kalian hanya perlu menunggu sampai proses transaksi selesai. Nanti kalian juga akan mendapatkan notifikasi dari pihak Smartfren kalau isi ulang kuota telah berhasil melalui SMS.

Kenapa Tidak Bisa Isi Kuota Smartfren Dengan Voucher?

Memang tidak semua hal yang kita kerjakan akan berjalan sesuai dengan apa yang sudah kita harapkan, karena bisa saja terjadi kegagalan. Begitu juga saat kita ingin mengisi ulang kuota Smartfren yang habis dengan voucher, bisa saja prosesnya mengalami masalah.

Secara umum, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gagalnya isi ulang kuota Smartfren menggunakan voucher di antaranya adalah:

  1. Kode voucher yang kalian masukkan salah.
  2. Voucher sudah pernah digunakan sebelumnya.
  3. Ponsel belum VoLTE.
  4. Format isi ulang yang kalian pakai tidak cocok.
  5. Nomor kalian terblokir.
  6. Masa aktif kartu sudah habis / sedang dalam masa tenggang.

Solusinya, kalian bisa mengecek format dan nomor voucher yang sudah di masukkan sebelumnya. Pastikan tidak ada format dan angka yang berbeda dari voucher yang kalian masukkan. Jika format dan angka yang kalian masukan sudah sesuai tapi isi ulang voucher masih tetap gagal, maka periksa dulu masa aktif kartu kalian.

Karena kemungkinan besar, jika masa aktif kartu kalian sudah habis atau dalam masa tenggang bisa menjadi penyebabnya.

Apabila masih tidak bisa, maka solusi terakhir adalah dengan menghubungi tempat yang menjual voucher tersebut. Mungkin saja voucher yang kalian beli sudah tidak aktif, atau ada masalah lain yang mungkin sulit untuk saya jelaskan.

Penutup

Bagaimana, sangat gampang bukan? Apalagi kalian bisa memilih cara mana saja yang menurut kalian mudah untuk melakukan isi ulang kuota dengan voucher.

Mungkin demikian tutorial yang bisa saya sampaikan hari ini untuk kalian tentang cara mengisi ulang kuota Smartfren dengan voucher. Jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal-hal yang kurang jelas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.