Cara Cek Smartfren Gangguan

Cara Cek Jaringan Smartfren Gangguan Hari Ini

Cara Cek Smartfren Gangguan – Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan provider Smartfren, apalagi orang yang doyan internetan unlimited tiap hari. Saat ini di Indonesia sendiri, Smartfren juga merupakan salah satu operator seluler yang sangat di rekomendasikan.

Tentu bukan tanpa asalan, karena Smartfren di kenal memiliki layanan jaringan yang bisa di katakan stabil di beberapa daerah. Begitu juga kalau kita membicarakan kecepatan jaringannya. Di mana speed yang di tawarkan oleh Smartfren itu bisa di katakan sangat kencang dan tidak kalah dari operator lainnya.

Bahkan tidak sedikit juga pengguna setia Smartfren yang sharing di media sosial, kalau kecepatan internet yang di tawarkan oleh Smartfren sangat bagus. Beberapa dari mereka juga ada yang pernah mengetes jaringan dari Smartfren dan tembus di 15MBps.

Wah, itu bisa di katakan cukup cepat bukan?

Namun perlu untuk kalian ketahui juga, namanya juga provider seluler yang tentu bisa mengalami masalah kapan saja. Entah masalah itu terjadi karena infrastruktur atau penyebab lainnya.

Ketika Smartfren Gangguan, tentu akan menjadi salah satu masalah yang cukup besar, bukan? Meski merupakan masalah yang umum, namun tetap saja ini mengganggu kita sebagai penggunanya.

Ciri-ciri Jaringan Smartfren Gangguan

Sekarang ini mungkin akan sedikit sulit untuk sebagian orang melihat apakah jaringan Smartfren gangguan atau tidak. Karena biasanya kondisi tersebut terkadang tidak bisa kita ketahui secara langsung, seperti masalah Smartfren yang tidak bisa cek pulsa, misalnya.

Namun pada dasarnya, ada beberapa ciri-ciri yang dapat kalian lihat ketika provider Smartfren mengalami gangguan. Diantaranya itu adalah sebagai berikut:

1. Internet pada HP tidak akan berjalan

Ciri-ciri ketika sinyal Smartfren Gangguan yang paling jelas itu dapat kalian lihat ketika Internet tiba-tiba terputus dan tidak bisa tersambung kembali. Kondisi ini juga biasanya yang paling umum dan sering dialami oleh sebagian pengguna.

2. Internet berjalan, namun sangat lambat

Biasanya saat jaringan Smartfren hilang atau sedang gangguan, internet pada ponsel kita memang masih tetap berjalan tapi sangat lambat dari biasanya. Masalah seperti ini umumnya akan terlihat ketika kita membuka aplikasi sosial media ataupun Youtube.

3. Ping sangat tinggi, kadang-kadang sampai timed out

Kondisi yang menandakan ketika sedang terjadi masalah pada jaringan Smartfren, juga bisa di tandai dengan ping yang tinggi. Biasanya hal ini akan terasa ketika kalian bermain game online Android, seperti ML atau PUBG.

4. Internet terputus dengan sendirinya

Selain masalah tadi, ciri-ciri lain yang menandakan jaringan Smartfren mengalami masalah adalah internet pada ponsel yang tiba-tiba terputus dengan sendirinya.

Mungkin ciri-cirinya masih banyak dan biasa saja masing-masing pengguna mengalami kondisi yang berbeda-beda. Tapi, secara umunya itu, saat jaringan Smartfren mengalami gangguan maka kondisi yang terjadi biasanya seperti yang saya sebutkan tadi.

Ketika sedang gangguan, semua keluhan tadi akan terjadi meskupun sisa kuota kalian masih banyak dan sinyal pada HP menandakan 4G. Selain itu, ciri-ciri di atasi sebenarnya tidak hanya berlaku bagi kartu Smartfren saja, melainkan juga untuk provider lainnya.

Cara Cek Jaringan Smartfren Gangguan atau Tidak Hari Ini

Bagi kalian yang mungkin sampai saat ini belum tahu, tentang bagaimana cara mengecek jaringan Smartfren yang gangguan, maka tidak usah khawatir. Karena ada beberapa cara yang dapat di lakukan, ketika ingin tahu apakah smartfren sedang gangguan hari ini atau tidak.

Penasaran bagaimana cara mengetahuinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Lewat Halaman Twitter Smartfren

Cek Jaringan Smartfren Gangguan Lewat Halaman Twitter Smartfren

Sama seperti provider lainnya, di mana Smartfren juga mempunyai halaman resmi di Twitter. Dengan adanya akun tersebut, kalian sebenarnya tidak hanya bisa mendapatkan promo menarik dari Smartfren, tapi juga bisa berkunsultasi dengan pihak stafnya.

Nah, apabila kalian mempunyai akun Twitter, maka bisa mencoba mengunjungi akun resmu Smartfren disana. Untuk halamanya itu bisa cari di @smartfrencare dan kalian bisa langsung men-Tweet nya.

2. Melalui Akun Facebook Smartfren

Tidak hanya di Twitter saja, namun Smartfren juga memiliki halaman resmi di Facebook. Pada Fanspage resmi Smartfren di Facebook, kalian juga tidak hanya bisa mendapatkan banyak promo menarik, tapi juga bisa mendapatkan informasi penting di sana.

Jadi, jika saat ini kartu Smartfren di ponsel kalian mengalami gangguan, maka bisa mencoba untuk mengunjungi Fanspage resmi dari Smartfren di Facebook. Untuk nama Fanspage dari Smartfren, kalian dapat mencarinya dengan kata kunci @smartfren.

Di sana kalian bisa mengomentari salah satu kiriman dari Smartfren, atau bisa juga dengan mengirimkannya sebuah pesan mengenai kendala yang kalian alami saat ini. Selain itu, penting juga untuk menyertakan lokasi tempat kalian berada saat ini.

3. Lewat Akun Istagram Smartfren

Cek Jaringan Smartfren Gangguan Lewat Akun Istagram Smartfren

Apabila kalian tidak terlalu sering menggunakan Twitter ataupun Facebook, maka bisa coba memakai aplikasi Instagram. Karena saat ini, Smartfren juga sudah mempunyai akun resmi di Instagram.

Untuk akun resmi Smartfren di Instagram itu ada dua, lho.

  • @smartfrenworld.
  • @smartfrencare.

Jika saat ini kalian mempunyai keluhan, maka bisa menyampaikannya dengan memilih salah satu dari kedua akun resmi Smartfren. Di sana kalian juga bisa mengirimkan DM.

Agar lebih lengkap, jangan lupa untuk menyertakan lokasi, waktu dan juga hal-hal yang sekiranya itu perlu untuk di sampaikan. Setelah sudah, kalian tinggal menunggu balasan dari staf Smartfren lewat DM.

Biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama dan staf Smartfren akan mengirimkan kalian informasi terkait masalah yang sedang di alami.

4. Cek Smartfren Gangguan Melalui Website Berita

Cek Smartfren Gangguan Melalui Website Berita

Cara cek yang selanjutnya, kalian juga bisa memastikan apakah provider (termasuk Smartfren) memang sedang gangguan atau tidak melalui situs berita. Karena umumnya, jika terjadi gangguan secara nasional, maka banyak jurnalis yang akan membuat berita tentang hal tersebut.

Maka dari itu, kalian bisa mengunjungi salah satu situs berita yang terpecaya pastinya. Atau kalian bisa menggunakan kolom berita yang ada di Google dengan kata kunci “Smartfren gangguan”.

5. Langsung Lewat Halaman Resmi Smartfren

Sebagai tambahan, agar bisa memastikan kalau sinyal Smartfren di tempat kalian sedang gangguan atau tidak, bisa lengsung memastikannya lewat halaman resminya.

Di situs resminya Smartfren, kalian tidak hanya bisa menemukan berbagai promo-promo manarik tapi juga bisa mendapatkan informasi mengenai layanan yang di pakai. Nah, pada halaman ini, kalian bisa menanyakan mengenai masalah yang sedang di alami dengan lebih cepat.

Jika kalian ingin mencobanya, maka bisa membuka halaman resminya di sini. Pada halaman utama, kalian dapat langsung memilih LiveChat yang ada di pojok kiri bawah layar.

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Gangguan

Mungkin untuk cara yang akan saya sampaikan di sini itu sebenarnya di luar dari solusi yang diberikan oleh pihak Smartfren. Hal ini karena saya pribadi pernah mengalaminya dan hari ini saya akan membagikan beberapa solusi yang mungkin bisa di coba ketika jaringan smartfren hilang atau sedang gangguan.

Solusi ini sebenarnya sangat mudah untuk kalian lakukan, sebab kalian tidak perlu mengganti ponsel ataupun mengganti kartu Smartfren yang di pakai.

Penasaran caranya? Berikut beberapa tips untuk mengatasi Smartfren yang sedang mengalami gangguan:

1. Perksa Kondisi Jaringan Pada HP

Yang paling penting untuk kalian lakukan itu adalah mengecek kondisi jaringan pada HP. Hal ini sangatlah penting, karena jaringan yang mengalami masalah itu dapat diindikasikan dengan kondisi sinyal yang naik turun, bahkan bisa sampai tidak ada sama sekali.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa respon dari internet Smartfren pada ponsel kalian. Solusinya, kalian bisa mencoba untuk pindah ke tempat yang kiri-kira sinyal lebih bagus dari sebelumnya. Dengan melakukah hal tersebut, biasanya sudah cukup bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi.

2. Aktifkan Fitur Air Plane Mode

Mungkin tidak banyak orang yang sadar, kalau fitur Air Plane Mode itu bisa membantu kita saat jaringan di HP mengalami masalah atau hilang. Meski terlihat sepele, namun saya sudah pernah mencobanya dan hasilnya sinyal Smartfren yang sebelumnya hilang bisa muncul kembali.

Karena dengan mengaktifkan fitur Air Plane Mode (mode pesawat), maka jaringan pada HP akan di refresh. Untuk caranya itu seperti ini:

  • Pastikan data seluler pada HP masih sedang aktif.
  • Lalu aktifkan langsung mode pesawat dan tunggu beberapa menit saja.
  • Setelah itu, nonaktifkan kembli mode pesawat tadi.
  • Kemudian kalian cek kembali internet pada HP.

3. Atur Pengaturan APN Smartfren

Sebenarnya dengan cara di atas itu sudah bisa memulihkan sinyal smartfren yang hilang pada HP. Tapi jika ternyata masih belum, maka kalian bisa mencoba merubah pengaturan APN Smartfren pada ponsel.

Jika kalian belum tahu caranya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu masuk ke pengaturan Jaringan.
  3. Kemudian pilih APN.
  4. Kalian bisa membuat APN Smartfren baru di sana.
  5. Jika sudah, tinggal Save dan jangan lupa untuk mengaktifkannya.

4. Hubungi Customer Service Smartfren

Sebenarnya, cara yang selanjutnya ini masih sejalan dengan apa yang sudah saya bahas ke kalian tadi. Dengan melalui media sosial dan halaman resminya, berarti kalian sudah menghubungi customer service Smartfren. Namun karena itu hanya sebagian cara saja, maka selanjutnya di sini saja akan menambahkannya lagi.

Nah, cara lain yang dapat kalian lakukan untuk menghubungi custemer service Smartfren adalah dengan menelepon ke nomor call center-nya.

  • Melalui PSTN di 021 – 50100000.
  • Atau melalui nomor lain di +62 8811223344.

5. Tunggu Sampai Jaringan Smartfren Normal Kembali

Cara yang paling gampang untuk mengatasi masalah jaringan Smartfren yang sedang gangguan adalah menunggu sampai normal kembali. Biasanya gangguan yang terjadi dari pusatnya itu tidak lama, kok. Umumnya hanya berlangsung beberapa menit, meski terkadang juga pernah sampai beberapa jam.

Tapi, intinya itu tidak permanen tentunya. Jadi, dalam beberapa waktu kedepan, jaringan Smartfren pasti akan pulih kembali seperti semula. Namun dalam artian masalah ini memang bersumber dari operator Smartfren dan buka dari ponsel kalian, ya.

Kenapa Jaringan Smartfren Hari Ini Gangguan?

Hampir setiap waktu, kita membutuhkan HP untuk mendukung semua aktivitas sehari-hari, mulai dari kebutuhan pekerjaan sampai dengan hiburan. Oleh karena itu, tidak sedikit juga orang yang merasa kesal saat jaringan operator yang mereka gunakan mengalami gangguan, termasuk Smartfren.

Lalu kenapa jaringan Smartfren hari ini Gangguan? Karena tentu ada banyak penyebab yang membuatnya mengalami gangguan, seperti sedang ada perbaikan pada jaringan, faktor cuaca buruk sampai kartu SIM Smartfren yang di gunakan bermasalah.

Tapi yang paling sering menjadi penyebabnya adalah faktor cuaca dan layanan yang di sediakan oleh provider Smartfren.

Penutup

Mungkin untuk saat ini cukup sampai di situ saja ulasan yang bisa saya sampaikan tentang cara cek jaringan Smartfren gangguan atau tidak hari ini. Selain itu, semoga juga dengan beberapa solusi tadi itu bisa membantu kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah yang sama.

Sebenarnya, saya pribadi juga sudah lama menggunakan provider Smartfren. Selain karena internetnya yang kencang, paket data yang di berikan juga sangat menggoda, terutama untuk paket kuota malam. Namun, untuk masalah gangguan atau tidaknya itu, selama ini saya rasa sangat jarang terjadi, kok.

Semoga bermanfaat untuk kalian semuanya, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.