Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Update 2021

Apakah saat ini kalian sedang bingung saat ingin menambahkan lokasi di Google Maps? Jika memang iya, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat, karena di sini saya akan menjelaskan caranya untuk kalian secara lengkap dan pastinya mudah untuk dipahami.

Berbicara mengenai Google Maps, mungkin dari kalian sudah tahu kalau itu merupakan salah satu produk terbaik dari Google. Google Maps mempunyai fungsi yang cukup penting, seperti menunjukkan jalan, toko, tempat sampai lokasi keberadaan seseorang.

Jadi, dengan menambahkan suatu tempat ke Google Maps, maka orang lain akan dengan mudah menemukan lokasi kita. Hal ini juga sangat cocok sekali bagi kalian yang menginginkan orang-orang bisa dengan mudah menemukan lokasi dari bisnis yang dimiliki.

Masalahnya, bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps? Karena menambahkan lokasi di Google Maps itu tidaklah sama seperti ketika kita sedang mencari lokasi. Karena yang pasti, prosesnya itu jauh berbeda dan di sini saya akan membagikan tutorialnya untuk kalian.

Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP

Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP

Untuk sekarang ini, sebenarnya kita sudah bisa dengan mudah menambahkan lokasi di Google Maps hanya dengan bermodalkan smartphone. Karena Google sendiri juga sudah menyediakan sebuah aplikasi yang bisa di gunakan oleh semua orang.

Aplikasi ini bernama Google Maps dan merupakan aplikasi yang tidak hanya bisa kalian gunakan untuk mencari lokasi tapi juga bisa dipakai untuk menambahkan lokasi. Namun masing-masing smartphone memiliki cara yang berbeda-beda, ya.

1. Cara Membuat Lokasi Google Maps di Android

  • Install aplikasi Google Maps di Play Store.
  • Lalu hidupkan GPS pada HP Android.
  • Buka aplikasi dan masuk dengan akun Google yang dimiliki.
  • Di halaman utama, kalian klik saja menu Kontribusi yang ada di bawah layar.
  • Setelah itu pilih menu Tambahkan Tempat.
  • Di halaman ini kalian isi saja data yang di minta, seperti nama, kategori, alamat dan lainnya.
  • Jika sudah selesai, tap menu Selesai atau ikon panah di atas layar.

Selesai, kalian sudah berhasil menambahkan alamat di Google Maps melalui perangkat Android. Sekarang kalian hanya perlu menunggu Google selesai me-review alamat yang sudah kalian buat tadi. Nanti jika berhasil, kalian akan memperoleh notifikasi dari Google.

2. Cara Membuat Lokasi di Google Maps iPhone

  • Download dulu aplikasi Google Maps di App Store.
  • Berikutnya hidupkan GPS pada iPhone.
  • Lalu buka aplikasi Google Maps dan login dengan akun Gmail.
  • Pada halaman depan, ketuk menu di pojok kiri atas, gulir kebawah dan pilih opsi Add a Missing Place.
  • Jika sudah, pilih Add A Place.
  • Isi semua data yang di perlukan dengan teliti.
  • Terakhir tap ikon panah di pojok kanan atas jika sudah selesai.

Sama seperti di Android, pada iPhone kalian juga wajib menunggu Google selesai me-review alamat yang sudah di masukkan tadi. Semakin lengkap data yang kalian masukkan tadi, maka semakin cepat proses review selesai.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Lewat Komputer

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Lewat Komputer

Selain melalui smartphone, kalian juga bisa menambahkan lokasi di Google Maps lewat komputer atau laptop. Namun untuk cara ini, kalian tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi seperti di smartphone tadi, tapi kalian hanya perlu membuka situs Google Maps saja.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pastikan komputer atau laptop sudah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Lalu buka Browser, bisa Chrome atau Mozilla Firefox.
  3. Berikutnya kunjungi situs Google Maps.
  4. Login dengan akun Google yang kalian gunakan.
  5. Ketuk ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  6. Gulir kebawah, cari menu Tambahkan Tempat.
  7. Pada halaman ini, kalian isikan data yang diperlukan.
  8. Jika sudah selesai, klik saja menu Kirim.

Sekarang kalian hanya perlu menunggu hasil review dari Google untuk penambahan alamat yang kalian lakukan. Prosesnya biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lama, jadi kalian harap sabar menunggu.

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Google saat ini juga sudah menyediakan sebuah sarana untuk mereka yang memiliki bisnis agar bisa menambahkannya ke Google Maps. Dengan begitu, orang-orang akan lebih mudah menemukan tempat atau lokasi bisnis yang kalian miliki.

Untuk menambahkan lokasi bisnis di Google maps, kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang juga merupakan milik Google. Aplikasi ini bernama Google My Business dan bisa kalian dapatkan di Google Play Store dan di App Store atau mengunjungi situs websitenya.

Untuk tutorial kali ini, saya akan menggunakan situs Google My Business. Karena prosesnya lebih mudah dan kita tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi lagi. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Buka browser pada HP atau komputer.
  2. Pastikan perangkat sudah terhubung dengan jaringan internet.
  3. Lalu login dengan akun Google yang kalian miliki.
  4. Di halaman utama, pilih menu Manage Locations.
  5. Setelah itu, pilih Add Location.
  6. Lanjut pilih Add Single Location yang ada di sebelah kanan.
  7. Sekarang ketikan dulu nama bisnis kalian di kolom pencarian. Ini bertujuan untuk memastikan apakah tempat bisnis kalian sudah ada di database Google atau belum.
  8. Jika ternyata sudah ada, maka kalian bisa langsung meng-klik menu Klaim di hasil pencarian.
  9. Namun jika belum, kalian pilih menu Create a Business With This Name.
  10. Selanjutnya isikan data yang di perlukan.
  11. Jika sudah selesai semuanya, kalian tinggal pilih metode verifikasi yang di inginkan.

Selesai, sekarang kalian hanya perlu menunggu kode verifikasi yang di kirim oleh Google melalui POS. Jika nanti surat tersebut sudah kalian terima, maka kalian tinggal memasukkan kode verifikasi yang ada pada surat kedalam Google My Business.

Fitur Google My Business

Berikut ini adalah beberapa daftar fitur yang ada di dalam Google My Business yang bisa kalian gunakan jika tempat usahamu sudah terverifikasi.

  1. Fitur mengubah jam operasional atau menambahkan jam-jam khusus.
  2. Membalas komentar yang di kirimkan oleh pelanggan di Google.
  3. Menambahkan foto profil, cover dan produk yang di miliki dengan mudah.
  4. Membuat sebuah postingan yang nantinya akan tampil di hasil pencarian Google saat seseorang mencari lokasi bisnis yang kalian miliki.
  5. Dan masih banyak lagi fitur keren lainnya.

Cara Menghapus Lokasi di Google Maps

Cara Menghapus Lokasi di Google Maps

Selain menambahkan lokasi, di sini saya juga akan menjelaskan ke kalian cara untuk menghapus lokasi di Google Maps yang sudah di buat sebelumnya.

Caranya juga tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan, meski masih pemula sekalipun. Berikut langkah-langkah menghapus lokasi di Google Maps:

  • Buka situs Google Maps di HP atau di PC.
  • Login dengan akun yang kalian pakai mendaftarkan lokasi sebelumnya.
  • Pada peta yang tampil di halaman depan, kalian pilih lokasi yang hendak di hapus.
  • Klik menu Sarankan Edit yang ada di sebelah kiri.
  • Lalu pilih Tutup atau Hapus.
  • Ikuti petunjuk yang tampil pada layar.
  • Setelah selesai, kalian klik menu Kirim.

Jika formulir permintaan sudah kalian kirimkan, maka Google akan meninjaunya terlebih dahulu. Prosesnya bisa memakan waktu yang sedikit lama, jadi kalian harap sabar menunggunya.

Apabila berhasil, biasanya Google akan mengirimkan notifikasi ke alam email yang kalian gunakan sebelumnya.

Kenapa Sudah Menambahkan Tempat di Google Maps Tapi Tidak Muncul?

Sampai saat ini saya masih sering mendengar pertanyaan, kenapa tempat yang saya buat di Google Maps tidak muncul? Padahal di hasil pencarian Google sudah terlihat dengan jelas.

Masalah itu memang sudah sering terjadi, meski alamat bisnis kalian sudah diverifikasi, namun tidak akan ada jaminan 100% alamat tersebut akan selalu muncul di Peta Dasar (Google Maps). Karena seperti yang saya baca di situs resmi Google, kemunculan tempat label di Maps dan penelusuran itu akan di tentukan oleh algoritma Google sendiri.

Biasanya itu bergantung pada sejumlah faktor dasar, seperti akurasi informasi bisnis, popularitas bisnis serta kekayaan konten yang berhubungan dengan bisnis itu sendiri. Selain itu, dalam beberapa kasus proses kemunculan likasi bisnis yang di tambahan juga bisa memakan waktu lama meskipun sudah terverifikasi.

Penutup

Jadi, itulah beberapa cara menambahkan lokasi di Google Maps yang bisa saya rangkumkan untuk  kalian hari ini. Kalian bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang mungkin menurut kalian mudah untuk dilakukan.

Seperti biasanya, jika ada hal yang kurang di mengerti atau ada pertanyaan seputar informasi di atas, maka kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membatu kalian jika mengalami masalah saat mengikuti tutorial yang saya jelaskan.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.