5+ Arti Paket Unlimited Internet

Arti Paket Unlimited Internet

Arti Paket Unlimited – Di zaman sekarang ini, penggunaan paket data seluler untuk mengakses internet masih menjadi pilihan utama. Selain karena lebih terjangkau, mukin penggunaan paket data seluler dirasa lebih efisien oleh sebagaian orang.

Melihat kebutuhan paket data seluler semakin hari terus mengalami peningkatan, ternyata tiap operator mulai berbondong-bondong menawarkan paket internet terbaiknya. Hal ini juga akan membuat para pengguna internet lebih memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan paket yang sesuai kebutuhanya.

Menariknya lagi, seiring berjalannya waktu, harga paket internet tersebut semakin terjangkau saja. Tidak hanya sampai di situ saja, jumlah kuota yang di berikan juga semakin besar dari sebelumnya.

Bahkan tidak jarang juga, kalau diantara beberapa operator seluler yang ada saat ini, mulai banyak menawarkan layanan paket internet unlimited. Hal ini jelas menimbulkan banyak pertanyaan bagi para pengguna yang mungkin masih belum paham, tentang apa yang di maksud dari paket unlimited internet ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Paket Internet Unlimited?

Maksudnya, paket internet yang akan kalian dapatkan itu tidak ada batasan kuota sama sekali, alias unlimited setiap harinya. Meski begitu, kalian hanya bisa mengakses layanan internet dengan kecepatan terbatas, entah itu di 1Mbps atau 3Mbps saja. Walaupun tidak ada batasan jumlah kuota, tapi paket internet unlimited tetap memiliki masa aktif seperti layanan lainnya.

Walaupun masih ada yang belum mengerti maksudnya, pada dasarnya paket internet unlimited itu sudah hadir sejak lama. Dimana paket unlimited itu mulai muncul pada tahun 2010 atau 2011 kalau tidak salah, atau mungkin sudah ada sebelum itu.

Wah, ternyata lama juga ya!

Kata “unlimited” sendiri itu diambil dari bahasa Inggris yang artinya tidak terbatas. Tapi, apakah benar tidak terbatas?

Nah, agar kalian semakin mengerti dengan kata unlimited yang ada di setiap layanan paket data itu sebenarnya dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Karena masing-masing operator seperti XL, Indosat, Telkomsel, Tri tentu mempunyai janis layanan unlimited yang berbeda.

Untuk kalian yang mungkin saat ini masih belum paham dengan arti paket internet unlimited, maka bisa langsung menyimak penjelasannya di bawah ini:

1. Paket Internet Unlimited Kuota

Maksud dari unlimited kuota di sini itu adalah paket dengan kuota yang diakumulasikan ke waktu selanjutnya mulai dari awal pembelian. Biasanya paket ini tidak ada di semua provider dan hanya beberapa operator yang sampai saat ini masih menyediakannya.

Agar kalian semakin paham, contohnya adalah seperti ini:

  • Pada bulan November kalian mendapatkan kuota sebesar 10GB.
  • Jika kuota tersebut habis, maka kalian tidak usah khawatir, karena di bulan berikutnya (Desember) kalian akan mendapatkan lagi kuota sebesar 10GB.
  • Tapi jika di bulan November ternyata kuota 10GB itu habis duluan, maka kalian harus menunggu sampai bulan Desember datang.

Tapi, pengertian tersebut sebenarnya bisa saja benar dan bisa juga tidak, karena tergantung dari sisi mana kalian melihatnya.

Secara kita masih menggunakan kuota reguler, namun karena itu di akumulasikan, jadi bisa dibilang juga sebagai paket unlimited internet.

2. Paket Unlimited Dengan FUP

Ini merupakan salah satu jenis paket internet unlimited yang sangat umum kita temukan di setiap operator.

 

Kata FUP tersebut adalah Fair Usage Policy, atau jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia itu artinya penggunaan wajar.

Sistem FUP sebenarnya juga menggunakan kuota, di mana pada saat kuota FUP tersebut sudah habis di pakai, layanan internet masih bisa digunakan, tapi kecepatannya itu yang akan mengalami penurunan.

Untuk contohnya itu seperti berikut:

  • Contohnya saja saat kalian membeli paket unlimited dengan kecepatan yang biasanya tidak di batasi dan kuota FUP sebesar 5GB.
  • Pada saat FUP tersebut masih ada, kecepatan yang akan kalian dapatkan bisa mencapai 20Mbps dan bisa lebih cepat lagi.
  • Tapi, jika kuota FUP itu habis, maka kecepatan yang akan kalian dapatkan mulai dibatasi oleh operator. Sehingga kalian tidak bisa menikmati internet dengan kecepatan 20Mbps lagi dan biasanya hanya ada di 512KBps saja.

Bagi kalian yang suka bermain game ataupun streaming, jelas paket unlimited ini tidak cocok untuk digunakan.

3. Paket Unlimited Dengan Batasan Speed

Jika tadi itu kalian dibatasi oleh kuota FUP, maka lain dengan yang ini. Karena kalian akan dibatasi oleh kecepatan (speed) di setiap akses internetnya. Tentunya tidak sama, ya.

Maksud dari paket unlimited dengan batasan speed itu adalah jumlah kuota yang kamu dapatkan memang tidak terbatas. Namun disini yang akan menjadi batasannya adalah kecepatan dalam mengakses internet. Contohnya, hanya 3Mbps atau 5Mbps saja tanpa ada kenaikan ataupun penurunan selama paket tersebut masih aktif.

Jadi, ini sangat cocok untuk kalian yang suka streaming ataupun menonton drama korea, karena tidak ada batasan kuota.

4. Paket Dengan Masa Aktif Selama Waktu Tertentu

Secara umum, untuk paket dengan masa aktif yang satu ini, biasanya tidak akan terikat dengan batasan speed ataupun jumlah kuota seperti FUP.

Namun ada tapinya, paket internet unlimited sejenis ini sangat jarang bisa kita temukan saat ini. Biasanya paket ini hanya ada dalam periode singkat saja. Contohnya itu seperti, 1 hari, 2, hari atau 3 hari dan seterusnya. Namun sampai saat ini masih belum ada yang menyediakan dalam janga waktu bulanan ataupun tahunan.

Untuk masalah harga, biasanya jenis paket yang satu ini berada di rentang harga yang lebih murah dari daftar paket internet lainnya.

5. Paket Unlimited Khusus Situs Tertentu

Selain deretan jenis paket di atas, untuk paket unlimited ini juga termasuk yang paling umum di temukan pada setiap operator. Yup, jenis paket ini memang unlimited tapi itu hanya barlaku pada situs atau aplikasi tertentu saja.

Sebagai contohnya:

  • Paket Internet Unlimited Youtube.

Jika kalian memilih paket tersebut, jelas selama masa aktif paket yang dibeli, kalian tidak perlu takut kehabisan kuota saat nonton youtube. Intinya, kalian hanya bisa nonton video kesukaan di Youtube saja.

  • Paket Internet Unlimited Facebook.

Untuk pilihan paket ini tentu kalian juga hanya bisa mengakses aplikasi Facebook saja dan tentunya tidak bisa kalian gunakan untuk mengakses Youtube.

  • Paket Internet Unlimited Instagram

Penjelasanya masih sama dengan sebelumnya, kalian bisa dengan leluasa membuka aplikasi Instagram tanpa takut kehabisan kuota.

Itu hanya sebagai contoh sederhananya saja, karena biasanya masih ada banyak pilihan paket unlimited khusus lainnya. Jadi, dengan menggunakan paket tersebut, kalian akan mendapatkan kebebasan untuk mengakses situs atau aplikasi tertentu, kapan pun kalian inginkan.

Biasanya, jenis paket ini di-bundling sebagai paket sampingan dari paket kuota reguler atau sebagai promo pembelian tertentu saja.

Apakah Ada Paket yang Benar-benar Unlimited?

Jika kalian bertanya tentang ada atau tidaknya, jawabannya jelas pasti ada.

Entah itu paket unlimited dalam konteks FUP puluhan atau ratusan GB, sampai dengan paket yang memang benar-benar tanpa ada batasan pemakaian kuota. Entah itu jumlah kuotanya ataupun speed dari paket itu sendiri.

Salah satu contoh yang paling sering dan mudah untuk kita temukan saat ini ada di internet fiber. Umumnya paket yang mereka sediakan itu bisa dikatakan benar-benar unlimited alias tanpa ada batasan sama sekali.

Akan tetapi, itu tidak masuk kedalam pembahasan kali ini, karena internet fiber bukan layanan pada seluler. Oleh sebab itu admin juga tidak memasukannya kedalam daftar di atas tadi. Tapi jika kalian berminat, bisa coba rasakan layanan unlimited nya yang pasti membuat kalian ketagihan.

Apa Kelebihan Paket Unlimited?

Kelebihan paket internet unlimited dari pada kuota reguler jelas sangat banyak. Karena unlimited itu tidak mempunyai batasan kuota pemakaian seperti hanya dengan paket kuota biasa. Selain tanpa adanya batasan, jenis layanan internet unlimited juga dirasa lebih terjangkau.

Tapi, seperti yang sudah admin jelaskan di atas, layanan ini tergantung dari paket yang kalian beli. Sebab ada banyak jenis paket unlimited yang mempunyai kelebihan atapun kekuranganya, seperti yang sudah di jelaskan tadi.

Penutup

Mungkin begitulah sedikit pembahasan mengenai arti paket unlimited internet yang dapat Kampung Gadget jelaskan hari ini.

Dengan adanya penjelasan ini, diharapkan kalian bisa lebih memahami jenis-jenis internet unlimited yang masih ada saat ini. Selain itu, semoga bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi kalian semuanya.

Jika ada sebuah pertanyaan ataupun ada hal-hal yang berhubungan dengan informasi di atas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.