Update! Ini 5 Cara Transfer Pulsa Smartfren Paling Terbaru

Cara Transfer Pulsa Smartfren Paling Terbaru

Cara Transfer Pulsa Smartfren – Dijaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, hampir kebanyakan dari orang lebih memilih menggunakan kuota internet dari pada pulsa. Namun meski demikian, bukan berarti posisi pulsa saat ini sudah benar-benar tergantikan seutuhnya oleh kuota internet lho.

Karena dalam beberapa kasus, pulsa masih sangat dibutuhkan oleh orang dan salah satu contohnya saat berada pada keadaan darurat. Keadaan darurat ini biasanya akan memaksa seseorang untuk membeli sebuah pulsa contohnya seperti ketika ingin melakukan panggilan telepon, sms sampai memperpanjang masa aktif kartu.

Secara umum, kita bisa mengisi ulang pulsa melalui toko atau konter pulsa terdekat dan mengisi pulsa dengan jumlah yang dibutuhkan atau bisa juga melalui aplikasi pulsa serta mobile banking yang kita gunakan. Tapi bagaimana jika di tempat kita tidak ada konter pulsa dan jaringan internet sedang bermasalah?

Tenang, bagi kalian pengguna provider Smartfren tidak perlu jauh-jauh mencari toko atau konter pulsa untuk mengisi ulang pulsa kalian. Karena saat ini kalian bisa memanfaatkan fitur bagi pulsa yang disediakan oleh provider smartfren.

Jadi kalian bisa membagikan pulsa yang dimiliki kepada teman, saudara atau bisa juga sebaliknya. Caranya juga sangat mudah untuk kalian lakukan dirumah, berikut penjelasan lengkapnya.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Smartfren

Sebelum kita lihat bagaimana cara transfer pulsa Smartfren, ada baiknya kita lihat dulu apa saja syarat dan ketentuan yang harus kita penuhi sebelum melakukan transaksi tersebut.

Berikut ini ada beberapa syarat dan ketentuan transfer pulsa Smartfren ke sesama yang wajib untuk kalian ketahui:

  1. Pastikan terlebih dahulu saldo pulsa kalian sudah mencukupi untuk melakukan transfer pulsa Smartfren. Cobalah untuk menghitung sisa saldo setelah kalian selesai melakukan pengiriman, karena sisa saldo setelah pengiriman itu wajib ada sebesar Rp. 5.000.
  2. Untuk jumlah minimal pulsa yang bisa kalian transfer saat ini sebesar Rp. 1.000 rupiah dan untuk jumlah maksimalnya adalah Rp. 200.000 rupiah.
  3. Pulsa yang dapat kalian kirimkan ke teman atau saudaran hanya bisa kelipatan 1.000 rupiah saja, jadi kalian tidak akan bisa mengirim pulsa sebesar Rp.9.900 rupiah.
  4. Terakhir untuk nomor yang kalian pakai sebaiknya masih dalam keadaan aktif dan tidak dalam keadaan masa tenggang. Ini juga berlaku untuk nomor HP pengirim dan nomo HP penerima.

Untuk syarat dan ketentuan tranfer pulsa smartfren ke lain operator tidaklah sama seperti yang disebutkan diatas, ini karena ada beberapa hal yang berbeda saat kalian ingin membagi pulsa ke operator lain. Berikut syarat dan ketentuan transfer pulsa smartfren ke operator lain:

  1. Jumlah pulsa saat ini yang bisa kalian transfer ke operator lain hanya sebesar Rp. 5.000 rupiah saja dan tidak boleh kurang serta tidak boleh lebih besar.
  2. Untuk pengirim pulsa akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 rupiah dalam sekali transaksi. Jadi total pulsa yang akan dipotong pada pengirim adalah Rp. 7.000 rupiah.
  3. Apabila kalian ingin mengirim pulsa lebih dari Rp. 5.000 rupiah ke operator lain, maka kalian bisa melakukan beberapa kali transaksi dan maksimal transaksi dalam sehari adalah 20 kali.
  4. Batas sisa pulsa pada pengirim setelah mentransfer pulsa ke operator lain adalah Rp. 5000 rupiah dan ini tidak boleh kurang.

Berapa Biaya Transfer Pulsa?

Setelah kalian sudah tahu tentang syarat dan ketentuan transfer pulsa Smartfren, maka untuk selanjutnya kita akan lihat dulu berapa biaya transfer pulsa kesesama dan juga kelain operator. Karena untuk masalah biaya, taransfre pulsa Smartfren ke sesama itu jelas lebih murah dibadingkan dengan kelain operator.

Untuk saat ini, biasaya transfer pulsa Smartfren ke sesama adalah Rp. 500 rupiah dalam satu kali transaksi dan untuk tranfer pulsa ke operator lain dikenakan biaya Rp. 2.000 rupiah untuk satu kali transaksi.

Namun untuk kalian yang menggunakan aplikasi MySmartfren, membagi pulsa atau transfer pulsa ke sesama tidak dikenakan biaya sedikitpun. Jadi, admin sarankan untuk menggunakan aplikasi MySmartfren saat ingin transfer pulsa ke sesama.

Aplikasi MySmartfren bisa kalian unduh secara gratis di dalam Google Play Store yang ada pada smartphone kalian. Selain transfer pulsa, kalian juga bisa cek pulsa smartfren langsung didalam aplikasinya.

Begini Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Smartfren

Begini Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Smartfren

Perlu kalian ketahui kalau bagi pulsa atau transfer pulsa Smartfren itu sangatlah mudah untuk dilakukan saat ini. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu melakukan banyak hal rumit lagi saat ingin membagi pulsa ataupun minta pulsa kedapa teman atau saudara kita.

Nah, berikut ini adalah cara transfer pulsa ke sesama Smartfren:

1. Cara Transfer Pulsa Smartfren Melalui SMS

Cara transfer pulsa smartfren yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi SMS yang ada didalam smartphone kita. Selain mudah, menggunakan SMS untuk berbagi pulsa ke teman, saudara atau keluarga jelas lebih simpel.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian buka dulu aplikasi “SMS” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah terbuka maka buat “Pesan Baru“.
  • Dalam pesan tersebut kalian ketikan format “Kirim.nomor hp smartfren penerima.nominal pulsa“.
  • Terakhir kalian hanya perlu mengirimnya ke “879“.

Tunggu sampai prosesnya selesai, jika berhasil kalian akan mendapatkan sebuah pesan bukti transaksi telah berhasil dari smartfren.

2. Cara Transfer Pulsa Smartfren Melalui Aplikasi MySmartfren

Selain melalui SMS, kalian juga bisa membagi pulsa ke sesama dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Seperti yang sudah admin jelaskan diatas, jika kalian berbagi pulsa melalui MySmartfren maka transaksi yang kalian lakukan tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Cara transfer pulsa melalui aplikasi Mysmartfren itu kurang lebih seperti berikut:

  • Jika kalian belum punya aplikasi “MySmartfren” maka instal terlebih dahulu melalui Play Store.
  • Apabila proses instal sudah selesai maka buka aplikasi “MySmartfren“.
  • Ikuti intruksi yang diminta oleh aplikasi sampai kalian berada di menu utama.
  • Setelah selesai maka cari menu “E-Pulsa“.
  • Dalam menu itu kalian isikan “Nomor Tujuan” dan “Nominal Pulsa” yang akan kalian transfer.
  • Terakhir kalian tekan menu “MPIN” dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Sama seperti cara yang pertama tadi, apabila transaksi berhasil maka kalian akan mendapatkan sebuah pemberitahuan melalui SMS.

3. Cara Transfer Pulsa Smartfren Melalui Aplikasi Uangku

Transfer pulsa ke sesama smartfren itu tidak hanya bisa dilakukan dengan bantuan MySmartfren tapi juga bisa kalian lakukan dengan aplikasi Uangku.

Dimana aplikasi Uangku ini dikembangkan juga oleh developer PT Smartfren Telecom TBK. Meski fitur yang ada didalam aplikasi ini cukup banyak, namun fungsi utama tetap sebagai e-money. Nah, untuk kalian yang mungkin ingin mentransfer pulsa ke kartu smartfren dengan Uangku, maka bisa mengikuti caranya dibawah ini.

  • Pertama tentu kalian wajib menginstal aplikasi “Uangku” di Google Play Store.
  • Setelah itu buka dan jalankan aplikasi “Uangku“.
  • Dalam menu utama, kalian cari “Kirim Pulsa“.
  • Berikutnya kalian tinggal memasukan “Nomor Penerima” dan “Nominal Pulsa” yang akan kalian transfer.
  • Jika sudah, kalian pilih “Kirim“.

Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan sebuah notifikasi SMS dari Smartfren berupa bukti transaksi yang kalian lakukan itu sudah berhasil.

Ini Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

Ini Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

Untuk saat ini kalian tidak hanya bisa mentransfer pulsa ke sesama Smartfren saja, tapi juga bisa ke lain operator. Namun untuk cara ini tentu kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp.2000 rupiah dan kalian juga hanya bisa mentransfer pulsa sebesar Rp. 5.000 rupiah saja dalam sekali transaksi.

Sampai saat ini kalian sudah bisa mentransfer pulsa ke operator lain seperti Indosat, Telkomsel, Axis dan XL, sedangkan untuk provider lainnya admin belum pernah mencobanya. Tapi jika kalian ingin berbagi pulsa ke salah satu operator yang admin sebutkan tadi bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama kalian buka dulu “Aplikasi SMS” yang ada pada smartphone.
  2. Setelah terbuka maka kalian bisa membuka “Pesan Baru“.
  3. Berikutnya kalian bisa mengisi pesan tersebut dengan format “Kirim.Nomor Tujuan.Nominal Pulsa“.
  4. Terakhir kalian tinggan mengirimkannya ke nomor “7000“.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai dan biasanya kaliak akan mendapatkan sebuah pesan perintah dan masukan “Y” untuk setuju.
  6. Kalian tunggu lagi sampai ada pesan yang menandakan kalau transaksi kalian telah behasil.

Apakah Masa Aktif Penerima Pulsa Bisa Bertambah?

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya tentang apakah nomor penerima pulsa akan memperoleh masa aktif? Tentu jawabannya adalah tidak.

Saat kalian mentransfer pulsa ke sesama ataupun kelain operator, maka nomor hp yang menerima pulsa tersebut tidak akan memperoleh masa aktif. Jadi apabila kalian memang ingin menambah masa aktif kartu maka admin sarankan untuk membeli pulsa di konter atau gerai Smartfren terdekat di kota kalian.

Penyebab Transfer Pulsa Smartfren Gagal

Apabila saat kalian mentransfer pulsa ke sesama operator dengan menggunakan aplikasi MySmartfren atau Uangku maka penyebab gagalnya transaksi yang kalian lakukan itu bisa dikarenakan oleh faktor koneksi internet. Jadi sebelum kalian mentransfer pulsa dengan salah satu aplikasi tersebut, maka pastikan dulu kalau jaringan internet di ponsel kalian dalam keadaan baik dan stabil.

Sedangkan bagi kalian yang mengalami kegagalan saat mentransfer pulsa ke operator lain, bisa dikarenakan adanya gangguan sambungan di Provider Smartfren. Jadi untuk transaksi ini, ada baiknya kalian lebih sabar lagi. Sebab transaksi yang satu ini lebih sering mengalami gangguan.

Penutup

Beberapa cara diatas pastinya akan sangat berguna saat kita sedang berada dalam keadaan darurat dan membutuhkan pulsa segera. Karena selain simpel, proses yang dibutuhkan juga tidak lama dan pastinya kita tidak perlu keluar rumah untuk mencari konter pulsa.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang dapat admin rangkumkan untuk kalian hari ini tentang cara transfer pulsa smartfren ke sesama dan juga ke operator lain. Semoga informasi diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semuanya dan jangan lupa juga untuk menantikan tips keren lainnya hanya di Kampung Gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.