Ciri Ciri Kartu Operator Hangus

Ciri Ciri Kartu Operator Hangus dan Solusinya

Ciri Ciri Kartu Operator Hangus – Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, kalau di negara Indonesia itu hampir semua masyarakatnya menggunakan kartu prabayar. Mungkin kalian salah satunya?

Nah, untuk masing-masing kartu prabayar yang sering kita gunakan itu pastinya mempunyai masa aktif kartu yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti:

  • 1 Minggu.
  • 2 Minggu.
  • 3 Minggu.
  • 1 Bulan.
  • 6 Bulan
  • Dan 1 tahun.

Masa aktif kartu prabayar akan terus di perpanjang setiap kalian mengisi ulang pulsa. Jumlah masa aktif kartu yang didapat biasanya beragam dan bergantung dari nominal pulsa yang kalian beli. Sehingga, semakin besar pulsa yang kalian isi, maka semakin lama pula masa aktif pada kartu yang didapat.

Selain dengan cara isi ulang pulsa, sebenarnya memperpanjang masa aktif kartu juga bisa kalian lakukan hanya dengan membeli paket kuota internet atau lainnya.

Penyebab Kartu Operator Hangus

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya-tanya, apa sih penyebab kartu yang kita gunakan hangus? Penyebabnya sebenarnya sederhana dan ini berhubungan dengan pengguna dari kartu operator itu sendiri.

Karena seperti yang sudah saya katakan tadi, kalau setiap kartu operator itu mempunyai masa aktif kartu yang berbeda-beda. Sehingga dalam jangka waktu tertentu kalian tidak ada aktivitas pada kartu, seperti isi ulang pulsa, membeli paket atau lainnya, maka kartu operator bisa hangus (terblokir).

Kartu operator bisa dikatakan hangus jika sudah melewati masa tenggang yang berlaku di masing-masing operator. Prosesnya melalui tiga tahapan, seperti:

  1. Masa aktif
  2. Masa tenggang
  3. Terakhir kartu hangus

Umumnya prosesnya seperti itu, tapi terkadang juga ada penyebab lain yang membuat kartu operator yang kita gunakan tiba-tiba tidak aktif (hangus). Biasanya ini karena nomor dari kartu yang kita gunakan teridentifikasi melanggar kebijakan di masing-masing operator.

Ciri Ciri Kartu Operator Hangus

Ketika kartu yang kita gunakan masuk ke masa tenggang, kemungkinan kita bisa langsung menyadarinya. Sebab, pihak operator biasanya akan selalu mengirimkan kita sebuah pesan yang memberitahukan kalau kartu sedang memasuki masa tenggang.

Tapi bagaimana jika nomor yang sudah hangus dan tidak aktif lagi? Apakah akan sama mendapatkan pemberitahuan dan bagaimana ciri-cirinya?

Nah, untuk kalian yang mungkin penasaran, maka berikut ini saya akan menjelaskan beberapa ciri-ciri kartu hangus (tidak aktif) di semua operator. Mulai dari Telkomsel, Indosat, Tri (3), Axis, Smartfren dan juga XL. Karena yang pasti, kartu semua operator seluler itu memiliki ciri-ciri yang sama.

Yuk, kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Tidak Bisa Menerima Pesan SMS

Ciri kartu hangus yang pertama, kalian tidak akan bisa menerima pesan singkat (SMS) dari nomor lain. Jadi, semua SMS yang dikirimkan ke nomor kalian yang hangus itu tidak akan pernah bisa sampai. Berapapun jumlah SMS yang dikirim, tetap saja kalian tidak akan pernah bisa menerimanya.

Untuk kondisi seperti ini, ada dua kemungkinan yang bisa dialami oleh pihak pengirim SMS jika nomor HP kalian sudah hangus.

  • Pesan itu akan seolah-olah terlihat seperti terkirim di HP pengirim, tapi kenyataannya kalian tidak pernah menerima pesan tersebut.
  • Atau bisa juga pesan yang di kirimkan oleh pengirim mendapatkan notifikasi, kalau SMS tersebut gagal dikirim.

Oleh sebab itu, kalian jangan heran kalau tidak ada satu pun pesan yang masuk ke nomor kita yang sudah hangus.

2. Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Ciri kedua yang menjadi indikasi kalau kartu operator telah hangus adalah tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan panggilan ke nomor lain. Jadi, ketika kalian ingin melakukan sebuah panggilan dengan kartu tersebut, maka yang akan terjadi itu biasanya panggilan akan terputus dengan sendirinya.

Tentu hal ini tidak sama seperti ketika kartu masih aktif, yang mana panggilan yang kita lakukan akan langsung terhubung. Meski tidak ada pulsa sekalipun, panggilan akan tetap terhubung, namun ke operator seluler yang kita gunakan dan akan memberi tahu kita kalau pulsa tidak mencukupi untuk melakukan panggilan.

3. Tidak Bisa Mengirim SMS ke Nomor Lain

Selain menerima, saat kartu operator hangus itu kalian juga tidak akan bisa mengirimkan sebuah SMS ke nomor lain.

Jadi, saat kalian mengirim sebuah SMS (pesan singkat) menggunakan nomor yang hangus, maka ketika kalian mengirimkannya, proses loading akan berlangsung cukup lama. Biasanya ujungnya akan terlihat notifikasi kalau pesan yang kalian kirim gagal.

Meski nomor yang kalian kirimkan masih aktif, tapi tetap saja SMS dari HP kalian yang menggunakan kartu hangus tidak akan pernah bisa terkirim.

4. Tidak Akan Bisa Menerima Panggilan Masuk

Masih sama dengan pembahasan tadi, kalian tidak hanya akan kesulitan untuk melakukan panggilan ke nomor lainnya, tapi juga akan sulit untuk menerima panggilan masuk.

Di mana, saat kartu operator yang kalian gunakan hangus, maka semua orang yang tahu nomor kontak kalian tidak akan pernah bisa menghubungi. Biasanya sih penelpon akan mendengar notifikasi yang berbunyi “Nomor yang dihubungi sedang di luar jangkauan”, atau bisa juga langsung terputus tanpa ada suara.

5. Sinyal Pada HP Akan Hilang

Jika kita lihat, mungkin sekilas masalah ini seperti masalah pada HP yang mengalami error, tapi nyatanya tidak.

Karena sinyal yang hilang pada HP itu bisa juga di sebabkan oleh kartu SIM yang kita gunakan hangus atau karena sudah tidak aktif lagi dalam waktu yang lama.

Kondisi seperti ini, biasanya dapat kalian lihat dari adanya tanda X (silang) pada icon sinyal, atau notifikasi yang langsung menunjukkan “no signal“. Secara kasat mata, memang akan sedikit sulit untuk bisa kita membedakan kerusakan HP dengan kartu operator yang hangus.

Meski begitu, kalian bisa mencoba beberapa hal sederhana saat ingin memastikannya. Misalnya saja seperti memasang kartu yang baru atau memasukkan kartu sebelumnya ke HP lainnya. Jika memang kartu kalian sudah benar-benar hangus, di HP apa pun kalian memasukannya. kartu akan tetap tidak bisa mendapatkan sinyal.

6. Kartu SIM Tidak Akan Terbaca

Ciri kartu operator hangus yang selanjutnya ini biasanya bisa kalian lihat saat di HP muncul pesan “kartu SIM tidak terbaca“.

Karena yang pasti, ketika kartu SIM yang kita gunakan masuk kedalam masa tenggang, biasanya kartu masih akan terlihat seperti biasa. Tapi jika kartu memang sudah benar-benar hangus, maka kartu SIM bisa saja menjadi tidak dapat terbaca.

Untuk masalah ini tentu berbeda dari masalah sinyal hilang pada HP, karena di mana HP masih tetap bisa mendeteksi kartu yang kalian pasang. Jadi, apabila kartu tersebut memang sudah tidak bisa terbaca, maka HP tidak akan pernah bisa mendeteksi kartu SIM. Hal ini layaknya seperti kalian tidak pernah memasukkan kartu SIM pada HP.

Apakah Bisa Kartu yang Sudah Hangus Kembali Aktif?

Masing-masing kartu operator yang hangus, kemungkinan besar terjadi karena beberapa kondisi yang berbeda-beda. Namun, kasus kartu SIM hangus yang sering terjadi itu biasanya didasari oleh kesalahan penggunanya yang lupa melakukan isi ulang pulsa.

Jika dalam jangka waktu tertentu yang telah di tentukan oleh operator, kita sebagai pengguna kartu SIM tidak pernah mengisi ulang pulsa, maka secara otomatis kartu akan di blokir (hangus).

Meski sudah seperti itu, sebenarnya kartu yang tidak aktif tersebut masih bisa kalian kembalikan, asalkan kartu yang digunakan belum melewati batas waktu yang sudah di tentukan oleh masing-masing operator.

Apakah kalian bingung?

Jadi seperti ini, kalian harus segera mengaktifkan kembali kartu maksimal beberapa hari setelah kartu hangus. Misalnya saja 7 hari. Jika lewat dari waktu tersebut, kalian masih belum mengaktifkan kembali, maka kartu SIM kalian akan benar-benar hangus.

Nah, untuk batas waktunya itu, setiap operator seluler akan memberikan batas waktu yang berbeda-beda. Mulai dari 7, 15 dan yang paling lama adalah 30 hari. Agar lebih jelas, kalian bisa menghubungi operator seluler yang kalian gunakan.

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Hangus

Bagaimana cara mengaktifkan kartu yang sudah hangus? Mudah saja, kok. Karena kalian bisa mengaktifkan kembali kartu operator yang sudah hangus hanya dengan datang langsung ke kantor operator terdekat. Seperti Telkomsel (GraPARI), XL (XL Center), Smartfren (Galeri Smartfren), 3 (3 Store) dan seterusnya.

Saat ingin mengaktifkan kartu yang sudah hangus, kalian di wajibkan untuk membawa kartu yang sudah tidak aktif itu (jika ada). Lalu kalian bisa mengatakan langsung ke customer service nya bahwa ingin mengaktifkan kartu yang sudah tidak aktif.

Apakah ada biaya? Tentu saja ada. Namun biayanya ini hanya untuk mengisi ulang pulsa di kartu kalian saja dan sisanya itu gratis. Meski hal ini sebenarnya kembali lagi kebijakan di masing-masing operator seluler yang kalian gunakan sih.

Penutup

Faktanya, memang tidak sedikit dari orang yang sering mengalami kondisi seperti ini. Meski sebenarnya, masalah seperti ini wajib untuk kita semua hindari. Sebab akan ada banyak sekali masalah yang muncul ketika kartu yang kita gunakan tidak aktif (hangus).

Coba saja kalian bayangkan, jika ada banyak teman, saudara dan keluarga yang mengetahui nomor tersebut. Tentunya mereka semuanya tidak akan pernah bisa menghubungi kalian ataupun hanya sekedar mengirimkan pesan singkat (SMS). Jadi, sebisa mungkin jangan sampai mengalami kondisi ini, ya.

Baik, mungkin sekian dulu informasi tentang Ciri kartu operator hangus yang bisa saya rangkumkan untuk kalian. Semoga dengan rangkuman informasi di atas itu bisa menambah pengetahuan kalian semuanya.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.