Cara Berhenti Paket Kuota Smartfren

Cara Berhenti Paket Kuota Smartfren

Berhenti Paket Kuota Smartfren – Bagi kalian penggun kartu Smartfren, tentunya kalian sudah pasti tau, kalau provider smartfren itu mempunyai banyak sekali jenis paket internet yang dapat di pilih. Mulai dari layanan paket internet kuota, sampai dengan paket unlimited serta 4G LTE.

Jika membicarakan soal paket provider Smartfren, terkadang tidak semua pengguna memakai paketnya sampai habis. Sebagian orang ada yang kuotanya masih banyak namun masa aktifnya sudah habis dan ada juga yang sebaliknya.

Mungkin kalian merupakan salah satu orangnya. Jika kalian memang saat ini sedang berlangganan pada salah satu paket Internet Smartfren dan ingin menghentikannya, maka tidak usah khawatir. Karena dalam pembahasan ini, Kampung Gadget akan menjelaskan cara menghentikan kuota internet Smartfren yang aktif.

Untuk cara ini juga bisa kalian gunakan pada berbagai macam paket Smartfren yang ada saat ini. Mulai dari paket GSM, 4G LTE, paket internet unlimited dan layanan lainnya.

Cara Menonaktifkan Paket Smartfren Lewat Aplikasi MySmartfren

Jika menurut admin, MySmartfren merupakan sebuah aplikasi yang wajib untuk kalian instal pada smartphone. Tapi jika kalian merupakan salah satu pengguna setiap provider Smartfren.

Ini karena aplikasi tersebut akan secara otomatis mendeteksi dan menginformasikan kondisi status dari paket yang kalian gunakan. Secara umum, informasi yang di tampilkan dalam aplikasi ini juga termasuk masa aktif, jumlah kuota dan sisa kuota yang kalian miliki.

Tidak hanya itu saja sebenarnya, jika kalian ingin menonaktifkan paket yang sedang berjalan juga bisa, lho. Caranya juga sangat mudah sekali, langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  1. Langkah pertama, kalian wajib install terlebih dahulu aplikasi MySmartfren. Kalian dapat melalui Google Play Store atau AppStore jika menggunakan iPhone.
  2. Setelah aplikasi sudah terpasang, maka langsung buka saja.
  3. Pada menu utama, kalian bisa melihat data tentang paket internet yang dimiliki dan yang sedang aktif.
  4. Kalian dapat langsung mengetuk paket tersebut untuk melihat informasi lebih lengkapnya.
  5. Selanjutnya kalian akan langsung melihat sebuah halaman yang berisikan informasi dari paket kuota.
  6. Terakhir, kalian dapat mengetuk tombol Deactive untuk menghentikan layanan paket internet tersebut.

Habis itu, kalian hanya perlu menunggu saja sampai paket sudah benar-benar dikonfirmasi berhenti oleh pihak Smartfren melalui SMS. Sangat mudah sekali bukan?

Untuk kalian yang mungkin belum tahu, semua jenis paket dapat kalian hentikan melalui aplikasi ini, seperti:

  • Paket kuota malam.
  • Layanan paket GSM smartfren.
  • Paket unlimited.
  • Paket kuota 4G LTE
  • Smartfren nonstop
  • Dan layanan paket internet lainnya.
Informasi tambahan, aplikasi MySmartfren ini juga mewajibkan semua penggunanya mempunyai ID. Jika kalian belum memilikinya, maka silakan membuatnya terlebih dahulu. Jika ID sudah berhasil di buat, kemudian baru kalian bisa login ke aplikasi MySmartfren.

Cara Berhenti Paket Smartfren Melalui SMS

Sebenarnya dalam menghentikan paket internet Smartfren itu kalian tidak hanya bisa melalui aplikasi Mysmartfren saja, tapi juga bisa melalui SMS. Bahkan cara yang satu ini dapat di katakan sebagai cara yang paling umum, lho.

Tapi tidak sama seperti memakai aplikasi MySmartfren, karena cara berhenti paket kuota Smartfren lewat SMS itu jauh berbeda. Selain itu, untuk setiap paketnya juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam menonaktifkannya. Lebih tepatnya itu perihal format SMS yang akan kalian gunakan.

Namun untuk cara yang satu ini, tidak dapat kalian gunakan untuk semua paket. Karena ada beberapa yang tidak bisa memakai cara ini.

Nah, jika kalian memang ingin menghentikan salah satu dari paket internet berikut, maka kalian bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini:

1. Cara Berhenti Paket Smart Plan Smartfren

Ini adalah salah satu paket internet yang paling banyak di gunakan oleh pengguna kartu Smartfren saat ini. Hal tersebut mungkin di karenakan dukungan jaringan 4G yang baik dan kuotanya juga berlimpah.

Apabila kalian memiliki paket internet ini dan sekarang ingin menghentikannya lewat SMS, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama tentu kalian buka dulu aplikasi SMS yang ada pada HP.
  • Selanjutnya kalian buat SMS baru.
  • Kalian dapat mengetikan SMARTPLAN(spasi)off.
  • Terakhir kirim ke 123.

Setelah itu, kalian tinggal menunggu konfirmasi penghentian paketnya dari pihak Smartfren. Dengan begini, paket internet tersebut sudah otomatis berhenti.

2. Cara Berhenti Paket Social Media Smart Plan

Sebenarnya paket yang satu ini di desain khusus untuk memenuhi penggunanya yang sering mengakses aplikasi sosial media. Paket internet ini juga memang menyasar kalangan remaja yang hari-harinya selalu sibuk membuka aplikasi seperti Facebook, Istagram dan lainnya.

Dalam menghentikan paket ini sebenarnya tidak sulit, kalian bisa mengirimkan format SMS seperti ini:

  • Buka aplikasi SMS.
  • Buat SMS baru.
  • Ketikan SC(spasi)off.
  • Kemudian kalian kirim ke 123.

Terakhir kalian hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak Smartfren-nya saja.

3. Cara Berhenti Smartfren Connex Volume Based

Untuk yang berikutnya ini merupakan sebuah paket yang akan menawarkan internet pada jaringan Smartfren menurut volume data. Jenis paket ini juga cukup banyak memiliki peminat, selain paket internet yang pertama tadi.

Kalian dapat mengirim SMS dengan format seperti berikut untuk menonaktifkan paket tersebut:

  1. Kalian buka lagi aplikasi SMS.
  2. Buat sebuah SMS baru.
  3. Ketikan connex(spasi)off.
  4. Terakhir tinggal mengirimnya ke 123.

Maka kalian hanya perlu menunggu dapat balasan SMS dari MySmartfren mengenai pemberhentian paket internet tersebut.

4. Cara Berhenti Paket Video Data Plan

Paket internet yang terakhir ini sebenarnya khusus untuk keperluan data video saja. Saat ini banyak sekali aplikasi premium yang ada di Playstore dan AppStore yang mendukung jenis paket ini.

Apakah kalian memiliki paket Video Data Plan aktif? Maka berikut format SMS yang wajib kalian gunakan jika ingin menonaktifkannya:

  • Buka aplikasi SMS seperti biasanya.
  • Buat SMS baru.
  • Lalu ketikan format VDP(spasi)off.
  • Kemudian kirim ke 123.

Jika kalian sudah mendapatkan balasan SMS dari Smartfren, maka itu tandanya paket internet tersebut otomatis sudah nonaktif.

Cara Menonaktifkan Paket Smartfren Nonstop

Paket Smartfren Nonstop sebenarnya jenis paket internet baru yang akan memberikan kuota besar selama 24 jam setelah kuota utama habis. Jadi kalian masih bisa mengakses banyak aplikasi tanpa harus takut kalau pulsa kalian akan di potong.

Untuk jenis paket yang satu ini, sebenarnya akan berhenti secara otomatis setelah 28 hari dari awal kalian mengaktifkannya. Namun jika kalian ingin menonaktifkannya sebelum masa aktif paket berakhir maka bisa mencobanya dengan:

  1. Buka aplikasi MySmartfren yang kalian miliki.
  2. Kemudian di halaman depan, kalian ketuk data paket yang muncul.
  3. Selanjutnya kalian akan berada di halaman detail kuota nostop.
  4. Silakan kalian bisa memilih menu Deactive untuk menghentikan paket nonstop.
  5. Selesai, paket nonstop berhasil kalian nonaktifkan.

Kenapa Paket Tidak Bisa Berhenti?

Bagaimana jika ternyata paket tersebut tidak bisa berhenti? Dan bagaimana jika kita tidak mendapatkan konfimasi SMS balasan serta paket internet masih aktif?

Pada dasarnya, masalah ini sangat jarang sekali terjadi. Tapi jika ini memang sedang kalian alami, maka ada sebuah solusi mudah yang dapat di lakukan untuk mengatasinya. Yaitu dengan cara menghubungi CS Smartfren langsung.

Dengan cara ini, maka CS akan membantu kalian dalam mencarikan solusinya, serta mungkin akan di jelaskan juga kenapa paket internet yang kalian belu tidak bisa di hentikan.

Penutup

Sebenarnya kalian tidak perlu bingung saat ingin berhenti atau mengganti paket internet Smartfren lama. Karena, kalian sebenarnya hanya perlu menerapkan beberapa langkah-langkah yang telah Kampung Gadget jelaskan di atas. Caranya juga sangat mudah dan pastinya di jamin efektif untuk kalian.

Admin juga sangat menyarankan kalian agar menghentikan paket yang di miliki melalui aplikasi MySmartfren, mengingat sifatnya yang universal dan berlaku untuk semua jenis paket internet. Tapi jika memang akhirnya kalian memilih untuk berhenti paket kuota smartfren melalui SMS, maka dapat menyesuaikannya sendiri.

Apabila ada hal-hal yang ingin kalian tanyakan, maka bisa mengirim pertanyaan tersebut melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Mungkin begitulah cara berhenti paket kuota Smartfren untuk semua jenis layanan yang dapat Kampung Gadget hadirkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.