Smartfren Tidak Bisa Cek Pulsa

Smartfren Tidak Bisa Cek Pulsa

Smartfren Tidak Bisa Cek Pulsa – Bagi sebagian orang yang mengalami masalah tersebut, tentu akan membuat mereka panik dan khawatir. Bagaimana tidak, jika pada saat kita tidak tahu jumlah pulsa yang tersisa, pastinya kita bakalan di buat kerepotan. Apalagi ketika kita ingin mengirim SMS (pesan singkat) ataupun melakukan panggilan suara (telepon), pastinya akan terasa sulit.

Untuk masalah tersebut, sebenarnya juga sudah sering terjadi akhir-akhir ini dan tidak sedikit pengguna kartu Smartfren yang mengalaminya. Secara umum, kondisi ini bisa terjadi dikarenakan ada beberapa jenis error yang terjadi, entah itu pada HP atau di kartu Smartfren sendiri.

Misalnya saja ketika kalian menggunakan kode USSD, yang malah memunculkan pesan bermasalah atau lainnya. Jika membahas mengenai penyebab dari masalah ini, tentunya sangat banyak dan bermacam-macam. Secara umum dan yang pernah admin sendiri alami, biasanya kartu Smartfren tidak bisa cek pulsa dapat di sebabkan oleh faktor berikut:

  1. Proses pengecekan yang di pakai sedang bermasalah.
  2. Pengaturan sinyal yang salah.
  3. Provider Smartfren yang sedang gangguan.
  4. Jangkauan sinyal yang sangat lemah.
  5. Lokasi tidak tercover layanan Smartfren.

Selain yang sudah admin sebutkan, tentu masih ada banyak penyebab lainnya. Namun, untuk umumnya bisa di sebabkan oleh beberapa hal tersebut.

Solusi Kartu Smartfren yang Tidak Bisa Cek Pulsa

Apabila saat ini kalian memang sedang mengalami masalah tersebut, maka tidak usah khawatir ataupun panik. Sebab ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah kartu smartfren yang tidak bisa cek pulsa.

Berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan kalian 7 solusi untuk mengatasi smartfren yang tidak bisa melakukan cek pulsa. Prosesnya juga mudah dan pastinya sangat efektif untuk mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi.

1. Cek Pulsa Dengan Aplikasi

Hingga saat ini, hampir 80% pengguna kartu Smartfren lebih suka mengecek sisa pulsa melalui kode USSD. Padahal, provider Smartfren sendiri sebenarnya sudah menyediakan beberapa metode lain yang bisa di gunakan untuk cek sisa pulsa.

Salah satu metode tersebut adalah dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Di mana aplikasi ini bernama MySmartfren dan merupakan sebuah aplikasi khusus untuk memenuhi hampir semua kebutuhan pengguna kartu Smartfren.

Dalam aplikasi MySmartfren, tentu kalian dapat dengan mudah melakukan pengecekan sisa pulsa yang dimiliki. Tapi, dalam aplikasi ini sebenarnya kalian bisa melakukan banyak hal, seperti transfer pulsa misalnya.

Nah, bagi kalian yang mungkin belum tahu cara cek pulsa di aplikasi MySmartfren, maka bisa bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, tentu kalian wajib menginstal aplikasi MySmartfren terlebih dahulu melalui PlayStore.
  2. Setelah sudah selesai, maka langsung buka aplikasinya.
  3. Jika baru pertama kali, kalian wajib mendaftar memakai nomor Smartfren yang di pakai, tapi biasanya akan otomatis terbuka jika memang sedang memakai internet dari kartu Smartfren.
  4. Pada halaman utama, kalian bisa melihat di bagian Balance.
  5. Pada bagian tersebut, kalian akan melihat sisa pulsa yang masih tersisa.

Sangat gampang sekali bukan?

2. Pastikan Kode Cek Pulsa Sudah Benar

Apabila kalian malas untuk mendownload aplikasi MySmartfren dan masih ingin tetap menggunakan kode USSD. Maka ada baiknya kalian mengetahui hal penting ini sebelum mulai cek pulsa dengan kode USSD.

Sebenarnya, kode USSD yang akan digunakan ketika ingin melakukan pengecekan pulsa itu wajib sesuai dan benar. Kenapa? Karena jika tidak benar, maka dijamin proses pengecekan pulsa dengan kode USSD tidak akan berjalan lancar dan bisa saja terjadi kegagalan.

Lalu, gagal seperti apa itu? Misalnya, menu pulsa yang seharusnya itu muncul jadi tidak muncul, atau malah muncul sebuah pesan tertentu seperti “masalah pada sambungan”.

Untuk kode USSD cek pulsa smartfren yang benar dan sesuai adalah *999#. Silakan di coba terlebih dahulu.

3. Cek Pulsa Melalui Panggilan

Mungkin masih banyak orang yang belum sadar, kalau metode telepon itu sebenarnya bisa menjadi alternatif cek pulsa saat kode USSD sedang bermasalah.

Nah, bagi kalian yang saat ini mungkin belum tahu, pada dasarnya itu metode lewat telepon ini sama saja seperti halnya dengan pengecekan pulsa biasa. Hanya saja, informasi sisa pulsa yang kalian miliki akan di sebutkan via suara, jadi tidak di tampilkan pada layar HP.

Caranya juga sangat mudan, seperti:

  • Pertama kalian buka dulu aplikasi Telepon atau menu Dial UP.
  • Berikutnya kalian masukan nomor 999.
  • Lalu panggil.
  • Jika sudah tersambung, maka ikuti petunjuk operator untuk mengetahui jumlah sisa pulsa Smartfren kalian.

Beres, kalian akan langsung mendengarkan sisa pulsa yang kalian miliki melalui via suara.

4. Pastikan Sinyal Tidak Terkunci Pada Jaringan 4G

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, di mana Smartfren itu merupakan salah satu provider yang mendukung fitur VoLTE (Voice Over LTE). Fitur ini memungkinkan untuk penggunanya dapat melakukan pengiriman SMS ataupun penggilan pada jaringan 4G LTE.

Namun perlu juga untuk kalian ketahui kalau sebenarnya tidak semua HP yang di gunakan oleh kebanyakan orang itu sudah mendukung fitur tersebut. Dengan kata lain, fitur itu tidak akan bisa di gunakan jika smartphone yang kalian pakai belum mendukung VoLTE.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti jaringan sinyal HP kalian ke 3G saja saat ingin melakukan pengecekan pulsa. Hal ini tentu bertujuan untuk mencegah terjadi error ketika kalian mengecek pulsa melalui SMS ataupun melakukan panggilan.

5. Cari Lokasi Sinyal yang Lebih Baik

Jadi, yang dimaksudkan di sini adalah kualitas dari sinyal yang di tangkap oleh ponsel kalian.

Ketika sinyal Smartfren di HP kalian hilang, tentu secara otomatis semua hal yang berhubungan dengan pemakaian jaringan akan mengalami masalah, seperti cek pulsa misalnya.

Aktivitas panggilan ataupun cek pulsa inilah yang paling utama akan terkena dampaknya. Nah, untuk solusinya sederhana, seperti:

  1. Pertama kalian periksa kekuatan sinyal pada HP terlebih dahulu. Usahakan sinyal yang di tangkap minimal 3 baris atau lebih dari itu.
  2. Kedua, mengatasi sinyal yang lemah itu sebenarnya paling efektif di lakukan dengan pergi ke tempat lain yang lebih terbuka, misalnya di luar ruangan.
  3. Ketiga, pastikan juga kalau HP yang kalian gunakan sudah mendukung VoLTE dari Smartfren.

6. Coba Cek Pulsa Melalui Situs MySmartfren

Solusi berikutnya ketika kartu Smartfren yang kalian gunakan tidak bisa cek pulsa adalah dengan mengunjungi situs resmi Smartfren sendiri.

Untuk melakukannya juga tidak jauh berbeda dari cara seperti lewat aplikasi tadi. Tapi untuk di sini, proses pengecekan pulsa akan di lakukan melalui situs (website) resmi dari Smartfren sendiri. Sehingga kemungkinan untuk mengalami error saat pengecekan sisa pulsa dapat berkurang secara signifikan.

Caranya juga mudah sekali:

  • Pertama kalian dapat mengunjungi situs resmi Smartfren di My.smartfren.com.
  • Berikutnya, masukan nomor Smartfren yang kalian gunakan (untuk login).
  • Setelah berhasil login, di halam utama situs kalian dapat langsung melakukan pengecekan sisa pulsa.

7. Hubungi Operator Smartfren

Mengatasi Smartfren Tidak Bisa Cek Pulsa Dengan Menghubungi Operator

Jika semua cara yang di atas sudah kalian lakukan, tapi belum juga berhasil, maka kemungkinan besarnya itu Smartfren memang sedang mengalami gangguan.

Apabila kondisi seperti demikian, dampaknya tentu dapat mempengaruhi ke semua jaringannya. Entah itu melalui kode USSD, pada aplikasi dan bahkan juga situs resminya pun bisa terkena imbasnya.

Nah, kalian tidak usah khawatir dengan kondisi ini, sebenarnya ada dua solusi yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya itu seperti:

  1. Pertama, kalian dapat mencoba untuk menunggu dulu beberapa waktu. Biasanya sekitar 10 sampai 60 menit jaringan sudah bisa kembali normal.
  2. Kedua, kalian bisa menghubungi operator Smartfren untuk melakukan komplain bahwa kalian tidak dapat melakukan pengecekan pulsa melalui SMS ataupun aplikasinya.

Jika kalian memang ingin menghubungi call center smartfren, maka kalian bisa melakukannya dengan melihat daftar kontaknya di tabel ini:

Telepon 888 (khusus pengguna Smartfren)
Telepon 08811-223344-021 (semua operator)
Telepon 021-50100000 (telepon rumah)
FAX 31900303
Sosial Media Twitter, Facebook, Instagram, YouTube
Email [email protected]
Website www.smartfren.com
Aplikasi MySmartfren

Lebih dari itu, kalian sebenarnya juga di perkenankan untuk datang dan berkonsultasi langsung ke Galeri Smartfren terdekat di kota kalian.

Penutup

Jadi, begitulah pembahasan secara lengkap mengenai tips-tips mengatasi kartu Smartfren tidak bisa cek pulsa melalui SMS.

Pada dasarnya kondisi tersebut sangat jarang terjadi, tapi kalau sudah dialami pasti akan membuat kita pusing sendiri bukan? Apalagi saat kita sedang perlu-perlunya untuk mengecek sisa pulsa pada kartu Smartfren yang di gunakan.

Tapi, dengan beberapa tips di atas, biasanya masalah yang sedang kalian hadapi bisa dengan mudah teratasi. Jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan Smartfren, maka dapat menulisnya di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.