Arti Kuota Lokal Operator

Arti Kuota Lokal All Operator

Arti Kuota Lokal – Bagi kalian yang mungkin belum sadar kalau Gadget dan Internet itu merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Karena tanpa ponsel kalian tidak akan dapat mengakses internet, begitu juga sebaliknya internet tanpa ponsel akan terasa percuma. Selain itu, memiliki smartphone terbaru tanpa koneksi internet tentu akan terasa sangat membosankan sekali bukan?

Apalagi jika kita melihat kondisi sekarang ini, di mana-mana itu hampir semua aktivitas seseorang di HP itu memerlukan koneksi internet. Contohnya saja seperti saat streaming Youtube, browsing informasi di Google, buka Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainnya.

Tapi, untungnya saat ini internet sudah dengan mudah kita dapatkan di hampir semua tempat.

Beberapa provider juga sudah mulai berbondong-bondong menghadirkan penawaran paket internet terbaik yang mereka miliki. Paket tersebut tentu di tunjukkan agar bisa memenuhi kebutuhan semua penggunanya, sehingga mereka dapat mengakses internet kapanpun dan di manapun.

Variasi Paket Internet Saat Ini

Sekarang ini, sudah banyak sekali jenis paket internet menarik yang di tawarkan oleh semua provider.

Bahkan sampai saat ini, tidak sedikit paket kuota yang di tawarkan oleh beberapa provider itu memiliki kapasitas yang besar. Tapi harga yang di bandrol cukup murah dan terjangkau bagi kalangan pelajar.

Contohnya saja, mungkin kalian tidak akan pernah membayangkan untuk bisa mendapat kuota internet sebesar 15GB dengan harga 15 ribu saja. Padahal, ada lho provider yang berani menawarkan paket internet tersebut.

Selain itu, sebagai tambahannya, ada juga sebagian provider yang juga berani memberikan tambahan kuota lokal di dalam paket yang mereka tawarkan. Misalnya seperti provider XL, Telkomsel , Indosat, Axis, Tri, Smartfren dan yang lainnya.

Namun, kali ini Kampung Gadget tidak akan menjelaskan daftar paket yang di tawarkan oleh provider tersebut, melainkan sebuah penjelasan mengenai kuota lokal. Karena sampai saat ini, masih banyak dari kalian yang belum terlalu paham mengenai arti dari kuota lokal tersebut.

Nah, agar kalian tidak terus menerus penasaran dengan arti dari kuota lokal itu sendiri, maka langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kuota Lokal? (XL, Indosat, Smartfren, Telkomsel, Axis, Tri)

Apa Itu Kuota Lokal

Secara sederhananya itu, maksud dari kuota lokal adalah kuota yang akan aktif di tempat-tempat tertentu saja atau tempat dimana kalian membeli paket tersebut (umumnya kota).

Contohnya saja saat kalian membeli paket internet di kota Jakarta. Setelah dicek, ternyata dalam paket internet yang kalian beli itu mendapatkan bonus tambahan kuota lokal. Dengan begini, secara otomatis kuota lokal tersebut hanya akan bisa kalian gunakan di kota Jakarta saja.

Pastinya penjelasan tersebut mudah untuk kalian pahami, ya?

Nah, jika kalian belum tahu, sebenarnya kuota lokal juga sama seperti kuota lainnya. Di mana kuota ini dapat kalian gunakan untuk keperluan internet, browsing, nonton Youtube, main game dan lain sebagainya.

Berapa Lama Masa Aktif Kuota Lokal?

Umumnya, masa aktif dari kuota lokal akan mengikuti masa aktif dari paket kuota utama yang sebelumnya kalian beli bersamaan dengan kuota lokal.

Misalnya saja, paket utama yang kalian beli memiliki masa aktif selama 30 hari, maka kuota lokal yang kalian dapatkan juga ikut aktif selama 30 hari.

Meski begitu, bukan tidak mungkin juga kalau di masa yang akan datang nantinya itu bakalan ada ketentuan lain yang menyediakan kuota lokal dengan masa aktif tersendiri.

Apa yang Terjadi Kalau Kuota Lokal Dipakai di Area Lain?

Jika saat ini kalian memiliki kuota lokal (all provider), kemudian kalian pergi sampai keluar dari area kota tempat kalian mendaftarkan layanan internet (kota lain contohnya). Maka secara otomatis kuota lokal yang kalian miliki itu tidak akan aktif serta tidak dapat kalian gunakan.

Maka dari itu, apabila kalian memiliki rencana untuk pergi keluar area kuota tersebut, maka jangan sampai lupa untuk menyiapkan kuota internet cadangan. Kalian dapat menyesuaikan jumlah kuota cadangan tersebut sesuai dengan kebutuhan nantinya.

Apa Bedanya Kuota Lokal dengan Kuota Biasa?

Bedanya itu, kalau kuota biasa itu merupakan kuota yang dapat kalian gunakan dalam skala nasional. Jadi, mau di mana pun kalian sedang berada, asalkan masih di area Indonesia dan masih dalam jangkauan provider yang di pakai, maka kuota jenis ini masih bisa kalian gunakan.

Sedangkan untuk jenis kuota lokal sendiri, seperti yang sudah disinggung di atas. Di mana kota jenis ini hanya dapat kalian gunakan di area tertentu saja, atau di kota tempat kalian mendaftarkan paket internet tersebut.

Kuota Biasa Kuota Lokal
Dapat digunakan pada seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Hanya dapat digunakan di area tertentu saja.

Namun tidak hanya itu, karena sifatnya bonus, maka kalian hanya bisa memakai kuota lokal jika kalian sudah membeli paket kuota biasa sebelumnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Kuota Lokal?

Untuk jawabannya, sebenarnya itu tergantung dari pihak operator yang kalian gunakan untuk membeli paket data internet. Tapi, dari pengalaman admin sendiri, setidaknya itu kurang lebih ada 2 kondisi yang dapat terjadi, seperti:

  1. Pemakaian kuota lokal biasanya akan di prioritaskan dari awal sebelum menggunakan kuota utama.
  2. Atau, kuota lokal baru bisa kalian gunakan setelah kuota utama sudah habis di pakai.

Agar dapat menemukan jawaban yang lebih spesifik dari pertanyaan tadi, maka kalian dapat melihatnya di detail paket internet yang akan di beli. Umumnya di sana akan ada keterangan mengenai hal tersebut.

Kenapa Kuota Lokal Tidak Bisa Dipakai?

Arti Kuota Dari Lokal Operator

Sampai saat ini, ternyata masih banyak pengguna yang bertanya-tanya, kenapa kuota lokal yang dimiliki itu tidak dapat di gunakan.

Nah, apabila saat ini kalian mengalami hal tersebut, mungkin beberapa solusi yang ada di bawah ini dapat kalian coba terapkan:

1. Pasang Kartu di HP Lain

Kalian bisa mencoba untuk melakukan tes pada kartu yang kalian miliki di ponsel lainnya. Admin sendiri juga pernah mencoba mengecek di HP lain (yang mempunyai kuota lokal). Hasilnya, ternyata kuota tersebut dapat digunakan dengan lancar.

2. Pastikan Lokasi Sudah Sesuai

Untuk yang berikut ini tentu sudah admin jelaskan tadi di atas. Oleh sebab itu, kalian wajib untuk memastikan terlebih dahulu, kalau kalian sudah berada di lokasi yang tepat. Usahakan untuk tidak keluar dari lokasi tempat kalian mendaftarkan kuota tersebut.

3. Tunggu Sampai Paket Utama Habis

Hal ini juga sudah admin jelaskan secara lengkap di atas tadi. Silakan kalian dapat membiarkan terlebih dahulu kuota utama yang dimiliki habis. Setelah kuota utama habis, kemungkinan besar kalian baru akan bisa memakai kuota lokal tersebut. Meski hal ini sangat jarang, namun bukan berarti tidak mungkin untuk terjadi.

4. Periksa Apakah Kuota Harus 4G

Kemungkinan, sebagian kuota lokal itu baru bisa kalian gunakan jika ponsel kalian sudah terhubung jaringan 4G. Karena, ini biasanya termasuk dari syarat dan ketentuan bonus kuota lokal yang kalian dapatkan. Maka, kalian bisa mencoba untuk mengatur HP ke jaringan 4G Only.

5. Pastikan Kalau Ketentuan Kuota Lokal Sudah Terpenuhi

Selain 4G, kalian juga wajib untuk memastikan kalau ketentuan lain itu sudah kalian penuhi. Contohnya saja seperti kuota dapat di gunakan selama 24 jam atau tidak. Karena itu sangatlah penting untuk kalian ketahui.

6. Aktifkan Mode Pesawat

Cara ini sebenarnya bertujuan untuk melakukan refresh pada jaringan. Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat beberapa detik saja, setelah itu coba untuk kalian aktifkan kembali. Biasanya cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi jika memang ada masalah pada jaringan.

7. Hubungi CS Operator yang Digunakan

Jika belum bisa juga, maka admin sarankan untuk mencoba menghubungi langsung nomor telepon customer service. Kalian dapat menjelaskan masalah yang sedang di hadapi, agar pihak operator dapat langsung membantu mencarikan solusinya.

Cara Memakai Kuota Lokal di Kota Lain

Seperti yang sudah kalian baca di atas tadi, kuota lokal memang hanya bisa kalian gunakan pada area-area tertentu saja. Namun tahukah kalian, kalau sebenarnya kuota lokal tersebut bisa kalian pakai di kota lain?

Yup, saat ini sudah ada cara yang dapat kalian lakukan jika memiliki kuota lokal yang tidak bisa di gunakan. Tapi, untuk cara ini belum bisa kalian pakai di semua operator dan admin hanya baru mencobanya di provider Telkomsel saja.

Nah, apabila kalian berminat untuk mencobanya, maka dapat langsung mengikuti tutorialnya berikut ini:

1. Unduh Aplikasi Fake GPS Location Spoofer Free

Agar kalian dapat memakai kuota lokal yang di miliki pada kota lainnya, maka kalian wajib untuk menginstal aplikasi yang satu ini. Aplikasi Fake GPS Location Spoofer Free ini dapat kalian unduh secara gratis di dalam Google Play Store.

2. Izinkan Lokasi Palsu

Agar operasi ini dapat berjalan lancar, maka kalian wajib untuk melakukan beberapa pengaturan pada HP. Caranya itu dengan:

  • Masuk kedalam Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian kalian pilih opsi Pengembang.

  • Pada Mendebug, kalian bisa memilih menu Aplikasi Tiru Lokasi.
  • Setelah itu kalian bisa memilih aplikasi Fake GPS Location Spoofer Free.
  • Lalu kalian jalankan aplikasi Fake GPS Location Spoofer Free dan arahkan ke lokasi tempat kalian membeli kuota internet.
  • Kalian tekan dua kali pada penunjuk GPS dan pilih Play.
  • Langkah terakhir kalian pilih Home.

Untuk proses mengaktifkan lokasi palsu sudah selesai dan selanjutnya kalian wajib menginstal aplikasi AnonyTun.

3. Setting Aplikasi AnonyTun

Berikutnya kalian harus menginstal lagi aplikasi yang bernama AnonyTun di Google Play Store. Lakukan penginstalan aplikasi seperti biasanya, setelah itu:

  • Jalankan aplikasi AnonyTun.
  • Kemudian di halaman depan kalian pilih menu Stealth Settings yang ada di pojok kanan atas.

  • Lalu kalian aktifkan pada area Stealth Tunnel.
  • Dalam area Connection Protocol, kalian pilih SSL.
  • Di Area Connection Port, ada masukan 443.

  • Kalian aktifkan pada area Advanced SSL Settings.
  • Jika sudah, masuk kedalam opsi Edit SSL Settings.
  • Berikutnya kalian centang Spoof Host:Port.
  • Di dalam area teks di Spoof Host, kalian isikan URL www.telkomsel.com
  • Setelah itu di area Spoof Port kalian juga masukan 443.

  • Terakhir pilih OK lalu pilih Save.

Jika pengaturan di atas sudah selesai, maka kalian dapat mencobanya untuk mengaktifkan koneksi internet pada ponsel. Untuk melakukan pengujianya, kalian bisa menggunakanya untuk mengakses internet, seperti Facebook atau Youtube.

Penutup

Jadi begitulah penjelasan secara detail tentang arti kuota lokal untuk semua operator.

Mungkin masih banyak sekali orang yang belum paham apa sebenarnya arti dari kuota lokal tersebut. Padahal, jika kita lihat dari penjelasan tadi, pengertian kuota lokal itu sangatlah sederhana.

Bagi admin sendiri, kuota lokal itu adalah sebuah hal yang sangat menguntungkan sekali jika mendapatkannya. Sebab, selain mendapatkan kuota utama, kita juga masih bisa mendapatkan kuota bonus lainnya, seperti kuota lokal. Jadi, lumayan sekali kan, bisa digunakan internetan sepuasnya, bermain game ataupun nonton Yuotube.

Untuk saat ini, tentu kalian sudah paham kan tentang arti kuota lokal yang sebenarnya? Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.