Cara Mengatasi Telegram Lemot Dengan Aman

Penyebab dan Cara Mengatasi Telegram Lemot

Cara Mengatasi Telegram Lemot – Bagi pengguna lama Telegram pasti sudah tahu kalau aplikasi Telegram itu mempunyai fitur yang lengkap dan sangat mudah sekali di gunakan. Seperti membuat channel, men-download video / musik, mutualan di Telegram dan masih banyak lagi. Hal inilah yang juga membuat Telegram memiliki banyak pengguna aktif setiap harinya.

Meskipun sudah tergolong hampir sempurna, namun tidak menutup kemungkinan juga aplikasi Telegram bisa mengalami masalah. Salah satunya seperti saat di buka loading dari aplikasi Telegram sangat lambat, sehingga harus menunggu lama agar semua data di dalamnya bisa tampil sempurna.

Kondisi seperti ini juga cukup sering terjadi dan banyak pengguna aplikasi Telegram yang mengeluhkannya. Di saat loading yang terlalu lama, tentu juga akan mempengaruhi semua aktivitas kita di dalam Telegram. Seperti membuka pesan, melakukan panggilan, menyimpan data, mengirim file sampai proses download video yang tidak berjalan.

Lalu, apakah Telegram yang lemot bisa normal kembali? Tentu saja bisa, dan cara agar aplikasi Telegram normal kembali tidaklah sulit. Jika kalian penasaran dengan caranya, silakan simak panduan lengkapnya di sini.

Apa Penyebab Telegram Menjadi Lemot?

Penyebab Telegram Menjadi Lemot

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, ada bagusnya kita simak dulu mengenai penyebab aplikasi Telegram menjadi lemot saat di gunakan. Selain itu dengan mengetahui penyebab dari masalahnya, kita juga akan lebih mudah dalam mencarikan solusi nantinya.

Telegram menjadi lemot saat di gunakan dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya itu seperti:

  1. Ada Banyak Chat yang Menumpuk
    Penyebab utama Telegram lemot ketika di gunakan ialah karena adanya banyak chat yang menumpuk dan tidak pernah di hapus di dalam aplikasi. Meski terdengar sepele, namun dalam jangka waktu tertentu, chat yang menumpuk terlalu banyak bisa mengakibatkan sistem Telegram membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memuat semua chat tersebut.
  2. Terlalu Banyak Grup
    Memiliki grup di Telegram memang sangat menyenangkan, karena di sana kita bisa saling bertukar informasi dengan anggota lainnya. Tapi mempunyai grup yang terlalu banyak juga tidak bagus, karena bisa membuat Telegram menjadi lambat saat di buka, apalagi grup yang ramai setiap harinya.
  3. Melakukan Terlalu Banyak Download
    Mendownload berbagai macam file di Telegram memang jauh lebih lengkap dan mudah untuk di lakukan. Tapi tahukah kalian, kalau terlalu banyak mendownload file (baik itu sengaja atau tidak) juga bisa menyebabkan loading Telegram menjadi lama.
  4. Data Cache yang Menumpuk
    Semua aplikasi termasuk Telegram mempunyai data cache dan cache tersebut di buat secara otomatis. Secara umum cache memang berguna karena akan mempercepat kinerja dari aplikasi, tapi dalam jangka waktu lama cache juga akan berdampak buruk. Salah satunya membuat aplikasi Telegram muter-muter terus ketika di gunakan.
  5. Masih Menggunakan Telegram Versi Lama
    Penyebab Telegram terasa lemot saat di gunakan yang terakhir juga bisa terjadi karena versi aplikasi sudah jadul. Sehingga terdapat banyak bug di dalamnya yang membuat kinerja dari aplikasi tidak maksimal saat memuat data-data yang di perlukan.

Baca Juga : Cara Membuat Bot di Telegram


Cara Mengatasi Telegram Lemot Agar Normal Kembali

Setelah tahu beberapa penyebab Telegram menjadi lemot, maka sekarang saatnya untuk mengatasinya berdasarkan penyebab yang sudah di ketahui. Namun sebelum mulai, ada bagusnya kalian melakukan backup Telegram terlebih dahulu (jika di butuhkan).

Berikut ini beberapa solusi yang bisa di coba, silakan pilih salah satu atau bisa juga mengikuti sesuai urutan yang saya buat.

1. Bersihkan Chat Pada Kotak Masuk

Jika kalian merupakan pengguna Telegram yang setiap harinya aktif mengirim atau pun menerima chat (berupa teks, foto atau video), tentunya akan ada banyak sekali chat di akun Telegram. Nah, hal inilah yang paling sering di abaikan oleh beberapa pengguna Telegram.

Karena dalam jangka waktu yang lama, chatchat yang menumpuk tersebut akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi Telegram itu sendiri, salah satunya seperti loading yang lama. Solusinya, kalian harus membersihkan beberapa chat yang sudah tidak di perlukan lagi.

Begini cara menghapus chat di Telegram seperti berikut:

  • Buka dulu aplikasi Telegram pada HP.
  • Kemudian cari dan pilih chat yang sudah tidak di perlukan.
  • Lalu tekan dan tahan sampai muncul notifikasi menu di atas layar.
  • Silakan pilih ikon tong sampah yang ada di atas layar.
  • Maka akan muncul notifikasi konfirmasi.
  • Centang pada kolom ‘Also Delete for (nama akun)’.
  • Terakhir tekan menu Delete Chat.
  • Selesai.

Apabila kalian ingin menghapus beberapa chat sekaligus, maka di langkah ke tiga tadi, kalian tinggal menekan akun Telegram lainnya yang chat-nya mau di hapus. Nanti jika di rasa sudah cukup, tinggal menekan ikon tong sampah untuk menghapusnya.

2. Keluar Dari Grup Telegram

Mempunyai grup memang akan sangat membantu dan memudahkan kita dalam memperoleh berbagai macam informasi. Namun terlalu banyak grup di Telegram juga tidak terlalu bagus, apalagi anggota di dalam grup sangat aktif mengirimkan foto, video maupun dokumen sebelumnya.

Kenapa? Karena hal ini juga akan sangat mempengaruhi kinerja dari aplikasi Telegram itu sendiri. Sehingga sangat di sarankan untuk menghapus beberapa grup yang di miliki, terutama untuk grup yang sudah tidak aktif dan tidak di butuhkan lagi.

Dengan begitu, kinerja dari aplikasi tidak akan terbebani dan masalah Telegram yang lemot bisa teratasi dengan aman. Untuk cara keluar dari grup Telegram seperti ini:

  • Silakan buka aplikasi Telegram yang di gunakan.
  • Kemudian cari grup yang mau di hapus.
  • Lalu tekan dan tahan grup yang akan kalian hapus.
  • Maka akan muncul menu baru di atas layar, silakan ketuk ikon tong sampah.
  • Kotak notifikasi akan muncul, klik menu Keluar Grup.
  • Selesai.

Jika ada beberapa data di dalam grup yang menurut kalian penting, sebaiknya download terlebih dahulu data tersebut sebelum menghapusnya. Karena jika grup sudah terhapus, maka semua data yang ada di dalamnya tidak akan bisa kalian akses lagi.

3. Pastikan Update Aplikasi Telegram Secara Berkala

Hampir sebagian pengguna dari aplikasi Telegram sering tidak peduli untuk melakukan pembaharuan terhadap aplikasinya. Padahal melakukan update secara berkala itu sangatlah penting untuk semua aplikasi, termasuk juga untuk Telegram.

Mengapa penting? Ini karena dengan memakai aplikasi Telegram versi terbaru, semua bug dan error yang sebelumnya terjadi pastinya akan hilang di versi yang terbarunya, meski tidak semuanya juga sih. Namun untuk aplikasi yang secara rutin di update kinerjanya akan jauh lebih baik dari versi lamanya. Apalagi setiap pembaharuan itu terkadang developer menambahkan fitur-fitur baru di dalamnya.

Proses pembaharuan bisa di lakukan seperti memperbaharui aplikasi lainnya. Caranya kalian tinggal membuka Google Playstore (Android) atau App Store (iOS), lalu tinggal mencari aplikasi Telegram dan terakhir tekan menu Update (jika tersedia). Nanti proses update akan berjalan secara otomatis dan kalian hanya perlu menunggu sampai selesai saja.

4. Matikan Fitur Download Otomatis di Telegram

Buat yang belum tahu, Telegram itu mempunyai sebuah fitur yang terkadang cukup membantu, yaitu fitur Auto Download. Fungsi dari fitur ini ialah untuk menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, stiker, dokumen, musik dan lainnya secara otomatis.

Meski cukup membantu, dalam beberapa kasus fitur ini juga bisa memicu beberapa masalah, seperti aplikasi Telegram menjadi lemot. Hal ini karena jika fitur Auto Download aktif, maka semua file yang kalian terima di Telegram akan langsung tersimpan kedalam penyimpanan internal. Dalam jangka waktu tertentu, kondisi ini akan membuat memori internal penuh dan akan berdampak pada kinerja HP yang melambat.

Lalu solusinya gimana? Ya, dengan menonaktifkan fitur auto download tersebut. Caranya seperti ini:

  • Langkah pertama buka dulu aplikasi Telegram.
  • Setelah terbuka, tekan ikon More Options.
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Lanjut pilih lagi menu Data dan Penyimpanan.
  • Pada tahap ini, silakan nonaktifkan semua opsi yang ada di dalam Unduh Media Otomatis.
  • Selesai, deh.

5. Bersihkan Data dan File Cache Aplikasi Telegram

Sama seperti aplikasi lainnya, semakin lama Telegram di gunakan maka akan semakin banyak juga data-data serta cache yang di simpan oleh aplikasi. Hampir sama seperti sebelumnya, jika di biarkan dalam jangka waktu tertentu, maka ini akan membuat kinerja HP semakin melambat dan sudah pasti berdampak pada aplikasi yang terpasang.

Maka dari itu, untuk mengatasi aplikasi Telegram yang lemot, sangat di sarankan sekali untuk menghapus data dan cache secara berkala. Caranya juga tidak terlalu sulit, prosesnya seperti ini:

  • Pertama-tama buka dulu aplikasi Telegram.
  • Di halaman utama, silakan klik opsi More Options.
  • Kemudian pilih menu Pengaturan.
  • Lalu ketuk lagi menu Data dan Penyimpanan.
  • Lanjut lagi tekan menu Pemakaian Penyimpanan.
  • Sekarang ketuk opsi Bersihkan Cache.
  • Maka nanti akan muncul sebuah statistik cache aplikasi Telegram, silakan klik Bersihkan Cache.
  • Apabila sudah, kalian bisa kembali ke halaman pengaturan dan penyimpanan tadi.
  • Di sana kalian tekan menu Penggunaan Data.
  • Berikutnya pilih opsi Reset Statistik.
  • Nanti akan muncul sebuah notifikasi, ketuk saja menu Reset untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Meski tidak semua data aplikasi Telegram akan terhapus, namun proses ini masih bisa meringankan kinerja aplikasinya saat proses pemuatan data.


Baca Juga : Cara Membuat Stiker di Telegram


Kenapa Telegram Muter Terus?

Jika hanya lemot, sudah pasti Telegram masih bisa di gunakan untuk beberapa keperluan, hanya saja prosesnya sedikit lebih lama dari biasanya. Namun berbeda ketika Telegram hanya muter-muter terus atau hanya muncul halaman loading saja.

Karena ketika aplikasi Telegram hanya muter terus, maka sudah pasti tidak akan bisa di gunakan untuk melakukan obrolan, menelpon maupun men-download. Tentu sangat merepotkan sekali bukan?

Lalu apa sih yang menjadi penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Telegram yang menghubungkan terus dapat terjadi karena jaringan internet yang di gunakan kurang stabil, sehingga proses pengambilan data yang di lakukan oleh sistem Telegram menjadi terhenti. Dampaknya sudah pasti, aplikasi Telegram hanya akan menampilkan ikon loading saja.

Solusinya, kalian bisa coba memeriksa koneksi internet yang di gunakan. Caranya dengan membuka aplikasi lain untuk melakukan pengujian, misalnya Youtube.

Namun jika ternyata tidak ada masalah dengan jaringan internet yang di pakai, maka itu artinya aplikasi Telegram yang kalian gunakan bermasalah. Bisa saja karena ada bug atau aplikasi yang belum di perbaharui. Untuk kondisi seperti ini, kalian bisa memakai cara yang sudah saya jelaskan di atas tadi.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi Telegram lemot saat di gunakan yang bisa saya rangkumkan hari ini. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu kalian semuanya yang memang sedang mengalami masalah dengan aplikasi Telegram.

Seperti biasa, jika ada yang masih kurang jelas atau ada pertanyaan yang mau kalian sampaikan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.