Cara Membuat Grup di Telegram

Cara Membuat Grup di Telegram dan Mengaturnya

Cara Membuat Grup di Telegram – Mungkin dari kalian sudah banyak yang tahu kalau salah satu aplikasi pesan instan yang cukup populer saat ini adalah Telegram. Di mana pengguna aplikasi Telegram yang ada di Indonesia juga sudah mulai meningkat secara pesat.

Hal tersebut juga membuat tidak sedikit komunitas yang ingin menggunakan fungsi grup yang ada di dalam Telegram. Sehingga membuat banyak pengguna mulai beramai-ramai memakai fitur yang satu ini sebagai sarana berbagi ataupun bisnis.

Telegram sendiri juga adalah salah satu aplikasi chat yang sudah di lengkapi dengan fitur grup untuk penggunanya. Bahkan sampai sekarang ini juga sudah tersedia berbagai fitur yang cukup lengkap dan bisa di gunakan oleh semua penggunanya.

Meski terasa sangat mudah, namun tetap saja masih banyak pengguna yang belum tahu cara membuat grup di Telegram. Apakah kalian salah satunya? Tenang, di sini saya akan bagikan caranya untuk kalian.

Cara Membuat Grup Baru di Telegram

Pada dasarnya sebuah grup di Telegram itu mempunyai fungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan banyak kontak sekaligus. Sehingga kita tidak perlu lagi mengirimkan sebuah informasi ke satu-satu anggota atau teman yang ada di Telegram. Jadi, dengan grup kita bisa mengirimkannya langsung ke semua anggota yang terdaftar.

Tidak hanya itu saja, anggota di dalam grup Telegram juga bisa mengirimkan foto, video dan data penting lainnya. Namun ini kembali lagi kedalam kebijakan yang di buat oleh admin grup itu sendiri, ya.

Untuk membuat grup Telegram sebenarnya mudah sekali, karena kita hanya perlu membuka aplikasi Telegram -> pilih menu Message -> New Group -> Invite anggota grup -> atur nama dan foto di grup -> terakhir cek hasil grup yang di buat.

Simpelnya sih seperti itu, namun untuk lebih jelasnya kalian bisa simak di bawah ini.

1. Tekan Menu New Message

Sama seperti biasa, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Jika sudah terbuka, maka langkah selanjutnya kalian tekan menu New Message atau ikon pensil yang ada di sebelah kanan bawah layar.

2. Pilih Menu New Group

Setelah kalian menekan menu new message tadi, maka berikutnya akan muncul beberapa menu lain. Dalam halaman ini, akan ada banyak pilihan menu, seperti pesan rahasia, channel dan juga membuat group.

Karena hari ini kita akan membuat sebuah grup, maka kalian tap saja langsung menu New Group yang memiliki ikon anggota.

Penting:

Karena pada tutorial kali ini saya memakai bahasa Inggris, maka kata-kata menu yang saya tampilkan pasti bakal berbeda. Jika kalian ingin, maka bisa juga mengubah bahas Telegram seperti yang saya gunakan saat ini.

3. Invite Anggota Untuk Group

Jika kalian sudah menekan menu new group, maka sekarang seluruh kontak yang kalian miliki di Telegram bakalan terlihat.

Bila kalian ingin menambahkan semuanya, langsung saja tap menu AL yang ada di atas. Namun jika tidak, kalian juga bisa memilih beberapa kontak teman untuk di masukkan kedalam grup.

Apabila sudah dirasa cukup anggota grup yang di inginkan, maka selanjutnya kalian tap saja menu icon Next.

4. Buat Nama dan Foto Untuk Group

Setelah semua langkah di atas sudah selesai, maka berikutnya kita hanya perlu memasukkan nama grup yang akan di buat. Kalian bisa menambahkan nama grup sesuai keinginan pada kolom enter group name yang sudah di sediakan.

Apabila nama grup sudah sesuai, jangan lupa juga untuk meng-upload foto yang mencerminkan group Telegram kalian. Caranya dengan tap icon kamera di samping nama group tadi, lalu cari foto yang hendak kalian gunakan.

Jika sudah selesai mengatur nama dan foto untuk group yang kalian buat, maka berikutnya tap ikon Centang yang ada di pojok kiri bawah layar.

5. Group Telegram Selesai Dibuat

Kalau semua data yang di perlukan sudah kalian penuhi, maka grup otomatis akan dibuat oleh sistem Telegram. Biasanya kita juga akan otomatis diarahkan ke grup yang sudah di buat tadi.

Selain itu, di dalam grup yang kita buat juga akan terlihat sebuah notifikasi. Isi dari notifikasi ini biasanya berupa aturan grup yang sudah di tentukan oleh sistem Telegram.

Selamat, kini kalian sudah berhasil membuat grup di Telegram.

Cara Mengatur Grup di Telegram

Bagi kalian yang mungkin belum tahu kalau sebenarnya fitur di grup Telegram itu ada banyak. Di mana ada banyak sekali pengaturan yang dapat kalian ubah dan gunakan sesuai keinginan.

Karena ada banyak, di sini saya akan menjelaskan beberapa fitur yang berguna untuk mengatur grup Telegram. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengganti Nama dan Foto Grup

Sama seperti beberapa aplikasi, Telegram juga sudah menyediakan fitur bagi penggunanya yang bisa di gunakan dalam mengatur nama dan foto grup. Sehingga nantinya jika kalian bosan dengan nama atau fotor grup sebelumnya, maka bisa langsung menggantinya dengan mudah.

Caranya juga tidak sulit kok. Kurang lebih prosesnya seperti ini:

  • Pertama buka Grup yang hendak kalian rubah nama atau fotonya.
  • Setelah terbuka, ketuk nama grup kalian yang terlihat.
  • Berikutnya tekan ikon pensil yang ada di pojok kanan atas.
  • Pada tahap ini kalian hanya perlu mengganti nama grup dengan yang baru.
  • Sedangkan untuk mengganti foto, kalian bisa tap menu Set New Photo.
  • Jika sudah, langsung saja tap ikon Centang yang ada di atas kiri layar.
  • Selesai, nama atau foto grup berhasil kalian rubah.

Catatan:

Apabila membutuhkan, di tahap tadi kalian juga bisa mengisikan kolom deskripsi. Deskripsi ini merupakan keterangan tentang grup yang kalian buat.

2. Mengatur Privasi Pada Grup

Salah satu fitur yang tidak di miliki oleh beberapa aplikasi lain adalah mengatur privasi pada grup yang kita buat. Di mana pada grup Telegram, kita dapat mengatur privasinya sesuai kebutuhan yang di inginkan.

Jika kalian belum tahu, opsi fitur ini memiliki fungsi untuk membuat grup yang kita buat bisa di akses oleh umum atau tidak.

Caranya kurang lebih begini:

  1. Langkah pertama buka dulu Pengaturan Grup Telegram.
  2. Apabila sudah, berikutnya tekan menu Group Type.
  3. Berikutnya kalian pilih privasi grup yang kalian inginkan.
  4. Jika kalian ingin grup bisa diakses oleh umum, maka tap menu public group. Apabila kalian hanya ingin diakses oleh kontak yang di kenal saja, maka pilih opsi private Group.
  5. Bila sudah sesuai, terakhir tekan tanda centang yang ada di pojok kanan atas layar.
  6. Selesai, privasi grup berhasil kalian buat.

3. Mengatur Pinned Message di Grup

Bagi yang sudah pernah memiliki grup sebelumnya, pasti pernah melihat sebuah pesan yang di kirim oleh admin terletak di bagian atas. Meski pesan ini di kirim terakhir atau setelah anggota selesai berdiskusi, entah itu isinya peraturan grup atau informasi lain, tetap saja akan terlihat di bagian atas.

Jika belum tahu, fitur ini bernama pinned messageLalu apa gunanya fitur tersebut? Sudah tentu berguna untuk membuat pesan tersebut bisa dibaca oleh semua anggota, terutama untuk yang baru bergabung ke dalam grup.

Apakah kalian berminat? Cara membuatnya seperti ini:

  1. Pertama-tama kalian cari pesan yang ingin di tandai.
  2. Jika sudah, silakan ketuk pesan yang di inginkan.
  3. Nantinya akan terlihat beberapa opsi, tapi kalian tap menu Pin.
  4. Maka notifikasi Pin Message bakalan muncul, silakan kalian centang opsi Notify All Member dan setelah itu pilih lagi menu Pin untuk menyimpan pengaturan.
  5. Dengan begitu pesan yang sudah kalian pilih bakalan disematkan pada bagian atas.
  6. Sedangkan jika kalian ingin menghapus atau menggantinya, maka klik pesan yang tersemat.
  7. Maka nantinya kalian akan di bawa ke halaman pinned message.
  8. Tap pesan yang memang ingin kalian hapus.
  9. Terakhir tinggal pilih opsi Unpin.
  10. Selesai, deh.

4. Mengatur History Chat Pada Grup

Pada beberapa aplikasi chatting, umumnya kita dapat melihat pesan sebelumnya yang ada di dalam grup sebelum bergabung. Tapi, berbeda dengan aplikasi Telegram. Karena di dalam Telegram kita bisa mengatur anggota baru di grup bisa melihat pesan sebelumnya atau tidak.

Berminat? Berikut cara mengatur chat grup Telegram:

  1. Pertama kalian buka dulu Pengaturan Telegram.
  2. Lalu klik menu Chat history for new member.
  3. Nantinya kalian akan melihat beberapa opsi muncul pada bagian bawah.
  4. Jika kalian ingin anggota grup baru bisa melihat semua pesan sebelumnya saat bergabung, maka pilih opsi Visible. Namun jika ingin sebaliknya, maka gunakan opsi Hidden.
  5. Selesai.

5. Bisa Memberi Akses Admin Baru

Untuk sebuah grup yang memiliki banyak anggota, sudah pasti memerlukan beberapa admin di dalamnya. Hal ini akan memudahkan kita sebagai pemilik grup memonitor semua anggota yang ada.

Seperti grup di aplikasi lain, pada grup Telegram kita juga di sediakan akses untuk menambahkan anggota lain untuk menjadi admin. Kalian bisa menambahkan satu atau dua lebih admin di dalam satu grup Telegram.

Caranya begini:

  • Pertama buka dulu Pengaturan grup Telegram.
  • Langkah selanjutnya kalian tap menu Administrators.
  • Selanjutnya pilih opsi Add Admin.
  • Berikutnya kalian pilih Anggota grup yang ingin di jadikan sebagai admin.
  • Setelah itu kalian atur saja hak yang ingin di berikan ke anggota admin.
  • Kalau sudah selesai, kalian tap menu Centang yang ada di bagian atas.
  • Selesai, deh.

Catatan:

Perlu kalian tahu juga kalau hak admin baru yang di tambahan pada grup itu tidak sama seperti status kalian sebagai owner grup. Karena di sini admin hanya bisa mengelola grup saja dan tidak akan bisa menghapus grup, karena ini hak kalian sebagai owner.

Cara Menghapus Grup di Telegram

Jika kalian merasa kalau sebuah grup yang pernah di buat sebelumnya sudah tidak aktif lagi, maka kalian bisa menghapus grup tersebut. Namun di sini pastikan kalau kalian merupakan owner atau pemilik grup bukan sebagai admin, ya.

Cara menghapus grup Telegram:

  • Pertama kalian bisa membuka grup yang mau di hapus.
  • Selanjutnya tekan ikon titik tiga yang ada di bagian atas layar.
  • Berikutnya kalian pilih menu Delete and leave group.
  • Selesai, grup Telegram berhasil dihapus.

Umumnya seluruh chat dan informasi yang ada di dalam grup akan hilang. Selain itu, semua anggota grup sebelumnya bakalan tidak bisa mengakses data pada grup yang sudah di hapus.

Cara Mudah Mencari Grup Telegram

Seperti yang sudah sempat saya katakan tadi, jika sebuah grup di Telegram tidak diatur ke private, maka kita bisa mencari atau diakses oleh publik. Termasuk juga kalian sendiri, ya.

Bila kalian berencana untuk mencari sebuah grup di Telegram, maka caranya seperti ini:

  1. Langkah pertama kalian tap ikon Pencarian yang ada di atas layar.
  2. Lanjutkan dengan mengetikan kata kunci grup yang ingin kalian cari. Sebagai contoh, di sini saya akan mencari sebuah grup Rakit PC.
  3. Maka akan muncul banyak pilihan grup, kalian pilih saja yang sesuai keinginan.
  4. Terakhir, tap saja tombol join untuk bergabung kedalam grup tersebut.
  5. Selesai.

Catatan:

Bagi yang belum tahu, kalau di fitur pencarian Telegram ini kita sebenarnya juga bisa mencari grup dan channel secara bersamaan.

Perbedaan grup dan channel di Telegram umumnya bergantung pada anggota member yang dapat di tampung. Untuk grup, kita bisa menampung anggota maksimal mencapai 100 ribu user. Sedangkan channel Telegram, anggota yang dapat di tampung tidak terbatas.

Agar lebih jelas lagi, kalian nantinya bisa melihat di deskripsi yang sudah tertera di dalam grup dan channel.

Penutup

Saat ini memang grup sudah menjadi salah satu fitur penting yang harus ada di dalam aplikasi chatting, seperti di Telegram. Karena dengan adanya fitur ini, pengguna aplikasi akan di permudah dalam berkomunikasi ke banyak orang sekaligus.

Di aplikasi Telegram, fitur ini sudah di sediakan secara gratis dan kita bisa menggunakannya untuk membuat grup sendiri jika memang diperlukan.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan cara membuat grup di Telegram dan mengaturnya. Bila kalian memiliki pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.