Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh – Masing-masing dari pengguna smartphone Android tentu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Termasuk juga dengan kebutuhan akan kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel yang mereka gunakan. Di mana ada yang membutuhkan penyimpan sedikit dan ada juga beberapa yang perlu kapasitas memori yang besar.

Hal ini tentu tidak lepas juga dari keperluan masing-masing pengguna saat menggunakan ponselnya sehari-hari. Oleh karena ini juga, sangat direkomendasikan untuk membeli HP yang mempunyai kapasitas memori internal sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap HP Android dari brand apapun itu, pastinya memiliki jumlah memori internal yang berbeda-beda.

Namun terlepas dari semua itu, ternyata ada juga yang mengalami masalah dengan penyimpanan memori internal di HP nya. Di mana masalah memori internal yang penuh padahal tidak ada file yang tersimpan di dalamnya. Jadi saat diperiksa, ternyata kapasitas memori internal pada ponsel sudah banyak terpakai, namun data yang tersimpan di dalamnya masih terlihat kosong.

Lalu apa yang menjadi penyebab masalah ini?

Penyebab Memori Internal Pada HP Cepat Penuh

Secara umumnya, sebuah ponsel yang baru kita beli itu tidak semata-mata ruang penyimpanannya kosong. Sehingga sangat kurang tepat jika kita mengatakan kalau internal pada HP masih kosong. Karena bila memori internal didalam HP terpakai, maka sepenuhnya di dalamnya itu akan ada sebuah data yang tersimpan.

Untuk data yang tersimpan di dalam memori internal jelas tergantung dari penggunanya masing-masing. Namun jika masih baru, biasanya data yang tersimpan berupa file sistem saja dan ini tidak akan memakan banyak ruang.

Lantas kenapa memori internal bisa penuh, padahal didalamnya tidak tersimpan file yang besar?

Jawabannya tentu ada di jumlah file. Karena ada beberapa file yang tidak bisa terlihat langsung namun menghabiskan banyak memori internal. Hal ini yang juga membuat kita kesulitan mencarinya, karena letak file ini tersembunyi alias diluar folder yang dapat kita cari secara manual.

Umumnya itu ada tiga jenis file, diantaranya:

  • File kamera.
  • File cache.
  • Dan juga file aplikasi.

Tiga jenis file tersebutlah yang secara diam-diam menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal pada HP kalian. Ukuran file-nya juga bervariasi, namun biasanya bisa mencapai ratusan bahkan ada yang sampai beberapa GB.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Untuk Semua HP Android

Sebenarnya mengatasi masalah yang satu ini sangatlah mudah untuk kita lakukan, sebab tidak seperti masalah pada HP Android lainnya. Karena untuk mengatasi masalah ini, kalian hanya perlu melakukan optimasi saja, yaitu dengan menghapus filefile yang sudah di sebutkan tadi.

Bagi kalian yang mungkin saja masih merasa bingung untuk mengatasi masalah memori internal yang cepat penuh pada HP Android. Maka di sini saya akan menjelaskannya untuk kalian secara bertahap dan pastinya mudah untuk dipahami.

Namun sebelum memulainya, ada bagusnya kalian melakukan backup data penting yang ada di HP Android. Karena ada beberapa cara yang akan saya sampaikan di bawah berisiko menghilangkan data-data penting pada HP.

1. Bersihkan Foto dan Video yang Tidak Penting Pada Galeri

Apabila dari kalian ada yang bertanya, kenapa memori internal pada HP cepat penuh? Tentu ini karena banyaknya foto serta video yang ada di dalam ponsel yang kalian gunakan sehari-hari. Kondisi ini juga merupakan salah satu penyebab yang paling umum dan sedikit orang yang menyadarinya.

Untuk itu, kalian bisa memeriksa terlebih dahulu foto serta video yang tersimpan di dalam ponsel. Jika jumlahnya banyak dan mungkin sudah tidak kalian perlukan, maka menghapusnya adalah hal yang baik. Dengan begitu, ruang penyimpanan internal pada HP akan menjadi lega kembali.

Jika foto dan video tersebut sangat penting bagi kalian, maka solusinya tentu dengan memindahkannya ke penyimpanan Eksternal (SD Card).

Cara memindahkan foto ke SD Card adalah seperti ini:

  1. Buka File Manager yang ada di HP kalian.
  2. Kemudian kalian cari folder DCIM.
  3. Lalu buka folder Kamera.
  4. Tap dan tahan lalu pilih foto yang ingin dipindahkan.
  5. Setelah itu, pilih menu Pindahkan yang muncul di bawah layar.
  6. Pilih lokasi folder yang ada di SD Card.
  7. Terakhir tap menu Pindahkan Disini.

Dengan begitu, foto serta video yang sebelumnya tersimpan pada memori internal sudah berhasil di pindahkan ke SD Card. Namun pastikan juga kalian kalian sudah memakai memori SD Card yang memiliki kapasitas besar, ya.

2. Hapus Pesan yang Sudah Menumpuk Terlalu Banyak

Tidak sedikit dari orang yang biasanya sangat malas untuk menghapus SMS yang tersimpan pada ponsel setiap harinya. Sebab beberapa orang beranggapan kalau hal tersebut tidak terlalu penting-penting banget untuk dilakukan.

Namun jangan salah, ya. Sebuah SMS yang masuk kedalam HP dalam waktu yang lama, bisa menghabiskan banyak ruang pada memori internal. Meski satu pesan itu hanya menghabiskan memori dalam jumlah hitungan beberapa byte, namun jika jumlahnya banyak tentu bukan hitungan byte lagi.

Nah, oleh karena itu, coba deh dulu kalian memeriksa SMS yang masuk pada HP. Jika ternyata ada banyak pesan yang tersimpan, maka segeralah menghapusnya. Karena ini akan berdampak baik untuk ruang memori internal di HP kalian.

3. Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Hapus Cache Aplikasi

Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Hapus Cache Aplikasi

Perlu kalian ketahui juga kalau asal mula file cache ini sebenarnya dari penggunaan aplikasi yang ada di dalam HP. Jadi ketika sebuah aplikasi kalian buka, maka aplikasi tersebut nantinya akan menyimpan data tertentu pada ruang penyimpanan internal. Fungsi dari data ini sebenarnya cukup penting karena akan mempercepat kinerja HP kalian dalam membuka aplikasi tersebut.

Meski sangat membantu, beberapa dari file cache yang tersimpan pada memori itu bisa berukuran besar, lho. Ada yang sampai berukuran ratusan MB untuk satu jenis aplikasi saja. Hal buruknya lagi, file cache ini tidak dapat kalian lihat di memori internal, sehingga seolah-olah tidak ada file yang tersimpan di dalamnya.

Tapi tenang, begini caranya mengatasinya:

  1. Buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  2. Berikutnya kalian masuk ke menu Aplikasi.
  3. Lalu kalian cari aplikasi yang kira-kira memiliki ukuran size yang paling besar dan biasanya ada di aplikasi yang sering kalian gunakan.
  4. Jika sudah ketemu, langsung buka saja aplikasi tersebut.
  5. Kemudian ketuk menu Penyimpanan.
  6. Berikutnya tap menu Hapus Cache.

Dengan cara itu, file cache akan terhapus dan ruang penyimpanan pada internal akan kembali lega seperti sebelumnya.

4. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Hal yang selanjutnya ini juga sangat penting untuk kalian semua ketahui, kalau semua aplikasi yang kita install itu seluruh datanya akan tersimpan di memori internal. Besar kecil memori yang di habiskan oleh aplikasi sangat beragam, ini biasanya tergantung dari fungsi aplikasi itu sendiri.

Jika kalian merasa kalau memori internal tidak ada data yang tersimpan, namun memorinya terlihat penuh, maka ada kemungkinan kalau data yang di simpan oleh aplikasi lah yang menjadi penyebabnya.

Solusinya yang paling mudahnya tentu dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak di perlukan. Caranya itu seperti ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian cari menu Aplikasi dan Daftar Aplikasi.
  3. Kemudian cari aplikasi yang jarang atau sudah tidak diperlukan.
  4. Pilih dan hapus aplikasi tersebut.

Cara ini sebenarnya tidak hanya membuat ruang penyimpanan internal menjadi lebih luas, namun juga bisa mengatasi kinerja HP yang lemot.

5. Install Aplikasi Cleaner Untuk Android

Cara mengatasi memori internal penuh pada HP Android juga bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama Cleaner. Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk mengoptimalisasi smartphone, mulai dari segi performa sampai penggunaan memori.

Jika di lihat, fungsinya sama seperti kalian menghapus file cache tadi. Namun dengan aplikasi ini prosesnya menjadi otomatis dan kalian tidak perlu melakukannya secara manual lagi. Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dan kalian bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama kalian bisa install aplikasi Cleaner di Google Play Store yang ada di HP Android.
  2. Setelah berhasil terpasang, kalian bisa langsung membuka aplikasinya.
  3. Di halaman utama, kalian bisa langsung tap menu Bersihkan.
  4. Lalu tunggu sampai proses pembersihan selesai.

Apabila sudah selesai, kalian bisa mengecek kembali memori internal yang ada di HP kalian. Biasanya akan terjadi sebuah perubahan yang lumayan besar, bahkan tidak jarang juga bisa mencapai hitungan GB.

Bisa kita katakan juga kalau dengan aplikasi ini, proses pembersihan file cache yang ada di HP bisa menjadi lebih praktis dan tentunya lebih menghemat waktu. Namun ini tergantung dari kalian masing-masing, jika ingin lebih cepat dan otomatis maka bisa memakai aplikasi Cleaner. Tapi jika tidak, maka dapat melakukannya secara manual seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

6. Periksa Data File WhatsApp

Sampai saat ini, masih banyak orang yang tidak sadar kalau pernah menyimpan sebuah file berupa foto, video, audio (voice note), dokumen dan lainnya pada WhatsApp. Biasanya ini terjadi karena mereka lupa atau tidak sadar file tersebut terunduh secara otomatis pada WhatsApp.

Jika di biarkan dalam jangka waktu yang lama, file tersebut akan terus menumpuk dan ukurannya juga akan terus bertambah besar. Sehingga dapat menjadi penyebab memori internal pada HP lebih cepat penuh, selain itu kinerja HP juga akan semakin lambat dan menjadi lebih cepat panas.

Untuk itu, kalian bisa membersihkan beberapa data yang di simpan oleh WhatsApp pada ruang penyimpanan internal. Caranya seperti ini:

  1. Buka dulu File Manager pada HP.
  2. Lalu masuk kedalam Memori Internal.
  3. Selanjutnya kalian buka folder WhatsApp.
  4. Di sana kalian akan menjumpai beberapa folder lainnya, silakan kalian pilih salah satu.
  5. Dalam halaman ini kalian bisa menghapus filefile yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

Berikutnya kalian tinggal mengulangi cara tadi agar hasil dari pembersihan file WhatsApp menjadi lebih maksimal. Untuk mencegah hal ini terjadi di waktu yang akan datang, kalian sebenarnya juga bisa mencegahnya. Caranya adalah dengan menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp, dengan begitu file berupa foto, video dan dokumen lainnya tidak akan tersimpan tanpa persetujuan kalian.

Catatan:

  • Cara yang kalian lakukan itu sebenarnya bisa juga digunakan pada aplikasi lainnya, seperti Facebook, Line, Messenger, Instagram dan lainnya.
  • Untuk langkah-langkahnya juga hampir sama seperti di atas.

7. Tambahkan Memori External (SD Card)

Cara yang paling mudah selanjutnya dalam mengatasi masalah memori internal yang cepat penuh adalah dengan menambahkan memori eksternal. Dengan adanya penambahan memori eksternal ini, smartphone kita bisa menjadi lebih terbantu dalam urusan penyimpanan file.

Sebaiknya kalian bisa mencoba cara ini agar ruang pada memori internal bisa terasa lega seperti awal kita membelinya. Selain itu, cara ini juga cocok untuk kalian yang menggunakan ponsel dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB ataupun 32GB.

Karena untuk saat ini kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar itu sudah mulai terasa kurang besar. Apalagi untuk kalian yang suka menyimpan banyak data di dalam ponsel, berupa foto, musik, video dan dokumen lainnya dalam jumlah yang banyak. Jadi dengan penambahan memori eksternal, kapasitas penyimpanan pada ponsel akan terasa sangat luas.

Jika kalian ingin menambahkan SD Card pada HP, ada baiknya untuk memeriksa batas maksimal memori eksternal yang bisa di tampung oleh ponsel dan biasanya informasi ini tertulis pada kotak HP. Selain itu, usahakan juga membeli SD Card dengan kapasitas di atas 64GB, agar kalian bisa leluasa menyimpan data penting pada HP.

8. Rubah Penyimpanan Otomatis Kamera ke SD Card

Setelah kalian sudah menambahkan ruang penyimpanan eksternal pada ponsel, maka agar lebih maksimal hasilnya itu kalian juga bisa merubah penyimpanan otomatis untuk aplikasi kamera. Kenapa harus dirubah?

Ini karena nantinya hasil jepretan kamera HP akan langsung tersimpan pada memori eksternal (SD Card). Dengan begitu, ruang penyimpanan internal pada HP tidak akan menjadi cepat penuh serta aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara merubah pengaturan penyimpanan otomatis kamera pada HP adalah seperti berikut:

  1. Pertama kalian buka dulu aplikasi Kamera.
  2. Lalu tap icon Gerigi.
  3. Setelah itu pilih menu Pindahkan Penyimpanan ke SD Card.

Dengan begitu, semua hasil foto dan video dari kamera HP akan secara otomatis di simpan kedalam memori eksternal.

9. Hapus Aplikasi Bloatware (Bawaan Android)

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengatasi memori internal yang penuh adalah dengan menghapus aplikasi bawaan Android (Bloatware). Jika kalian belum tahu, aplikasi Bloatware ini merupakan sebuah aplikasi yang sudah terpasang sejak smartphone di pasarkan.

Sayangnya, tidak semua aplikasi bawaan Android ini penting untuk penggunanya sehingga sebagian hanya hadir untuk menghabiskan ruang penyimpanan saja. Untuk itu, menghapus aplikasi bawaan yang tidak diperlukan bukanlah ide yang buruk untuk dilakukan.

Namun hal terburuknya, ternyata aplikasi bawaan Android ini tidak bisa kita hapus seperti kita menghapus aplikasi yang kita install sendiri. Tapi tenang, karena ada banyak jalan menuju roma, begitu juga dengan menghapus aplikasi Bloatware pada Android.

Caranya dengan memakai beberapa trik sederhana yang mungkin masih tidak banyak orang yang tahu. Penasaran? Kalian bisa mencari tahu caranya di artikel saya sebelumnya tentang cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root.

10. Pindahkan Penyimpanan Aplikasi ke SD Card

Sebenarnya kita tidak hanya bisa memindahkan foto atau video saja ke penyimpanan eksternal, namun kita juga bisa memindahkan beberapa aplikasi yang ada di HP. Seperti yang kalian tahu, kalau setiap aplikasi yang kita pasang itu akan menyimpan seluruh datanya di memori internal. Sehingga kapasitas memori internal pada HP akan cepat penuh.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya kalian juga bisa memindahkan beberapa aplikasi yang terpasang di HP ke penyimpanan eksternal. Dengan begitu, semua data yang dimiliki oleh aplikasi akan pindah ke SD Card dan masalah memori internal cepat penuh akan teratasi dengan aman.

Jika kalian belum tahu caranya, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan pada HP kalian.
  2. Lalu cari menu Aplikasi.
  3. Kemudian Daftar Aplikasi / Manager Aplikasi.
  4. Maka akan muncul banyak aplikasi yang terinstall pada HP.
  5. Sekarang kalian bisa memilih aplikasi yang ingin dipindahkan.
  6. Tap aplikasi tersebut, kemudian pilih menu Penggunaan Penyimpanan.
  7. Terakhir tekan menu Pindahkan ke SD Card.
  8. Tunggu sampai proses pemindahan data aplikasi selesai.

Apabila sudah, kalian juga bisa mengulangi cara tadi di beberapa aplikasi lainnya yang ingin di pindahkan.

11. Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Mereset HP ke Pabrik

Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Mereset HP ke Pabrik

HP yang kalian gunakan saat ini sudah berusia berapa tahun? Jika memang sudah berusia lebih dari 2 tahun dan mengalami masalah memori internal penuh padahal file-nya sedikit. Maka sebaiknya kalian segera reset HP tersebut ke pabriknya.

Hal ini jelas bukan tanpa alasan yang pasti, sebab HP Android yang lama itu biasanya junk files-nya sudah banyak menumpuk di dalam HP. Sehingga sangat sulit sekali untuk bisa kalian atasi dengan cara manual seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas.

Nah, dengan proses reset ini, maka bisa dipastikan kalau semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus. Sehingga kondisi dari memori internal pada HP kalian akan kembali seperti saat pertama membelinya.

Caranya juga mudah, seperti ini:

  1. Buka dulu menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Scroll sampai kebawah dan pilih menu Cadangkan dan Reset.
  4. Berikutnya tap Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Ikuti proses yang di intruksikan oleh HP kalian.
  6. Selesai, proses reset akan berjalan secara otomatis.

Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya kalian membackup data penting yang tersimpan pada HP terlebih dahulu. Ini untuk mencegah hal buruk seperti kehilangan data penting yang di simpan pada HP saat proses reset berlangsung.

Sedikit Penjelasan Tentang Kapasitas Memori Internal Pada HP

Mungkin ada sedikit hal penting yang perlu saya jelaskan di sini untuk kalian semuanya. Ini khusus untuk kalian yang menggunakan HP baru dan bingung, kenapa memori internal di HP hanya tersisa sebagian dan tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Padahal saat kita periksa itu, tidak ada satupun file yang tersimpan didalamnya. Contohnya saja seperti HP dengan kapasitas memori internal 32GB, namun yang tersisa hanya 28GB saja.

Kenapa bisa seperti itu?

Jawabannya tentu karena sisa memori yang kalian lihat itu merupakan sisa dari yang digunakan oleh sistem pada HP Android. Sehingga yang tertulis di dalam memori penyimpanan keseluruhan itu memang 32GB. Namun setelah di gunakan oleh sistem, maka akan tersisa 28GB lagi dan inilah jumlah penyimpanan yang bisa kita gunakan.

Penutup

Mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara mengatasi memori internal penuh padahal terlihat masih kosong.

Seperti yang saya katakan di awal pembahasan, kalau untuk mengatasi masalah memori internal yang cepat penuh itu tidaklah sulit. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, tentu masalah yang sedang kalian hadapi saat ini pasti akan beres.

Sebenarnya semua cara di atas tadi bisa kalian gunakan di seluruh HP Android, mulai dari HP Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Xiaomi dan lainnya. Kalau kalian memiliki pertanyaan, silakan bisa menuliskannya di kolom komentar atau bisa juga menghubungi admin langsung.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.