Cara Menghapus Akun Telegram

Cara Menghapus Akun Telegram Secara Manual dan Otomatis

Cara Menghapus Akun Telegram – Pada dasarnya di masing-masing aplikasi chatting itu sudah di lengkapi dengan fitur keamanan akun yang berbeda-beda. Salah satunya itu berhubungan dengan menghapus akun yang terdaftar pada aplikasi itu sendiri.

Fitur ini biasanya sering digunakan bagi mereka yang sudah tidak ingin menggunakan aplikasi itu lagi atau beralih memakai aplikasi yang lain. Namun ada juga pengguna yang memang sengaja menghapus akun pada sebuah aplikasi karena ada problem sebelumnya.

Nah, aplikasi Telegram juga merupakan salah satu dari aplikasi chatting yang sudah menyediakan fitur penghapus akun. Sehingga, pengguna dapat menghapus akun yang mungkin sudah tidak mereka gunakan lagi dengan mudah.

Dalam menghapus akun di Telegram, kita sudah di sediakan dua pilihan dalam proses penghapusan. Mulai dengan cara otomatis atau dengan cara manual. Kedua pilihan ini memang memiliki fungsi yang sama, hanya saja prosesnya yang akan menjadi pembedanya.

Agar tidak terlalu panjang, berikut ini saya akan jelaskan kedua cara tersebut untuk kalian.

Penting Sebelum Menghapus Akun Telegram

Oh ya, sebelum kita beranjak ke pembahasan utamanya, ada bagusnya kalian ketahui dulu beberapa hal penting sebelum mulai menghapus akun. Hal penting ini sangat erat kaitannya dengan fitur penghapusan akun Telegram yang akan kita gunakan.

Diantaranya sebagai berikut:

  1. Username atau ID akun Telegram tidak akan dapat digunakan lagi setelah di hapus.
  2. Setelah berhasil terhapus, nantinya kalian tidak akan bisa membuat akun Telegram selama beberapa waktu kedepan.
  3. Chat pesan berupa teks, foto, video maupun file di akun Telegram kalian juga akan ikut terhapus sampai bersih.
  4. Semua daftar kontak yang kalian tambahkan di Telegram sebelumnya akan terhapus secara permanen.
  5. Jika kalian menjadi owner pada sebuah channel atau grup Telegram, maka hak kalian akan dialihkan ke anggota lain yang aktif.

Cara Menghapus Akun Telegram Secara Otomatis

Sebenarnya dengan memakai fitur Account SelfDestruct, kita dapat menghapus akun secara sementara saja. Namun nantinya akun kita juga akan terhapus dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu saat kita membiarkannya tidak aktif.

Cara menghapus akun Telegram secara otomatis sebenarnya sangat mudah, karena kita hanya perlu membuka menu Settings -> kemudian Privasi -> lalu Hapus Akun -> terakhir tinggal mengatur waktu penghapusannya saja. Selesai, nantinya akun kita akan terhapus dengan sendirinya.

Itu sih proses singkatnya, tapi jika kalian ingin tutorial yang lebih lengkap, maka bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Buka Menu Settings di Telegram

Dalam menghapus akun Telegram, maka langkah pertama yang perlu di lakukan adalah membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Setelah aplikasi Telegram terbuka, lanjutkan dengan menekan ikon garis tiga yang ada di samping kiri atas layar.

Berikutnya akan muncul beberapa pilihan menu, kalian di sini pilih saja menu Settings atau Pengaturan jika menggunakan bahasa Indonesia.

2. Pilih Menu Privasi dan Keamanan

Setelah kalian sudah memilih menu Settings tadi, maka sekarang kita sudah berada di dalam pengaturan akun Telegram.

Kalian dapat menggeser ke bagian bawah sampai menemukan halaman Settings. Jika sudah berada di halaman tersebut, kalian bisa memilih menu Privacy and Security.

3. Open Menu Hapus Akun Saya

Dalam halaman ini, kalian akan melihat beberapa menu lainnya yang berguna untuk mengatur privasi dan keamanan akun Telegram.

Karena di sini kita akan menghapus akun sendiri, maka silakan kalian cari kolom dengan tulisan Deleted my Account.

Kemudian pilih lagi menu If Away For yang ada pada kolom tadi.

4. Tentukan Durasi Waktu Hapus Akun Telegram

Terakhir kalian akan melihat notifikasi Account Self-destructs pada layar dan di sana juga muncul beberapa pilihan waktu. Di tahap ini, kalian bisa memilih durasi waktu yang di inginkan untuk menghapus akun Telegram sendiri secara otomatis.

Sebagai contohnya, di sini saya memilih durasi waktu 3 bulan. Maka nantinya akun Telegram saya pribadi akan terhapus secara otomatis setelah 3 bulan.

Catatan:

Selama proses penghapusan akun Telegram, sebaiknya kalian tidak pernah membuka kembali akun yang ada di aplikasi tersebut. Karena jika kalian buka, maka proses penghapusan akun secara otomatis akan di batalkan.

Cara Menghapus Akun Telegram Secara Manual

Jika dengan cara otomatis, proses delete akun Telegram akan berjalan sesuai waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya. Namun jika kalian ingin langsung menghapusnya, maka bisa menggunakan cara manual saja.

Cara menghapus akun Telegram secara manual adalah dengan langsung mengirimkan permintaan delete account ke pihak Telegram. Jika disetujui, maka proses penghapusan akun akan langsung berjalan.

Bila kalian berminat, maka berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kalian buka dulu browser pada HP atau lewat PC.
  • Pastikan jaringan internet stabil.
  • Kemudian buka halaman hapus akun Telegram.
  • Selanjutnya masukan nomor HP yang kalian gunakan mendaftar akun Telegram.
  • Jika sudah, ketuk saja menu Next.
  • Nantinya akan ada kode konfirmasi yang di kirim ke akun Telegram kalian.
  • Silakan kalian dapat menyalin kode konfirmasi tersebut terlebih dahulu.
  • Lalu paste kedalam kolom Confirmation code.
  • Apabila sudah, tap menu Sign in.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu lainnya, tapi di sini pilih saja menu Delete account.
  • Berikutnya kalian masukkan alasan kenapa ingin menghapus akun.
  • Kalau sudah sesuai, langsung saja tap menu Delete My Account.
  • Langkah terakhir kalian bisa klik menu Yes, Delete My Account.
  • Selesai, akun Telegram sudah berhasil terhapus.

Penting:

Di sini, kalian pastikan terlebih dahulu kalau sudah yakin untuk menghapus akun. Karena kalau kalian menggunakan cara manual, maka proses penghapusan akun tidak akan bisa di batalkan.

Penutup

Mungkin kurang lebih seperti itulah proses cara menghapus akun Telegram sendiri dengan cara otomatis maupun manual. Kalian bisa menggunakan salah satu dari kedua cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Namun yang paling terpenting adalah meyakinkan diri terlebih dahulu sebelum kalian mulai menghapus akun. Karena yang pasti, semua data yang berkaitan dengan akun kalian juga akan hilang untuk selamanya.

Jika memiliki pertanyaan atau ada hal yang kurang di mengerti, maka kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.