Cara Membuat Channel Telegram

Cara Membuat Channel Telegram

Cara Membuat Channel Telegram – Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, kalau Telegram itu merupakan aplikasi chatting yang menawarkan banyak fitur canggih di dalamnya. Selain itu, fitur yang ada di aplikasi Telegram juga terbilang lebih lengkap dari aplikasi serupa lainnya.

Salah satu fitur yang cukup keren dan populer saat ini di Telegram adalah ‘Channel’. Yang mana fitur tersebut juga sudah di gunakan oleh hampir sebagian penggunanya.

Meski terbilang cukup populer, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum terlalu paham tentang cara membuat channel di Telegram. Padahal jika di teliti, prosesnya hampir sama kok seperti membuat grup Telegram.

Nah, bila dari kalian masih ada yang bingung atau masih kurang yakin, maka saya akan menjelaskan tutorialnya di sini. Selengkapnya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai ya.

Mengenal Channel di Telegram

Channel merupakan salah satu fitur yang ada di dalam Telegram. Dengan adanya channel ini kita bisa memperoleh berbagai macam informasi tertentu dan pastinya yang bermanfaat.

Jika di lihat secara sekilas, channel ini hampir mirip dengan grup. Hanya saja channel mempunyai beberapa perbedaan khusus di bandingkan dengan grup. Salah satu perbedaannya, di mana pada channel itu hanya admin saja yang bisa mengirim sebuah pesan. Sedangkan untuk subscriber hanya bisa membaca isi pesan yang di kirimkan.

Fungsi dari channel sendiri juga terbilang banyak dan ini tergantung dari kebutuhan masing-masing orang yang membuatnya. Mulai dari sekedar iseng saja atau bisa juga membuat channel di Telegram untuk jualan ataupun bisnis misalnya.

Untuk saat ini sudah ada banyak sekali channel di Telegram yang dapat kalian ikuti atau bisa juga membuat channel sendiri secara gratis.

Cara Membuat Channel di Telegram

Seperti yang sudah saya katakan tadi kalau membuat channel itu tidak sulit untuk di lakukan meski seorang pemula sekalipun. Karena semua menunya itu sudah di lampirkan secara khusus di dalam halaman pengaturan pesan.

Tapi jika masih bingung, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka Halaman Telegram

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka aplikasi Telegram yang ter-install pada HP.

Setelah sudah terbuka, kalian bisa langsung menekan ikon pensil yang ada di bagian bawah. Ikon ini nantinya akan mengarahkan kalian ke halaman pesan baru.

2. Buat Channel Baru

Setelah kalian sudah berada di halaman pesan baru, maka sudah pasti saat ini akan terlihat beberapa opsi.

Mulai dari opsi grup, secret chat dan channel. Untuk membuat channel, sudah pasti kalian pilih menu Channel Baru.

3. Masukan Informasi Tentang Channel

Untuk proses berikutnya, kalian bisa menambahkan beberapa informasi tentang channel yang akan di buat. Mulai dari menambahkan foto, nama sampai deskripsi yang mencerminkan channel kalian.

Apabila semua informasi yang berhubungan dengan channel sudah beres atau sesuai dengan keinginan, maka langsung saja ketuk tanda centang di bagian atas layar.

4. Atur Tipe Channel di Telegram

Atur Tipe Channel di Telegram

Pada tahap ini, kalian akan di tampilkan dua pilihan tipe channel. Mulai dari tipe channel publik dan privat dan kalian di sini bisa memilih salah satu opsi tersebut.

Keterangan:

Opsi channel publik: Ini artinya channel yang kalian buat itu bisa di temukan oleh semua pengguna Telegram saat melakukan pencarian. Selain itu, setiap pengguna juga bisa bergabung kapan saja.

Opsi channel privat: Di mana channel kalian tidak akan bisa di temukan pada pencarian. Selain itu, orang yang ingin bergabung ke channel harus melalui undangan yang kalian kirimkan.

Nah, untuk tutorial kali ini saya memilih opsi channel publik ya.

5. Buat Tautan Channel

Untuk langkah yang selanjutnya, kita juga harus membuat sebuah tautan publik pada channel. Di mana tautan ini mempunyai fungsi sebagai link yang berguna untuk mengundang pengguna Telegram agar bisa masuk ke channel yang sudah kita buat.

Dalam membuat tautan, kita juga bisa mengkombinasikan huruf, angka dan juga garis bawah. Untuk jumlah minimal karakter yang harus di buat adalah 5.

Contoh t.me/KampungGadgetChannel

6. Tambahkan Pengikut Pada Channel

Jika sudah beres, silakan kalian pilih juga beberapa kontak Telegram yang ingin di jadikan sebagai pengikut channel.

Lanjutkan lagi dengan menekan ikon Next.

7. Periksa Channel

Apabila berhasil di buat, maka secara otomatis Telegram akan langsung mengarahkan kalian ke dalam channel yang di buat tadi. Untuk saat ini, kurang lebih channel kalian sudah selesai di buat. Selain itu, kalian juga sudah bisa langsung menggunakannya untuk keperluan yang di inginkan.

Sedikit tambahan, channel yang sudah ada nantinya juga bisa kalian edit kembali sesuai keinginan.

Misalnya saja menambah pengikut, memilih anggota untuk di jadikan sebagai admin atau bisa juga mengubah deskripsi channel.

Cara Menghapus Channel di Telegram

Selain dapat di edit kembali sesuai keinginan, channel Telegram yang kita buat sebenarnya juga bisa di hapus jika memang sudah tidak di perlukan lagi.

Cara menghapus channel Telegram:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Lalu pilih dan buka channel yang akan di hapus.
  3. Lanjutkan dengan menekan nama channel.
  4. Kemudian pilih ikon pensil.
  5. Setelah itu geser ke bagian bawah dan tap opsi Hapus Channel.
  6. Jangan lupa centang opsi Hapus untuk semua pelanggan.
  7. Langkah terakhir kalian tap Hapus Channel sebagai konfirmasi.
  8. Selesai, channel Telegram berhasil kalian hapus.

Penting:

Pada saat sebuah channel sudah terhapus, maka secara otomatis semua pesan, file, gambar maupun dokumen akan ikut terhapus secara permanen.

Apabila kalian tidak ingin semua data itu hilang, maka sebaiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu sebelum mulai menghapus channel. Untuk cara backup Telegram juga sudah saya jelaskan di pembahasan sebelumnya, jadi kalian bisa menyimaknya di sana ya.

Penutup

Channel di Telegram itu dapat kita gunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Bisa untuk kebutuhan sharing ilmu maupun informasi atau bisa juga sebagai sarana transaksi jual beli.

Tidak hanya itu saja sih, karena channel ini juga masih bisa kalian kembangkan lebih jauh lagi. Kurang lebih hampir menyerupai seperti Youtube.

Baiklah, mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya hadirkan mengenai cara membuat channel di Telegram untuk pemula. Apabila kalian menemukan kendala atau ada hal yang ingin di tanyakan, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.