Cara Membuat Stiker di Telegram

Cara Membuat Stiker di Telegram Sendiri Lewat HP

Cara Membuat Stiker di Telegram – Stiker memang sudah menjadi salah satu keunikan tersendiri di dalam sebuah aplikasi chatting. Karena dengan adanya stiker ini kita bisa mengekspresikan suasana yang sedang kita alami saat membaca sebuah pesan.

Beberapa aplikasi chatting memang sudah langsung menyediakan beberapa pilihan stiker yang bisa di pakai oleh penggunanya. Tapi, pernah tidak kalian berfikir untuk membuat stiker sendiri? Pastinya pernah, ya. Saya sendiri juga sering berfikir seperti itu, apakah ada cara agar bisa membuat stiker sendiri di aplikasi Telegram.

Jika pertanyaan kita sama, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat. Karena hari ini saya ingin berbagi sebuah tutorial tentang cara membuat sebuah stiker sendiri di Telegram. Sehingga stiker yang kita gunakan itu menjadi unik dan belum ada pengguna lain yang memakainya.

Nah, untuk tutorial lebih lengkapnya lagi akan saya jelaskan di bawah ini.

Ketahui Perintah Untuk Membuat Stiker di Telegram

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, saya di sini juga akan menjelaskan beberapa perintah yang bisa kita gunakan saat ingin membuat sebuah stiker. Karena nantinya kita juga akan membuat stiker di Telegram melalui obrolan dengan akun Bot Stiker (@sticker).

Melalui obrolan ini kita dapat memasukkan perintah kepada Bot dengan cara mengirimkannya sebuah pesan. Untuk daftar perintah yang bisa kita kirim adalah sebagai berikut:

  1. /newpack – Membuat set stiker baru.
  2. /newmasks – Membuat mask baru.
  3. /addsticker – Menambah sebuah stiker ke set yang sudah ada.
  4. /editsticker – Mengubah emoji atau koordinat pada stiker.
  5. /delsticker – Menghapus sebuah stiker dari set stiker yang sudah ada.
  6. /ordersticker – Mengatur ulang susunan stiker di dalam set.
  7. /delpack – Menghapus paket stiker yang di buat.
  8. /cancel – Membatalkan kegiatan yang sedang berjalan.
  9. /publish – Upload set stiker yang sudah di buat.

Itu merupakan beberapa perintah yang bisa kita gunakan saat ingin membuat maupun menghapus stiker nantinya.

Format File Stiker di Telegram

Selain wajib tahu perintahnya, kita juga mesti tahu format file yang cocok untuk di gunakan saat membuat sebuah stiker di Telegram.

Berikut format file yang dianjurkan:

  • File harus dengan format PNG (portable network graphic)
  • Mempunyai background (latar belakang) yang transparan (transparent layer)
  • Memiliki ukuran 512 x 512 piksel (salah satu sisi wajib mempunyai ukuran 512 px dan sisi lainnya boleh kurang dari itu)
  • Diwajibkan mempunyai outline (stroke) berwarna putih serta memiliki bayangan (drop shawdow). Ini bertujuan untuk bisa memberikan kontras yang baik, bisa juga memberikan outline hitam sebelum outline putih.

Cara Membuat Stiker di Telegram

Bagi kalian yang belum tahu kalau di sini kita akan membuat stiker tanpa bantuan aplikasi khusus, lho. Karena kita akan menggunakan sebuah bot khusus yang sudah di sediakan dalam aplikasi Telegram. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari aplikasi tambahan yang bisa saja membuat memori internal penuh atau lainnya.

Melalui bot ini gambar yang kita inginkan bisa langsung di upload ke dalam aplikasi Telegram dan nantinya juga bisa langsung kita pakai di dalam chat.

Penasaran? Berikut cara membuat stiker di aplikasi Telegram lewat HP.

1. Persiapkan Gambar

Langkah pertama yang wajib kalian lakukan adalah menyiapkan sebuah gambar atau foto yang akan dijadikan sebagai stiker nantinya. Namun pastikan juga kalau gambar tersebut sudah memenuhi syarat pembuatan stiker untuk bot Telegram.

Syaratnya sudah saya jelaskan tadi di atas atau kurang lebih seperti ini:

  • Pastikan gambar sudah di-crop kedalam resolusi 512 x 512 px.
  • Persiapkan sebuah gambar yang mempunyai resolusi 100 x 100 px yang akan kita gunakan nanti untuk publish stiker.
  • Ukuran gambar yang bisa kalian gunakan maksimal hanya 512 kb (jika lebih silakan compress terlebih dahulu).
  • Menggunakan format gambar transparan, seperti PNG dan Webp.

Apabila kalian berencana untuk membuat beberapa stiker sekaligus, maka pastikan terlebih dahulu semua gambar yang akan di gunakan sudah sesuai dengan syarat tadi. Apabila tidak memenuhi syarat, maka sudah pasti gambar tersebut tidak akan bisa kalian gunakan sebagai stiker Telegram.

Jadi, sebelum mulai membuat stiker, persiapkan dulu gambar yang sudah memenuhi syarat tadi ya.

2. Upload Sticker ke Telegram

Apabila gambar sudah kalian siapkan dan juga sudah memenuhi syarat tadi, maka langkah berikutnya adalah upload ke bot sticker yang ada di Telegram. Meski begitu kita juga tidak bisa langsung upload gambar begitu saja, karena ada sebuah perintah khusus untuk melakukannya.

Kurang lebih proses upload-nya seperti ini:

  1. Pertama kalian bisa membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  2. Kemudian tap ikon pencarian yang ada di bagian atas.
  3. Selanjutnya ketikan Stickers.
  4. Lanjut dengan memilih bot Stickers pada hasil pencarian.
  5. Langkah berikutnya kalian masuk ke menu Chat dengan bot stickers dan lanjutkan tekan tombol Mulai.
  6. Jika sudah berada di dalam chat, maka ketikan saja perintah /newpack.
  7. Setelah kita kalian bisa langsung ketikan nama sticker pack yang sesuai dengan keinginan.
  8. Bila sudah sesuai, silakan kalian bisa langsung upload gambar tersebut.
  9. Langkah yang selanjutnya, silakan kalian masukkan emoji untuk mewakili stiker tadi.
  10. Ketikan lagi perintah /publish untuk menyelesaikan stickers pack yang kita buat tadi.
  11. Upload gambar untuk stiker di Telegram sudah selesai.

Apabila kalian ingin menambahkan stiker lainnya, maka silakan upload kembali gambar seperti langkah sebelumnya. Terakhir jangan lupa memasukkan perintah publish.

Penting:

Pada langkah upload gambar, pastikan kalian mengunggah gambar tadi melalui file manager langsung, ya. Intinya kalian upload gambarnya bukan melalui galeri HP.

3. Publish Sticker di Telegram

Setelah gambar sudah di siapkan dan juga sudah kita upload ke Telegram, maka langkah berikutnya adalah mem-publish gambar tadi. Di sini kita akan publish gambar dengan resolusi yang sudah di tentukan agar bisa mendapatkan link-nya dari Telegram.

Kenapa kita perlu link? Karena dengan link ini, kita nantinya bisa menambahkan stiker yang sudah di buat tadi. Sehingga tanpa adanya link tersebut, kita tidak akan dapat menambahkan stiker yang di inginkan.

Caranya juga tidak sulit kok. Karena saya akan menjelaskan tahapannya untuk kalian di bawah ini:

  1. Langkah pertama, silakan kalian upload gambar dengan resolusi 100×100 px.
  2. Berikutnya kita ketikan nama stiker tadi. Contohnya seperti KampungGadget Stickers.
  3. Maka nantinya kita akan melihat link dari stiker yang sudah kita buat tadi.
  4. Langsung saja kalian tap link tersebut dan kemudian tekan Tambah 1 Stiker.
  5. Terakhir kalian dapat langsung tes stiker yang sudah di buat tadi dengan cara mengirimkannya ke orang lain yang ada di Telegram.
  6. Selesai, deh.

Catatan:

Stiker yang kalian buat sebenarnya juga bisa di-download oleh orang lain yang sudah kalian kirimkan stiker. Caranya sih sama seperti men-download stiker pada umumnya, dengan cara menekan stiker dan ketuk tombol tambah stiker. Nantinya stiker tersebut akan langsung berada di daftar stiker yang ada pada Telegram.

Penutup

Jadi bagaimana, tidak sulit bukan membuat stiker sendiri di Telegram lewat HP? Dengan adanya stiker ini, kita sendiri juga bisa membuat ekspresi yang memang sulit untuk di gambarkan hanya dengan sebuah kata saja. Sehingga kita bisa mewakilkannya melalui stiker yang telah kita buat.

Bukan itu saja sih, karena di Telegram kita bisa membuat stiker sendiri, maka ekspresi yang di buat sudah pasti bisa kita sesuaikan dengan keinginan. Namun pastikan juga untuk gambar yang akan di jadikan sebagai stiker sudah sesuai dengan syarat.

Apabila kalian memiliki sebuah pertanyaan atau ada penjelasan yang masih kurang jelas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.