Cara Membuat Backup Telegram

Cara Membuat Backup Chat dan Media Telegram

Cara Membuat Backup Telegram – Selain merupakan salah satu aplikasi chatting, Telegram juga mempunyai banyak fitur menarik di dalamnya. Ada salah satu fitur yang mungkin masih banyak pengguna belum tahu adalah fitur backup chat media.

Meski saya rasa fitur tersebut sudah ada sejak lama, namun ternyata masih banyak sekali pengguna aplikasi Telegram yang tidak menyadari keberadaannya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai fitur tersebut.

Untuk tujuan dari adanya fitur ini kurang lebih hampir sama seperti aplikasi chatting yang lainnya. Di mana fitur backup di Telegram ini akan menyimpan history chat berupa teks, gambar, video dan lainnya.

Manfaatnya tentu agar history tersebut tidak hilang. Misalnya saja saat kalian ingin menghapus akun Telegram yang di gunakan sebelumnya.

Nah, jika kalian membutuhkan fitur yang satu ini, maka bisa membaca pembahasannya di bawah ini.

Cara Membuat Backup Telegram

Perlu kalian ketahui dulu, kalau untuk fitur backup ini baru tersedia di Telegram versi desktop saja. Sehingga fitur ini tidak akan pernah kita jumpai di versi mobile-nya ya.

Jadi, jika kalian ingin melakukan backup history chat di Telegram, maka persiapkan dulu PC atau laptop dan juga koneksi internet.

Bila sudah siap semuanya, silakan kalian ikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Install Telegram Versi Desktop

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menginstall Telegram versi desktop pada PC atau laptop yang akan di gunakan.

Caranya dengan membuka browser pada PC atau laptop kalian, kemudian ketikan saja halaman resmi Telegram di desktop.telegram.org.

Lalu klik tombol Get Telegram for Windows (ini jika kalian memakai sistem operasi Windows ya). Setelah itu tinggal menunggu saja sampai proses download selesai dilakukan.

Jika sudah, kalian hanya perlu install aplikasi Telegram yang sudah di download tadi seperti biasa.

2. Login ke Akun Telegram

Setelah berhasil menginstall, biasanya Telegram desktop akan terbuka secara otomatis pada perangkat PC maupun laptop yang kalian gunakan.

Pada saat terbuka, lanjutkan saja dengan login ke akun Telegram yang sedang kalian gunakan.

Cara login akun Telegram di Desktop:

  • Pertama klik menu Start Messaging.
  • Kemudian masukkan saja nomor Telepon yang terdaftar di akun Telegram.
  • Jika sudah, langsung saja kalian klik menu Next.
  • Nantinya Telegram akan mengirim kode verifikasi lewat SMS ke nomor telepon kalian.
  • Silakan salin kode verifikasi tersebut.
  • Kemudian masukkan kodenya ke kolom Telegram desktop yang sudah tersedia dan klik Next.
  • Selesai, saat ini kalian sudah berhasil login.

Ingin menggunakan fitur keren lain dari Telegram? Coba Cara Membuat Bot di Telegram.


3. Masuk ke Pengaturan Backup Telegram

Sebelum kalian mulai melakukan backup, ada beberapa pengaturan yang wajib untuk di lakukan terlebih dahulu. Pengaturan ini akan mempengaruhi hasil backup yang kita lakukan, sehingga saya rasa ini penting dan harus di lakukan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama ketuk ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  2. Lalu kalian pilih menu Settings yang ada di bagian bawah.
  3. Maka akan muncul menu lainnya, kalian pilih Advanced.
  4. Dalam kolom Data and Storage, kalian ketuk opsi Export Telegram Data.
  5. Pada tahap ini akan muncul sebuah dialog Export Your Data.
  6. Kalian bisa mengatur opsi backup data sesuai keinginan di sini. Sebagai contoh, di sini saya akan backup semua pesan, mulai dari foto, video, voice message, stiker Telegram, dokumen dan lainnya.
  7. Jika sudah sesuai, langsung saja kalian klik Export.
  8. Nantinya akan muncul notifikasi yang berisikan tentang proses download backup data akan diproses setelah 24 jam. Pada notifikasi tersebut, kalian pilih OK.
  9. Di tahap ini, Telegram akan mengirimkan kalian pesan untuk mengkonfirmasi permintaan backup data chat. Langsung saja ketuk Allow untuk melanjutkan proses backup (sebaiknya tahap ini lewat HP saja).
  10. Dengan begitu status permintaan backup data chat kalian akan di terima oleh pihak Telegram untuk di proses.

Penting:

Tanpa kalian mengetuk Allow di Telegram HP, sebenarnya permintaan backup kalian sudah bisa di proses. Namun ini akan membuat kalian harus menunggu selama 24 jam lagi agar bisa login kembali ke Telegram versi desktop.

4. Memulai Proses Backup Data

Jika proses permintaan backup chat yang kalian kirimkan sudah di terima, maka di sini kita bisa langsung mengajukan lagi dengan mengulangi proses di poin 3 tadi.

Apabila sudah, kita hanya perlu menunggu beberapa waktu atau sampai proses download history chat di akun berhasil ter-backup. Nantinya jika sudah, kalian ketuk opsi Show My Data agar bisa melihat hasilnya.

Penting:

Untuk hasil backup history chat di Telegram ini akan memiliki format .html atau .json ya. Selain itu, file ini hanya bisa kalian buka melalui browser saja.

Kapan Kita Harus Backup Data Chat di Telegram?

Mungkin masih banyak juga yang bertanya, kapan sih waktu yang tepat untuk kita backup data di Telegram?

Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk melakukan backup Telegram adalah saat kita hendak menghapus memori, menghapus aplikasi Telegram dan juga saat menghapus akun. Sehingga kita tidak akan kehilangan semua pesan yang ada di akun Telegram.

Namun ada yang perlu kalian ketahui juga ya. Di mana fitur backup di Telegram ini bukanlah berfungsi untuk recovery seperti aplikasi WhatsApp maupun Line. Yang mana fitur ini hanya berguna sebagai pengarsipan data saja.

Kenapa seperti itu? Ini karena aplikasi Telegram memakai teknologi cloud untuk menyimpan semua data yang di miliki penggunanya. Sehingga jika kita menghapus chat langsung dari aplikasi Telegram, maka pesan itu akan hilang secara permanen.

Informasi ini sebenarnya juga sudah tertulis dalam halaman resmi Telegram. Dan jika kalian masih kurang yakin, maka bisa membaca informasi di sana.

Penutup

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang cara buat backup chat di Telegram yang dapat saya hadirkan. Agar kalian tidak mengalami masalah saat melakukan backup, sebaiknya ikuti langkah-langkah di atas dengan lebih teliti.

Apabila kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas dari pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.