Cara Mutualan di Telegram

Cara Mutualan di Telegram

Mutualan di Telegram – Di zaman sekarang ini, tentu banyak dari kita yang sering menggunakan kata-kata gaul saat berinteraksi. Salah satu kata gaul yang sering saya dengar adalah Mutualan.

Istilah kata mutualan ini juga sering terdengar di beberapa aplikasi sosial media dan juga aplikasi chatting seperti Telegram misalnya. Kata tersebut sangat sering di utarakan oleh beberapa pengguna aplikasi ketika sedang berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Namun ternyata masih banyak juga orang-orang yang belum tahu apa arti mutualan yang sebenarnya. Begitu juga dengan cara melakukan mutualan.

Nah, oleh karena itu juga di sini saya akan menjelaskan ke kalian semua mengenai mutualan di aplikasi Telegram secara lengkap. Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Arti Mutualan?

Mutualan itu adalah sebuah istilah saat seseorang ingin menjalin hubungan pertemanan dengan kontak dari pengguna lainnya di aplikasi tertentu. Misalnya saja di dalam aplikasi Telegram ya.

Untuk mutualan di Telegram ini iyalah kita yang sedang ingin berteman dengan pengguna lain dengan cara menambahkan kontaknya ke daftar pertemanan. Entah itu melalui fitur Add Contact maupun saling tukar username atau ID Telegram.

Asal mula kata mutualan ini sebenarnya berawal dari Twitter. Di mana artinya itu adalah untuk saling follow.

Karena kata tersebut sudah menjadi trend banyak orang, maka saat ini istilah mutualan ini sudah cukup sering di pakai di beberapa aplikasi media sosial maupun aplikasi chatting seperti Telegram.

Tujuan Melakukan Mutualan di Telegram

Jika sudah mengetahui dan paham tentang artinya, sebenarnya kalian sudah tahu tujuan melakukan mutualan. Karena saya rasa arti dari kata tersebut sudah melambangkan tujuan dari seseorang yang menggunakannya.

Namun untuk kalian yang masih bingung, tujuan utama melakukan mutualan itu iyalah untuk menambahkan teman baru. Baik itu untuk menambah teman chatting, diskusi maupun hanya sekedar saling follow saja.

Selain itu, dengan melakukan mutualan kita juga bisa menambah relasi. Namun tidak sampai di situ saja, di sini kita juga bisa memperoleh sebuah wawasan baru dari orang lain.

Terlepas dari hal tersebut, kalian juga wajib tahu. Kalau sebenarnya mutualan ini harus bersifat saling menguntungkan ya. Contohnya saja seperti saling bertukar informasi, berbagi cerita atau hal-hal baru lainnya yang sudah di sepakati.

Cara Mutualan di Telegram

Pada umumnya sih ada tiga cara yang bisa kita lakukan saat ingin mutualan di Telegram. Yaitu lewat Anonymous, melalui fitur Find People Nearby atau dengan cara mencari kontak lain melalui grup Telegram.

Meski caranya ada tiga bagian, namun saya rasa fungsinya masih tetap sama. Hanya saja prosesnya saja yang akan membedakannya.

Berikut cara lengkapnya untuk kalian:

1. Mutualan di Grup Telegram

Di dalam satu grup Telegram, umumnya anggota yang ada di dalamnya itu akan mempunyai ketertarikan yang sama terhadap suatu hal. Tentunya hal itu yang berhubungan dengan grup tersebut ya.

Sebagai contoh grup rakit PC Indonesia, yang mana semua anggota di dalam grup tersebut sudah pasti mempunyai tujuan yang sama. Di mana sama-sama ingin mendapatkan berbagai macam informasi tentang merakit sebuah PC.

Sudah pasti, semua anggota yang ada di dalam grup rakit PC ini bisa kita ajak mutualan. Karena memang mereka masih satu hobi dengan kita.

Langkah lengkapnya:

  1. Pertama buka dulu aplikasi Telegram.
  2. Kemudian kalian ketuk pada kolom pencarian.
  3. Lalu ketikan nama grup yang sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, saya cari nama grup Rakit PC Indonesia.
  4. Pilihlah grup yang sekiranya itu masih aktif dalam beberapa hari kebelakang dan pastikan juga mempunyai banyak anggota aktif di dalam grup. Sehingga akan ada banyak orang yang bisa di ajak mutualan.
  5. Kalian bisa langsung bergabung pada grup yang di pilih dan memulai obrolan.
  6. Jika merasa di dalam grup ada kontak yang sesuai untuk sharing, maka kalian bisa mengajaknya untuk mutualan.
  7. Caranya dengan mengetuk nama grup yang tampil di atas layar.
  8. Selanjutnya kalian cari anggota grup yang ingin di ajak mutualan.
  9. Lanjutkan dengan menekan ikon titik tiga yang ada di bagian kanan.
  10. Bila sudah, terakhir kalian tekan menu Add to Contacts.

Catatan:

Oh iya, pastikan juga kalau kalian memang sudah izin ke orang yang di tambahkan untuk melakukan mutualan di Telegram. Hal ini agar saat kalian mengirim pesan, orang tersebut mengenali akun Telegram kalian.

2. Mutualan Lewat Anonymous Chat

Sebenarnya melakukan mutualan itu tidak harus melalui grup di Telegram saja, karena kalian juga bisa melakukannya lewat bot anonymous chat.

Di mana dengan menggunakan bot tersebut kita bisa mencari teman yang bisa di ajak diskusi secara random. Namun dengan identitas kontak yang di sembunyikan.

Jika kalian merasa teman diskusi itu sesuai dengan keinginan, nanti kalian hanya perlu saling bertukar username Telegram saja. Untuk prosesnya sih agak lama dan sedikit sulit untuk mendapatkan orang yang bisa kita ajak diskusi.

Jika berminat, berikut caranya:

  • Buka dulu aplikasi Telegram di HP.
  • Kemudian kalian ketuk ikon search yang ada di atas.
  • Ketikan @chatbot pada kolom pencarian.
  • Lalu kalian pilih Anonymous Chat yang muncul.
  • Jika sudah masuk ke dalam halaman pesan, ketuk saja opsi Start.
  • Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai terlihat pesan Partner Found yang menandakan kalian sudah memperoleh teman diskusi.
  • Silakan kalian bisa memulai obrolan.
  • Jika merasa cocok, kalian bisa langsung mengajaknya untuk saling tukar username Telegram.
  • Bila belum, kalian bisa mencarinya lagi.
  • Selesai.

Saat ini Telegram juga sudah menghadirkan fitur terbaru, lho. Di mana kita bisa membuat stiker sendiri di Telegram dengan cepat dan mudah.


3. Lewat Fitur Find People Nearby

Cara lain yang bisa kalian gunakan saat ingin mutualan di Telegram adalah dengan memakai fitur Find People Nearby. Di mana fitur ini akan menghadirkan orang-orang yang menggunakan Telegram di sekitar tempat kalian berada.

Setelah menemukan orang yang di rasa cocok, maka kalian bisa langsung mengajaknya berkenalan. Namun cara ini mempunyai banyak kelemahan di dalamnya. Di mana kalian akan jauh lebih sulit dan lama untuk mendapatkan orang yang tepat atau satu hobi.

Meski begitu, tidak ada salahnya juga kalau kita mencoba cara yang terakhir ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka dulu aplikasi Telegram.
  2. Lanjutkan dengan menekan ikon garis tiga di bagian kiri atas.
  3. Pada deretan menu yang muncul, kalian pilih opsi Contacts.
  4. Berikutnya akan terlihat dua pilihan menu, ketuk saja menu Find People Nearby.
  5. Saat di minta izin lokasi, kalian pilih saja Izinkan.
  6. Nantinya akan muncul daftar pengguna maupun grup Telegram.
  7. Kalian bisa memilih salah satu yang di rasa sesuai untuk di ajak mutualan.
  8. Selesai.

Catatan:

Untuk tutorial di atas, saya menggunakan format bahasa English. Sehingga nama tampilan menu di tutorial yang saya sampaikan akan berbeda jika kalian memakai bahasa lain. Jika ingin sama, kalian bisa mengubah bahasa Telegram terlebih dahulu ke English.

Penutup

Saya rasa dengan adanya mutualan ini, di harapkan beberapa orang bisa dengan mudah menambah relasi atau teman baru yang bisa di ajak berbagi informasi penting.

Apalagi jika kita bisa menemukan orang yang memang satu hobi dengan kita. Sudah pasti kita bisa saling sharing mengenai masalah atau informasi lain yang berhubungan dengan hobi. Sehingga kita mampu mendapatkan banyak manfaat dan juga wawasan baru.

Mungkin saya cukupkan dulu sampai di sini informasi mengenai cara mutualan di Telegram. Jika memiliki pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.