Cara Membuat Suara Sendiri di TikTok

Cara Membuat Suara Sendiri di TikTok

Cara Membuat Suara Sendiri di TikTok – Untuk kalian yang belum tahu, suara atau sound menjadi salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah video pendek pada konten TikTok. Rata-rata sebagian pengguna TikTok akan memilih memakai lagu yang sudah tersedia saat proses edtting di TikTok.

Di dalam aplikasi TikTok, kita sebagai pengguna atau pun creator bisa membuat beragam konten video sesuai keinginan. Mulai dari konten tutorial singkat, konten kuliner, hiburan dan masih banyak lagi. Nah, tentu di setiap jenis konten tersebut, jelas akan terasa kurang lengkap apabila tidak suara atau melakukan dubbing.

Dengan menambahkan suara atau pun melakukan dubbing, tentu akan menambah daya tarik serta bisa memperjelas isi konten yang kita buat. Selain bisa menambahkan suara lagu / sound yang sudah tersedia, di sini kita juga bisa memasukkan suara sendiri di dalam konten TikTok.

Hal seperti ini di sebut dengan dubbing dan sampai sekarang masih banyak di pakai oleh beberapa akun TikTok populer. Buat kalian yang penasaran dan ingin tahu cara membuat suara sendiri (dubbing) di TikTok, bisa langsung menyimak panduan lengkapnya di sini.

Cara Membuat Suara Sendiri di TikTok

Tutorial yang pertama, di sini kita akan membuat suara sendiri langsung di dalam aplikasi TikTok. Memang bisa? Tentu saja bisa dan prosesnya juga tidak sulit kok. Di mana dubbing di TikTok bisa di buat secara langsung ketika proses pembuatan postingan konten video.

Sehingga di sini kita tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi tambahan lain untuk melakukan dubbing di TikTok. Namun yang perlu kalian perhatikan, pastikan mic HP dalam keadaan yang normal, ya. Karena ini akan sangat mempengaruhi fitur dubbing di TikTok.

Panduan lengkapnya seperti berikut:

1. Pertama Buat Dulu Postingan di TikTok

Langkah awal, silakan kalian buka dulu aplikasi TikTok yang di gunakan pada HP. Jika aplikasinya sudah terbuka, maka selanjutnya buka halaman Profil TikTok.

Di dalam halaman akun profil, silakan kalian tekan ikon Upload yang ada di bagian bawah dan biasanya berupa ikon tanda plus [+].

2. Lalu Cari Video yang Akan di Jadikan Postingan

Jika sudah menekan ikon upload maka di sini kalian akan menemukan menu untuk menambahkan video. Silakan kalian dapat menekan menu Unggah lalu cari dan pilih video yang ingin di upload ke TikTok.

Apabila sudah berhasil menemukan video yang di inginkan, maka selanjutnya kalian bisa menekan menu Berikutnya.

Penting:

Di sini pastikan kalian memilih video yang sudah ada di dalam galeri. Karena untuk video yang di rekam langsung umumnya fitur dubbing di TikTok tidak muncul atau akan bisa di gunakan. Jadi, sebelumnya pastikan dulu kalian sudah menyiapkan videonya, ya.


Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Tidak Bisa Dibuka


3. Buka Fitur Sulih Suara

Setelah memilih video yang di inginkan, maka sekarang kalian akan langsung di bawa ke halaman editing. Nah, pada konten video yang akan kalian buat, silakan pilih menu Sulih Suara untuk menambahkan suara dubbing ke dalam konten.

4. Lakukan Perekaman Suara di TikTok

 

Pada tahan berikutnya, kalian bisa langsung menekan ikon Record atau bulatan putih besar dengan bulatan mereh kecil di dalamnya.

Jika prosesnya sudah selesai, untuk menghentikan proses dubbing, silakan tekan ikon Stop Record dengan bulatan putih besar dan di dalamnya berisi kotak kecil merah.

5. Cek Hasil Video TikTok Anda

Sekarang kalian bisa melihat preview video yang sudah selesai di buat tadi. Nanti jika ada yang masih kurang, kalian bisa mengulang kembali proses merekam suara atau pun mengatur efek TikTok lainnya sesuai keinginan.

Namun jika hasilnya sudah sesuai dengan harapan, maka langsung saja tekan menu Berikutnya. Nanti kalian akan di bawah ke halaman postingan.

6. Posting Video ke Akun TikTok

Kalau semuanya sudah pas dengan keinginan kalian, maka di halaman ini tinggal menambahkan deskripsi yang sesuai dengan konten video yang kalian buat. Namun jika ada yang lupa, seperti menambahkan filter video TikTok, kalian masih bisa mengeditnya kembali dengan menekan ikon Back (<-) yang ada di pojok kiri atas.

Nah, jika semuanya sudah beres, kalian dapat langsung menekan menu Posting.

Cara Membuat Sound Sendiri di TikTok Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika kalian ingin menggunakan cara lain dalam membuat suara sendiri di TikTok, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi lainnya. Untuk aplikasi yang bisa kalian gunakan cukup banyak, dan bisa di download secara gratis melalui Google Playstore. Misalnya seperti Quick, Adobe Rush, InShot Video Editor dan masih banyak.

Selain menyiapakan video, kalian di sini juga wajik menyiapkan terlebih dahulu suara yang ingin di gunakan. Nah, untuk panduan lengkapnya seperti berikut:

  1. Langkah pertama silakan buka aplikasi editing video yang sudah di download melalui Google Playstore. Di sini kalian bisa menggunakan aplikasi apapun atau memakai salah satu aplikasi yang sudah saya jelaskan di atas tadi.
  2. Kemudian pilih video yang akan di gunakan dengan cara menekan menu Tambahkan di kanan atas. Silakan pratinjau video yang akan di gunakan gabungkan dengan klip video sesuai tema kalian masing-masing.
  3. Untuk mengubah, kalian bisa menekan ikon menu Musik yang ada di bagian bawah. Nah, di sini kalian bisa menambahkan suara sendiri dengan cara merekamnya memakai HP.
  4. Berikutnya silakan geser ke bagian kanan melalui klip musik sampai kalian menemukan menu Musik Saya. Lanjut dengan menekan tombol perpustakaan musik baru. Sekarang pilih hasil rekaman yang kalian buat tadi untuk di jadikan sebagai sound di konten video TikTok.
  5. Terakhir tinggal menambahkan deskripsi dan mempostingnya ke akun TikTok.
  6. Selesai.

Cara Menambahkan Suara Sendiri Di TikTok dengan Latar Lagu

Apabila dari kalian ada ingin menambahkan dua jenis suara sekaligus di dalam satu video TikTok, seperti merekam suara sendiri dan penggunaan lagu, maka itu tidak akan bisa di lakukan secara bersamaan. Karena jika hal tersebut kalian lakukan, biasanya akan muncul sebuah notifikasi “Tidak dapat merekam dengan menimpa sulih suara sebelumnya“,

Meski begitu, masih ada sebuah alternatif yang dapat di lakukan. Misalnya seperti melakukan pengeditan terlebih dahulu memakai aplikasi lainnya, seperti Capcut.

Atau di sini kalian juga bisa merekam video secara langsung di TikTok, namun kalian isikan suara instrumennya terlebih dahulu melalui aplikasi lainnya. Sebagai contoh, jika kalian merekam suara sendiri di TikTok, maka gunakan HP lain untuk memutar suara musik yang di pakai sebagai latar.

Intinya video kalian sudah berisi latar musik terlebih dahulu, sehingga ketika ingin menambahkan suara sendiri tidak akan tertumpuk deh.


Baca Juga : Cara Menambah Like di TikTok yang Aman


Tips Agar Suara Sendiri di TikTok Lebih Jelas

Ketika melakukan dubbing di TikTok, tidak jarang suara yang kita hasilkan kurang jernih atau kurang jelas di dengar. Sehingga membuat kualitas konten yang di buat menjadi kurang menarik, deh. Nah, untuk penyebabnya sih ada beberapa:

  1. Karena ada gangguan suara lain (noise)
  2. HP mengalami error
  3. Ada Bug pada aplikasi TikTok
  4. Dan lainnya

Nah, agar kalian tidak mengalami hal tersebut, di sini saya sudah menyiapkan beberapa tips ketika ingin melakukan dubbing di TikTok. Silakan di coba terapkan, ya.

1. Pastikan Merekam Suara di Ruangan yang Tenang

Tips yang pertama, usahakan untuk melakukan perekaman di ruang yang tenang, misalnya seperti di kamar atau lainnya. Kenapa harus mencari tempat yang tenang? Karena jika kalian melakukan proses dubbing, suara yang terekam akan menjadi kurang jelas dan pastinya cukup mengganggu deh.

Maka dari itu, sebelum melakukan proses dubbing, silakan pastikan kalau tidak ada suara lain. Misalnya seperti pembicaraan orang lain, suara binatang, kendaran yang lewat, abang penjual bakso dan lainnya.

Meski begitu, usahakan juga untuk tidak memilih tempat yang hampa, ya. Karena akan malah membuat suara rekaman yang kalian buat menjadi bergema.

2. Usahakan Untuk Tidak Terburu-buru Bicara

Tips agar suara sendiri di TikTok terdengar jelas selanjutnya ialah dengan mengusahakan untuk tidak terburu-buru dalam berbicara. Akan jauh lebih bagus jika kalian berbicara dengan lebih santai dan tenang. Karena ini akan membuat poin-poin yang ingin kalian sampaikan menjadi lebih jelas dan viewers bisa lebih memahami maksud dari konten yang di buat.

Selain itu, kalian juga bisa menyiapkan script text mengenai kata-kata yang mau di sampaikan. Ini juga akan membuat susunan dari poin yang ingin kalian sampaikan tidak berantakan, alias terurut sesuai keinginan.

3. Coba Gunakan Mic Eksternal

Selain dua tips di atas, hal terakhir yang juga harus kalian perhatikan sebelum membuat dubbing di TikTok ialah perangkat yang di gunakan. Sebab perangkat juga sangat berpengaruh sekali terhadap hasil rekaman suara yang akan di hasilkan.

Nah, di sini kalian bisa menggunakan mic eksternal dengan spesifikasi khusus agar suara yang di hasilkan lebih berkualitas. Mic eksternal yang berkualitas dengan harga terjangkau juga sudah banyak di jual, silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget pastinya, hehe.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara membuat suara sendiri di TikTok yang bisa saja rangkumkan hari ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang suka membuat video pendek di TikTok dengan tema tips maupun hiburan.

Jika memiliki pertanyaan atau ada penjelasan yang belum di mengerti, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.