Cara Mengatasi WhatsApp Error Pending

Cara Mengatasi WhatsApp Error Pending

Cara Mengatasi WhatsApp Error Pending – Hingga saat ini, WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer di seluruh dunia. Selain karena ringan dan mudah untuk di gunakan oleh semua kalangan, WhatsApp juga mempunyai tampilan yang sederhana.

Sama seperti halnya aplikasi lain, WhatsApp juga sering mengalami masalah pada saat mengirim pesan. Di mana pesan yang kita kirim mengalami error pending atau sering tidak terkirim. Hal ini tentu membuat kita merasa kurang nyaman, apalagi pesan yang akan kita kirim itu sangat penting bukan?

Lalu apa sih penyebab WhatsApp error pending saat mengirim pesan? Sebenarnya penyebab dari masalah ini bukan dari aplikasi WhatsApp nya, melainkan ini terjadi karena pengaruh jaringan internet serta HP yang kita gunakan. Oleh sebab itu, hal yang paling pertama kalian lakukan ketika mengalami masalah ini adalah memeriksa jaringan internet pada HP.

Namun bagaimana jika WhatsApp pending padahal sinyal bagus? Jika seperti itu, kemungkinan besar masalah ini di sebabkan oleh sistem atau pengaturan yang ada di HP kalian. Untuk lebih lengkapnya lagi, kalian bisa melihat ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Error Pending Padahal Sinyal Bagus

Secara umum, cara mengatasi WhatsApp error pending saat mengirim sebuah pesan dapat kalian lakukan dengan beberapa cara seperti:

  1. Memastikan Ponsel Sudah Terhubung ke Internet
  2. Pastikan Jaringan Internet Tidak Sedang Gangguan
  3. Rubah Pengaturan Jaringan Pada HP
  4. Aktifkan Airplane Mode
  5. Bersihkan Cache pada HP
  6. Hapus Data Aplikasi WhatsApp
  7. Matikan Mode Penghemat Daya Pada HP
  8. Hindari Memakai Aplikasi Pembersih RAM
  9. Update dan Install Ulang Aplikasi WhatsApp
  10. Lakukan Factory Reset

Untuk alasan lengkapnya, kalian bisa menyimaknya berikut ini.

1. Memastikan Ponsel Sudah Terhubung ke Internet

Hal penting dan sederhana yang pertama dalam mengatasi masalah WhatsApp error pending adalah dengan memastikan HP kita sudah terhubung ke jaringan internet. Karena tidak sedikit dari kita, terutama bagi pemula yang lupa untuk mengaktifkan data pada ponselnya.

Jika kalian menggunakan jaringan WiFi, kemungkinan HP kalian belum terhubung dengan layanan WiFi tersebut. Kalian bisa memastikannya dengan cara melihat status bar dan memastikan ikon data atau WiFi sudah menyala dan terhubung dengan benar.

2. Pastikan Jaringan Internet Tidak Sedang Gangguan

Meskipun data seluler sudah kalian aktifkan ataupun HP sudah terhubung ke jaringan WiFi dengan benar, tapi itu semua akan percuma saja jika jaringan internet keduanya mengalami masalah (gangguan). Nah, jika sudah seperti itu, mau bagaimana pun kalian mengutak-atik WhatsApp, pesan yang kalian kirim akan tetap pending.

Oleh sebab itu, kalian bisa memeriksa jaringan internet yang di gunakan itu memang sedang gangguan atau tidak. Caranya dengan mengganti kartu SIM yang di pakai atau menghubungi penyedia layanan WiFi yang kalian gunakan saat ini.

Namun pada masalah ini, biasanya tidak hanya aplikasi WhatsApp saja yang bermasalah, tapi hampir semua aplikasi di HP kalian akan mengalami masalah juga. Jika memang semuanya sama-sama mengalami masalah, maka dapat dipastikan kalau jaringan internet yang kalian gunakan memang sedang gangguan.

3. Rubah Pengaturan Jaringan Pada HP

Seperti yang sudah saya jelaskan di pembahasan awal tadi, kalau aplikasi WhatsApp itu membutuhkan koneksi internet untuk dapat terhubung. Walaupun WhatsApp sudah terhubung ke jaringan, namun pesan yang kita kirim masih pending, maka ini bisa saja dikarenakan oleh jaringan yang bermasalah.

Ada beberapa penyebab yang juga sering HP android tidak bisa konek internet, salah satunya itu karena jaringan yang kita pilih. Misalnya saja sebelumnya kalian menggunakan jaringan 4G pada HP, lalu kalian berpindah lokasi dan di tempat itu ternyata jaringan 4G tidak tersedia, maka inilah yang membuat jaringan di HP mengalami masalah.

Oleh sebab itu kalian bisa mencoba mengubah pengaturan jaringan yang ada di HP, jika sebelumnya 4G maka coba gunakan 3G dan begitu sebaliknya. Jika kalian belum tahu cara mengubah jaringan pada HP, maka bisa simak tutorial lengkapnya di artikel sebelumnya tentang cara merubah jaringan 3G ke 4G.

4. Aktifkan Airplane Mode

Alternatif selanjutnya untuk mengatasi WhatsApp error pending saat mengirim pesan itu dapat kalian atasi dengan mengaktifkan fitur airplane mode. Fitur ini ada di semua HP Android dan mempunyai fungsi yang cukup banyak bagi penggunanya. Salah satu fungsinya adalah untuk menyegarkan atau me-refress jaringan pada HP Android yang sedang bermasalah.

Kalian bisa menemukan fitur ini di bila status bar pada layar atas ponsel kalian, biasanya berlogo pesawat terbang. Cobalah untuk mengaktifkannya beberapa menit saja 1-2 menit, kemudian kembali nonaktifkannya seperti semula. Dengan begitu, jaringan yang ada di HP kita akan di atur ulang kembali oleh sistem dan jika memang ada masalah jaringan, biasanya akan teratasi.

Namun sebelum itu, pastikan juga kalau kalian tidak sedang menikmati paket kuota lokal dari provider seluler yang di gunakan. Karena kuota lokal ini tidak bisa kalian gunakan di sembarang tempat, apalagi kalian suka jalan-jalan ke tempat lain. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian bisa cari tahu arti kuota lokal di artikel saya sebelumnya.

5. Bersihkan Cache pada HP

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya ke kalian, kalau file cache ini merupakan berkas atau data sementara yang ada di dalam HP. Di mana cache ini mempunyai peranan yang cukup penting, karena akan membantu mempercepat proses jalannya aplikasi.

Seiring berjalannya waktu, HP kita menyimpan banyak file cache dari aplikasi yang sering kita gunakan. Hasilnya tentu bisa memicu banyak masalah pada HP, mulai dari memori internal cepat penuh sampai terjadi error pada aplikasi.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menghapus file cache yang tersimpan pada HP kita. Karena dalam beberapa kasus, dengan menghilangkan file cache ini, HP android yang lemot bisa kencang kembali serta aplikasi yang error bisa teratasi, seperti halnya pada WhatsApp.

Untuk menghapus file cache ini, kalian bisa melakukannya dengan dua cara:

1. Melalui pengaturan HP

  • Buka Pengaturan pada HP Android.
  • Lalu cari menu Daftar Aplikasi.
  • Kemudian pilih lagi menu Aplikasi.
  • Berikutnya cari aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah ketemu, buka aplikasinya dan pilih Hapus Cache.
  • Selesai.

2. Melalui recovery mode

  • Matikan HP Android kalian.
  • Lalu masuk ke recovery mode.
  • Caranya dengan tekan dan tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  • Setelah itu, pilih menu Wipe Cache Partition.
  • Terakhir pilih Reboot Sistem Now.

Untuk masuk ke recovery mode itu di masing-masing HP berbeda, jadi kalian bisa mencarinya sesuai tipe HP yang di gunakan melalui Google.

6. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Jika dengan cara membersihkan cache pada HP belum bisa memulihkan masalah WhatsApp pending ketika mengirim pesan, maka coba hapus datanya. Karena bisa saja error yang terjadi itu dikarenakan ada bug yang terselip di dalam data aplikasi WhatsApp.

Sebelum itu, pastikan kalian sudah melakukan backup pada data yang tersimpan di dalam WhatsApp. Karena menghapus data ini akan membuat aplikasi WhatsApp kalian menjadi seperti baru lagi. Sehingga nanti kalian juga harus kembali login dengan nomor telepon yang di pakai sebelumnya.

Apabila kalian ingin melakukannya, maka berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan yang ada di HP kalian.
  2. Lalu cari menu Daftar Aplikasi.
  3. Selanjutnya kalian pilih menu Aplikasi.
  4. Sekarang cari aplikasi WhatsApp.
  5. Buka dan pilih menu Hapus Data.
  6. Selesai, deh.

Sekarang aplikasi WhatsApp kalian sudah kembali seperti semula dan kalian bisa login dengan nomor telepon sebelumnya. Nanti pada tahap terakhir, kalian pilih pulihkan data dari Google Drive jika memang kalian sudah membackupnya sejak awal.

7. Matikan Mode Penghemat Daya Pada HP

Saat ini HP Android memang sudah dibekali dengan banyak fitur canggih yang bisa memanjakan semua penggunanya, salah satunya adalah fitur penghemat daya baterai. Meski terlihat sangat berguna, namun dalam beberapa kasus fitur penghemat daya baterai bisa memicu timbulnya masalah, lho. Salah satunya itu masalah pada aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang HP, seperti WhatsApp.

Ketika kalian mengaktifkan fitur tersebut, aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan bisa mengalami masalah, seperti error, pending dan notifikasi WhatsApp tidak bunyi. Jadi, semua pesan yang kalian kirim atau yang akan di terima itu bisa mengalami masalah dan tidak terkirim.

Maka dari itu, cobalah untuk memeriksa HP kalian dan pastikan fitur penghemat daya baterai tidak sedang aktif, ya. Caranya dengan:

  • Membuka Pengaturan pada HP.
  • Lalu cari menu Baterai.
  • Terakhir non-aktifkan fitur hemat baterai.

Dengan begitu, seluruh aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang akan bekerja seperti biasa dan WhatsApp error penting bisa teratasi.

8. Hindari Memakai Aplikasi Pembersih RAM

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah WhatsApp error pending adalah dengan tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM. Karena masih banyak pengguna Android yang salah kaprah dan menganggap aplikasi pembersih RAM itu berguna untuk meningkatkan kecepatan HP karena bisa mencegah RAM HP cepat penuh.

Padahal fungsi sebenarnya aplikasi perbersih RAM ini adalah untuk mencegah beberapa aplikasi berjalan di latar belakang. Karena aplikasi WhatsApp harus bekerja di latar belakang HP, maka bisa saja aplikasi pembersih RAM malah menutupnya.

Solusinya hanya dengan cara menghapus aplikasi pembersih RAM yang sudah kalian install pada HP. Dengan begitu, semua aplikasi termasuk WhatsApp bisa berjalan di latar belakang HP dengan lancar.

9. Update dan Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara mengatasi WhatsApp error pending di atas itu belum juga berhasil, maka kemungkinan masalah ini memang datang dari aplikasi WhatsApp itu sendiri. Mungkin saja versi WhatsApp yang kalian gunakan saat ini masih merupakan versi lama dan belum pernah kalian perbaharui. Maka dari itu, cobalah untuk memeriksa pembaharuan untuk aplikasi WhatsApp di Google Playstore.

Atau jika memang kalian sudah menggunakan aplikasi WhatsApp terbaru dan pesan yang kalian kirim masih tetap pending, maka bisa coba meng-uninstall nya saja. Karena bisa saja, saat melakukan pembaharuan aplikasi secara otomatis pada WhatsApp itu terselip sebuah bugBug inilah yang kemungkinan besar memicu aplikasi WhatsApp menjadi error.

Untuk mengatasinya kalian bisa menghapus aplikasi WhatsApp yang ada di HP terlebih dahulu dan meng-install nya kembali. Jika belum tahu, begini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di HP Android kalian.
  2. Kemudian cari menu Daftar Aplikasi.
  3. Lalu cari lagi menu Aplikasi.
  4. Berikutnya cari aplikasi WhatsApp.
  5. Setelah itu pilih Bongkar / Hapus Aplikasi.
  6. Jika sudah, restat terlebih dahulu HP kalian.
  7. Apabila sudah menyala, buka Google Playstore.
  8. Cari aplikasi WhatsApp.
  9. Klik install dan tunggu sampai selesai.
  10. Terakhir login seperti biasa.

10. Lakukan Factory Reset

Setelah kalian melakukan update ataupun meng-install ulang aplikasi WhatsApp tapi masalah error dan pending saat mengirim pesan masih terjadi, maka coba lakukan factory reset. Namun pastikan terlebih dahulu kalau jaringan internet pada HP kalian memang tidak sedang bermasalah, ya.

Selain itu, jika memang karena ada masalah dari dalam sistem HP, biasanya ini tidak hanya akan terjadi pada aplikasi WhatsApp saja, tapi aplikasi lainnya juga bisa terkena dampak yang sama. Jika memang seperti itu keadaan yang kalian alami, maka dengan melakukan factory reset bisa mengatasi masalah tersebut sampai ke akarnya.

Caranya begini:

  • Buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian cari menu Pengaturan Tambahan.
  • Scroll ke bawah dan pilih Cadangkan dan Reset.
  • Jangan lupa pilih pencadangan dari akun Google yang kalian gunakan.
  • Jika sudah, tap menu Reset ke Setelan Pabrik.
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Biasanya memakan waktu yang sedikit lama, jadi kalian bisa sabar menunggunya. Selain pencadangan yang ada di dalam menu reset, kalian juga wajib membackup data lain yang ada di dalam HP. Caranya tidak sulit dan kalian bisa membaca cara backup data di Android pada artikel saya sebelumnya.

Muncul Pesan Pending Dengan Ikon “Centang Satu” di WhatsApp

Muncul Pesan Pending Dengan Ikon “Centang Satu” di WhatsApp

Apabila masalah yang kalian hadapi seperti ini, maka itu artinya kalau masalah ini bukan dari aplikasi WhatsApp atau HP yang kalian pakai, tapi dari orang yang kalian kirimkan sebuah pesan. Karena jika sebuah pesan yang kalian kirim hanya centang satu, itu tandanya pesan kalian sudah berhasil terkirim ke server WhatsApp.

Setelah itu server dari WhatsApp hanya perlu meneruskannya ke nomor penerima yang kalian kirimkan pesan tersebut. Jika pesan kalian masih menandakan centang satu dalam waktu yang lama, maka itu artinya nomor yang kalian kirimkan sedang bermasalah. Biasa saja internet pada HP si penerima sedang mati atau sedang tidak terhubung ke jaringan internet.

Jadi, jika pesan kalian menandakan centang satu, maka masalahnya ada di antara server WhatsApp dan HP penerima. Sehingga kalian tidak perlu mengutak-atik HP ataupun aplikasi WhatsApp yang di gunakan dan tugas kalian hanya menunggu saja sampai pesan berhasil terkirim.

Untuk masalah centang satu, centang dua dan centang biru pada WhatsApp itu sebenarnya mempunyai arti yang cukup penting. Jika kalian belum tahu artinya, maka bisa membaca arti centang di WhatsApp pada pembahasan sebelumnya.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi WhatsApp error pending dengan aman yang dapat saya rangkumkan untuk kalian. Semoga saja dengan beberapa cara di atas bisa membantu dalam mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi saat ini.

Jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang di mengerti, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.