Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi di Android

Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi – Bagi sebagian orang, pastinya notifikasi yang muncul dari salah satu aplikasi yang ada di ponselnya itu sangatlah penting, misalnya WhatsApp. Apalagi untuk mereka yang mungkin bekerja atau belajar menggunakan aplikasi WhatsApp, tentu dengan adanya notifikasi kita akan lebih cepat tahu jika ada hal baru yang masuk.

Terkadang notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi juga menjadi salah satu masalah yang dianggap cukup serius. Sebab WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang di gunakan oleh banyak orang di seluruh dunia dan mungkin menjadi salah satu aplikasi yang sibuk setiap harinya.

Sehingga tidak sedikit dari mereka yang sangat merasa terganggu dengan masalah ini. Apalagi ada notifikasi, tapi suaranya tidak muncul di HP. Ditambah lagi HP kita sedang dalam keadaan terkunci, pastinya kita tidak akan tahu sama sekali jika sudah ada pesan yang masuk pada WA.

Apa Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi?

Tidak sedikit dari pengguna aplikasi WhatsApp yang sampai saat ini masih bertanya-tanya, apa sih penyebab notifikasi WhatsApp tidak bunyi di HP Android?

Sebenarnya penyebab masalah ini dapat kita bagi menjadi dua jenis.

Penyebab yang pertama, kemungkinan kalian sudah melakukan sebuah kesalahan pada pengaturan sebelumnya. Entah kesalahan itu kalian perbuat dengan sengaja atau tidak di sengaja. Lalu penyebab yang kedua itu, mungkin saja aplikasi WhatsApp di HP kalian mengalami error atau ada bug pada file-nya.

Contoh kesalahan pada pengaturan pertama:

  • Aplikasi WhatsApp sedang dalam keadaan mute.
  • Nada notifikasinya ter-setting agar tidak bunyi.
  • Suara deringnya tidak masuk.
  • HP dalam keadaan silent.
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk yang kedua, error yang saya maksudkan itu lebih sering di sebabkan oleh bug yang tersimpan di dalam memori. Munculnya bug ini belum bisa di ketahui secara pasti, karena bisa datang dari HP atau bisa juga dari aplikasi WhatsApp sendiri.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Apakah ada cara untuk mengatasi masalah ini?

Tentu saja ada, karena sudah dapat kita pastikan kalau masalah ini muncul karena di sebabkan oleh dua hal tadi. Karena salah pada pengaturan atau karena ada error. Untuk mengatasinya sebenarnya tidak sulit dan sebenarnya juga bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Meski penyebabnya ada dua, namun metode untuk mengatasinya tidak hanya ada dua juga, ya. Melainkan lebih dari dua, ini untuk membuat masalah notifikasi WhatsApp tidak bunyi di HP benar-benar teratasi.

Lalu apa saja caranya?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi notifikasi WhatsApp tidak bunyi di HP yang bisa kalian lakukan. Misalnya seperti ini:

  1. Nyalakan Notifikasi Untuk WhatsApp di Pengaturan
  2. Pastikan Mode Silent di HP Tidak Aktif
  3. Periksa Pengaturan Nada Dering Pada WhatsApp
  4. Coba Paksa Berhenti WhatsApp
  5. Hapus Data Pada Aplikasi WhatsApp
  6. Pastikan Aplikasi WhatsApp Sudah Berada di Versi Terbaru
  7. Install Ulang Aplikasi WhatsApp
  8. Bersihkan Memori RAM pada HP
  9. Ada Masalah Dengan Koneksi Internet
  10. Reset HP ke Pengaturan Pabrik

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa menyimak informasinya di bawah.

1. Nyalakan Notifikasi Untuk WhatsApp di Pengaturan

Cara yang paling sederhana dan tidak boleh kalian lewatkan adalah memeriksa notifikasi untuk WhatsApp pada pengaturan HP. Karena fungsinya itu agar setiap ada pesan yang masuk ke WhatsApp, notifikasinya dapat muncul ke layar utama ponsel kita.

Cara menyalakan pengaturan ini, begini:

  1. Buka Pengaturan pada HP kita.
  2. Lalu kalian cari menu Aplikasi.
  3. Kemudian Daftar Aplikasi.
  4. Sekarang cari aplikasi WhatsApp, lalu buka.
  5. Setelah itu, periksa di pemberitahuan / notifikasi.
  6. Jika belum aktif, maka tap untuk mengaktifkannya.
  7. Selesai.

Untuk pengaturan ini memang tidak akan berefek secara langsung. Maka dari itu kalian bisa mengikuti cara yang ada selanjutnya.

2. Pastikan Mode Silent di HP Tidak Aktif

Pada saat HP kalian dalam keadaan silent, entah itu karena di sengaja atau tidak. Jika fitur ini aktif, otomatis akan membuat suara notifikasi apapun di HP tidak akan bisa berbunyi.

Oleh sebab itu, kalian juga bisa memeriksa pengaturan yang satu ini di dalam ponsel. Karena akan berpengaruh ke notifikasi WhatsApp yang muncul pada HP.

Jika belum tahu, caranya seperti ini:

  1. Buka Setelan pada HP.
  2. Kemudian cari menu Suara.
  3. Dalam menu ini, nonaktifkan Mode Silent jika sedang aktif.

Selain melalui menu pengaturan pada HP, sebenarnya kalian juga bisa melakukannya melalui bila status bar di atas layar. Kalian bisa memilih cara yang mana saja, yang paling penting itu, mode silent atau senyap tidak aktif lagi pada HP.

3. Periksa Pengaturan Nada Dering Pada WhatsApp

Jika kalian sudah mengecek pengaturan mode suara dan ternyata normal, maka sekarang coba kalian cek juga pengaturan nada dering dari aplikasi WhatsApp.

Karena normalnya itu, nada dering ini akan ter-setting menyesuaikan dengan ringtone yang ada pada HP kita. Namun jika dari awal HP kita tidak mempunyai ringtone-nya, maka ini dapat membuat notifikasi WhatsApp menjadi tidak bunyi meski ada pesan baru yang masuk.

Caranya juga mudah, begini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada pada HP.
  2. Kemudian di halaman utama, tap ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Lalu kalian pilih menu Setelan.
  4. Berikutnya cari Notifikasi.
  5. Selanjutnya Nada Notifikasi dan pilih ringtone yang di inginkan.
  6. Geser juga ke bagian bawah, cari kolom Pengaturan Group dan Panggilan.
  7. Kalian juga bisa mengatur nada notifikasinya di sana.

Agar hasilnya lebih bagus, kalian bisa menutup aplikasi WhatsApp lalu membukanya kembali seperti semula. Sekarang kalian bisa mencoba mengetesnya dengan menyuruh teman atau saudara untuk mengirimkan kalian sebuah pesan.

4. Coba Paksa Berhenti WhatsApp

Ini berfungsi untuk memaksa berhenti aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan di latar belakang. Umumnya cara ini akan sangat membantu jika terjadi error atau bug berjalan yang tidak bisa kita ketahui, termasuk pada masalah notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi di HP.

Untuk memaksa berhenti atau Force Stop ini bisa kalian temukan dengan mudah dan caranya juga hampir sama seperti cara pertama.

Ikuti langkah-langkahnya di sini:

  • Buka Setelan atau Pengaturan pada HP.
  • Lalu cari menu Aplikasi.
  • Kemudian Daftar Aplikasi.
  • Sekarang cari WhatsApp.
  • Pilih dan buka, lalu tap menu Paksa Berhenti / Force Stop.
  • Selesai.

Apabila sudah, kalian dapat membuka kembali aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP. Biasanya jika memang masalah notifikasi WhatsApp tidak bunyi terjadi karena bug, maka tentu dengan cara ini pasti sudah berhasil teratasi.

5. Hapus Data Pada Aplikasi WhatsApp

Jika tadi dengan memaksa berhenti belum bisa mengatasi masalah error atau bug, maka mungkin bisa memakai cara ini untuk mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi. Di mana caranya adalah dengan menghapus data pada aplikasi WhatsApp.

Karena dengan hapus data ini, biasanya bug pada aplikasi WhatsApp akan teratasi, entah itu yang sedang berjalan atau memang sudah ada sejak lama pada HP. Sebenarnya cara ini juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah lain pada WhatsApp, seperti story WhatsApp tidak muncul, WhatsApp tidak bisa menerima gambar dan lainnya.

Ingin mencoba cara ini? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Setelah di HP Android kalian.
  2. Cari menu Aplikasi lalu Daftar Aplikasi.
  3. Sekarang cari aplikasi WhatsApp.
  4. Pilih dan buka, lalu tap menu Hapus Data atau Clear Data.

Sekarang kalian bisa membuka kembali aplikasi WhatsApp, biasanya posisinya akan berada di halaman login. Silakan kalian dapat masuk seperti biasa menggunakan nomor HP sebelumnya, lalu coba minta teman untuk mengirimkan kalian pesan.

Penting:

  • Menghapus data aplikasi WhatsApp bisa membuat kalian ter-logout dan menjadikan WhatsApp seperti baru lagi.
  • Data akun berupa chat, media seperti foto dan video, riwayat panggilan akan hilang, jadi untuk jaga-jaga kalian bisa membackup data tersebut terlebih dahulu.
  • Pastikan nomor telepon yang di gunakan mendaftar di WhatsApp sebelumnya masih aktif.

6. Pastikan Aplikasi WhatsApp Sudah Berada di Versi Terbaru

Seperti yang sudah saya jelaskan ke kalian sebelumnya kalau bug pada WhatsApp itu bisa muncul dari HP yang digunakan, bisa juga muncul dari aplikasi itu sendiri. Untuk mengatasi bug yang muncul dari HP, sebenarnya hanya dengan cara di atas itu saja sudah bisa menghilangkannya.

Tapi jika bug itu memang terjadi karena dari WhatsApp, maka cari tadi mungkin belum sepenuhnya bisa mengatasinya. Cara lain yang tidak kalah efektif adalah dengan melakukan pembaharuan pada aplikasi WhatsApp.

Kalian bisa memeriksanya melalui Playstore pada HP, caranya seperti ini:

  1. Buka Google Playstore pada HP kalian.
  2. Lalu cari ikon garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Berikutnya pilih Aplikasi & Game Saya.
  4. Pada halaman ini, kalian cari aplikasi WhatsApp.
  5. Jika tersedia pembaharuan, maka klik saja Update.
  6. Kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara ini juga sangat saya sarankan untuk kalian coba lakukan, karena hampir semua bug yang terjadi sebelumnya akan teratasi secara otomatis. Selain itu, pada versi aplikasi WhatsApp baru, kita bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru di dalamnya.

7. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Apabila dengan melakukan Force Stop dan menghapus data aplikasi, namun masalah notifikasi WhatsApp tidak bunyi masih belum teratasi, maka kalian bisa mencoba untuk menginstall ulang. Karena bisa saja error atau bug yang terjadi itu dikarenakan proses pembaharuan yang dilakukan tidak sesuai atau mengalami gangguan sebelumnya.

Nah, untuk mengatasinya itu kita bisa mencoba untuk menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Hapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada HP kalian.
  2. Setelah itu, restart terlebih dahulu HP seperti biasa.
  3. Tunggu sampai HP kembali menyala.
  4. Lalu download kembali WhatsApp di Google Play Store.
  5. Jika sudah, kalian bisa login menggunakan nomor HP lama.
  6. Selesai.

Cara ini sebenarnya hampir sama seperti menghapus data akun, namun yang membedakannya itu, di sini kita menghapus seluruh data yang ada di WhatsApp. Sehingga jika ada bug yang terselip di file pembaharuan sebelumnya akan bersih tanpa tersisa.

Selain itu, kalian juga wajib membackup seluruh data seperti chat, dokumen, media dan lainnya di akun WhatsApp. Karena ini untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan pada akun WA.

8. Bersihkan Memori RAM pada HP

Bagi kalian yang mungkin belum tahu kalau sebenarnya RAM itu sangat berpengaruh sekali pada kinerja HP dalam menjalankan semua aplikasi, termasuk memunculkan notifikasi pada WhatsApp. Kapasitas RAM masing-masing ponsel tidaklah sama, jadi pastikan sisa RAM pada HP kalian cukup dan jangan kurang dari 500MB.

Pada HP Android terbaru dengan memori RAM di atas 3GB, mungkin masalah ini tidak pernah terjadi, tapi tidak untuk ponsel lama. Karena HP Android dulu itu ada yang hanya dibekali dengan memori RAM sebesar 250MB dan 500MB saja.

Sehingga kapasitas memori RAM tersebut akan lebih cepat habis dan membuat beberapa aplikasi mengalami masalah. Oleh sebab itu, kalian juga bisa memeriksa terlebih dahulu sisa dari memori RAM pada HP kalian. Jika ternyata memang sudah habis atau hanya tersisa sedikit, maka cobalah untuk membersihkan memori RAM pada HP.

Untuk caranya ini saya sudah menuliskannya khusus buat kalian di artikel sebelumnya tentang cara mengatasi memori RAM Android yang cepat penuh. Jadi, kalian bisa mencari tahu solusi dari masalah ini di sana.

9. Ada Masalah Dengan Koneksi Internet

Selain masalah pada memori RAM di HP, sebenarnya notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi saat ada pesan masuk juga bisa di sebabkan oleh jaringan internet yang bermasalah. Karena ketika koneksi internet mengalami masalah, maka tentunya akan berdampak pada semua aplikasi chatting, termasuk juga WhatsApp.

Karena bisa saja sebuah pesan yang masuk pada aplikasi WhatsApp mengalami bentrok dengan aplikasi lainnya. Sehingga notifikasi WhatsApp yang seharusnya berbunyi menjadi terganggu dengan notifikasi lainnya, seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Hal ini tentu juga karena masing-masing aplikasi itu mempunyai nada notifikasi yang berbeda-beda, sehingga jika terjadi bentrok, maka salah satunya pasti bakal ada yang terkena dampak. Solusinya tentu kalian harus memeriksa kembali jaringan internet pada HP, apakah memang sedang bermasalah atau tidak.

10. Reset HP ke Pengaturan Pabrik

Terjadinya kesalahan seperti bug sebenarnya juga bisa terjadi pada sistem di Android, lho.

Jika benar masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul karena adanya bug pada sistem, maka semua cara di atas tidak akan terlalu berpengaruh. Lalu apa solusi yang cocok untuk mengatasinya?

Solusinya dengan melakukan reset HP kalian kembali ke pabrik. Dengan begitu seluruh bug yang ada pada sistem akan hilang sampai ke akarnya. Seharusnya dengan cara ini bisa efektif, sih.

Penting:

  • Melakukan reset itu akan menghilangkan seluruh data yang ada di dalam HP kalian. Jadi sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu untuk data yang kalian simpan pada HP. Apabila belum tahu, kalian dapat mengikuti cara backup data panting di Android pada artikel saya sebelumnya.
  • Jangan lupa juga untuk menyimpan email serta kontak pada HP, ya.

Begini langka-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu cari Pengaturan Tambahan.
  3. Ada di menu paling bawah, pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Berikutnya pilih Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir tap Hapus Semua Data dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika sudah berhasil, kalian bisa mengikuti petunjuk yang di tampilkan pada layar HP sampai fungsinya kembali normal seperti semula.

Penutup

Mungkin cukup sekian saja cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak bunyi di HP Android. Semoga dengan beberapa cara yang sudah saya sebutkan di atas bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah notifikasi WhatsApp yang tidak berbunyi.

Seperti yang sudah saya katakan tadi di awal pembahasan, meski ada dua hal yang menjadi penyebabnya, namun untuk cara mengatasinya itu tidak sama. Karena ada beberapa hal yang wajib untuk kalian periksa kembali, meski itu terdengar sepele sekalipun.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.