Fitur WPS WiFi di Android

Apa Itu WPS WiFi di Android dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Dari beberapa forum internet yang sempat saya jumpai, ternyata masih banyak pengguna Android yang bertanya tentang apa itu WPS WiFi di Android? Selain itu, masih banyak jawaban dari orang yang salah dalam mengartikan fitur WPS ini di Android.

Nah, untuk kalian pasti pernah kan mendengar tentang WPS? Sekali atau dua kali pasti pernah, ya?

Oleh sebab itu, di sini saya akan menjelaskan seputar WPS secara singkat untuk kalian semuanya. Mengingat juga kalau fitur WPS ini sekarang sudah bisa kita temukan di banyak ponsel Android dan modem WiFi. Serta masih banyak juga dari orang yang belum tahu cara menggunakan fitur WPS tersebut.

WPS yang saya maksud di sini bukan sebuah aplikasi, tapi WPS kepanjangan dari WiFi Protected Setup. Jika di HP Android itu biasanya merupakan sebuah fitur khusus yang ada di pengaturan WiFi.

Agar kalian tidak pusing dan salah dalam mengartikan fitur WPS WiFi di Android, maka berikut akan saya jelaskan secara detail.

Apa itu WPS WiFi di Android?

Apa itu WPS WiFi di Android

WPS adalah sebuah singkatan dari WiFi Protected Setup. Yang mana merupakan sebuah sistem keamanan yang terdapat di dalam WiFi. Di mana WPS ini juga berfungsi sebagai penghubung modem, router dan perangkat jaringan lainnya secara langsung ke HP Android.

Proses penghubungan dari modem, router ke perangkat Android biasanya dilakukan dengan cara scanning.

Bagaimana, sudah mendapatkan gambaran?

Jika belum, berikut saya coba gambarkan secara singkat untuk kalian.

  • Pada saat kita ingin terhubung dengan WiFi
  • Maka kita harus setting terlebih dahulu pengaturan WiFi nya
  • Setelah itu baru WiFi bisa connect

Nah, apabila kita menggunakan WPS, maka alurnya akan seperti ini:

  • Kita aktifkan WPS di Modem
  • Lalu kita aktifkan lagi WPS pada HP
  • Secara otomatis WiFi tersambung

Dengan gambaran seperti itu, saya rasa kalian sudah mulai mengerti tentang kegunaan WPS WiFi ini.

Apa Saja Manfaat Penggunaan WPS WiFi di Android?

Dalam beberapa kasus, ada beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan saat menggunakan fitur WPS ini. Nah, beberapa manfaat tersebut meliputi:

  1. Lebih Mudah : Dapat dikatakan kalau menggunakan WPS itu jauh lebih simpel. Karena hanya perlu waktu sekitar 10 detik saja kita sudah bisa terhubung ke jaringan WiFi.
  2. Sangat Aman : Dengan melalui proses scanning jaringan, dalam beberapa kondisi yang tidak terduga WiFi bisa tersambung dengan lebih aman.
  3. Koneknya Jauh Lebih Cepat : Dengan fitur WPS, kita tidak perlu lagi setting pada WiFi nya lagi. Karena cukup dengan mengaktifkan WPS pada HP dan modem lalu scan, maka akan tersambung secara otomatis tanpa perlu campur tangan kalian lgi.

Selain ketiga manfaat yang sudah saya sebutkan, tentu masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kalian rasakan. Agar kalian lebih tahu semua manfaatnya, maka bisa mencoba sendiri fitur WPS WiFi tersebut, ya.

Cara Mengaktifkan WPS di Android

Cara Mengaktifkan WPS di Android

Setelah kita sudah tahu manfaatnya, mungkin dari kalian berencana untuk mencoba mengaktifkan fitur WPS ini. Namun sayangnya kalian tidak tahu untuk mengaktifkannya di Android?

Tenang, jangan panik karena saya akan membagikan kalian cara mengaktifkannya di HP Android. Prosesnya seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian cari WiFi dan nyalahkan.
  • Setelah menyala, kalian pilih Pengaturan Lanjut.
  • Pada bawah kalian tap WPS.
  • Selesai.

Jika kalian sudah menekan menu WPS tersebut, maka HP kalian akan langsung melakukan scanning atau mencari WPS dari modem atau router yang sedang aktif.

Cara Menggunakan WPS Untuk Terhubung ke Jaringan WiFi Tanpa Password

Cara Menggunakan WPS Untuk Terhubung ke Jaringan WiFi Tanpa Password

Jika kalian memang berencana untuk menggunakan fitur WPS WiFi ini, maka kalian perlu menyiapkan dua perangkat yang mempunyai fitur WPS. Yaitu perangkat Android dan juga sebuah modem WiFi, misalnya bolt 4G LTE.

Sedangkan untuk HP Android sendiri, seperti HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Asus dan lainnya. Biasanya hampir semua merek HP Android saat ini sudah mempunyai fitur WPS ini.

Apabila sudah, berikut cara lengkapnya:

  1. Silakan kalian aktifkan WiFi pada HP dan cari fitur WPS.
  2. Caranya sudah saya jelaskan di atas tadi.
  3. Setelah ketemu, tap menu WPS pada HP kalian.
  4. Tunggu beberapa saat, nanti akan keluar sebuah pop-up scanning perangkat WiFi.
  5. Lanjut ke modem yang kalian gunakan, silakan tekan tombol WPS yang ada di modem.
  6. Tunggu beberapa saat, maka HP Android kalian akan langsung terhubung dengan jaringan pada modem.

Selesai, deh. Sekarang kalian tidak perlu repot-repot lagi memasukkan password untuk bisa terhubung dengan jaringan pada modem.

Hampir lupa, selain HP Android yang kalian gunakan harus mempunyai fitur WPS WiFi, modemnya juga harus mendukung fitur WPS ini, ya. Jika tidak, maka akan sulit untuk melakukan cara di atas tadi.

Cara untuk mengetahuinya gimana? Mudah sekali kok, karena rata-rata modem yang mendukung fitur ini mempunyai tombol khusus pada bagian luarnya yang bertuliskan WPS.

Cara Mengatasi WPS Android tidak Berfungsi

Sama seperti aktivitas lainnya di dunia elektronik, di mana menghubungkan Android ke modem dengan WPS WiFi juga bisa mengalami masalah. Masalah di sini biasanya di sebabkan oleh dua penyebab, diantaranya itu:

  1. Modem yang kita gunakan memang sedang bermasalah.
  2. HP Android mengalami error.

Sebenarnya hanya dua itu saja penyebabnya. Jadi, jika salah satu mengalami masalah itu, maka proses scanning tidak akan berhasil (gagal).

Lalu adakah solusi untuk mengatasinya? Tentu saja ada, berikut solusi yang mungkin bisa kalian coba:

  • Restart HP : Jika masalah ini datang dari HP, maka kalian hanya perlu me-restart HP seperti biasa saja.
  • Reset Modem : Apabila modemnya yang bermasalah, maka kalian bisa me-reset modem yang digunakan. Caranya dengan masuk ke Setelan Modem -> lalu cari Reset This Device.
  • Restore Modem ke Default : Jika dengan reset pada modem juga tidak berpengaruh, maka kalian bisa me-restore modem yang di gunakan. Fungsinya itu untuk mengembalikan pengaturan modem ke awal atau baru lagi.

Dengan beberapa cara itu, saya jamin fitur WPS kalian sudah bisa terhubung kembali.

Penutup

Jadi begitulah sedikit ulasan secara singkat tentang fitur WPS WiFi di Android. Bagi kalian yang sering menggunakan WiFi untuk terhubung ke internet, maka fitur ini bisa kalian coba gunakan. Apalagi prosesnya tidak memerlukan waktu yang lama, serta kalian juga tidak perlu lagi mengubah setingan pada WiFi.

Jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal yang kurang di mengerti, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.