13 Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh Paling Ampuh

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh – RAM adalah salah satu memori yang paling di butuhkan oleh setiap ponsel Android, karena RAM mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh aplikasi. Kerja RAM di ponsel Android juga sama persis dengan RAM yang ada didalam PC atau laptop.

Selain multitasking, RAM juga sangat berpengaruh disetiap kegiatan yang dilakukan pada ponsel seperti bermain Game, Chatting, Video Call, Streaming dan masih banyak kegiatan lainnya. Namun untuk menjalakan itu semua, ponsel kamu harus mempunyai kapasitas RAM yang besar agar seluruh aktivitas tersebut bisa berjalan dengan baik serta lancar.

Meski saat ini kapasitas RAM pada ponsel Android sudah terbilang cukup besar, namun terkadang kebiasaan buruk penggunanya setiap hari juga bisa menyebabkan memori RAM lebih cepat habis meski sedang tidak digunakan bermultitasking ataupun bermain game berat.

Jika sudah seperti itu, maka jangan berharap kalau ponsel Android kalian bisa berjalan dengan baik saat digunakan membuka aplikasi atau bermain game. RAM yang penuh juga sering menyebabkan sistem didalam ponsel mengalami crash dan akhirnya ponsel tidak mampu mengikuti semua perintah yang kamu berikan.

Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, mari kita lihat bagaimana cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh di bawah ini.

Penyebab RAM HP Android Cepat Penuh

Penyebab RAM HP Android Cepat Penuh

Sebelum kita melihat cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh, ada bagusnya kita lihat dulu apa saja yang menjadi penyebab memori RAM pada ponsel Android kita cepat penuh.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sederhana yang sering dilupakan oleh pengguna ponsel Android yang menjadi penyebab RAM pada HP Android menjadi cepat penuh.

1. Terlalu Banyak Instal Aplikasi

Penyebab yang pertama adalah banyaknya aplikasi yang diinstal didalam ponsel. Menginstal aplikasi terlalu banyak itu tidak hanya akan membuat memori internal lebih cepat penuh namun juga bisa membuat RAM lebih cepat habis.

Hal ini karena beberapa aplikasi masih tetap berjalan di latar belakang meski tidak digunakan atapun saat ponsel sedang terkunci sekalipun. Aplikasi yang berjalan tersebut akan menggunakan sebagian memori RAM yang ada didalam ponsel.

2. Menggunakan Live Wallpaper

Mungkin beberapa dari kalian tidak sadar kalau penggunaan live wallpaper juga bisa menjadi penyebab memori RAM lebih cepat penuh. Hal ini karena sistem yang ada didalam ponsel membutuhkan RAM yang tidak sedikit untuk menjalankan live wallpaper tersebut.

3. Banyaknya Menggunakan Wiget

Selain penggunaan live Wallpaper, memasang banyak wiget pada ponsel Android juga bisa menjadi penyebab memori RAM cepat habis. Sistemnya juga hampir sama dengan penggunaan live Wallpaper yang dijelaskan tadi.

Meski tidak terlalu terlihat, namun memasang banyak wiget bisa mengakibatkan sistem kekurangan RAM saat menjalankan printah lain yang diberikan.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Seperti yang disebutkan di awal, tidak semua aplikasi yang kamu instal akan nonaktif saat tidak digunakan. Sebab ada beberapa aplikasi yang masih tetap berjalan dengan sendirinya di latar belakang dan ini juga bisa menjadi pemicu memori RAM lebih cepat habis.

Begini Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

Begini Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh Paling Ampuh

Setelah diatas tadi kita sudah melihat sedikit bayangan mengenai penyebab RAM Android cepat penuh, maka untuk selanjutnya adamin akan membagikan kalian sebuah cara sederhana untuk mengatasi RAM Android yang cepat penuh.

Cara ini juga tergolong sederhana dan bisa juga bisa kalian lakukan dirumah. Apa saja itu? Yuk, kita intip 9 cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh dibawah ini.

1. Paksa Behenti Aplikasi yang Berjalan

Cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh pertama adalah dengan menghentikan secara paksa beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Ada beberapa aplikasi yang biasanya akan selalu aktif meski tidak kalian gunakan, contohnya seperti BBM, Facebook, Messenger, Instagram dan aplikasi sosial media lainnya. Untuk menghentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan tersebut sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama kalian buka menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian cari lagi menu “Aplikasi” dan “Manager Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian cari nama aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  • Terakhir pilih “Paksa Berhenti“.

Dengan cara ini kalian tidak akan melihat aplikasi tersebut bejalan di latar belakang lagi kecuali kalian menggunakannya  atau membuka aplikasi tersebut.

2. Pakai Aplikasi Booster

Selain cara yang pertama, kalian juga bisa mengatasi RAM Android yang cepat penuh dengan bantuan aplikasi Booster. Dimana aplikasi yang satu ini dapat membantu kalian dalam meningkatkan performa Android secara signifikan dan juga mampu untuk mengoptimalkan pemakaian RAM pada Aplikasi.

Saat ini ada banyak aplikasi booster yang bisa kalian gunakan untuk membantu mengoptimalkan pemakaian RAM pada ponsel Android seperti CM Booster, Clean Master dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kalian instal di Google Play Store.

3. Instal Aplikasi Pembersih Untuk Android

Selain menggunakan aplikasi booster untuk mengoptimalkan pemakaian RAM, kalian juga bisa menginstal aplikasi pembersih untuk membantu dalam mebersihkan seluruh file sampah yang dibuat oleh aplikasi.

Banyak manfaat yang akan kalian rasakan saat menggunakan aplikasi pembersih, selain bisa mengoptimalkan kinerja ponsel dalam menggunakan RAM, aplikasi pembersih juga sangat bergunana untuk menghapus seluruh cookis, membersihkan junk file, menghapus file dalam jumlah besar yang tidak pernah digunakan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Ada beberapa aplikasi pembersih yang bisa kalian gunakan serta mempunyai keamanan yang baik seperti:

  • Clean Master
  • Super Cleaner
  • RAM Booster
  • Virus Cleaner
  • dan masih banyak lagi.

4. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD

Mungkin dari kalian tidak sadar kalau semua aplikasi yang diinstal secara default akan tersimpan didalam ruang penyimpanan internal. Jika memori internal yang ada didalam ponsel kalian sudah sesak, maka hal ini akan membuat kinerja hp semakin berat.

Ketika hal ini terjadi, ponsel tidak hanya akan menjadi cepat panas tapi juga bisa membuat hp lebih cepat kehabisan RAM karena harus memikul kerjaan yang lebih berat. Maka dari itu, memindahkan beberapa aplikasi yang berukuran besar ke microSD bisa membantu kalian untuk mengoptimalkan kinerja ponsel.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan dalam memindahkan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian bisa masuk kedalam menu “Settings“.
  • Setelah itu cari menu “SD Card & Phone Strorage“.
  • Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak memori seperti Facebook, Instagram dan juga game ke microSD.

Dengan begini ruang penyimpanan internal pada ponsel akan lebih lega dan kinerja hp kalian akan lebih baik dan juga bisa terhindar dari masalah hp mati sendiri.

5. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara Mengatasi RAM Android yang cepat penuh selanjutnya bisa kalian lakukan dengan langkah menonaktifkan atau menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan lagi.

Biasanya ponsel terbaru saat ini memiliki beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak terlalu berguna bagi kita dan ada baiknya kamu segera menghapusnya jika itu memungkinkan, tapi kalau tidak kamu bisa mencoba untuk menonaktifkannya saja.

Langkah ini akan membantu memori RAM didalam ponsel menjadi lebih lega serta memori internal akan mendapatkan dampak yang baik juga. Kamu bisa menghapus atau menonaktifkannya melalu menu “Pengaturan” > “Pilih Aplikasi” > “Unduhan” > “Cari Aplikasi Bawaan” > “Nonaktifkan“.

6. Bersihkan File Cache dari RAM

Selain memakai cara yang disebutkan diatas, kalian juga bisa mengatasi RAM Android yang cepat penuh dengan membersihkan cache di hp Android yang digunakan.

Sampai saat ini masih sedikit sekali orang yang sadar kalau ternyata file cache ini merupakan sebuah file sampah bekas seluruh aktivitas yang sudah kalian sediri lakukan didalam smartphone. File cache yang menumpuk terlalu banyak juga bisa menyebabkan kinerja ponsel terus melambat.

Selain membuat kinerja ponsel semakin melambat, file cache yang menumpuk juga bisa memicu RAM pada Android lebih cepat penuh. Nah, untuk mengatasinya kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama kalian masuk dulu kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika menggunakan bhs Inggris.
  • Setelah itu kalian bisa mencari menu “Storage Data“.
  • Terakhir kalian bisa mebersihkan file cache tadi dengan menekan menu “Clear Cache Data” pada aplikasi yang dipilih.

Selain dengan cara manual, kalian juga bisa melakukannya dengan aplikasi pihak ketiga yang ada didalam play store.

7. Hindari Menggunakan Live Wallpaper

Menggunakan live wallpaper memang bisa membuat ponsel kita terlihat lebih keren, tapi tanpa kalian sadari kinerja ponsel Android menjadi semakin bertambah. Selain kinerja ponsel yang bertambah, kapasitas RAM yang dibutuhkan juga akan semakin meningkat, imbasnya akan semakin sedikit memori RAM yang tersisa.

Selain menjadi penyebab memori RAM di hp Android lebih cepat penuh, penggunaan live wallpaper dalam jangka waktu lama juga bisa mengakibatkan daya baterai lebih cepat habis.

Maka dari itu, jika ponsel kalian sudah mengalami masalah dengan RAM yang cepat penuh maka admin sarankan untuk berhenti menggunakan live wallpaper serta gambar yang mempunyai banyak warna cerah.

8. Batasi Penggunaan Widget

Selain berhenti menggunakan live wallpaper, cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh juga bisa dilakukan dengan membatasi pemasangan widget pada ponsel.

Masih ada kaitannya dengan masalah diatas, dimana jika kalian memasang banyak widget pada ponsel maka kinerja sistem yang ada didalam hp akan semakin bertambah dan masing-masing widget tersebut membutuhkan RAM yang tidak sedikit agar bisa bekerja atau berjalan sesuai fungsinya.

Namun buka berarti kalian tidak boleh memasang atau menambah widget kedalam ponsel, namun hanya saja batasi dan usahakan jangan terlalu banyak. Atau kalian juga bisa memasang widget sesuai dengan kebutuhan saja dan jangan berlebihan.

9. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir dalam mengatasi RAM Android yang cepat penuh adalah melakukan factory reset. Cara ini sebenarnya langkah terakhir yang bisa kalian pilih jika semua cara diatas itu tidak berhasil atau tidak sesuai dengan yang kalian harapkan.

Kalian bisa melakukan factory reset atau menyetel ulang ponsel ke pengaturan pabrik untuk mengatasi beberapa error yang terjadi didalam sistem. Namu sebelum itu ada baiknya kalian membackup semua data penting yang dimiliki karena saat melakukan factory reset, seluruh data akan terhapus.

Nah, jika kalian belum tahu bagaimana caranya maka bisa mengikuti tutorial di artikel sebelumnya yang menjelaskan cara membackup data di Android secara lengkap dan mudah untuk kalian pahami.

Apabila sudah kalian bisa langsung mereset ponsel Android melalui menu “Pengaturan” > “Pengaturan Tambahan” > “Reset dan Backup” dan tunggu sampai ponsel kembali menyala.

Penutup

Sampai saat ini cara mengatasi RAM android yang cepat penuh diatas masih terbilang bagus, karena admin sendiri sudah mencobanya di ponsel Realme 3 Pro.

Keuntungan yang kalian dapatkan tidak hanya sebatas memberikan kelegaan pada memori RAM dan internal, tapi cara diatas juga bisa membuat ponsel kalian mempunyai masa pakai yang lebih lama dan masih banyak lagi tentunya.

Mungkin hanya itu saja tips yang dapat admin bagikan mengenai cara mengatasi RAM Android yang cepat penuh, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Jika ada pertanyaan seputar masalah pada RAM Android yang cepat penuh, maka bisa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.