Inilah 13 Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Paling Ampuh, Untuk Semua Tipe Android!

Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Android Lemot – Memang terkadang hp Android yang mendadak lemot saat digunakan itu membuat kita menjadi emosi dan kesal, apalagi kita sedang mengerjakan hal penting didalamnya. Masalah ini juga tidak hanya akan terjadi sekali saja, karena hampir sebagian pengguna ponsel Android mengalaminya setiap hari.

Dalam beberapa kasus, ponsel yang lemot saat digunakan itu dapat disebabkan oleh banyak faktor dan salah satu yang paling dominan itu adalah umur ponsel. Ponsel dengan umur yang lebih dari 1-2 tahun pembelian akan lebih gampang lemot, ini karena seluruh perangkat elektronik yang ada didalamnya mengalami penurunan performa.

Meski usia ponsel merupakan faktor utama penyebab hp Android lemot ketika digunakan, namun faktor lainnya juga bisa menjadi pemicunya. Hal ini karena tidak sedikit ponsel Android dengan umur beberapa bulan saat pembelian itu mengalami masalah yang sama, yakni lemot dan panas saat digunakan menjalankan aplikasi.

Penyebab HP Android Lemot dan Macet Saat Digunakan

Penyebab HP Android Lemot dan Macet Saat Digunakan

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, kalau tidak hanya ponsel lama saja yang bisa mengalami masalah ini tapi ponsel terbaru juga bisa mengalaminya. Hal ini dikarenakan performa HP Android yang menjadi semakin lambat buka semata-mata terjadi karena faktor usia smartphone itu sendiri tapi juga bisa dikarenakan cara orang menggunakan serta merawat ponselnya masing-masing.

Perlu juga untuk kalian ingat, kalau setiap ponsel itu memiliki kapasitas serta kemampuan yang berbeda-beda dan sudah sepatutnya itu kalian menyesuaikan kebutuhan sebelum membelinya.

Nah, berikut ini ada beberapa penyebab HP Android lemot dan macet saat digunakan untuk menjalankan aplikasi maupun game.

  1. Terlalu banyak aplikasi yang tidak digunakan berjalan di latar belakang.
  2. Ruang penyimpanan yang sudah habis.
  3. Terlalu banyak menginstal aplikasi.
  4. Memori RAM selalu penuh.
  5. Kinerja baterai yang mengalami penurunan.
  6. Ponsel yang pernah di root.
  7. Sering menggunakan ponsel sambil mengisi daya.

Selain 7 penyebab hp lemot saat digunakan diatas, tentu masih ada banyak kebiasaan buruk pengguna lainnya yang menyebabkan performa ponsel cepat menurun. Jadi jangan pernah beranggapan kalau penyebab ponsel Android lemot itu karena paktor umur, malinkan cara pemakaianmu juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Saat Digunakan

Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Saat Digunakan

Jika kita di atas tadi sudah mengetahu beberapa hal yang menjadi penyebab hp Android lemot saat digunakan, maka untuk sekarang ini admin akan membagikan sebuah cara mengatasi HP Android lemot dan panas. Apa saja caranya itu? Yuk, kita simak secar lengkap dibawah ini.

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Smartphone

Cara mengatasi HP Android lemot yang pertama adalah membersihkan ruang penyimpanan secara berkala. Sebab seperti yang sudah pernah admin bahas sebelumnya itu kalau ruang penyimpanan yang penuh akan membuat ponsel mendapatkan beban yang sangat berat untuk menjalankan printah yang diberikan, saat ini terjadi tentu ponsel kalian akan lemot dan terkadang hp cepat panas meski tidak sedang digunakan.

Maka dari itu, sebelum ponsel kalian menjadi lemot, sebaiknya selalu hindari menyimpan data yang berlebihan kedalam memori internal. Kalau perlu, kalian bisa menghapus data yang tidak penting secara berkalau, contohnya seperti file cache pada aplikasi.

2. Instal Antivirus

Selain karena ruang penyimpanan yang penuh, terserang oleh virus atau malware juga bisa menjadi penyebab hp android lemot. Selain lemot, ponsel yang terserang virus atau malware juga sangat rentan kehilang data penting, sampai dengan hp yang sering mati sendiri.

Untuk keamanan, ada baiknya kalian menginstal satu aplikasi antivirus dan malware kedalam ponsel Android yang digunakan. Karena aplikasi tersebut akan membantu kalian untuk membersihkan virus dan juga malware yang ada didalam ponsel. Cara membersihkan virus dan malware yang satu ini lebih cenderung aman dan pastinya mudah untuk kalian lakukan.

3. Perbaharui Sofware Secara Berkala

MAsing-masing ponsel Android pastinya akan mendapatkan update secara berkala dari produsesnnya, hal ini tentu bertujuan untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru serta memperbaiki beberapa masalah seperti bug. Maka dari itu, ketika kalian mendapatkan sebuah notifikasi pembaharuan, ada baiknya kalian segera melakukan pembaharuan tersebut.

Biasanya pembaharuan yang diberikan itu dapat meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih baik. Tapi perlu juga kalian ketahui pada saat ingin melakukan pembaharuan tersebut, ada baiknya kalian melihat terlebih dahulu kapasitas ruang penyimpanan internal ponsel. Jika sudah terlalu penuh, ada baiknya kalian membersihkan beberapa file yang sudah tidak digunakan agar bisa melakukan update dengan aman tanpa membuat hp lemot saat digunakan.

4. Hampus Aplikasi yang Sudah Tidak Dipakai

Selain dengan membersihkan file cache, cara mengatasi hp android lemot juga bisa dilakukan dengan menghapus atau uninstal beberapa aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Meski tidak pernah digunakan, aplikasi tersebut masih tetap menggunakan memori internal ponsel kalian untuk menyimpan seluruh data yang berhubungan dengan fungsi aplikasi itu sendiri.

Oleh karena itu, membersihkan beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan itu adalah cara yang tepat untuk mencegah hp menjadi lemot ketika sedang digunakan.

5. Rutin Membersihkan Cache Pada Aplikasi

File cache adalah tempat sebuah aplikasi menyimpan data sementara dan ini juga digunakan untuk mempercepat aplikasi dalam mengolah data. Dengan begitu, pengguna biasanya akan lebih cepat mendapatkan data yang mereka inginkan tanpa harus menunggu lebih lama. Meski berguna, file cache yang menumpuk terlalu banyak malah akan membebani ponsel kalian dan dapat membuat hp menjadi lemot dan macet saat digunakan.

Maka dari itu, cara mengatasi hp android lemot juga bisa dilakukan dengan membersihkan file cache yang ada didalam aplikasi secara rutin. Agar lebih mudah, kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang ada di Google Play Store.

6. Hindari Menggunakan Banyak Widget Pada Ponsel

Bagi sebagai pengguna, menggunakan widget pada ponsel Android itu memang dapat membuat ponsel terlihat lebih cantik dari segi tampilan. Hal ini juga yang mungkin membuat kebanyakan orang memasang banyak widget pada ponselnya.

Namun, ternyata tidak banyak orang yang sadar kalau menggunakan widget terlalu banyak dapat mengakibatkan HP Android lemot dan cepat panas meski sedang tidak digunakan. Hal ini dikarenakan, widget yang kalian pasang pada ponsel Android itu dapat menghabiskan memori RAM dalam jumlah yang banyak. Jika sudah begini, ponsel akan menjadi lemot dan juga sering blank saat dipakai.

Maka dari ini, ada baiknya kalian tidak menggunakan terlalu banyak widget dan gunakanlah widget secukupnya atau pilih yang penting-penting saja. Intinya itu jangan terlalu berlebihan dalam mempercantik tampilan ponsel.

7. Matikan Auto Sync di Beberapa Aplikasi

Cara mengatasi HP Android lemot yang selanjutnya adalah dengan mematikan fitur auto sync di beberapa aplikasi pada smartphone kalian. Jika secara default, ponsel Android mempunyai auto sync hampir di semua aplikasi yang di instal, mulai dari media sosial sampai chatting.

Jika itu dibiarkan, tidak menutup kemungkinan ketika auto sync ini bekerja secara bersamaan, maka akan mengakibatkan hp menjadi lebih lemot dan daya baterai menjadi cepat habis dari biasanya. Oleh karena itu, mematikan fitur ini pada beberapa aplikasi yang jarang digunakan adalah cara yang tepat untuk mencegah ponsel menjadi lemot dan macet.

8. Pakai Fitur Auto Kill Untuk Menonaktifkan Aplikasi

Bagi sebagian pengguna smartphone, ternyata masih sedikit orang yang sadar kalau semakin banyak aplikasi yang digunakan itu akan semakin banyak juga aplikasi aktif di recent apps. Saat aplikasi tersebut masih tetap berjalan di recent apps maka memori RAM HP akan semakin sesak serta penuh meski sedang digunakan untuk membuka satu aplikasi saja.

Ketika memori RAM sudah penuh, tentu kinerja ponsel akan melambat dan pada akhirnya hp akan lemot saat sedang digunakan. Maka dari itu, kalian bisa memakai fitur Auto Kill untuk menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang. Sehingga hal ini akan membuat konsumsi RAM menjadi lebih sedikit dan ponsel tidak akan lemot lagi saat digunakan.

9. Hindari Menggunakan Animasi

Memasang animasi memang membuat tampilan ponsel kita menjadi lebih menarik seperti halnya dengan memasang widget. Namun tanpa kalian sadari, ternyata animasi adalah salah satu tampilan yang memakai banyak memori RAM pada ponsel. HP kalian akan mendapatkan pekerjaan yang lebih berat saat menjalakan tampilan animasi tersebut, sehingga sering membuat ponsel menjadi lebih lemot.

Menggunakan animasi tidak hanya bisa menyebabkan ponsel menjadi lebih lemot tapi ternyata juga bisa membuat konsumsi daya pada baterai lebih boros dari biasanya. Ini juga akan membuat kamu lebih sering mencolokan HP ke charger.

10. Hapus Cache Partition Pada Ponsel

Cara mengatasi hp android lemot yang selanjutnya itu adalah dengan menghapus cache partition yang ada didalam ponsel. Berbeda dengan file cache pada aplikasi, dimana cache partition ini mempunyai fungsi untuk menyimpan semua proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga ponsel android kalian akan lebih cepat untuk bisa digunakan setelah dimatikan ataupun setelah direstat.

Namun lama-kelamaan cache partition tersebut akan terus menumpuk pada background dan jika dibiarkan ponsel akan menjadi lebih lambat saat digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Maka dari ini, kalian juga diwajibkan untuk selalu membersihkan cache partition dengan mengaksesnya melalui Recovery Mode.

11. Gunakan Aplikasi yang Berbayar

Pastinya menggunakan aplikasi gratisan itu sangatlah enak, sebab kita tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk menginstal apps tersebut. Namun, tahukan kalian kalau sebuah aplikasi gratisan itu merupakan tempat yang digunakan oleh developer untuk menguji coba fitur yang sedang mereka kembangkan.

Dengan menghadirkan sebuah aplikasi gratisan tersebut, pengembang akan lebih mudah mendapatkan review untuk bisa melihat bugs apa saja yang akan terjadi didalam aplikasnya tersebut. Selain itu, tidak sedikit aplikasi gratisan yang juga menjadi penyebab hp android lemot.

Sebab hampir semua aplikasi gratisan itu mempunyai banyak jenis iklan yang tampil saat digunakan ataupun sedang tidak digunakan.

12. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi hp Android lemot saat digunakan itu juga bisa dengan melakukan factory reset. Cara ini bisa kalian lakukan apabila semua tips diatas sudah di coba dan hasilnya tidak bisa semuai dengan apa yang kalian harapkan.

Dengan melakukan factory reset, ponsel akan disetel ulang ke pengaturan pabrik. Hal ini akan membuat seluruh data yang ada didalam ponsel akan dihapus secara permanen dan membuat pengaturan hp menjadi default seperti baru lagi.

Namun perlu kalian ketahui, sebelum kalian melakukan factory reset, ada baiknya untuk membackup data yang ada didalam ponsel jika kalian tidak ingin data tersebut hilang. Apabila sudah, kalian bisa melakukan factory reset dengan mengikuti tutorialnya disini.

13. Mengganti Ponsel Dengan yang Baru

Terakhir ini adalah cara mengatasi hp Android lemot yang pastinya sangat ampuh. Dimana jika semua cara yang sudah disebutkan diatas, namun ponsel kalian masih saja lemot saat digunakan, maka itu artinya kalian harus mengganti ke unit yang labih baru.

Sebab masing-masing ponsel dan teknologi yang ada didalamnya itu mempunyai masanya sendiri dan akan menurun secara bertahap seiring berjalannya waktu. Jadi jika kalian menggunakan sebuah ponsel dengan umur yang lebih dari 2-3 tahun dari pembelian maka ada baiknya untuk tidak memaksakannya menjalankan aplikasi berat ada saat ini.

Seperti yang sedang pernah admin singgung sebelumnya, kalau semakin hari aplikasi Android itu mengalami perubahan. Perubahan ini menyakut banyak hal yang menurut pengembangnya itu penting dan hasil dari perubahan ini juga akan membuat spesifikasi ponsel yang bisa menjalankannya juga akan meningkat.

Penting untuk kalian ketahui juga kalau jadilah seorang yang bijak dalam menggunakan sebuah ponsel Android. Karena masing-masing HP Android itu mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri, jadi sebelum kalian membeli sebuah smartphone, ada baiknya untuk menyesuaikannya terlebih dahulu dengan keperluanmu sendiri.

Jika kamu mempunyai kebutuhan di dunia game Android, maka carilah sebuah smartphone dengan spesifikasi sesuai dengan game yang akan kamu mainkan. Namun jika kebutuhanmu didunia foto atau video, maka carilah ponsel dengan spesifikasi kamera terbaik dikelasnya.

Nah, mungkin sampai disni saja informasi yang bisa admin hadirkan untuk kalian mengenai cara mengatasi hp Android lemot dan panas saat digunakan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.