Android Tidak Bisa Konek Internet

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Internet

Android Tidak Bisa Konek Internet – Di zaman yang semakin modern ini, jelas kebutuhan akan internet akan terus meningkat. Hal ini tentu karena hampir semua aktivitas sehari-hari manusia itu berhubungan dengan internet, seperti bekerja, berkomunikasi sampai mencari hiburan.

Untuk memenuhi semua hal tersebut, tentu kalian membutuhkan layanan internet yang stabil dan kencang. Karena jika tidak, maka mengakses semua kebutuhan di dunia internet akan sulit untuk kita lakukan. Selain itu, internet juga bisa membuat smartphone yang kita miliki terlihat lebih canggih dari pada HP yang tidak memiliki akses internet.

Seperti sebuah kata yang sampai saat ini masih populer di internet, bunyinya kurang lebih seperti ini ” secanggih apapun smartphone, kalau tidak ada internet sama saja tidak berguna”. Begitu kira-kira kata yang sempat saya lihat ketika sedang mengakses forum di internet.

Selain itu, meski teknologi sudah semakin canggih, bukan berarti tidak akan pernah mengalami masalah. Karena belakangan ini, banyak pengguna HP Android yang mengeluhkan kalau data seluler aktif tapi tidak bisa internetan.

Ketika sudah begini, tentu ponsel pintar yang kita miliki tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Apalagi saat ini, hampir semua aplikasi dan game itu membutuhkan akses internet agar bisa bekerja sesuai fungsinya. Jadi, tanpa adanya internet, pengguna smartphone akan menjadi terbatas.

Penyebab Android Tidak Bisa Konek Internet

Masalah HP Android tidak bisa konek internet padahal data seluler sudah aktif, tentu bukan masalah yang baru lagi. Karena masalah ini sebenarnya sudah ada sejak lama, selain itu kondisi ini juga membuat kita sedikit sulit untuk mengidentifikasi penyebab masalah tersebut.

Meski begitu, saya sendiri pernah mengalami kondisi ini dan menemukan beberapa penyebab utama yang mengakibatkan HP Android tidak bisa terhubung ke internet. Beberapa diantaranya itu adalah seperti berikut ini:

  1. Terjadi error atau bug pada sistem didalam ponsel.
  2. Aktifnya pengaturan jaringan otomatis.
  3. Ponsel pernah di root.
  4. Terserang virus dan malware.
  5. Slot SIM Card bermasalah.
  6. Memang sedang gangguan dari operator SIM.

Selain beberapa penyebab yang saya sampaikan, mungkin masih banyak ada faktor penyebab lainnya yang membuat internet di HP Android bermasalah. Tapi, dari pengalaman pribadi saya, penyebab tersebutlah yang mengakibatkan masalah ini terjadi.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Internet

Seperti yang saya katakan tadi, kalau kemungkinan ada banyak faktor yang menjadi penyebab HP Android tidak bisa konek internet. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini kita tidak bisa hanya mengandalkan satu atau dua cara saja, jika kita melihat penyebabnya yang belum bisa di pastikan.

Tapi kalian tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, karena dalam pembahasan hari ini, Kampung Gadget sudah menyiapkan beberapa tips untuk mengatasinya.

Lebih jelasnya, berikut 12 cara mengatasi HP Android tidak bisa konek internet yang aman.

1. Pastikan Internet di HP Sudah Aktif

Agar HP Android yang kita pakai bisa terhubung ke internet, tentu hal yang paling wajib di lakukan adalah memastikan data seluler atau wifi di HP sudah aktif. Ada baiknya kalian memeriksa pengaturan data seluler yang ada pada smartphone terlebih dahulu.

Jika belum tahu caranya, begini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setelan pada HP.
  • Lalu kalian cari kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Berikutnya pilih aktifkan Data Seluler.

Apabila sebelumnya data seluler di HP kalian memang belum di aktifkan, maka sekarang ponsel kalian pasti sudah bisa di gunakan untuk mengakses internet.

2. Cek Sisa Kuota Internet

Selain data seluler di HP harus aktif, untuk bisa terhubung ke layanan internet tentu kita membutuhkan yang namanya kuota internet. Kecepatan dan jumlah kuota yang di sediakan oleh setiap operator SIM di Indonesia juga beragam, jadi pastikan kalian membeli kuota internet yang cukup.

Karena sering kali salah satu penyebab kenapa data seluler tidak berfungsi di Android adalah karena kuota internet kalian sudah habis. Meski biasanya beberapa provider akan mengingatkan kita saat kuota internet akan habis, namun sebagian ada juga yang tidak.

Oleh sebab itu, kalian bisa cek kuota internet yang di miliki saat ini. Jika ternyata memang sudah habis, pastinya kalian wajib untuk membeli paket internet baru lagi.


Bagi kalian pengguna kartu Halo dan belum tahu cara melihat sisa kuota yang dimiliki, maka bisa membaca tutorial cara cek kuota Halo dengan mudah.


3. Periksa Pengaturan APN

Selain kedua masalah yang sudah saya sebutkan tadi, hal sederhana yang membuat HP Android tidak bisa konek internet adalah pengaturan APN yang salah. Meski kondisi ini sangat jarang terjadi, namun bukan berarti kalau tidak akan pernah terjadi, lho.

Biasanya APN akan otomatis ter-settings saat kita pertama kali memasukan kartu SIM ke ponsel Android. Tapi tidak ada salahnya juga untuk mengecek kembali pengaturan APN pada smartphone Android kalian.

Untuk yang belum tahu, begini cara mengganti pengaturan APN di Android:

  1. Buka dulu Pengaturan pada HP Android.
  2. Lalu kalian cari menu Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Berikutnya pilih opsi Nama Titik Akses (APN).
  4. Jangan mengganti yang sudah ada, tapi pilih Buat APN Baru.
  5. Setelah itu masukan APN yang sesuai dengan kartu SIM yang di gunakan.

Jika kalian saat ini memakai layanan telkomsel, mungkin bisa melihat pengaturan APN Telkomsel tercepat di artikel sebelumnya.

4. Gunakan Fitur Airplane Mode

Cara mengatasi Android yang tidak bisa konek internet yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Airplane Mode. Meski bagi sebagian orang hal tersebut terdengar sepele, namun fitur ini sebenarnya mampu memancing sinyal untuk muncul kembali.

Prosesnya juga tergolong mudah, begini caranya:

  1. Swap dari atas layar sampai ke bawah menggunakan jari sampai muncul icon menu.
  2. Dalam pilihan menu yang tersedia, kalian tap icon Pesawat.
  3. Jika sudah aktif, tunggu sampai beberapa saat atau 5-10 menit.
  4. Setelah itu, kalian bisa menonaktifkanya kembali.

Apabila sudah, biasanya internet yang tadinya hilang di ponsel Android akan muncul kembali.

5. Pakai Aplikasi Penguat Sinyal Android

Apabila semua cara di atas sudah kalian coba, namun hasilnya masih saja tetap belum berhasil, maka jangan dulu panik. Sebab, masih ada cara lain yang dapat kalian lakukan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi penguat sinyal untuk Android.

Saat ini juga sudah ada banyak sekali aplikasi penguat sinyal untuk Android yang dapat di unduh secara gratis di Playstore. Meski ada banyak, saya pribadi lebih merekomendasikan kalian untuk menggunakan aplikasi yang bernama Signal Booster.

Kenapa aplikasi tersebut? Karena proses aktivasinya tergolong mudah, aman dan selain itu fitur ada di dalamnya juga cukup lengkap.

6. Lihat Pengaturan Tanggal dan Waktu

Bagi sebagian pengguna ponsel android, mengatur waktu mungkin merupakan hal sepele, padahal sangat wajib untuk di prioritaskan. Karena sebagian kasus, pengaturan tanggal dan waktu yang salah bisa mengakibatkan HP Android tidak dapat terhubung ke internet.

Cara mengatur tanggal dan waktu di Android, begini:

  • Buka dulu menu Pengaturan pada HP.
  • Berikutnya kalian pilih Pengaturan Tambahan.
  • Lalu tap opsi Tanggal dan Waktu.
  • Kemudian kalian bisa menyesuaikan Tanggal dan Waktu sekarang.

Agar tidak ingin repot mengatur tanggal dan waktu di Android, maka bisa mengaktifkan fitur pengaturan tanggal dan waktu otomatis di Android.

7. Bersihkan File Cache Pada HP

Meski file cache di Android itu sangat berguna, karena bisa mempercepat sistem dalam mengambil data yang kalian perlukan, tapi bukan berarti juga kalau file cache tersebut tidak bisa menimbulkan masalah. Dalam beberapa kasus, file cache ini bisa menjadi penyebab munculnya banyak bug dan error pada sistem yang mengakibatkan HP tidak bisa konek internet.

Jika kalian berminat, namun belum tahu caranya, maka bisa simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Pastikan dulu HP Android kalian sudah dalam keadaan mati.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  3. Maka dengan begitu, kalian akan masuk ke Recovery Mode.
  4. Setelah itu, tap opsi Wipe Cache Partition.
  5. Jika sudah selesai, tap lagi menu Reboot System.

Dengan begitu, jika terjadi bug dan error karena file cache, maka dengan proses tadi seluruh masalah tersebut akan benar-benar teratasi.

8. Restat Ponsel Seperti Biasa

Sebenarnya proses ini sudah kalian lakukan tadi, namun tidak ada salahnya juga kalau kalian melakukannya lagi apabila internet di HP belum terhubung. Cara yang satu ini juga sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk kalian lakukan, tapi saat merestart ponsel, ada baiknya diamkan dulu selama beberapa saat.

Agar hasilnya juga bisa lebih baik lagi, kalian bisa mencopot baterai, kartu memori serta SIM Card yang digunakan dan jika itu memang memungkinkan.

Setelah sudah di diamkan selama beberapa saat, kalian dapat langsung memasang semua komponen yang di lepaskan tadi dan mengaktifkan kembali data seluler.

9. Lepaskan Kartu SIM

Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui kalau semua kartu SIM yang kita gunakan mempunyai lempengan kuningan di salah satu bagian. Di mana lempengan kuningan inilah yang membuat kartu SIM yang kita miliki bisa di gunakan untuk keperluan telpon, sms dan internetan.

Jangankan tergores, biasanya kotoran yang menempel pada kuningan juga bisa membuat kartu SIM kalian mengalami masalah dan salah satunya itu tidak bisa digunakan untuk internetan. Maka dari itu, apabila HP Android tidak bisa konek internet meski kuota masih tersisa banyak, maka bisa saja SIM Card yang kalian pakai sedang bermasalah.

Untuk itu, tidak ada salahnya juga jika kalian melepaskan kartu SIM dari HP dan membersihkan lempengan kuningan yang ada di dalamnya. Setelah itu, pasang kembali kartu SIM ke dalam ponsel dan aktifkan kembali data seluler seperti biasa.

10. Alihkan Jaringan Secara Manual

Sudah melakukan berbagai cara, namun HP Android masih belum bisa konek internet, maka bisa saja itu terjadi karena kesalahan pemilihan jaringan. Karena secara defaultnya, pemindai jaringan pada ponsel Android itu di settings secara otomatis.

Meski itu bisa membuat ponsel kita bisa menyesuaikan jaringan terbaik dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus kondisi ini malah membuat ponsel sulit terhubung ke Internet. Maka dari itu, ada baiknya kalian mengalihkan jaringan secara manual saja.

Misalnya saja, kalian sedang memakai jaringan 4G LTE only, maka bisa mencoba mengalihkannya dulu ke jaringan 3G atau 2G sementara waktu. Kondisi ini juga cocok ketika di tempat kalian berada tidak tercover dengan layanan 4G oleh operator SIM yang di gunakan.

11. Unroot Posel

Memang, mempunyai smartphone Android yang sudah di root itu sangatlah menyenangkan. Hal ini tentu karena kita bisa menginstal berbagai macam aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di install, misalnya Custom ROM, menghapus aplikasi bawaan Android dan masih banyak lagi.

Meski begitu, HP Android yang sudah di root juga bisa mempunyai beberapa masalah yang cukup serius. Salah satu masalahnya adalah HP akan lebih mudah mengalami error jika proses root tidak benar. Jika hal tersebut adalah penyebabnya, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan unroot.

Dengan begitu, biasanya masalah ponsel Android tidak bisa konek internet akan teratasi dengan mudah.

12. Hubungi Call Center Operator

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Internet Dengan Mengubungi Call Center

Solusi yang paling terakhir untuk mengatasi masalah HP Android tidak bisa konek internet adalah dengan menghubungi call center operator seluler. Kalian bisa mencari nomor call center sesuai dengan kartu SIM yang digunakan saat ini.

Biasanya mereka akan memberikan kalian beberapa solusi yang berhubungan dengan masalah yang sedang dialami saat ini. Namun sebelum itu, pastikan kalian sudah memeriksa sisa kuota internet pada HP sebelum menelepon pihak call center.

Cara Reset Koneksi Internet Android

Cara Reset Koneksi Internet Android

Ketika sudah mengalami masalah pada koneksi internet, tentu kita akan kesulitan untuk dapat terhubung kembali. Nah, selain menggunakan 12 cara yang sudah saya rangkumkan tadi, kalian juga masih bisa mencoba mereset koneksi internet di Android.

Untuk tutorial kali ini, saya akan menggunakan ponsel Samsung Galaxy dan jika kalian menggunakan ponsel lain, maka bisa menyesuaikannya. Sebab prosesnya sama saja, namun hanya letak pengaturannya saja yang berbeda-beda di setiap HP Android.

Cara reset koneksi Internet di Android itu seperti ini:

  1. Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  2. Lalu kalian bisa mencari menu Manajeman Umum (General management).
  3. Berikutnya pilih lagi menu Setel Ulang (Reset).
  4. Setelah itu tap opsi Reset Pengaturan Jaringan (Reset network settings).
  5. Maka kalian akan melihat tampilan menu reset dan pilih saja Reset Settings.
  6. Jika kalian memasang kata sandi (password) maka akan diminta untuk memasukannya.
  7. Terakhir langsung pilih Setel Ulang Setelan (Reset Settings).

Tunggu sampai proses reset koneksi internet di Android selesai dan biasanya akan muncul sebuah notifikasi yang menandakan reset telah berhasil.

Penutup

Bagaimana, cara-cara di atas itu sangat mudah bukan? Kalian bisa memilih salah satu cara di atas tadi yang mungkin mudah serta sesuai dengan keinginan masing-masing. Karena penyebab masalah ini sangat banyak, untuk mengatasinya juga tidak akan berhasil kalau hanya mencoba satu cara saja.

Mungkin itu saja beberapa cara mengatasi HP Android tidak bisa konek internet dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya, ya.

Jangan lupa, jika memiliki pertanyaan mengenai masalah pada gadget lainnya, kalian bisa menghubungi admin lewat email atau bisa juga menuliskannya di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.