Arti Centang di WhatsApp

Arti Centang di WhatsApp

Arti Centang di WhatsApp – Mungkin saat ini kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi yang satu ini, yup, ini adalah WhatsApp. Sampai sekarang, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan pengguna Android dan iPhone.

Hal tersebut tentu karena aplikasi WhatsApp tidak terlalu ribet untuk di operasikan serta kuota yang di habiskan juga tidak sebanyak aplikasi lainnya. Berbicara mengenai WhatsApp, tentu saat kalian mengirim sebuah pesan ke seseorang, pasti melihat sebuah tanda centang yang berbeda-benda di sebelah pesan yang kalian kirimkan.

Untuk saat ini, terdapat 3 jenis centang yang akan muncul ketika kita mengirim sebuah pesan, entah itu pesan teks ataupun pesan suara (voice note). Seperti centang satu berwarna abu-abu, centang dua yang berwarna abu-abu sampai centang dua berwarna biru.

Tahukah kalian, kalau sebenarnya masing-masing centang di WhatsApp tersebut mempunyai arti? Lalu apa artinya centang di WhatsApp tersebut?

Nah, pada kesempatan kali ini, Kampung Gadget akan menjelaskan pada kalian mengenai arti dari masing-masing centang yang muncul pada WhatsApp. Berikut penjelasan lengkapnya.

Arti Centang di WhatsApp, Centang Satu, Centang Dua Abu-abu, Dua Biru

Di dalam situs resmi WhatsApp sendiri juga sudah di jelaskan kalau akan ada tiga jenis simbol atau tanda ketika kita mengirimkan sebuah pesan ke seseorang di dalam WhatsApp. Ketiga jenis simbol tersebut termasuk juga Read Receipts atau laporan dibaca yang terdapat pada menu Privacy di akun WhatsApp.

Laporan dibaca ini merupakan sebuah fitur yang sangat penting untuk pengguna WhatsApp. Karena dengan fitur tersebut, kita bisa mengetahui informasi kalau pesan yang kita kirimkan sudah terkirim atau di baca oleh penerima dan begitu juga sebaliknya.

Tanda centang ini akan di tampilkan di samping pesan yang sudah kita kirimkan. Sedangkan untuk artinya sendiri sangatlah sederhana yang meliputi:

  1. Centang satu abu-abu itu menandakan pesan sudah terkirim.
  2. Centang dua abu-abu mengartikan pesan sudah sampai ke penerima.
  3. Sedangkan Centang dua berwarna biru menandakan pesan sudah di baca oleh penerima.

Biasanya, di dalam chat grup, kalian hanya akan melihat dua centang saja yang akan di tampilkan saat mengirim sebuah pesan. Dimana centang satu itu menandakan kalau pesan yang kalian kirim sudah di terima di dalam grup dan untuk centang dua biru akan muncul ketika semua peserta di grup sudah membaca pesan tersebut.

Jika kalian merasa kurang puas dengan penjelasan di atas, maka bisa menyimak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Arti Tanda Jam

Mungkin tanda yang satu ini sangat jarang kalian lihat ketika mengirim sebuah pesan ke seseorang di dalam WhatsApp. Meski begitu, tanda jam yang mengarah ke jam tiga tepat ini juga mempunyai arti, lho.

Tanda jam tersebut mengartikan kalau sebenarnya pesan yang sedang kalian kirimkan itu sedang di teruskan ke server WhatsApp. Untuk durasi simbol jam ini bisanya bergantung dari kecepatan koneksi internet yang kalian gunakan pada HP.

Jika koneksi internet kalian lemot, maka tanda jam ini akan terlihat begitu lama atau sampai HP kalian kembali terhubung dengan internet. Selain koneksi internet, tanda jam ini juga bisa muncul ketika kalian mengirim sebuah file gambar, video, audio atau dukomen yang berukuran besar.


Kabar gembira buat kalian yang mungkin sering mengalami masalah saat menerima kiriman gambar dari seseorang di WhatsApp, begini cara mengatasinya.


2. Arti Centang Satu

Seperti yang admin singgung di atas, kalau simbol centang satu ini menandakan pesan yang kalian kirim itu sudah belum masuk ke HP penerima. Wajib juga untuk kalian ketahui, kalau pihak WhatsApp menerapkan chat asinkron yang menjadikannya sebagai perantara pengirim dan penerima pesan.

Untuk kondisi seperti ini, sebenarnya ada beberapa hal yang menyangkut setiap pesan yang dikirim hanya memunculkan centang satu. Misalnya itu seperti:

  1. HP penerima pesan sedang tidak terhubung dengan layanan internet.
  2. Jaringan internet di HP penerima kurang stabil.
  3. Ponsel penerima sedang dalam keadaan tidak aktif (mati).
  4. Aplikasi WhatsApp penerima sedang mengalami masalah.
  5. Versi aplikasi WhatsApp dari penerima sudah kedaluwarsa.
  6. Nomor HP kalian sudah di blokir oleh penerima.
  7. Penerima pesan mengaktifkan fitur centang satu pada WhatsApp.

Kesimpulannya, centang satu yang kalian lihat ketika mengirim sebuah pesan itu merupakan tindakan dari penerima pesan. Sedangkan untuk centang satu di dalam grup itu terlihat karena pesan belum di baca oleh seluruh anggota grup.

Baca Juga: Cara Terlihat Offline di WhatsApp

3. Arti Centang Dua Abu-abu di WhatsApp

Selanjutnya, jika kalian menemukan tanda centang dua yang berwarna abu-abu ketika mengirim sebuah pesan, itu tandanya pesan sudah masuk ke HP penerima. Meski sudah masuk ke HP penerima, tanda centang dua abu-abu ini juga menandakan pesan tersebut belum dibaca.

Sama halnya dengan centang satu, centang dua abu-abu di WhatsApp juga bisa muncul lama karena ini:

  • Penerima belum membuka pesan yang kalian kirimkan.
  • Kemungkinan penerima tidak ingin membalas pesan kalian.
  • Fitur laporan dibaca sengaja di matikan oleh penerima.
  • Koneksi internet di HP kalian sedang tidak stabil, sehingga centang dua abu-abu tidak berubah.

Sedangkan di dalam grup sendiri, centang dua abu-abu tersebut memiliki arti yang berbeda, lho. Karena tanda tersebut mengartikan kalau pesan yang kalian kirim sudah di baca oleh semua anggota yang ada di grup.

4. Arti Centang Dua Biru di WhatsApp

Arti Centang Dua Biru di WhatsApp

Terakhir, tanda centang dua berwarna biru ini memiliki arti kalau pesan yang sudah kalian kirimkan itu telah di buka atau di baca oleh penerima. Namun penting juga untuk kalian ketahui, kalau tanda centang dua biru ini hanya berlaku di chat personal saja dan tidak untuk grup.

Perlu juga kalian tahu, karena sebagian pengguna aplikasi WhatsApp terkadang dengan sengaja mematikan fitur centang biru. Hal ini akan membuat pengirim pesan tidak tahu apakah pesan yang mereka kirim sudah di baca atau belum oleh penerima.

Cara Mengetahui Kapan Pesan WhatsApp Sudah Dibaca

Pihak WhatsApp juga memberikan penggunanya izin untuk bisa mengetahui atau melihat kapan pesan yang dikirimkan itu di baca oleh penerima. Informasi ini juga sudah tertulis di halaman resmi WhatsApp dan kalian juga bisa mengetahuinya di sana.

Apabila kalian belum tahu, begini caranya:

  1. Buka dulu chat yang kalian kirim di WhatsApp.
  2. Pada salah satu chat tersebut, tekan dan tahan selama beberapa detik.
  3. Lalu kalian tekan simbol titik tiga.
  4. Kemudian tinggal pilih opsi Info.

Jika sudah, WhatsApp akan menampilkan sebuah rincian tentang kapan pesan yang kalian kirim di terima dan di baca oleh penerima secara lengkap.

Baca Juga: Cara Mengatasi Story WhatsApp Tidak Muncul

Apakah Centang Biru di WhatsApp Bisa Dihilangkan?

Tentu bisa, karena pihak WhatsApp juga memberikan izin untuk penggunanya melakukan hal tersebut. Ini juga biasanya di lakukan oleh beberapa pengguna aplikasi WhatsApp yang ingin melindungi privasinya dengan cara menghilangkan tanda centang biru.

Cara sederhana dan umum untuk menghilangkan centang biru pada WhatsApp dapat di lakukan melalui menu Setelan -> Akun -> Privasi -> Nonaktifkan Laporan Dibaca.

Namun, jika dengan cara itu ternyata mengalami masalah, kalian masih bisa memakai cara yang lain lagi. Untuk caranya dapat kalian baca di artikel sebelum tentang menghilangkan centang biru di WhatsApp dengan mudah.

Apakah Pesan WhatsApp Bisa Dihapus Saat Masih Centang Satu?

Jelas sangat bisa, tapi hanya dari sisi kamu saja. Di mana penerima masih akan tetap mendapatkan pesan yang sudah kalian kirimkan tersebut dan membukanya. Tapi, jika kalian memang ingin menghapus pesan tersebut untuk kedua belah pihak, maka kalian harus menunggu sampai muncul centang dua abu-abu.

Ketika sudah terlihat tanda centang dua abu-abu di pesan, kalian bisa langsung menghapusnya dengan cara:

  • Tekan dan tahan teks atau tulisan yang kalian kirim.
  • Lalu pilih icon tong sampah di atas layar.
  • Terakhir pilih opsi hapus untuk semua orang.

Hal ini juga berlaku bagi semua jenis pesan yang kalian kirim, termasuk pesan teks, gambar, video, audio dan dokumen.


Ketika pesan sudah di hapus, tentu kita sebagai penerima akan merasa ingin tahu tentang isi pesan tersebut dan begini cara melihat pesan WhatsApp yang sudah di hapus.


Penutup

Bagaimana, apakah saat ini kalian sudah paham tentang arti dari simbol centang yang muncul di dalam WhatsApp?

Pastinya sudah, ya. Namun jika memang masih belum mengerti atau ada hal yang belum jelas, kalian dapat menuliskannya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membantu kalian untuk mencarikan solusi dari permasalahan tersebut.

Sampai di sini dulu pembahasan kalian ini tentang arti centang di WhatsApp dan semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.