Penyebab & Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Halo semuanya, saat ini Kampung Gadget akan membagikan kalian sebuah tips seputar smartphone. Tips kali ini berhubungan dengan penyebab dan cara mengatasi HP yang cepat panas.

Suhu panas yang keluar tentu adalah hal yang wajar pada setiap smartphone, namun saat melebihi batas wajar atau sering di sebut overheat maka itu tandanya ponsel kita mengalami masalah yang cukup serius.

Saat ponsel Android mengalami peningkatan suhu yang tidak wajar maka komponen didalamnya akan mengalami masalah dan ini akan membuat ponselmu cepat rusak. Tentu kamu tidak menginginkan kalau ponsel yang baru kamu beli menjadi cepat rusak?

Oleh karena ini untuk mencegah dan mengatasi agar ponsel kita tidak mengalami hal itu maka wajib untuk kamu ketahui apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi HP yang cepat panas.

Penyebab Utama HP Cepat Panas

Pada dasarnya ada banyak hal yang membuat HP mudah panas seperti penggantian komponen baterai yang tidak baik, pemakaian charger yang tidak bagus sampai pemakaian casing juga bisa menjadi penyebab ponsel cepat panas.

Berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan kalian 7 penyebab Hp cepat panas yang paling umum terjadi pada smartphone Android.

1. Gangguan pada koneksi

Adanya masalah pada sinyal dari provider ataupun saat berada di tempat yang tidak terjangkau jaringan internet maka ini akan menjadi penyebab HP cepat panas. Sebab ponselmu akan terus berusaha untuk bisa terhubung kejaringan internet.

2. Ada Kesalahan Dalam Pengaturan

Penyebab HP cepat panas juga bisa terjadi karena adanya masalah pada pengaturan, masalah ini biasanya mencangkup tingkat kecerahan, banyaknya widget yang ditampilkan pada menu utama dan pemakaian live wallpaper juga bisa memicu ponsel cepat panas.

3. Overclocking

Overcloking memang mampu untuk meningkatkan kinerja smartphone melebihi standarnya, tapi dibalik semua itu smartphone akan menjadi cepat panas. Tidak hanya itu saja, ponsel yang sudah di Overcloking tidak akan memiliki usia lama tentunya.

4. Masalah Pada Baterai

Adanya masalah pada baterai juga bisa membuat ponsel kita cepat panas, ada banyak yang menjadi penyebab baterai mengalami masalah. Contohnya seperti penggunaan charger yang tidak cocok atau penggantian baterai yang tidak benar.

5. Penggunaan Charger yang Tidak Tepat

Jika suhu panas yang kamu rasakan ada di dekat port charger maka kemungkinan besar ini terjadi karena pemakaian charger yang tidak tepat. Atau bisa juga karena spesifikasi charger yang kamu pakai tidak sesuai dengan kebutuhan ponselmu.

Baca Juga : 7 Trik Rahasia Android Terbaru yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, kemungkinan pertama suplai daya dari charger melebihi dari kebutuhan ponselmu atau bisa juga sebaliknya suplai daya dari charger lebih sedikit dari daya yang diperlukan oleh HP mu.

6. Faktor Suhu Lingkungan

Tidak banyak dari orang yang sadar kalau ternyata suhu pada lingkungan juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas. Seperti penggunaan ponsel di bawah sinar matahari dengan jangka waktu yang lama akan membuat suhu panas pada ponsel semakin meningkat.

7. Menggunakan HP Sambil Mengisi Daya

Menonton dan bermain game ataupun streaming dengan jangka waktu yang lama sambil mengisi daya juga bisa menjadi penyebab utama ponsel kita cepat panas.

Lebih parahnya lagi ponsel yang kita gunakan bisa meledak karena suhu panasnya melebihi dari standar.

Cara Ampuh Mengatasi HP Cepat Panas

Apabila diatas tadi kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab HP cepat panas, maka untuk selanjutnya kita akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi hp yang cepat panas. Langsung saja simak 7 cara mengatasi HP cepat panas di bawah ini.

1. Solusi Masalah Pada Sinyal

Jika panas pada ponselmu ini terjadi saat kamu berada di tempat yang tidak terjangkau jaringan internet atapun saat kamu membuka aplikasi yang memerlukan jaringan internet maka ada baiknya kamu mematikan koneksi internetmu.

Selain itu kamu juga bisa mematikan Bluetooth atau GPS apabila kamu sudah tidak memerlukannya, karena dengan ini kita bisa mencegah ponsel menjadi cepat panas.

2. Solusi Masalah Pada Pengaturan

Jika masalahnya ada pada pengaturan ponsel yang kamu gunakan maka cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan merubah pengaturan tersebut.

Matikan saja beberapa pengaturan yang sedang kamu gunakan seperti kecerahan layar yang dikurangi, pengaturan GPS di matikan dan hindari penggunaak live Wallpaper.

3. Solusi Masalah Pada Overcloking

Jika suhu panas pada ponsel terjadi karena sudah kamu overcloking, maka biasanya penggantian ataupun penambahan komponen baru wajib untuk kamu lakukan.

Sebab komponen standar pada ponsel sudah di setting untuk mempunyai kemampuan tidak melebihi dari standarnya.

4. Solusi Masalah Pada Baterai

Penggunaan baterai yang tidak original juga bisa menjadi pemicu ponsel cepat panas, untuk mengatasinya sebenarnya mudah, kamu hanya perlu mengganti baterai tersebut. Ada baiknya kamu membeli semua komponen yang ada pada smartphone di toko yang sudah terpercaya.

5. Solusi Masalah Pada Charger.

Masih sama untuk solusi masalah pada baterai, untuk pemilihan charger sebenarnya tidak boleh sembarangan karena masing-masing charger mempunyai suplai daya yang berbeda-beda.

Oleh karena itu memilih charger yang tepat akan mencegah ponselmu menjadi cepat panas, serta juga akan membuat usia baterai ponselmu lebih panjang.

6. Solusi Masalah Pada Lingkungan.

Suhu tempat penyimpanan ponselmu juga harus selalu dijaga untuk mencegahnya tidak cepat panas. Hindari menaruh ponsel diatas televisi, kulkas dan barang electronik lainnya, karena ini juga dapat mempercepat perubahan suhu pada ponsel.

7. Solusi Masalah Pada Pemakaian HP Ketika Sedang Mengisi Daya

Pada dasarnya ini merupakan masalah yang paling umum terjadi pada sebuah ponsel apalagi untuk seorang youtuber yang selalu live streaming dengan ponselnya. Untuk mencegah agar ponsel yang kamu gunakan tidak cepat panas meski sedang mengisi daya sebaiknya sambungan wifi.

Sebab jika menggunakan jaringan internet dari ponsel saat live streaming sambil mengisi daya maka ponselmu akan bekerja lebih keras dan membuatnya menjadi lebih cepat panas.

Mungkin itu saja sedikit tips yang bisa Kampung Gadget hadirkan mengenai penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menantikan tips lainnya seputar gadget disni.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

5 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.