5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root (Semua Tipe)

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root atau Dengan Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android – Pada saat kita membali sebuah smartphone Android terbaru saat ini, umumnya didalam ponsel tersebut sudah terinstal banyak aplikasi. Beberapa aplikasi tersebut biasanya cukup berguna, namun sebagian lagi biasanya tidak berguna dan cenderung menggangu kita saat sedang memakai ponsel.

Selain menggangu, aplikasi yang sudah terinstal langsung dari pabriknya atau sering juga disebut dengan istilah aplikasi bawaan itu biasanya membuat smartphone kita semakin lambat serta ruang penyimpanan menjadi cepat penuh. Oleh sebab itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapusnya.

Namun masalahnya bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android tersebut? Tentu cara menghapus aplikasi bawaan Android tidaklah sama dengan menghapus sebuah aplikasi yang kita instal sendiri, hal ini biasanya aplikasi bawaan pabrik itu sudah dikunci sehingga tidak bisa dihapus dengan mudah.

Tapi namanya juga teknologi buatan manusia, meski sudah terkunci dari pabriknya, pengguna juga masih bisa mengahapus aplikasi bawaan tersebut dengan beberapa langkah. Namun pastinya tidak semudah yang akan kita bayangkan, apalagi untuk kita yang tergolong masih awam dengan dunia teknologi.

Meski begitu, kalian tidak usah khawatir dengan hal tersebut sebab dalam artikel ini admin akan menjelaskan secara rinci mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root atau dengan root. Apabila kalian sudah siap, mari kita lihat caranya dibawah ini.

Begini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Begini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Langkah yang pertama admin akan memulainya dari cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root. Namun untuk cara ini kalian tidak bisa menghapus seluruh aplikasi bawaan yang terinstal didalam smartphone, sebab pada ponsel terbaru, aplikasi bawaannya itu sudah terinstal secara permanen.

Namun ada beberapa aplikasi yang biasanya masih bisa kalian uninstal, untuk caranya admin membaginya menjadi tiga pilihan. Dari ketiga pilihan tersebut, kalian bisa mencobanya satu persatu.

1. Melalui Menu Pengaturan Telepon

Cara menghapus aplikasi bawaan Android yang pertama itu bisa kalian lakukan melalui menu pengaturan yang ada didalam ponsel. Untuk caranya juga sangat mudah sekali dan pastinya bisa kalian lakukan dirumah, jadi langkah-langkahnya kurang lebih seperti berikut:

  • Pertama-tama kalian wajib masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kalian cari lagi menu “Manager Aplikasi” atau “Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian pilih opsi “Daftar Aplikasi“.
  • Dalam menu itu kalian bisa memiliki “Aplikasi yang ingin di hapus“.
  • Tekan aplikasi tersebut dan pilih menu “Uninstal” atau “Bongkar“.
  • Maka secara otomatis aplikasi bawaan android sudah terhapus.

Cara yang ini juga cenderung lebih aman untuk kalian lakukan, karena tidak membutuhkan akses root dan bisa dilakukan pada semua tipe smartphone.

2. Melalui Disable Aplikasi

Seperti yang sudah admin singgung diatas, kalau pada ponsel terbaru saat ini itu sebagian dari aplikasi bawaannya tidak dapat dihapus dengan mudah tanpa melakukan root. Namun jika didalam ponsel kalian ada aplikasi bawaan android yang tidak bisa di hapus dengan cara yang pertama, maka jangan sedih karena kalian masih bisa men-disable aplikasi tersebut.

Dengan men-disable aplikasi bawaan android tersebut atau lebih tepatnya disebut menonaktifkan aplikasi, kalian bisa menghentikan semua aktivitas dari aplikasi tersebut secara permanen. Meski aplikasi tersebut tetap ada didalam smartphone, namun tidak akan menggangu kinerja ponsel kalian.

Nah, jika kalian berminat dengan cara ini maka bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian wajib masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika memakai bahasa Inggris.
  • Berikutnya kalian cari lagi menu “Manager Aplikasi” atau “Aplikasi“.
  • Setelah itu kalian cari pilih menu “Daftar Aplikasi“.
  • Didalam menu ini kalian pilih aplikasi bawaan Android yang ingin di hapus.
  • Pilih aplikasi tersebut dan cari opsi “Hentikan Paksa” atau “Disable“.
  • Terakhir jika muncul pesan pop-up maka pilih “OK“.

Dengan begini aplikasi tersebut tidak akan menggangu kinerja ponsel kalian selama kalian tidak membuka aplikasi tersebut. Tapi untuk aplikasi bawaan Android seperti Kontak, SMS, Telepon itu tidak bisa kalian disable, karena pastinya beberapa aplikasi itu sangat berguna didalam smartphone.

3. Melalui Google Play Store

Cara menghapus aplikasi bawaan android yang terkahir ini juga bisa kalian coba karena sangat mudah dan aman untuk smartphone kalian. Nah, untuk cara ini kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google Play Store yang ada didalam ponsel Android.

Untuk cara menghapus aplikasi bawaan android melalui google play store itu kurang lebih seperti berikut ini:

  • Langkah pertama kalian wajib membuka aplikasi “Google Play Store” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kalian tekan icon “Garis Tiga” yang ada di pojok kiri atas.
  • Berikutnya lagi kalian cari menu “Aplikasi & Game Saya“.
  • Selanjutnya kalian cari lagi menu “Terinstal“.
  • Dalam menu ini kalian pilih “Aplikasi yang hendak dihapus“.
  • Buka dan cari menu “Uninstal“.
  • Jika tidak ada menu “Uninstal” maka pilih “Nonaktifkan Bloatware“.

Dengan begitu aplikasi bawaan android tersebut tidak akan ada didalam ponsel kalian dan jika kalian memilih menu nonaktifkan bloatware maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan atau dibangunkan oleh aplikasi lainnya secara otomatis. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga tidak akan bisa berjalan di latar belakang ponsel kalian.

Ini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root

Ini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root

Untuk cara yang selanjutnya ini adalah dengan menghapus aplikasi bawaan Android dengan melakukan proses root. Kalian juga wajib tahu kalau cara yang dijelaskan diatas tadi hanya bisa membantu kalian untuk menghemat penggunaan baterai serta mencegah performa ponsel mengalami penurunan.

Tapi apabila kalian ingin menyingkirkan aplikasi bawaan di Android tersebut karena ingin menambah kapastas memori internal, maka kalian wajib untuk melakukan proses rooting terlebih dahulu. Dengan begitu kalian dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut secara permanen.

Nah, berikut ini ada 2 aplikasi yang bisa membantu kalian dalam proses rooting serta menghapus seluruh aplikasi bawaan yang ada didalam hp Android.

1. Menggunakan Root Explorer

Aplikasi pertama yang akan memabntu kalian dalam proses rooting serta menghapus aplikasi bawaan di Android adalah Root Explorer. Aplikasi yang satu ini mempunyai fungsi serta kegunaan yang memang tidak jauh berbeda dari aplikasi file explorer lainnya, namun untuk Root Explorer dapat membuka sekaligus mengedit dan menghapus berbagai macam file yang ada didalam sistem Android.

Jika kalian berminat untuk menggunakan aplikasi Root Explorer, maka dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama tentu kalian wajib untuk menginstal aplikasi “Root Explorer” di Play Store.
  • Setelah proses instal selesai maka buka dan jalankan aplikasi “Root Explorer“.
  • Berikutnya kalian pilih menu “Mount as R/W” yang ada dipojok kanan atas.
  • Selanjutnya kalian buka “Folder Sistem” lalu “App“.
  • Dalam menu ini kalian bisa memilih aplikasi bawaan yang ingin di hapus.
  • Pilih, tekan dan tahan untuk memunculkan menu “Delete“.
  • Terakhir tentu kalian bisa memilih menu “Delete“.

Maka secara otomatis aplikasi bawaan tersebut akan hilang dari daftar aplikasi yang ada didalam ponsel Android kalian.

2. Menggunakan Titanium Backup

Aplikasi kedua yang bisa kalian gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Android adalah Titanium Backup. Masih sama dengan aplikasi yang pertama, agar bisa berjalan dengan baik Titanium Backup juga mewajibkan ponsel untuk di root terlebih dahulu.

Titanium Backup bisa kita bilang sebagai salah satu aplikasi yang mempunyai fitur terlengkap dan juga sangat mudah untuk digunakan pada semua ponsel Android. Untuk cara penggunaan aplikasi ini adalah seperti berikut ini:

  • Pertama tentu kalian wajib menginstal aplikasi “Titanium Backup” terlebih dahulu.
  • Setelah proses instalasi selesai maka buka dan jalankan aplikasi “Titaniu Backup“.
  • Jika sudah terbuka maka pilih menu “Backup/Restore“.
  • Dalam menu ini kalian bisa memilih aplikasi yang mau di uninstal.
  • Ketuk aplikasi yang mau di unistal, kemudian pilih opsi “Uninstal“.
  • Saat muncul notifikasi pop-up, maka pilih menu “OK“.

Secara otomatis aplikasi yang kalian pilih akan hilang dari ponsel.

Penutup

Mungkin untuk saat ini hanya itu saja informasi yang bisa admin sampaikan kepada kalian mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root atau dengan root, semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menantikan tips keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.