Cara Partisi SD Card

Cara Partisi SD Card di Android yang Aman Bagi Pemula

Cara Partisi SD Card – Selain penyimpanan internal, SD Card juga merupakan tempat penyimpanan data yang paling banyak di gunakan saat ini. Hal ini tentu karena Micro SD memiliki bentuk atau ukuran yang kecil namun mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar.

Nah, dikarenakan kapasitas penyimpanan pada SD Card ini sangat besar, membuat banyak orang ingin melakukan partisi. Untuk tujuan dari melakukan partisi juga sangat beragam dan ini bergantung dari penggunanya masing-masing. Namun kebanyakan orang melakukan ini agar bisa mendukung aplikasi Link2SD.

Tapi, tidak sedikit juga dari orang yang melakukannya hanya untuk membagi SD Card tersebut ke dalam beberapa bagian drive. Selain itu, untuk kalian yang tidak dapat menambah RAM di HP Android juga bisa melakukan cara ini, karena dapat mengambil sebagian memori dari SD Card.

Cara partisi SD Card di Android juga tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan, karena bisa menggunakan bantuan PC atau tanpa PC dan juga tanpa root. Untuk lebih jelasnya lagi, kalian dapat menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.


Sebelum kalian melakukan partisi pada SD Card, ada baiknya kalian memback-up semua data yang ada di dalamnya. Hal ini karena ketika selesai melakukan partisi, SD Card akan secara otomatis di format kembali seperti semula lagi.


Cara Partisi SD Card di Android Dengan PC

Bagi kalian yang memiliki perangkat PC atau Laptop juga bisa menggunakannya untuk melakukan partisi pada SD Card. Selain mudah, melakukan partisi dengan PC atau Laptop juga cenderung lebih aman untuk perangkat HP kalian.

Untuk melakukan partisi ini, tentu kita membutuhkan sebuah program yang akan memudahkan kita saat mempartisi SD Card. Meski ada banyak program, admin hanya akan menjelaskan satu program yang saat ini masih di gunakan.

1. Dengan Minitool Partition Wizard

Minitool Partition Wizard ini merupakan salah satu program yang dapat membantu kalian ketika ingin melakukan partisi pada SD Card. Program ini mampu mempartisi berbagai jenis format, seperti NTFS, FAT, exFAT dan masih banyak lagi tentunya.

Cara menggunakannya adalah seperti ini:

#1. Mendownload dan Install Program Minitool

Langkah pertama yang wajib untuk kalian lakukan adalah mengunduh program Minitool Partition Wizard. Untuk program ini dapat kalian unduh di sini. Lalu langsung menginstalnya pada perangkat PC atau Laptop yang akan digunakan.

#2. Hubungkan SD Card

Kalian bisa langsung menghubungkan SD Card melalui perangkat Android atau bisa juga dengan memakai Card Reader USB ke laptop atau PC.

Selain itu, kalian juga bisa memakai SD Card dengan kapasitas 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan lainnya. Berbagai kecepatan atau class dari micro SD Card tersebut juga sudah di dukung oleh program ini, mulai dari class 4, class 10 dan seterusnya.

#3. Membagi Partisi

Jika sudah terhubung, maka kalian dapat langsung menjalankan program ini. Saat ini kalian bisa langsung membagi partisi micro SD Card tersebut kedalam 2 bagian.

Caranya begini:

  • Pertama pilih Drive Micro SD Card.
  • Lalu pilih opsi Move/Resize.
  • Terakhir tinggal menentukan ukurannya masing-masing.

Setelah kalian sudah menentukan ukurannya, maka kini kalian akan melihat satu partisi lain yang berjenis FAT32 dan Unallocated.

#4. Menentukan Format Partisi

Caranya kalian klik kanan menggunakan mouse pada drive Unallocated dan pilih Create. Maka kalian akan melihat beberapa opsi lainnya seperti partition label, drive letter, cluster size dan masih banyak lagi.

Nah, jika kalian ingin menjadikan partisi itu untuk kebutuhan Link2SD, maka rubah Create As menjadi Primary dan opsi File System sebagai Ext2.

Sedangkan, jika kalian ingin menjadikannya sebagai drive tambahan, maka jadikan opsi Create As menjadi Primary dan opsi File System menjadi Fat32. Untuk opsi yang lainnya, kalian dapat mengabaikannya atau biarkan default dan pilih OK jika sudah selesai.

#5. Mengakhiri Proses Pratisi

Terakhir, jika semuanya sudah diatur dengan baik, kini langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah menekan tombol ‘Apply‘ yang ada di sebelah kiri atas. Secara otomatis, Minitool Partition Wizard akan melakukan proses partisi sesuai dengan yang kalian inginkan. Lalu tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Partisi SD Card di Android Tanpa PC

Selain menggunakan bantuan PC atau Laptop, sebenarnya kalian juga bisa melakukan partisi pada SD Card langsung melalui perangkat mobile. Namun, untuk cara ini kalian di haruskan melakukan root pada HP yang akan di gunakan untuk mempartisi SD Card.

1. Menggunakan CWM Recovery

Apabila Smartphone yang kalian gunakan sudah di root dan juga sudah memasang CWM Recovery, maka bisa langsung memulai partisi. Untuk cara ini hanya bisa membuat format ext dan bukan FAT32, yang artinya ini juga sangat cocok untuk keperluan Link2SD.

Jika kalian berminat, berikut caranya:

  • Pastikan HP kalian sudah dalam keadaan mati dan bukan terkunci, ya.
  • Lalu masuk kedalam CWM Recovery dengan menggunakan kombinasi tombol Power + Voume UP secara bersamaan.
  • Berikutnya pilih menu Advanced, biasanya ada di deretan menu paling bawah.
  • Setelah itu pilih opsi Partition SD Card.
  • Disini kalian bisa menentukan ukuran partisi yang ingin di buat dan usahakan untuk tidak membuat kapasitas lebih dari separuh kapasitas penyimpanan SD Card.
  • Kalian juga harus mengosongkan Swap Size.
  • Terakhir, proses partisi akan segera di mulai.

Biasanya ini akan membutuhkan waktu yang sedikit agak lama. Jika sudah selesai, maka jangan lupa me-reboot ponsel kalian seperti biasanya.

2. Dengan Aperted

Selain melalui CWM Recovery, kalian juga dapat melakukan partisi tanpa memakai PC dengan menggunakan aplikasi Aperted. Namun sebelum lanjut, kalian juga wajib memperhatikan beberapa hal ini:

  1. Pastikan HP kalian sudah di root.
  2. Sudah menginstal aplikasi Busybox.
  3. SD Card juga sudah dalam keadaan Unmounted. Caranya buka menu Pengaturan -> Storage -> Unmount SD Card.

Jika beberapa syarat di atas sudah kalian penuhi, maka untuk caranya adalah seperti ini:

  1. Kalian instal dulu aplikasi Aparted di Google Play Store.
  2. Setelah itu, jalankan aplikasi Aparted dan klik Allow jika meminta akses root.
  3. Berikutnya kalian klik icon + untuk menambahkan partisi yang baru.
  4. Isikan ukuran dan format partisi yang sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.
  5. Gunakan format FAT32 untuk menyimpan data dan format ext2/ext3/ext4 untuk kebutuhan Link2SD.
  6. Jika semuanya sudah kalian atur, maka berikutnya tinggal klik menu Apply Changes agar proses partisi bisa di mulai.

Kalian dapat menunggu sampai proses mempartisi SD Card selesai, biasanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama.

3. Cara Partisi SD Card Dengan TWRP

Cara Partisi SD Card Dengan TWRP

Mungkin masih banyak dari kalian yang masih bertanya-tanya, apa itu TWRP?

TWRP atau Tim Win Recovery Project ini adalah custom recovery yang menjadi pengganti recovery bawaan android yang di instal otomatis setelah melakukan root. TWRP juga mempunyai banyak fungsi penting, seperti melakukan backup dan restore ROM, mengistal custom ROM baru dan masih banyak lagi.

Salah satu kegunaan yang akan admin jelaskan di sini, iyalah mempartisi SD Card melalui TWRP.  Untuk langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  1. Pertama pastikan dulu kalau ponsel kalian sudah dalam keadaan root serta sudah menginstal TWRP.
  2. Berikutnya kalian dapat masuk kedalam mode Recovery dengan cara tekan tombol Power + Volume UP secara bersamaan (pastikan HP sudah dalam keadaan mati).
  3. Setelah sudah masuk ke mode Recovery, kalian dapat memilih opsi Advanced.
  4. Lalu kalian bisa memilih Partition SD Card.
  5. Selanjutnya kalian bisa menyesuaikan pengaturan yang sesuai dengan keinginan kalian.
  6. Jika sudah selesai, tinggal kalian tap icon Swipe yang ada di bawah.

Catatan:

Jika kalian memakai SD Card dengan kapasitas 1GB, maka pastikan partisinya kalian buat di angka 400/500MB dan untuk Swap Size juga bisa di 128MB saja. Sedangkan untuk file system partition nya kalian dapat memilih EXT4 saja.

Untuk SD Card yang memiliki kapasitas yang lebih besar, kalian dapat menyesuaikannya saja dan usahakan tidak lebih dari setengah kapasitas penyimpanan. Sisanya lagi, kalian dapat menyesuaikan dengan keperluan masing-masing.

Cara Partisi SD Card Tanpa Root di Android

Bagi kalian yang mungkin tidak ingin me-root ponselnya, tapi ingin melakukan partisi pada SD Card, maka dapat mencoba cara yang satu ini. Di mana cara ini jelas tidak memerlukan akses root untuk melakukan partisi pada SD Card.

Memangnya bisa? Tentu bisa, begini cara lengkapnya.

1. Dengan Aplikasi Android Partition Tool

Meski ada banyak, namun untuk tips kali ini admin hanya akan menjelaskan salah satu aplikasi yang pernah admin sendiri gunakan. Aplikasi ini bernama Android Partition Tool dan kabar bagusnya itu kalian tidak perlu melakukan root agar bisa menjalankan aplikasi ini.

Sebelum itu, pastikan kalian sudah memback-up semua file penting yang ada di dalam SD Card agar nanti tidak terhapus saat melakukan partisi.

Caranya begini:

  • Pertama kalian unduh dan instal aplikasi Android Partition Tool di Play Store.
  • Berikutnya kalian pergi dulu ke Pengaturan -> Penyimpanan -> pilih Lepaskan kartu SD.
  • Buka aplikasi Android Partition Tool dan pilih menu Create dan tap lagi opsi ADD.
  • Lalu kalian dapat mengaturnya sesuai kebutuhan, atau dapat mengikuti gambar di bawah ini.

  • Untuk kapasitas, kalian juga bisa menyesuaikan seperti yang di inginkan. Kalau admin biasanya mengaturnya seperti di gambar ini.

  • Apabila sudah selesai menyettingnya, kalian dapat langsung menekan menu Apply yang ada di bagian atas.
  • Biasanya akan muncul pesan pop-up dan pilih saja OK.
  • Selesai dan jangan lupa merestat HP seperti biasanya.

Penutup

Bagaimana, mudah bukan cara melakukan partisi pada SD Card?

Kalian bisa memilih salah satu tips di atas tadi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian masing-masing. Jika ada kendala, atau ada hal yang kurang mengerti, kalian bisa menghubungi admin atau menuliskannya di kolom komentar.

Yaa, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa admin sampaikan mengenai cara partisi SD Card di Android dengan aman untuk pemula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.