3 Cara Reset HP OPPO Dengan Mudah dan Praktis Untuk Semua Model!

Cara Reset HP OPPO

Kampung Gadget – Saat ini memang sudah ada banyak cara yang bisa diakukan saat ingin menyetel ulang ponsel Oppo yang kalian miliki, namun tidak semua cara itu dapat berjalan dengan baik. Lalu bagaimana cara reset HP Oppo yang benar?

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu reset! Reset adalah cara untuk menyetel ulang sebuah ponsel kembali kesettingan awal dari pabrik. Cara ini juga sering dilakukan saat ponsel Android mengalami error, blank, lupa pasword ataupun lemot.

Dengan cara itu, kemungkinan besar ponsel kalian akan sembuh dari masalah error atau blank. Namun ternyata masih sedikit orang yang tahu cara sederhana untuk melakukan reset HP Oppo dengan mudah dan pastinya berhasil.

Cara Reset HP OPPO Dengan Mudah Untuk Semua Model

Sebenarnya ada 3 cara sederhana yang dapat kalian lakukan saat ingin mereset HP Oppo dan masing-masing cara itu mempunyai perbedaan, seperti Factory Reset, Hard Reset dan Dial khusus. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Factory Reset

Factory reset adalah cara yang paling mudah untuk mereset ponsel Oppo yang lemot, karena kalian hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan saja. Selain itu cara ini juga dapat mencegah data penting pada ponsel kamu ikut terhapus saat melakukan penyetelan ulang.

Tapi perlu kalian ingat, cara yang pertama ini hanya bisa digunakan jika ponsel Oppo milikmu tidak blank dan masih bisa masuk kedalam menu pengaturan yang tersedia didalam ponsel.

Nah, jika masalah yang kalian alami pada ponsel Oppo hanya sebatas lemot atau performanya sudah tidak bagus serta sering lag saat bermain game ataupun membuka aplikasi ringan, maka cara ini bisa kamu lakukan. Berikut tutorial menyetel ulang ponsel Oppo dengan Factory Reset.

  • Backup terlebih dahulu semua data penting yang ada pada ponsel Oppo kalian terutama di penyimpanan internal, seperti foto, video, kontak dan lain-lain.
  • Setelah semua data penting sudah di backup, selanjutnya kalian bisa masuk kedalam menu “Pengaturan” yang ada pada ponsel
  • Selanjutnya cari menu “Additional Setting
  • Setelah itu pilih menu “Backup and Reset
  • Setelah itu kalian akan diberikan 2 pilihan “Erose App Data & App That Can Be Uninstalled” untuk menyimpan beberapa data seperti music dan foto, “Remove all Contents and Settings” berfungsi untuk menghapus semua data pada ponsel
  • Pilih salah satu dari kedua menu tadi, lalu tunggu sampai prosesnya selesai

Selamat, saat ini kinerja ponsel Oppo kalian sudah kembali seperti baru lagi.

2. Hard Reset

Hard Reset adalah cara yang khusus digunakan saat ponsel Oppo kalian mengalami blank, bootloop, hardbrick, lupa pola dan pasword serta kondisi lainnya. Tapi cara ini juga hanya berhasil jika ponsel Oppo kamu masih bisa masuk kedalam menu “Oppo ColorOs Recovery“.

Untuk melakukan cara ini tidaklah sulit, kalian bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Pastikan dulu ponsel Oppo kalian sudah dalam keadaan mati
  • Lalu secara bersamaan tekan kedua tombol “Power + Volume bawa” secara bersamaan
  • Tahan beberapa saat sampai ponsel menampilkan menu “Recovery Oppo” lalu lepaskan
  • Selanjutnya pilih bahasa dengan menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan tombol power untuk memilih
  • Setelah selesai memilih bahasa maka cari menu “Wipe Data
  • Tekan menu “Wipe data (Keep Sms, Contacts, and Photos) Lalu tekan “OK
  • Tunggu sampai muncul tulisan “Data and Cache Wiped Succesfully
  • Terakhir pilih menu “Reboot” dan tekan “OK
  • Tunggu sampai selesai, biasanya memakan waktu 2-3 menit saja

Setelah proses diatas selesai, kamu juga akan diharuskan untuk memasukan beberapa setingan seperti bahasa, jaringan, wilayah dan data lainnya. Selamat, ponsel Oppo kalian sudah siap digunakan kembali.

3. Reset Hp Oppo Dengan Dial Khusus

Cara yang terakhir ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang diatas tadi, namun bedanya kamu hanya perlu memasukkan kode dial khusus untuk menyetel ulang ponsel Oppo. Caranya juga sangat sederhana, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini.

  • Pertama-tama buka aplikasi “Dial” yang ada pada ponsel kalian
  • Kemudian masukkan kode *#*#7780#*#* untuk memilih menu “Soft Reset” dan *2767*3855# untuk menuju menu “Hard Reset
  • Pilih salah satu menu tersebut dan tunggu sampai proses restart selesai.

Selamat, ponsel Oppo kalian sudah kembali ke setingan awal saat kamu membelinya.

Itulah sedikit tips yang dapat Kampung Gadget hadirkan mengenai cara reset Hp Oppo terbaru, mudah dan pastinya berhasil. Jangn lupa juga untuk menantikan tips keren lainnya seputar gadget hanya di sini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.