Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp Pada HP

Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp – Seperti yang kita tahu kalau WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang mempunyai banyak pengguna di seluruh Dunia termasuk juga di Indonesia. Hal ini tentu tidak lepas dari kemudahan serta fitur-fitur keren yang ada di dalam aplikasi WhatsApp.

Semua fitur yang disediakan di dalam aplikasi WhatsApp juga bisa digunakan oleh semua penggunanya secara gratis selama aplikasi ini masih ada. Untuk saat ini, salah satu fitur yang sering digunakan oleh banyak pengguna WhatsApp adalah Voice Note atau pesan suara.

Voice Note sering digunakan oleh kebanyakan pengguna, entah itu hanya sekedar iseng atau digunakan sebagai tempat menyimpan sebuah pembicaraan yang kiranya sulit di ketik secara manual. Hal ini yang mungkin membuat kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Voice Note dari pada mengetik kata-kata yang ingin di sampaikan.

Selain itu, Voice Note atau pesan suara juga bisa menjadi alternatif pada saat keyboard Smartphone kita sedang mengalami masalah atau tidak bisa digunakan.

Cara Menemukan File Voice Note WhatsApp

Sebenarnya voice note atau pesan suara ini tidaklah sama dengan file media lainnya seperti gambar, dokumen, video ataupun MP3. Di mana voice note tidak akan bisa kalian temukan secara langsung pada galeri atau pemutar audio lainnya. Hal ini memang sengaja di rancang agar tidak bisa terdeteksi oleh ponsel Android.

Kenapa seperti itu?

Kita memang tidak bisa melihat voice note secara langsung melalui galeri tapi sebenarnya pesan suara ini sudah tersimpan di memori internal. Namun, format audionya itu belum terdeteksi oleh beberapa smartphone Android saat ini.

Nah, apabila kalian ingin menemukan lokasi di mana voice note WhatsApp itu tersimpan, maka kalian bisa mengikuti caranya di sini:

  • Langkah pertama kalian buka dulu File Manager.
  • Selanjutnya kalian bisa masuk ke dalam Memori Internal.
  • Setelah itu kalian cari Media.
  • Terakhir kalian dapat membuka folder WhatsApp Audio.
  • Selesai, deh.

Cara Menemukan File Voice Note WhatsApp

Di dalam folder tersebut kalian akan menemui beberapa voice note yang pernah kalian kirim ataupun kalian terima melalui aplikasi WhatsApp. Dalam file tersebut biasanya akan diakhiri dengan format Audio OPUS.

Format OPUS adalah salah satu jenis Audio yang bisa kalian temukan di dunia internet. Sangat cocok sekali untuk menjalankan banyak jenis Audio dan recorder WhatsApp adalah salah satu yang masih menggunakan format Audio tersebut.

Baca Juga: Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong

Manfaat Menyimpan Voice Note WhatsApp

Berbicara mengenai manfaat, tentu ini kembali ke masing-masing orang itu sendiri. Karena setiap orang pasti mempunyai keperluannya masing-masing saat ingin menyimpan pesan suara atau voice note WhatsApp. Namun secara pribadi admin sendiri, mungkin kebanyakan orang akan mendapatkan manfaat seperti berikut.

1. Keamanan Data Lebih Terjaga

Jika kita sudah menyimpan voice note maka tentu saja kita tidak akan khawatir lagi apabila pesan suara tersebut akan hilang sewaktu-waktu. Seperti halnya status WhatsApp, di mana voice note juga akan terhapus dengan sendirinya selang beberapa minggu.

2. Sangat Bermanfaat Untuk Pekerjaan

Tentu semua hal yang penting di dalam pekerjaan wajib untuk kita catat ke dalam memo agar kita tidak lupa suatu hari nanti. Nah, begitu juga dengan voice note. Dengan menyimpan voice note WhatsApp yang penting, tentu ini akan menyelamatkan pekerjaan kita.

3. Pastinya Dapat Kita Putar Di Semua Media

Ketika kalian ingin menyimpan voice note WhatsApp, tentu formatnya harus kalian rubah terlebih dahulu. Jika sudah di rubah, secara otomatis pesan suara tadi bisa kalian putar di semua media serta semua perangkat sekalipun.

4. Bisa Dijadikan Sebagai Bukti

Dengan menyimpan voice note WhatsApp juga bisa kalian gunakan sebagai bukti jika nantinya kalian mengalami hal yang mungkin tidak diharapkan terjadi dengan orang yang mengirimkan kalian pesan suara tersebut.

Jika di lihat lebih luas lagi, pasti ada banyak manfaat lain yang bisa di rasakan oleh orang yang menyimpan voice note tersebut. Karena setiap orang pasti memiliki alasannya masing-masing saat melakukan hal tersebut.

Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp Tanpa Aplikasi

Apakah kalian sudah mengikuti langkah-langkah di atas untuk menemukan direktori file pesan suara atau voice note pada WhatsApp? Jika belum, sebaiknya kalian coba dulu deh. Karena hal itu juga penting untuk kalian lakukan sebelum mulai pembahasan selanjutnya.

Namun, apabila dengan langkah-langkah di atas sudah kalian lakukan tapi ternyata file audio hasil rekaman voice note ternyata tidak bisa kalian temukan maka kemungkinan besar ada yang salah dalam aplikasi WhatsApp. Untuk mengatasinya, kalian dapat melakukannya dengan cara berikut.

  • Buka dulu aplikasi WhatsApp pada ponsel kalian.
  • Selanjutnya pada halaman depan, kalian klik icon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu kalian pilih Setelan.
  • Masuk ke dalam menu Penggunaan Data dan Penyimpanan, berikutnya kalian cek kolom Unduh Otomatis Media.
  • Terakhir pastikan Audio sudah tercentang pada pengaturan Data Seluler dan WiFi.

Dengan melakukan pengaturan tersebut, biasanya voice note WhatsApp akan langsung tersimpan secara otomatis kedalam file manager ponsel saat kalian menerimanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Cara Memutar Voice Note WhatsApp

Meski sebelumnya admin sudah mengatakan kalau sebagian smartphone Android itu masih belum mendukung format file Audio voice note WhatsApp, namun bukan berarti jenis file tersebut tidak bisa kalian buka secara langsung.

Untuk saat ini, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuka format file tersebut dan semua caranya juga sangat mudah untuk kalian lakukan. Apa saja itu? Berikut beberapa pilihannya:

1. Menggunakan Aplikasi MXPlayer

Cara Memutar Voice Note WhatsApp Menggunakan Aplikasi MXPlayer

Cara pertama jika kalian ingin membuka format file Audio pesan suara WhatsApp bisa memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama MXPlayer.

MXPlayer adalah salah satu aplikasi pemutar video pihak ketiga yang mempunyai banyak fitur. Tidak heran juga kalau sampai saat ini aplikasi tersebut mempunyai banyak pengguna dan menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Playstore.

MXPlayer sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk memutar video saja melainkan juga Audio seperti voice note. Cara penggunaan aplikasi ini juga tidak sulit dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Langkah pertama tentu kalian harus menginstall aplikasi MXPlayer.
  • Setelah berhasil terinstall maka selanjutnya kalian buka File Manager.
  • Lalu cari Memori Internal.
  • Berikutnya pilih Media kemudian WhatsApp Audio.
  • Tekan file Audio yang kalian inginkan.
  • Terakhir pada menu Buka Dengan, kalian pilih MXPlayer.

Maka secara otomatis pesan suara tadi akan di putar dan kalian bisa langsung mendengarkannya. Jika kalian tidak tertarik dengan aplikasi tadi, maka bisa juga menggunakan aplikasi lainnya untuk memutar voice note WhatsApp. Cara penggunaanya juga tidak jauh berbeda dengan MXPlayer tadi.

2. Gunakan Aplikasi Converter

Cara Memutar Voice Note WhatsApp Mengunakan Aplikasi Converter

Selain aplikasi yang pertama, kalian juga bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membantu memutar voice note atau pesan suara WhatsApp yang kita terima. Namun yang membedakan aplikasi ini dari sebelumnya itu adalah Converter akan merubah format file Audio voice note menjadi MP3.

Untuk caranya juga akan sedikit berbeda, namun tidak sulit untuk kalian lakukan. Kalian juga bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama tentu kalian wajib menginstall aplikasi Converter.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih menu Select OPUS File.
  • Maka secara otomatis akan muncul File Manager ponsel kalian. Lalu kalian bisa mencari tempat penyimpanan voice note yang sudah admin sebutkan di atas.
  • Lalu pilih file Audio yang kalian inginkan dan pilih OK.
  • Jika sudah ketemu, kalian bisa tekan Convert to MP3.
  • Terakhir atur nama file kemudian direktori, lalu convert.
  • Selesai.

Sekarang kalian tinggal menunggu sampai prosesnya selesai. Apabila sudah, maka kalian bisa langsung membukanya dengan menggunakan aplikasi pemutar musik yang ada di dalam Smartphone.

Cara Merubah Voice Note WhatsApp Menjadi MP3

Pada dasarnya, ada beberapa format file yang tidak akan mengalami kerusakan saat di ubah dan salah satunya itu adalah format Audio. Maka dari itu, selain menggunakan aplikasi yang sudah admin sebutkan tadi, kalian juga bisa merubah voice note WhatsApp menjadi MP3 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk cara ini juga tidak begitu sulit dan kalian bisa langsung melakukannya di dalam File Manager yang ada pada ponsel. Untuk cara merubah pesan suara menjadi MP3 ialah seperti berikut:

  • Langkah pertama kalian buka kembali File Manager yang ada pada ponsel.
  • Kembali masuk ke dalam direktori voice note melalui menu Memori Internal lalu Media kemudian WhatsApp Audio.
  • Pilih voice note yang ingin kalian rubah formatnya menjadi MP3.
  • Tahan file Audio tadi dan tekan opsi Ubah Nama.
  • Terakhir kalian bisa langsung merubah format yang ada di belakang nama file Audio tersebut dan Save.

Dalam hal ini kalian tidak hanya bisa mengubahnya ke dalam format MP3 saja. Tapi melainkan kita juga bisa mengubahnya ke format lain sesuai keinginan. Tapi untuk cara ini kita bisa merubahnya ke format MP3 dahulu saja.

Jika cara tadi sudah kalian lakukan, maka saat ini pesan suara tersebut sudah bisa di putar pada pemutar musik yang ada pada ponsel. Caranya kalian bisa langsung mencari Audio tadi di pemutar musik, karena biasanya jika sudah di rubah formatnya maka akan secara otomatis tampil di sana.

Tapi untuk mempermudah, ada baiknya kalian memindahkan file voice note WhatsApp tadi ke folder lain yang mudah kalian ingat. Selain itu, jangan lupa juga untuk merubah nama file tersebut sesuai dengan keinginan kalian.

Baca Juga: Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup

Cara Kirim Voice Note WhatsApp

Pada dasarnya cara mengirim voice note WhatsApp itu tidaklah sulit dan cenderung lebih mudah dari cara menyimpan pesan suara tadi. Di sini kita juga bisa mengirim ke semua kontak ataupun grup yang ada di dalam aplikasi WhatsApp kalian saat ini.

Berikut adalah cara mengirim voice note di WA:

  • Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp pada HP Android.
  • Selanjutnya kalian bisa memilih orang ataupun group yang hendak di kirimkan voice note.
  • Apabila sudah, kalian dapat menekan secara lama icon microphone yang berwarna hijau. Biasanya ada di sebelah kanan kolom pesan.
  • Ketika sudah di tekan, kalian bisa mengatakan kata-kata yang ingin di kirimkan, lalu lepaskan icon microphone tadi.
  • Apabila kalian ingin membatalkannya, maka geser voice note WhatsApp tadi ke tong sampah.
  • Selesai, kalian bisa langsung mencobanya sendiri.

Dengan mengirim pesan suara di WhtasApp, tentu kalian akan diuntungkan dalam banyak hal saat ingin mengobrol ataupun konsultasi dengan seseorang. Salah satunya itu tentu kalian tidak perlu repot-repot mengetikkan kata-kata yang panjang kemudian mengirimkannya ke orang tersebut.

Karena di sini kita hanya perlu berbicara saja dan ini juga akan menghemat banyak waktu kalian. Jadi, apakah kalian masih ingin mengetik sebuah pesan yang panjang?

Cara Membuat Voice Note Menjadi Status WhatsApp

Selain mengirim dan menyimpan voice note WhatsApp, kalian juga bisa menjadikanya sebagai status di WhatsApp, lho. Hal ini tentu akan menjadi status kalian yang paling baru, sebab masih sedikit orang yang tahu kalau voice note itu bisa di jadikan sebagai status di WhatsApp.

Untuk caranya juga sangat mudah, karena kalian hanya perlu mengunduh sebuah aplikasi pihak ketiga di dalam Google Playstore. Penasaran? Yuk, langsung saja kita simak caranya berikut ini:

  • Langkah pertama instal dulu aplikasi bernama Audio Status Maker.
  • Setelah proses download selesai, maka kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut.
  • Jika kalian ingin membuat VN, maka bisa langsung menekan Icon Audio dan akan muncul 3 pilihan lain.
  • Apabila kalian ingin mengambil voice note yang di simpan tadi maka pilih menu Pick Audio.
  • Sedangkan jika ingin melakukan rekaman Audio langsung maka pilih Record Audio.
  • Terakhir jika kalian ingin mengambil file rekaman di dalam file Manager maka pilih Pick From Files.
  • Jadi kalian hanya perlu menggunakan salah satu dari tiga pilihan menu tadi untuk membuat status WhatsApp dengan voice note dan jangan lupa tekan tombol Share.

Penutup

Mungkin begitulah kiranya cara menyimpan voice note WhatsApp dan juga cara memutar serta mengirimkannya ke teman WA.

Seperti biasa, jika kalian memiliki sebuah pertanyaan atau ada hal-hal yang kurang di mengerti dengan pembahasan di atas maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Admin akan membantu kalian dengan senang hati jika mengalami kendala dengan pembahasan di atas.

Nantikan terus artikel menarik lainnya tentang gadget hanya di Kampung Gadget, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.