Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Nada Pesan WhatsAp Tidak Bunyi

Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi – Seperti yang mungkin sudah kalian tahu, kalau WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang cukup populer. Selain itu, pengguna aplikasi WhatsApp juga bisa di katakan sangat banyak dan hampir seluruh dunia memakainya.

Hampir setiap hari, selalu ada saja orang-orang yang saling bertukar pesan menggunakan aplikasi WhatsApp. Tentu ini juga karena tidak hanya mudah untuk di gunakan, tapi juga karena WhatsApp menyimpan banyak fitur keren. Seperti bisa mengirim stiker, mengirim media seperti gambar, foto, video, audio dan dokumen dengan jumlah yang tidak terbatas.

Namun untuk video dan audio, WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirimkan. Informasi ini juga sudah di tuliskan pada situs resmi WhatsApp dan jika kalian ingin tahu, bisa membacanya di sini. Lalu, jika kalian berniat ingin mengirim video yang berukuran besar, bisa membacanya di artikel sebelumnya tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp.

Kembali ke pembahasan di awal, selain fitur yang sudah di sebutkan, tentu masih terdapat fitur basic, contohnya seperti muncul suara notifikasi saat ada pesan baru masuk (inbox).

Meski jarang terjadi, tidak sedikit juga orang yang mendapati nada pesan di WhatsApp tidak bunyi ketika ada pesan baru masuk. Padahal, seperti yang kita tahu, seharusnya itu notifikasi suara akan muncul pada kondisi tersebut.

Nah, oleh sebab itu, hari ini Kampung Gadget akan menjelaskan kalian tentang cara mengatasi nada pesan WhatsApp yang tidak bunyi ketika ada pesan baru masuk.

Apa Penyebab Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi?

Menurut kalian sendiri, apakah masalah ini mengganggu?

Bagi sebagian orang, tentu masalah ini akan cukup mengganggu. Ada notifikasi tapi suaranya tidak muncul. Apalagi di tambah ketika HP dalam keadaan terkunci, tentu otomatis kita tidak akan pernah tahu kalau ada pesan baru masuk.

Lalu, apa sih penyebabnya?

Jika kita lihat secara normalnya, sebenarnya terdapat dua jenis penyebab timbulnya masalah ini. Yang pertama itu karena kemungkinan kalian melakukan kesalahan pada pengaturan, entah karena sengaja atau tidak. Kemudian yang kedua itu biasa saja terjadi karena aplikasi WhatsApp pada HP mengalami error.

Misalnya saja kesalahan pada pengaturan, contohnya WhatsApp dalam keadaan mute, suaranya ter-setting agar tidak berbunyi. Maka ini akan membuat nada dering tidak akan masuk, atau ketika HP dalam keadaan silent. Tentu seberapa banyak pesan baru yang masuk, notifikasinya tidak akan pernah kalian dengar.

Sedangkan untuk masalah yang kedua, error yang dimaksudkan itu seperti adanya bug. Asal dari masalah ini jelas bisa bermacam-macam, entah itu karena HP atau bisa juga dari aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Cara Mengatasi Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi

Bagaimana sih cara mengatasi masalah ini?

Untuk mengatasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi kita sudah mengetahui kalau penyebabnya ada di antara dua hal yang sudah di sebutkan tadi. Kalian juga tidak perlu membawa HP ke tempat service atau menggantinya dengan ponsel baru karena memperbaikinya sangat mudah.

Meski masalah ini muncul karena di akibatkan oleh dua masalah (salah setting atau error), namun untuk mengatasinya bukan hanya 1 atau 2 cara saja, lho. Tapi, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

Lalu apa saja caranya? Silakan kalian bisa mengikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Hidupkan Pemberitahuan Pada WhatsApp

Meski terdengar sederhana, namun hal ini tentu saja sangat penting untuk kalian lakukan. Fungsinya, agar setiap ada pesan yang masuk ke WhatsApp kalian, notifikasi bisa masuk atau muncul ke menu HP kalian masing-masing.

Jika kalian belum tahu caranya, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama kalian buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian bisa membuka menu Aplikasi.
  3. Kemudian geser ke bagian bawah dan cari aplikasi WhatsApp.
  4. Ketuk dan buka informasi dari aplikasi WhatsApp.
  5. Terakhir kalian dapat Aktifkan Pemberitahuan/Notifikasi dengan cara mencentangnya.

Untuk pengaturan tersebut memang tidak akan bisa berefek secara langsung. Maka dari itu, kalian bisa mencoba cara-cara yang selanjutnya lagi.

2. Pastikan Mode Silent Pada HP Oppo Tidak Sedang Aktif

Pada saat HP kalian berada dalam mode silent, entah itu dengan cara di sengaja atau tidak, maka ini dapat membuat suara apapun itu di HP kalian tidak akan bisa berbunyi. Salah satunya ketika ada pesan baru yang masuk di akun WhatsApp kalian.

Oleh sebab itu, kalian bisa memeriksa pengaturan tersebut agar tidak berpengaruh ke aplikasi WhatsApp dan bisa membuatnya normal kembali.

Jika belum tahu, begini caranya:

  • Buka dulu menu Setelan atau Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian cari menu Suara.
  • Berikutnya cari pengaturan agar HP tidak dalam keadaan silent atau senyap lagi.

Selain dari dalam pengaturan, kalian juga bisa mengatur setelan ini lewat menu di bagian atas. Kemudian kalian bisa mengembalikan HP dari mode senyap. Kalian juga bisa menggunakan cara yang mana saja, yang terpenting mode senyap tadi hilang.

3. Periksa Pengaturan Nada Dering di WhatsApp

Apabila kalian sudah memeriksa pengaturan mode suara pada HP, coba juga cek pengaturan nada dering di aplikasi WhatsApp.

Normalnya, nada dering ini akan ter-setting menyesuaikan dengan nada ringtone di ponsel kalian masing-masing. Tapi, jika HP kalian memang sejak awal tidak ada ringtone-nya, ini bisa saja mengakibatkan tidak adanya bunyi apa-apa yang keluar saat ada pesan baru masuk di WhatsApp.

Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan.
  2. Lalu kalian ketuk icon titik tiga yang ada di kanan atas dan pilih menu Setelan.
  3. Berikutnya pilih opsi Notifikasi.
  4. Selanjutnya cari Nada Notifikasi dan pilih ringtone yang kalian inginkan di sana.
  5. Geser kebagian bawah, di kolom Pengaturan Group dan Panggilan, kalian juga harus mengatur ringtone-nya.

Lebih bagus lagi, setelah kalian selesai melakukan pengaturan tersebut, ada baiknya tutup dulu aplikasi WhatsApp selama beberapa saat. Setelah itu baru kalian buka dan gunakan kembali seperti biasanya.


Sering merasa terganggu oleh panggilan masuk dari nomor yang tidak penting? Begini cara menonaktifkan panggilan masuk di WhatsApp.


4. Lakukan Force Stop WhatsApp

Jika kalian belum tahu, Force stop ini memiliki fungsi untuk menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan, termasuk juga WhatsApp. Cara ini biasanya bisa membantu kita saat terdapat bug pada aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan, termasuk juga dengan notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi.

Force Stop atau Paksa Berhenti ini biasanya dapat kalian temukan di pengaturan atau setelan pada HP. Namun jika kalian kesulitan untuk menemukannya, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka dulu Pengaturan atau Setelan pada HP.
  • Geser ke bagian bawah, cari menu Aplikasi.
  • Dalam menu ini kalian pilih aplikasi WhatsApp.
  • Buka dan ketuk menu Force Stop atau Paksa Berhenti.

Apabila sudah selesai, kalian bisa mencoba membuka kembali aplikasi WhatsApp pada ponsel kalian. Atau agar lebih bagus, kalian dapat me-restat HP terlebih dahulu.

5. Coba Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Menghapus data ini sebenarnya berguna untuk mengatasi masalah bug yang terdapat pada aplikasi WhatsApp. Entah itu bug yang sedang berjalan atau memang sudah ada sejak lama pada aplikasi WhatsApp yang kalian instal di HP.

Cara yang berikut ini sebenarnya pilihan yang paling efektif selain cara yang sebelumnya. Dengan menghapus data, hampir semua masalah yang terjadi pada WhatsApp, misalnya Story WhatsApp yang tidak muncul seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya.

Penting juga untuk kalian ketahui, kalau cara ini akan membuat akun WhatsApp yang kalian miliki akan ter-logout dan menjadi seperti baru lagi. Oleh karena itu, ada baiknya kalian menyimpan data-data penting yang di perlukan untuk berjaga-jaga nantinya.

Caranya begini:

  1. Masuk kedalam menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian cari menu Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Buka dan cari opsi Hapus Data atau Clear Data.

Agar hasilnya lebih bagus, ada baiknya kalian restart HP terlebih dahulu. Jika sudah, maka buka kembali aplikasi WhatsApp dan biasanya akan muncul halaman login. Silakan kalian bisa melakukan login seperti biasa dan coba kirim pesan untuk mengecek kembali nada notifikasi.

6. Usahakan Aplikasi WhatsApp Sudah Berada di Versi Terbaru

Error atau bug di aplikasi WhatsApp bisa saja terjadi dari HP yang sedang kita gunakan, atau juga bisa muncul langsung dari aplikasi WhatsApp-nya. Nah, untuk mengatasi masalah ini, seharusnya beberapa cara tadi itu sudah bisa mengatasi masalah bug atau error pada HP.

Sedangkan untuk mengatasi bug dan error yang muncul pada aplikasi WhatsApp, maka salah satu solusi yang paling efektif adalah dengan melakukan pembaharuan ke versi terbaru.

Kalian bisa mengecek pembaharuan lewat Playstore:

  1. Buka dulu aplikasi Playstore pada HP.
  2. Klik icon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Kemudian pilih Aplikasi & Game Saya.
  4. Dalam halaman ini, kalian bisa mencari aplikasi WhatsApp.
  5. Jika tersedia pembaharuan, langsung klik dan pilih menu Update.
  6. Tunggu sampai proses update-nya selesai.

Admin sendiri juga sangat menyarankan sekali untuk mencoba cara ini. Karena hampir semua bug yang terjadi akan otomatis di perbaiki ketika proses update selesai. Bahkan lebih dari ini, biasanya kalian juga akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang di bawah oleh WhatsApp.

7. Instal Ulang Untuk Mengatasi Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi

Instal Ulang Untuk Mengatasi Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi

Meng-update WhatsApp sebenarnya sudah bisa mengatasi masalah error dan bug yang muncul. Namun jika kalian ingin memperbaiki semua bug sekalian (seperti untuk mengatasi nada pesan WhatsApp yang tidak bunyi), maka bisa reinstall WhatsApp.

Apa perbedaannya? Bedanya itu kalau hanya dengan update, data lama pada WhatsApp itu sebenarnya masih tersimpan di dalam memori. Namun jika kalian reinstall, maka aplikasi WhatsApp akan kalian hapus terlebih dahulu, lalu menggantinya dengan yang lebih baru.

Nah, dengan begitu, semua data lama yang tersimpan akan di bersihkan sampai tidak tersisa sama sekali. Jadi, jika ada bug yang masih tersimpan akan benar-benar hilang tanpa tersisa sedikit pun.

Langkah-langkahnya begini:

  1. Buka dulu menu Pengaturan.
  2. Lalu kalian cari menu Aplikasi dan temukan WhatsApp.
  3. Buka dan tap menu Uninstall untuk menghapusnya.
  4. Jika sudah terhapus, kalian buka lagi Playstore.
  5. Dalam  kolom pencarian, kalian ketikan WhatsApp.
  6. Terakhir tinggal instal WhatsApp seperti biasa.

Tentu masih sama seperti saat menghapus data, reinstall juga akan membuat akun WhatsApp kalian menjadi ter-logout. Maka silakan kalian kembali login seperti biasanya.

8. Reset HP Oppo

Reset HP Oppo Untuk Mengatasi Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi
Reset HP Oppo Untuk Mengatasi Nada Pesan WhatsApp Tidak Bunyi

Seperti masalah-masalah lainnya yang pernah admin bahas, kesalahan (bug) pada sistem juga bisa saja terjadi. Jika cikal bakal masalah ini bermula pada sistem seperti ini, kemungkinan semua cara di atas tadi itu tidak akan terlalu berpengaruh. Begitu juga ketika kalian mengatasi nada pesan WhatsApp yang tidak bunyi ketika ada pesan baru.

Lalu apa solusinya? Solusinya itu bisa kalian coba dengan me-reset HP Oppo yang kalian gunakan. Seharusnya cara ini akan lebih efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk caranya, kurang lebih seperti ini:

  1. Buka menu Setelan pada HP Oppo.
  2. Kemudian pergi ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Lalu pilih opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Tunggu sampai proses reset selesai.

Caratan:

Sebelum kalian melakukan reset atau instal ulang HP Oppo, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu pada data penting yang dimiliki. Sebab, ketika proses reset berlangsung, secara otomatis semua data dan pengaturan pada HP akan di kembalikan ke pabrik atau seperti baru lagi.

Tapi, jika kalian belum tahu cara untuk melakukannya, maka bisa membacanya di artikel tentang cara backup data di Android paling mudah.

Penutup

Mungkin itu saja 8 cara mengatasi nada pesan WhatsApp tidak berbunyi yang bisa admin rangkum. Seperti yang sudah di jelaskan tadi, umumnya ada dua jenis penyebab yang membuat timbulnya masalah ini. Namun untuk mengatasinya tidaklah sama seperti penyebabnya, karena ada beberapa yang perlu di periksa kembali.

Admin sangat berharap sekali dengan solusi yang sudah di paparkan tadi bisa membatu mengembalikan suara notifikasi pada WhatsApp kalian.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.