Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Lama

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus – Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, ya ini adalah WhatsApp. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai fitur cukup lengkap seperti mengirim pesan, Video Call, berbagi status, mengirim dukumen dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib untuk ada di dalam ponsel seseorang. Entah itu anak-anak, remaja ataupun orang dewasa pastinya memiliki satu akun WhatsApp pribadi. Hal ini juga karena WhatsApp sangat mudah untuk di gunakan oleh siapa saja. Serta juga sangat kompatibel di hampir semua ponsel Android maupun iPhone dengan RAM yang kecil.

Tapi pada kesempatan kali ini admin tidak akan menjelaskan lebih jauh mengenai kegunaan serta fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Namun admin ingin membagikan sebuah cara melihat pesan WhatsApp yang sudah di hapus lama oleh pengirim.

Tentu hampir semua orang pernah mengalami kejadian di mana pesan yang di kirim oleh seseorang itu tiba-tiba saja di hapus. Padahal di sini kita belum sempat membaca isi pesan tersebut dan lebih parahnya lagi orang yang mengirimkannya tidak mau mengatakan apa isi pesan tadi yang sudah di hapus.

Hal ini pastinya membuat kalian penasaran bukan? Tenang, hari ini admin akan membagikan kalian sebuah cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus oleh pengirimnya tanpa aplikasi dan juga dengan aplikasi tambahan.

Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Lama Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Pertama admin akan membagikan kalian cara melihat pesan WhatsApp yang di tarik oleh pengirimnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk memasang aplikasi pihak ketiga pada HP. Yang mungkin saja hal ini juga bisa membuat memori internal HP cepat penuh.

Namun sebelum kalian mengikuti cara yang ada di bawah ini, admin ingin menekankan kepada kalian kalau cara ini akan sedikit rumit, ya. Selain itu juga memiliki beberapa kekurangan dan salah satunya adalah lama waktu chat itu di hapus oleh pengirimnya.

Jika sudah siap, berikut cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus oleh pengirim tanpa aplikasi tambahan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp

1. Melalui File Manager

Cara yang pertama kita bisa mengetahui isi pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya ialah dengan membuka file manager yang ada pada HP.

Seperti yang admin katakan tadi, kalau menggunakan cara yang satu ini akan sedikit ribet dan memerlukan kesabaran dalam melakukan setiap langkahnya.

Tapi jika kalian merasa yakin, maka berikut cara melihat pesan wa yang dihapus lama oleh pengirim melalui file manager:

#1. Menyalin Data WhatsApp Pada File Manager

  • Pertama-tama kalian bisa membuka file manager yang ada di dalam ponsel. File manager ini berfungsi menyimpan seluruh data yang di miliki oleh setiap aplikasi termasuk juga WhatsApp.
  • Di dalam file manager, kalian cari menu “Internal” kemudian cari folder “WhatsApp” terakhir cari “Database“.
  • Ketika terbuka kalian akan menemukan file dengan format “msgstore-yyyymmdd.db.crypt**“, kalian bisa copy semua file tersebut.
  • Buat folder baru dengan nama yang mudah kalian ingat, kemudian paste data tadi kedalam folder yang sudah di buat.

#2. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi

  • Jika tadi kalian sudah berhasil menyalin semua data yang ada di dalam file database, maka untuk selanjutnya kita akan menghapus aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah selesai, kalian kembali masuk kedalam “File Manager” dan buka folder yang sudah di buat tadi kemudian hilangkan semua “YYYYMMDD” yang ada pada nama file. Hasil akhirnya akan menjadi “msgstore.db.crypt“.

#3. Memulihkan Data WhatsApp

  • Berikutnya kalian install kembali aplikasi “WhatsApp” yang sudah di hapus.
  • Namun sebelum di buka, kalian salin dulu file yang sudah di hilangkan “YYYYMMDD” tadi dan masukan ke “Folder Databse” seperti sebelumnya.
  • Jika sudah, buka dan ikuti semua instruksi yang di perintahkan dan usahakan menggunakan nomor ponsel yang sama serta namanya juga wajib sama seperti sebelumnya.
  • Ketika muncul notifikasi pulihkan maka segera pilih “Pulihkan” dan biasanya WhatsApp akan mengambil data yang sudah kalian simpan tadi.
  • Jika proses pemulihan berhasil, maka cobalah untuk melihat pesan yang sudah di hapus tadi.

2. Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Melalui Notification Log

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk mengintip isi pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya adalah dengan memanfaatkan notification log atau sering juga di sebut dengan nama riwayat notifikasi.

Untuk caranya juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka HP kalian dan tekan lama di “Home Screen
  • Kemudian kalian bisa menambahkan widget “Notification Log” atau “Log Pemberitahuan“.
  • Kalian bisa meletakkannya di mana saja pada “Home Screen“.
  • Dalam widget tersebut kalian akan melihat semua riwayat notifikasi yang masuk dan ini juga termasuk riwayat pada chat WhatsApp yang sudah dihapus lama.
  • Tapi biasanya hanya bisa bertahan selama 1-5 menit setelah pesan itu muncul dan di hapus.

Tapi untuk cara yang satu ini, tidak bisa di lakukan pada semua ponsel. Jadi ada beberapa ponsel yang tidak memiliki fitur tersebut, tapi kalian masih bisa mencobanya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp Lengkap

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus lama Dengan Aplikasi Tambahan

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Dengan Aplikasi Tambahan

Melihat isi pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya, tidak hanya bisa di lakukan dengan dua cara diatas saja. Tapi di sini kita juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan.

Untuk cara ini tentu kalian harus menginstall terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga yang bisa di install secara gratis di Google Playstore yang ada pada HP Android.

Meski di sana ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan, tapi untuk tips kali ini saya hanya merekomendasikan kalian 4 jenis aplikasi saja. Karena 4 aplikasi tersebut lebih mudah dan simpel untuk kita operasikan di semua ponsel Android.

1. Notification History

Untuk cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Notification History. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis di dalam Playstore yang ada pada setiap ponsel Android dan App Store di iPhone.

Aplikasi yang bernama Notification History ini mampu untuk merekam setiap notifikasi yang masuk ke dalam smartphone kalian dan ini juga termasuk pesan yang ada pada WhatsApp. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, contohnya seperti berikut:

  • Pertama kalian harus menginstall aplikasi “Notification History” di Google Play Store.
  • Aktifkan notifikasi melalui menu “Setting” atau “Pengaturan” yang ada pada ponsel.
  • Buka aplikasi “Notification History” dan klik ikon “WhatsApp“.
  • Terakhir kalian akan melihat seluruh data yang masuk kedalam WhatsApp dan ini juga termasuk pesan yang sudah di hapus oleh pengirim.
  • Selesai.

2. WhatsRemoved+

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian coba untuk melihat isi pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya adalah dengan aplikasi WhatsRemoved+.

Aplikasi yang satu ini mempunyai banyak fitur dan tidak hanya bisa di gunakan untuk merekam seluruh notifikasi dari aplikasi WhatsApp saja. Tapi juga bisa di gunakan untuk merekam notifikasi yang masuk di beberapa aplikasi sosial media lainnya.

Apabila kalian berminat untuk menggunakan aplikasi ini, maka bisa mengikuti cara penggunaanya di bawah ini:

  • Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah memasang aplikasi “WhatsRemoved+” di Google Play Store.
  • Setelah proses unduhan selesai maka buka dan jalankan aplikasi “WhatsRemoved+” tadi.
  • Namun sebelum itu kalian wajib mengaktifkan akses notifikasi untuk aplikasi “WhatsRemoved+” melalui menu “Pengaturan” atau “Settings” yang ada di dalam ponsel.
  • Jika sudah, kalian dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin direkam notifikasinya melalui “WhatsRemoved+“.
  • Tapi aplikasi ini hanya akan merekam semua notifikasi yang masuk setelah kamu mengaktifkannya saja dan untuk pesan yang terhapus sebelum aplikasi ini di aktifkan maka kemungkinan besar isi pesannya tidak akan bisa di lihat.

3. Recent Notification

Aplikasi ketiga yang bisa kalian gunakan untuk melihat sebuah pesan yang sudah terhapus di dalam WhatsApp adalah dengan Recent Notification. Untuk fungsi dari aplikasi ini juga masih tetap sama dengan kedua aplikasi yang sudah admin sebutkan di atas tadi.

Nah, jika dari kalian ada yang berminat untuk menggunakan aplikasi ini maka bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masih sama seperti cara yang di atas, kalian harus menginstall aplikasi “Recent Notification” di Play Store.
  • Selanjutnya kalian izinkan dulu aplikasi ini untuk mengakses notifikasi pada WhatsApp melalui menu “Pengaturan” atau “Settings” yang ada di dalam ponsel kalian.
  • Terakhir buka dan pilih aktifkan notifikasi untuk WhatsApp di dalam aplikasi “Recent Notification“.
  • Selesai, deh.

4. Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Melalui aplikasi Nova

Terakhir sebuah aplikasi yang juga bisa kalian gunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya adalah dengan Nova.

Aplikasi yang bernama Nova ini juga merupakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk merekam seluruh riwayat notifikasi yang masuk kedalam ponsel. Ini juga bisa kalian gunakan untuk merekam sebuah notifikasi yang masuk pada WhatsApp.

Cara menggunakan aplikasi yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas dan kurang lebih caranya seperti berikut ini:

  • Pertama pasang dulu aplikasi “Nova” di Google Play Store.
  • Setelah itu izinkan terlebih dahulu aplikasi tersebut mengakses Notifikasi melalui menu “Pengaturan“.
  • Buka aplikasi tadi dan aktifkan notifikasi untuk WhatsApp.
  • Terakhir kalian bisa melihat seluruh rekaman notifikasi yang masuk kedalam WhatsApp melalui aplikasi “Nova” meskipun pesannya sudah di hapus.

Penutup

Memang sampai saat ini ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus lama. Hanya saja tidak semua cara itu bisa berhasil atau sesuai dengan harapan kita. Hal ini di karenakan WhatsApp sudah memperbaharui kebijakan-kebijakan serta keamanan untuk setiap penggunanya.

Kalian juga sebaiknya berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu merekam seluruh aktivitas kalian di dalam WhatsApp. Karena pastinya tidak semua aplikasi pihak ketiga itu aman, ya. Jadi usahakan untuk tidak memberikan data pribadi ataupun mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses data sensitif yang ada di dalam ponsel kalian.

Terakhir, mungkin itu saja tips yang bisa admin hadirkan hari ini mengenai cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus lama oleh pengirimnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya, serta jangan lupa juga untuk menantikan tips keren lainnya hanya di Kampung Gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.