Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar – Pada saat kita mengirim sebuah pesan menggunakan aplikasi WhatsApp, pastinya akan terasa tidak lengkap apabila kita tidak bisa mengirim atapun menerima media seperti gambar. Entah itu hanya sekedar sebuah candaan semata atau memang merupakan sebuah hal yang penting untuk disampaikan kepada orang yang kita ajak ngobrol.

Apalagi saat ini juga sudah tersedia banyak sekali jenis gambar-gambar yang keren, lucu dan menarik untuk kita kirimkan lewat chat pada aplikasi WhatsApp. Umumnya saat seorang teman atau saudara mengirimkan kita sebuah gambar lewat pesan WhatsApp. Maka kita bisa langsung melihatnya hanya dengan meng-klik gambar yang di kirim tersebut.

Tapi tidak semuanya ternyata semudah itu, ya. Karena terkadang ada juga masalah yang membuat kita tidak bisa menerima ataupun membuka sebuah gambar yang di kirimkan oleh seseorang kepada kita melalui chat WA.

Biasanya jika ini terjadi, gambar yang kita terima itu akan berwarna hitam ataupun buram. Meski gambar tersebut sudah kita tekan, namun tetap saja kita tidak bisa memunculkan gambar tersebut dengan jelas.

Nah, jika saat ini kalian memang sedang mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar ataupun file media lainnya. Maka kalian sudah berada di tempat yang tepat karena di sini saya akan menjelaskan mengenai penyebab serta cara mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Sama seperti masalah pada aplikasi WhatsApp sebelumnya, di mana untuk permasalahan WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar ini juga pasti ada hal yang menjadi penyebabnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab umum aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima pesan gambar:

1. Adanya Masalah Pada Jaringan

Jika hanya untuk sekedar chatting, aplikasi WhatsApp memang tidak membutuhkan koneksi internet yang baik seperti aplikasi chatting lainnya. Meski begitu, apabila sudah berhubungan dengan file media seperti gambar maka proses download nya akan memerlukan koneksi internet yang lebih baik dan stabil tentunya.

2. Pengaturan Tanggal yang Tidak Benar

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini sangatlah sepele dan sering juga di abaikan. Meski begitu, pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai dapat menimbulkan sebuah masalah juga, lho. Salah satu masalah yang bisa di timbulkan oleh hal sederhana ini adalah koneksi internet yang menjadi tidak stabil serta tidak mampu berfungsi seperti biasanya.

3. Ruang Penyimpanan HP Penuh

Penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar yang selanjutnya bisa juga di sebabkan oleh memori internal pada HP penuh. Sama halnya dengan file lainnya, di mana sebuah gambar yang kalian terima melalui chat WhatsApp itu akan tersimpan di dalam galeri ponsel. Untuk menyimpan semua gambar tersebut pastinya membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Apalagi kalau jumlah dan resolusi gambarnya besar, pastinya akan membebani ruang penyimpanan pada HP.

4. Aplikasi WhatsApp Error

Timbulnya sebuah bug juga dapat memicu semua aplikasi mengalami error dan ini juga bisa terjadi pada aplikasi WhatsApp. Jika sudah begini, kalian tidak akan bisa menggunakan aplikasi WhatsApp seperti biasa lagi dan kemungkinan besar kalian juga akan kesulitan untuk menerima ataupun mengirim sebuah gambar.

Baca Juga: Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup

5. Pengaturan WhatsApp Masih Read-Only

Pada beberapa jenis sistem, khususnya untuk sebuah sistem versi terbaru saat ini itu sudah dibekali dengan pengaturan khusus di mana beberapa aplikasi bisa di atur Read-Only atau bisa juga Read-Write. Nah, yang menjadi masalah saat ini adalah pengaturan Read-Only ini dapat mengganggu seluruh fungsi penerimaan gambar di dalam aplikasi WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Pesan Gambar

Begini Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Untuk sekarang ini, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar. Dalam mengatasi masalah yang terjadi saat ini juga tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan sendiri di rumah.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar yang dapat kalian coba lakukan.

1. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu Pada Ponsel

Pada dasarnya, pengaturan tanggal dan juga waktu yang ada di dalam ponsel itu sudah di atur secara otomatis mengikuti regoin yang ada pada jaringan yang kita gunakan. Contohnya saja ketika kalian tinggal di jakarta, maka secara otomatis waktu dan tanggal akan diatur mengikuti waktu yang ada di jakarta.

Tapi seperti yang sudah pernah saya singgung sebelumnya, kalau terkadang pengaturan tanggal dan waktu itu bisa saja berubah-ubah tanpa kita sendiri sadari. Salah satu penyebabnya adalah saat kartu SIM yang kalian gunakan di lepas atau di cabut dari ponsel. Sehingga mengakibatkan pengaturan waktu dan tanggal menjadi berubah dengan sendirinya.

Untuk memperbaiki masalah ini tidak sulit, kalian bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Pertama kalian buka dulu menu “Pengaturan” atau “Settings” yang ada di dalam ponsel.
  • Berikutnya kalian cari lagi menu “Tanggal dan Waktu“, jika tidak ada maka kalian bisa mencarinya di dalam menu “Pengaturan Tambahan“.
  • Jika sudah ketemu, kalian pilih dan ketuk sebanyak dua kali pada opsi “Gunakan waktu yang di sediakan jaringan“. Ini berfungsi untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali pengaturan waktu tersebut.
  • Selesai.

2. Periksa Koneksi Internet

Mengirim pesan ataupun menerima pesan menggunakan aplikasi WhatsApp memang tidak memakan banyak kuota internet, kok. Selain itu ini juga menjadi salah satu kelebihan yang di miliki oleh aplikasi WhatsApp, karena lebih hemat dalam urusan kuota.

Namun itu jika kalian hanya bertukar pesan biasa saja, karena beda lagi jika kalian mengirim atau menerima file media seperti gambar dan foto. Maka secara otomatis konsumsi kuota internet akan menjadi lebih banyak dari sebelumnya dan juga membutuhkan akses internet yang stabil.

Nah, jika kalian mengalami masalah saat mengirim ataupun menerima gambar pada aplikasi WhatsApp. Cobalah untuk memeriksa jaringan internet di dalam ponsel kalian. Bisa saja layanan internet yang kalian gunakan sedang mengalami gangguan atau mungkin kuota internet sudah habis.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Apabila internet pada ponsel kalian cukup lancar dan bisa di bilang stabil, tapi masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar masih saja kalian alami. Maka kemungkinan besar ini terjadi pada aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan mengalami masalah atau error.

Penyebabnya tentu ada banyak dan salah satunya bisa terjadi saat proses instal atau pembaharuan yang kalian lakukan sebelumnya. Kemungkinan besar ada beberapa file yang tidak bisa di buka oleh sistem yang ada pada ponsel, file ini biasanya berisi tentang akun yang kita gunakan.

Untuk mengatasi masalah ini tidaklah sulit dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama kalian buka dulu menu “Pengaturan” yang ada di dalam ponsel.
  • Selanjutnya kalian cari lagi menu “Manager Aplikasi” atau “Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian cari menu “Daftar Aplikasi“.
  • Dalam menu ini kalian bisa mencari “Aplikasi WhatsApp“.
  • Jika sudah terbuka, maka pertama kalian pilih dulu menu “Paksa Berhenti” lalu “Hapus Data“.

Dengan proses ini, aplikasi WhatsApp akan kembali seperti pertama kalian menguduhnya dan kalian juga bisa langsung membuka dan login kembali dengan nomor HP sebelumnya.

4. Bersihkan Sampah Pada Memori Internal

Di atas tadi admin juga sudah menjelaskan kepada kalian kalau semua file yang masuk melalui WhatsApp seperti dokumen, foto, video dan lainnya itu akan tersimpan di dalam ruang penyimpanan internal yang ada pada ponsel.

Jadi, aplikasi WhatsApp akan menguduh setiap gambar yang masuk kedalam akun. Hal tersebut berfungsi agar kalian dapat melihatnya dengan mudah dan lebih jelas. Namun ketika ruang penyimpanan internal yang ada di dalam HP kalian sudah penuh, maka ini bisa menyebabkan terjadinya kegagalan saat menerima sebuah gambar atau foto yang di kirimkan oleh orang lain.

Oleh sebab itu, cara yang bisa kalian lakukan untuk masalah ini adalah membersihkan ruang penyimpanan Internal pada HP. Kalian bisa menghapus file seperti dukumen, foto, video dan lainnya yang mungkin sudah tidak kalian perlukan lagi. Sehingga dengan begitu ruang penyimpanan pada ponsel akan kembali lega.

Proses download file media seperti gambar, foto dan video pada aplikasi WhatsApp tidak hanya saat kita membukanya saja. Tapi juga bisa tersimpan secara otomatis meski kita tidak membukanya. Hal ini juga sering membuat ruang penyimpanan di dalam ponsel lebih cepat penuh. Nah, untuk masalah ini kalian bisa membacanya pada artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang cara nonaktifkan download otomatis di WhatsApp.

5. Setting Berikan Izin Pada Aplikasi WhatsApp

Pada Android versi 5.0 ke atas itu sudah dibekali dengan setting izin untuk setiap aplikasi yang di instal secara manual. Di mana ini berfungsi untuk membatasi akses beberapa aplikasi dalam mengakses seluruh data dan fitur yang ada pada ponsel. Jadi, sebelum di berikan izin oleh penggunanya, aplikasi tidak akan bisa mengakses data dan fitur pada HP. Hal tersebut juga berlaku pada aplikasi WhatsApp.

Jika kalian baru pertama kalian menggunakan aplikasi WhatsApp ataupun baru menginstall ulang, maka di perlukan izin untuk mengakses ke penyimpanan internal. Nah, jika akses tersebut belum kalian berikan, maka akan timbul beberapa masalah. Di mana kalian tidak akan bisa menerima file media seperti gambar, video, foto dan lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama kalian bisa masuk ke dalam menu “Setelan” atau “Pengaturan” yang ada di dalam ponsel.
  • Berikutnya kalian buka “Manager Aplikasi” lalu “Daftar Aplikasi“.
  • Dalam menu ini kalian dapat mencari aplikasi “WhatsApp“.
  • Buka aplikasi “WhatsApp” kemudian kalian cari opsi “Perizinan apl” dan centang semua perizinan yang di perlukan , termasuk juga izin mengakses penyimpanan.

Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp 1 Nomor Untuk 2 HP

6. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Munculnya sebuah bug memang adalah hal yang biasa pada semua aplikasi dan ini juga termasuk dengan aplikasi WhatsApp. Saat sebuah aplikasi memiliki bug, maka beberapa fungsi yang ada pada aplikasi tersebut akan mengalami masalah. Dan ini juga sering membuat aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima pesan gambar atau video.

Untuk memperbaiki masalah tersebut kalian bisa menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstal ulang kembali seperti biasa melalui Google Playstore. Dengan cara ini, semua data yang mengalami masalah akan di hapus dan di ganti dengan data yang baru. Biasanya cara ini bisa membuat aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan kembali normal seperti semula.

Tapi sebelum melakukannya, ada baiknya kalian backup terlebih dahulu semua chat penting yang ada di dalam akun WA. Karena jika tidak, semua chat yang ada di dalam WA akan terhapus secara permanen. Untuk caranya bisa kalian cek di artikel saya sebelumnya tentang cara menyimpan chat WhastApp agar tidak hilang.

7. Tunggu Aplikasi WhatsApp Kembali Normal

Setiap aplikasi tentu memiliki servernya sendiri dan ini juga termasuk aplikasi WhatsApp. Dalam beberapa kasus server yang digunakan oleh beberapa aplikasi termasuk WhatsApp juga bisa mengalami gangguan atau down. Walaupun hal tersebut tidak terlalu sering terjadi juga, sih.

Pada saat server WhatsApp mengalami gangguan atau down, maka tentu akan menyebabkan beberapa fitur yang ada di dalamnya mengalami masalah serta sulit untuk berfungsi dengan normal.

Salah satu contoh yang sering di alami oleh pengguna saat server WhatsApp down adalah masalah saat mengirim dan menerima pesan, gambar, video, dokumen dan file lainnya. Tapi untuk sekarang ini masalah tersebut sudah tidak pernah terjadi, tapi bukan berarti tidak akan terjadi lagi.

8. Coba Gunakan WhatsApp MOD

Langkah berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar ialah dengan menggunakan WhatsApp Mod.

Kalian bisa menggunakan bantuan WhatsApp MOD apabila semua cara yang sudah admin sebutkan di atas itu tidak bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah yang terjadi saat aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar ataupun video.

9. Lakukan Factory Reset

Langkah yang terakhir yang juga dapat kalian lakukan dalam memperbaiki masalah yang terjadi di dalam aplikasi WhatsApp adalah dengan me-reset ponsel ke pengaturan awal atau pabrik.

Cara ini bisa kalian pilih apabila semua cara mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima pesan gambar di atas sudah kalian coba namun hasilnya tetap saja tidak berhasil.

Namun sebelum kalian me-reset ponsel, ada baiknya kalian mem-backup seluruh data penting yang ada di dalam ponsel terlebih dahulu dan untuk melakukannya kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di artikel sebelumnya yang menjelaskan secara lengkap mengenai cara backup data penting di Android.

Jika kalian ingin melakukan cara yang terakhir ini, maka kalian juga bisa mengikuti cara reset ponsel Android di pembahasan sebelumnya, hal ini karena masing-masing ponsel itu memiliki cara yang berbeda-beda.

Penutup

Berdasarkan pengalaman pribadi admin sendiri, biasanya aplikasi WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar hanya di sebabkan oleh jaringan internet yang kurang baik, pengaturan waktu dan tanggal yang tidak sesuai serta terakhir biasanya ada di ruang penyimpanan Internal yang penuh.

Untuk saat ini apakah kalian sudah paham dengan pembahasan admin di atas? Jika kalian masih bingung dengan tutorial yang admin bagikan di atas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Baik, mungkin untuk saat ini cukup sampai di sini dulu informasi yang bisa admin sampaikan kepada kalian tentang cara mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menantikan informasi keren, unik seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.