Story WhatsApp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Story WhatsApp Tidak Muncul

Mengatasi Story WhatsApp Tidak Muncul – Mungkin beberapa dari kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi chatting yang satu ini. Yup, WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup populer dan memiliki banyak pengguna di hampir seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Jelas ini karena WhatsApp mempunyai banyak fitur yang akan memudahkan penggunanya, salah satunya seperti story. Di mana fitur unggulan dari WhatsApp yang satu ini sangatlah menarik dan juga sangat sering di gunakan oleh semua penggunanya.

Karena pada WhatsApp story, kalian dapat melakukan update status yang sesuai dengan keinginan sendiri. Misalnya saja seperti:

  1. Mem-posting pesan status biasa saja.
  2. Menambahkan variasi emoji pada pesan status.
  3. Memasukkan gambar atau video ke dalam status juga bisa kalian lakukan.

Sebagai salah satu aplikasi chatting, tentu dengan adanya fitur tersebut pasti akan membuat WhatsApp menjadi lebih kekinian.

Meskipun fitur status itu cukup menarik, namun tidak selamanya juga bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita, lho. Dalam beberapa kejadian, sebagian pengguna WhatsApp mengeluhkan karena mengalami masalah dimana status WhatsApp tidak dapat muncul.

Karena banyak yang mengalami masalah ini, maka Kampung Gadget akan mengulas secara lengkap untuk kalian semuanya. Hal ini juga sangat menarik untuk kita bahas, mengingat fitur status tersebut juga merupakan salah satu fitur yang cukup penting bagi sebagian penggunanya.

Apa Penyebab Story WhatsApp Tidak Muncul?

Penyebab Story WhatsApp Tidak Muncul

Sebelum lanjut kedalam pembahasan mengenai cara mengatasi masalah story WhatsApp tidak bisa muncul, ada bagusnya kita lihat dulu penyebabnya. Karena, masih banyak pengguna WhatsApp yang belum tahu tentang apa sebenarnya penyebab munculnya masalah ini.

Sebenarnya itu, ada beberapa faktor penting yang mengakibatkan masalah ini terjadi, diantaranya itu adalah seperti berikut:

1. Muncul bug Pada Aplikasi WhatsApp

Bug yang di maksudkan di sini itu adalah error atau kesalahan saat aplikasi ini di jalankan oleh sistem Android. Jadi, kalian mungkin bisa membayangkan sendiri seperti apa, ya.

2. Kamu Telah di Blokir

Maksudnya itu, pada saat kalian melihat story kontak yang tersimpan di WhatsApp. Apabila kalian memang telah di blokir, maka secara otomatis akun WA yang kalian gunakan tidak dapat melihat status dari akun yang memblokir kalian. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika kalian memblokir akun WA tersebut.

3. Nomor Kontak Belum Tersimpan di HP

Untuk dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar, maka nomor kontak orang tersebut harus kalian simpan terlebih dahulu. Karena jika belum, maka salah satu dampak yang bisa kalian alami adalah tidak bisa melihat story WA yang iya buat.

4. Aplikasi WhatsApp Belum Diperbaharui

Sebenarnya hal ini masih ada kaitannya dengan masalah bug yang admin sebut tadi, meski tidak selamanya bisa terjadi, sih. Namun bukan berarti masalah tersebut tidak bisa terjadi karena kalian belum memperbaharui aplikasi WhatsApp.

5. Penyimpanan HP Penuh

Ini juga masih ada hubungannya dengan masalah bug tadi, namun kurang tepat juga, sih. Sebab, jika ruang penyimpanan pada HP penuh, WhatsApp biasanya beresiko mengalami gangguan tertentu, seperti loading yang lama saat membukanya.

6. WhatsApp Sedang Gangguan

Meski sangat jarang terjadi, namun bisa saja saat ini aplikasi WhatsApp memang sedang mengalami gangguan pada server nya. Maklum saja, ini karena WhatsApp mempunyai banyak pengguna aktif di seluruh dunia, dan pastinya memiliki lalu lintas yang sangat padat.

Nah, jika kalian merupakan salah satu orang yang sedang mengalami masalah ini, pastinya kalian akan merasa cukup terganggu bukan? Atau mungkin saja bisa merasa sangat terganggu?

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Cara Mengatasi Story WhatsApp Tidak Muncul di Android

Seperti yang sudah kalian lihat tadi di atas, di mana ada banyak sekali penyebab yang membuat kita mengalami masalah ini.

Lantas bagaimana cara mengatasi story WhatsApp tidak muncul? Berikut adalah jawabannya:

  1. Periksa Apakah Kamu Diblokir?
  2. Update WhatsApp Terlebih Dahulu
  3. Periksa Privasi Teman, Apakah Disembunyikan?
  4. Pastikan Koneksi Internet Tidak Sedang Gangguan
  5. Pastikan Nomor HP Teman Kamu Sudah Tersimpan di Kontak
  6. Clear Data Pada WhatsApp
  7. Instal Ulang WhatsApp

Jadi kalian juga tidak usah khawatir dengan banyaknya cara di atas, admin akan menemani kalian dalam mengikuti langkah per langkahnya di bawah ini.

1. Periksa Apakah Kamu Diblokir?

Pada saat akun WhatsApp seseorang di blokir oleh temannya, maka yang paling sering terjadi itu bisa 3 hal berikut ini:

  • Pesan tidak bisa terkirim.

Sebuah pesan yang memang akan kalian kirimkan itu tidak akan pernah bisa terkirim, entah itu sampai kapan kalian harus menunggu. Namun yang pasti, selama akun kalian di blokir.

  • Profil tidak akan muncul.

Pada saat kalian di blokir, secara otomatis kalian tidak akan bisa melihat profil dan informasi lain yang berhubungan dengannya lagi.

  • Status juga tidak akan terlihat.

Selain itu, pada saat akun kalian telah di blokir, maka kalian juga tidak akan bisa melihat kembali story atau status yang dia buat. Begitu juga sebaliknya, dia juga tidak akan bisa melihat story yang kalian buat. Ini juga sudah di jelaskan pada halaman FAQ WhatsApp.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini?

Untuk kondisi ini, sebenarnya sangat sulit untuk bisa di atasi.

Mungkin saja kalian bisa mencoba menggunakan akun WA lain kemudian mengirimkan sebuah pesan ke orang tersebut agar membatalkan blokir akun WhatsApp kalian.

Penting, selain akun kalian yang di blokir, pastikan juga kalau kalian tidak sedang memblokirnya. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi, ya.

2. Update WhatsApp Terlebih Dahulu

Kemungkinan juga jika status WA tidak muncul, bisa saja aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan sudah terlalu autdate atau sudah kadaluarsa.

Dalam beberapa waktu, entah itu dalam beberapa minggu atau bulan, umumnya developer WhatsApp akan selalu melakukan pembaharuan pada aplikasinya. Pada saat pembaharuan, biasanya akan di barengi dengan penambahan fitur dan juga perbaikan bug yang terjadi di versi sebelumnya.

Tentu, perbaikan bug ini sangatlah berpengaruh, lho. Sampai saat ini, ada beberapa error WA yang dapat kalian atasi hanya dengan melakukan pembaharuan saja pada aplikasinya. Misalnya, masalah WhatsApp tidak bisa menerima gambar atau video.

Berikut cara update aplikasi WhatsApp pada HP Android:

  1. Buka dulu aplikasi Playstore di HP kalian.
  2. Pilih icon Garis Tiga di atas kiri layar.
  3. Setelah itu, pilih menu Aplikasi & Game Saya.
  4. Cari aplikasi WhatsApp di sana.
  5. Pilih dan lakukan pembaharuan jika tersedia.

Jika kalian sudah selesai melakukan pembaharuan, maka hanya perlu mengetesnya lagi, deh. Apabila asal masalahnya itu dari bug, maka status atau story teman WA kalian yang sempat hilang itu seharusnya sudah bisa di lihat kembali.

3. Periksa Privasi Teman, Apakah Disembunyikan?

Privasi di dalam aplikasi WhatsApp, sebenarnya dapat kalian atur sedemikian rupa. Hal ini bertujuan agar orang-orang tertentu saja yang bisa melihat status WhatsApp yang sudah kalian buat. Nah, hal tersebut sebenarnya juga berlaku pada story WhatsApp.

Di mana, story WhatsApp itu dapat kalian sembunyikan pada teman WA tertentu, agar nantinya orang itu tidak bisa melihat status yang baru kalian buat.

Lalu, caranya itu sebenarnya bagaimana? Tenang, kalian hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu masuk kedalam menu Setelan.
  3. Kemudian Akun.
  4. Setelah itu Privasi.
  5. Kemudian, lihat pada kolom Status.

Dalam menu itu, kalian akan melihat beberapa opsi:

  • Kontak Saya : Artinya semua kontak bisa melihat status atau story kalian.
  • Kontak Saya Kecuali: Berarti semua kontak bisa melihat status atau story, kecuali orang-orang tertentu saja.
  • Hanya Bagikan Dengan: Ini artinya semua kontak tidak bisa melihat status atau story, kecuali kontak yang kalian pilih.

Sekarang, kalian bisa menanyakan ke kontak yang story-nya hilang atau tidak muncul di WhatsApp kalian. Apakah iya memang mengatur privasinya menjadi salah satu selain Kontak Saya? Atau mungkin iya menyembunyikan statusnya dari kamu?

Jika memang iya, mau tidak mau kalian harus memintanya untuk membuka setting privasi tadi agar kalian dapat melihat status yang iya buat.

4. Pastikan Koneksi Internet Tidak Sedang Gangguan

Ketika kalian menggunakan aplikasi WhatsApp, tentunya koneksi internet yang di gunakan wajib stabil dan tidak sedang gangguan. Karena hampir semua aktivitas yang kalian lakukan di dalam aplikasi WhatsApp membutuhkan jaringan internet.

Misalnya saja seperti menerima dan mengirim pesan, update status, sampai mengirim video panjang di WhatsApp, bisa terganggu jika koneksi yang kalian gunakan tidak stabil. Tidak terkecuali juga saat kalian ingin melihat status teman di WhatsApp karena aktivitas tersebut pun juga bisa terganggu.

Pada saat jaringan internet mengalami gangguan dan parahnya lagi sampai tidak stabil, maka status atau story WA terbaru dari teman-teman kalian tidak akan muncul. Biasanya jika hal ini terjadi, kalian akan mendapati pesan yang bertuliskan ‘terjadi kesalahan’.

Nah, status terbaru itu akan kembali muncul atau bisa kalian lihat jika ponsel kalian sudah kembali terhubung dengan layanan internet yang stabil. Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mencoba 3 tips berikut:

  1. Pastikan dulu koneksi internet kalian berjalan dengan normal. Cara memeriksanya itu bisa dengan browsing atau membuka aplikasi Youtube. Jika berjalan dengan normal, maka itu tandanya internet di ponsel kalian sudah kembali stabil.
  2. Periksa jumlah kuota yang kalian miliki. Jangan-jangan ini juga bisa di sebabkan karena kuota sudah habis atau masa waktunya telah berakhir. Sebagian orang biasanya sering melupakan kondisi yang seperti ini.
  3. Kalian juga bisa memeriksa jaringan internet dengan melakukan tes. Bisa memakai sebuah aplikasi pihak ketiga atau melalui sebuah website.

Apabila masih belum bisa stabil, maka kalian dapat mencoba untuk mengganti operator internet yang di gunakan saat ini. Karena biasa saja itu memang sedang terjadi gangguan dari sananya atau lokasi kalian saat ini belum sepenuhnya tercover operator tersebut.

Jika kalian pengguna operator Indosat, maka bisa mencoba tips mempercepat koneksi internet Indosat yang lemot.

Baca Juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus

5. Pastikan Nomor HP Teman Kamu Sudah Tersimpan di Kontak

Apakan story salah satu teman WA kalian tidak muncul? Kemungkinan besar ini terjadi dikarenakan kalian belum menambahkannya ke daftar kontak di HP kalian. Dari pengalaman admin sendiri, teman WhatsApp yang kontaknya belum tersimpan, maka otomatis kalian tidak akan bisa mendapatkan update statusnya.

Oleh sebab itu, kalian bisa mencoba untuk memastikan terlebih dahulu, apakah kalian sudah menambahkan kontaknya atau belum. Jika belum tahu caranya, silakan bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka dulu aplikasi Kontak yang ada di HP kalian.
  • Lalu, masukan nomor HP teman kalian yang ingin di lihat story-nya.
  • Pastikan lagi nomor HP yang di masukan sudah benar.
  • Kemudian tinggal Simpan.
  • Terakhir coba priksa kembali story di WhatsApp kalian.

Tidak sedikit juga dari mereka yang kurang menyadari telah menyimpan nomor HP yang salah, meski itu hanya satu digit angka saja. Maka dari itu, cobalah untuk memeriksanya kembali dengan teliti, mungkin saja ada salah satu angka yang tidak sama.

6. Clear Data Pada WhatsApp

Cara yang selanjutnya ini juga bisa kalian lakukan jika mengalami masalah seperti story WA masih belum muncul, coba untuk Clear Data WhatsApp.

Hal ini sebenarnya bertujuan jika seandainya ada masalah pada WhatsApp bisa hilang. Karena dengan melakukan Clear Data, maka otomatis akan me-restart aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan.

Untuk cara ini sebenarnya ada 2 opsi yang bisa kalian pilih, yaitu:

  1. Clear Data, menghapus secara permanen semua data yang ada di aplikasi WhatsApp.
  2. Clear Cache, hanya menghapus file cache di dalam WhatsApp.

Mungkin bagi kalian kedua cara tersebut mirip, padahal itu tidak dan sebenarnya sangat berbeda. Melakukan Clear Data seharusnya akan lebih efektif, sebab akan menghapus semua data serta meliputi cache juga. Sedangkan untuk Clear Cache itu tidak akan menghapus semua data pada WhatsApp.

Kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka dulu menu Setelan pada HP kalian.
  2. Lalu kalian dapat masuk ke dalam menu Aplikasi.
  3. Berikutnya kalian bisa mencari aplikasi WhatsApp.
  4. Setelah itu, masuk ke menu Penyimpanan.
  5. Terakhir tinggal pilih Hapus Data.

Setelah berhasil, kalian dapat membuka kembali aplikasi WhatsApp dan dapat melakukan login dengan akun sebelumnya.

Penting, sebelum melakukan Clear Data, ada baiknya kalian mencadangkan semua chat serta data penting lainnya yang di simpan pada WhatsApp. Karena Clear Data ini akan menjadikan aplikasi WhatsApp kalian kembali seperti baru lagi.

7. Instal Ulang WhatsApp

Jika dengan melakukan Clear Data masih belum bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah story WhatsApp yang tidak muncul, maka bisa mencoba untuk meng-instal ulang WhatsApp.

Sebenarnya, caranya tidak  berbeda dengan proses di atas, tapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba melakukan cara ini. Karena dalam sebagian masalah, meski tidak terlalu sering terjadi, ketika melakukan pembaharuan juga bisa terjadi bug atau error yang menimbulkan banyak masalah.

Caranya juga sangat mudah, yaitu:

  • Buka dulu aplikasi Playstore.
  • Kemudian kalian ketikan WhatsApp di kolom pencarian.
  • Setelah itu, pilih menu Uninstal.
  • Berikutnya kalian dapat merestat HP seperti biasa.
  • Jika HP kalian sudah menyala kembali, maka Instal kembali WhatsApp seperti biasa.
  • Terakhir login dengan akun sebelumnya.

Jangan lupa juga untuk mencadangkan semua data yang kalian miliki di dalam aplikasi WhatsApp sebelum meng-instal ulang WhatsApp, ini untuk mencegah data kalian hilang.

8. WhatsApp Mungkin Sedang Mengalami Gangguan

Apakah sebelumnya, story WA kalian normal-normal saja sebelum tiba-tiba menghilang atau tidak muncul? Kemungkinan besar ini terjadi dikarenakan aplikasi WhatsApp pada ponsel kalian memang sedang mengalami gangguan.

Sebenarnya, gangguan pada WhatsApp ini dapat di bagi menjadi dua:

  1. Gangguan dari aplikasi WhatsApp pada HP kalian, atau
  2. Gangguan dari pihak WhatsApp-nya sendiri.

Jika masalahnya memang terjadi dari WhatsApp pada HP kalian, seharusnya itu akan hilang jika kalian sudah mengikuti tips-tips di atas tadi. Terutama memperbaharui WhatsApp, Clear Data dan meng-instal ulang WhatsApp.

Tapi, jika semua tips di atas tadi sudah kalian coba semuanya, namun belum juga bisa memberikan hasil yang sesuai, mungkin ini terjadi memang karena WhatsApp sedang down atau gangguan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jika menurut admin sendiri, kalian sebaiknya untuk menunggu saja sampai aplikasi WhatsApp kembali normal. Pada umumnya, WhatsApp mengalami gangguan ini hanya sekitar 60 menit sampai 2 jam lamanya. Meski sedikit jarang terjadi, kondisi ini bisa lebih dari 1 hari.

Penutup

Baik, mungkin demikian sekilas informasi yang bisa Kampung Gadget hadirkan mengenai cara mengatasi story WhatsApp yang tidak muncul. Beberapa dari penjelasan di atas sebenarnya bersumber dari halaman resmi WhatsApp dan admin tulis kembali dengan lebih detail dan agar mudah kalian pahami.

Jika kalian mempunyai pertanyaan yang berkaitan dengan masalah pada aplikasi WhatsApp lainnya, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga dengan informasi ini, story WhatsApp anda yang error dapat kembali normal seperti dulu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.