Waspada, Ini 10 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Kampung Gadget – Ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang tidak sadar kalau kebiasaan buruk yang mereka lakukan tersebut dapat menjadi penyebab baterai HP cepat habis.

Meski daya baterai pada ponsel itu bisa di isi kembali, namun dalam beberapa situasi tertentu hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kita. Contohnya saja saat kita sedang berada di luar rumah atau charger HP yang ketinggalan dirumah.

Seperti yang kita tahu, saat ini memang sudah banyak produsen smartphone yang sudah membekali produknya dengan kapasitas baterai besar serta mempunyai daya tahan yang lebih kuat. Tapi itu tidak akan berguna apabila penggunannya masih tidak sadar dengan kebiasaan buruk yang sering mereka lakukan pada ponselnya sendiri.

Kebiasaan ini sering menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai dan akan membuat kamu lebih sering mencolokan charger pada ponselmu itu.

Lalu kebiasaan apa saja yang menjadi penyebab borosnya konsumsi daya baterai pada HP dan bagaimana langkah untuk mengatasinya? Mari langsung saja kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah 9 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Kebiasaan ini memang terlihat sederhana dan mungkin sepele bagimu, tapi jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka bukan tidak mungkin lagi kalau baterai ponselmu akan cepat drop / rusak.

Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi pada ponselmu, maka cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk berikut ini.

1. Pemindai Wifi yang Terus Aktif

Pada umumnya masing-masing ponsel itu sudah dibekali dengan fitur Wifi, ini berguna agar pengguna bisa mengakses layanan internet.

Dalam mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah karena kamu hanya perlu mengaktifkannya dengan mengetuk fitur tersebut didalam ponsel. Namun apa hubungannya borosnya konsumsi daya baterai ponsel dengan wifi?

Saat fitur ini kamu aktifkan maka ia akan terhubung dengan jaringan Wifi yang sedang aktif, tapi ketika tidak ada lagi jaringan Wifi yang aktif maka fitur ini akan terus berusaha untuk memindai atau mencari jaringan wifi baru yang aktif.

Saat fitur itu terus aktif dan ternyata tidak ada sinyal Wifi yang ditemukan maka hal ini malah akan berdampak pada borosnya konsumsi daya baterai pada ponsel kita.

Oleh karena itu, saat kamu sudah selesai menggunakan fitur tersebut alangkah baiknya kalau kamu mematikan fitur itu. Karena dengan cara ini akan membuat konsumsi daya pada baterai menjadi berkurang.

2. GPS yang Selalu Aktif

Kebiasaan buruk lainnya yang juga menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai ponsel adalah membiarkan GPS aktif sepanjang hari.

Saat fitur GPS pada ponsel tidak dimatikan, maka sistem akan terus bekerja untuk melacak lokasi dimana kita berada. Namun fitur ini akan aktif jika ponselmu terhubung dengan internet.

Pada dasarnya fitur ini memang sangat diperlukan oleh beberapa aplikasi yang ada pada ponsel kita, tapi alangkah baiknya kalau kamu mengaktifkan fitur ini pada saat kamu memerlukannya saja. Jadi saat sudah tidak memerlukannya kamu bisa langsung mematikannya.

Meski terdengar sepele, namun cara ini juga cukup ampuh agar daya baterai pada ponsel kita tidak cepat habis.

3. Memaksa Ponsel Terhubung Saat Sinyal Lemah

Saat fitur data pada ponsel diaktifkan maka dengan otomatis sistem akan mencari koneksi internet yang bagus agar nyaman saat digunakan untuk mengakses internet dan membuka beberapa aplikasi sosmed yang kamu instal di dalam ponsel.

Tapi saat koneksi internet di tempat kita lemah, maka ponselmu akan bekerja lebih keras lagi untuk menemukan sinyal yang lebih baik.

Nah, saat inilah konsumsi daya baterai pada ponselmu akan meningkat, imbasnya daya pada baterai akan menjadi cepat habis.

Oleh karena itu, saat kamu merasa susah untuk terhubung dengan jaringan internet maka ada baiknya untuk menunda aktifitas tersebut jika dirasa tidak terlalu penting.

Tapi jika itu dirasa penting dan kamu memang harus terhubung dengan jaringan internet maka cobalah untuk pergi ketempat yang memiliki kekuatan sinyal lebih baik.

4. Layar Ponsel yang Menyala Terus Menerus

Dari beberapa hardware yang ada didalam ponsel, ternyata layar adalah bagian yang paling banyak menghabiskan daya pada baterai.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi Terbaru
7 Trik Rahasia Android Terbaru yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Jadi kebiasaan membiarkan layar pada ponsel menyala secara terus menerus dapat menjadi penyebab daya pada baterai cepat habis. Oleh sebab itu mengganti auto-lock pada ponsel menjadi lebih sebentar dapat menghemat konsumsi daya pada baterai.

5. Aktifnya Sinkronisasi Terus Menerus Pada Aplikasi

Kebiasaan lain yang tidak disadari oleh beberapa pengguna smatphone adalah membiarkan beberapa aplikasi mensinkronisasi data secara otomatis.

Sistem tersebut memang diperlukan oleh beberapa aplikasi penting yang ada didalam ponsel, namun saat koneksi internet sudah tidak stabil maka ada baiknya kamu mematikannya.

Aktifkan bila itu diperlukan saja, karena dengan cara ini, baterai ponselmu akan lebih awet atau tidak cepat habis.

6. Banyak Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Sampai saat ini ternyata masih ada banyak orang yang tidak sadar kalau penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai ponsel itu karena membiarkan banyak aplikasi berjalan di belakang layar.

Pada dasarnya tidak semua aplikasi yang sudah selesai kita gunakan akan berhenti atau menutup otomatis, karena beberapa diantaranya ada yang masih terus aktif meski kamu sudah tidak memakainya.

Saat aplikasi tersebut terus aktif di belakang layar, maka ini akan menyebabkan baterai ponselmu akan cepat habis meski kamu tidak ada menggunakannya.

7. Software yang Tidak Diperbaharui

Selain kebiasaan diatas, penyebab baterai HP cepat habis juga bisa dikarenakan software pada ponselmu yang tidak di perbaharui secara berkala.

Ini karena, software yang diperbaharui secara berkala itu membawa perbaikan dari bug-bug tertentu di dalam ponsel yang biasanya menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai.

Oleh karena itu, mengup-to-date software secara berkala adalah hal yang wajib untuk kamu lakukan pada ponsel kesayanganmu.

8. Hardware yang Bermasalah

Pada dasarnya penyebab terjadinya masalah pada hardware adalah kondisi baterai yang kurang baik serta charger yang sudah rusak.

Selain itu baterai setiap ponsel mempunyai masa pakai yang berbeda-beda, jadi saat masa pakai baterai pada ponsel kita sudah melebihi ketentuannya maka bukan tidak mungkin masalah borosnya konsumsi daya pada baterai akan kalian alami secara terus menerus.

Ada beberapa tanda yang umumnya muncul ketika baterai pada ponsel kita bermasalah seperti.

  • Pengisian daya yang relatif lebih cepat dari biasanya
  • Bentuk baterai yang tidak rata.
  • Tonjolan yang muncul di belakang ponsel.

9. Menginstal Aplikasi yang Menguras Baterai

Tanpa kamu sendiri sadari, ada beberapa aplikasi yang kamu instal di ponsel memakai daya baterai yang cukup banyak.

Beberapa diantaranya itu adalah music streaming, tethering serta aplikasi game dengan grafis berat lainnya. Oleh sebab itu, gunakanlah aplikasi tersebut secukupnya pada situasi tertentu dan dirasa di butuhkan.

Apabila masalah diatas itu sudah kamu perbaiki, tapi daya pada baterai ponselmu masih tetap cepat habis maka ada baiknya kamu mengganti HP lama tersebut dengan HP Baru.

Karena terkadang hal itu dapat di sebabkan oleh rusaknya beberapa komponen yang ada didalam ponsel.

Untuk memperbaikinya juga terkadang membutuhkan dana yang hampir sama dengan membeli unit ponsel baru.

10. Memakai Ponsel saat Mengisi Daya Dengan Powerbank

Kebiasaan terakhir yang sering dilakukan oleh beberapa orang adalah memakai ponsel sambil mengisi daya dengan powerbank. Banyak dari kalian tidak sadar kalau kebiasaan ini jika dilakukan secara terus menerus dapat menjadi penyebab baterai cepat soak atau drop.

Hal ini karena tidak semua powerbank dapat menyuplai daya sesuai dengan kebutuhan ponsel kita, apalagi ditambah dengan memakai ponsel saat mengisi daya dengan powerbank, seperti bermain game.

Alangkah bagusnya saat kamu ingin mengisi daya bataerai ponsel dengan powerbank, sebaiknya matikan koneksi internet atau ponselmu.

Selain mencegah ponselmu cepat panas, cara ini juga akan membuat baterai ponselmu memiliki umur yang panjang.

Baik mungkin itu saja sedikit tips yang dapat Kampung Gadget sampaikan mengenai penyebab baterai HP cepat habis, nantikan juga tips-tips lainnya hanya di sini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

7 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.