Inilah 17 Penyebab Serta Cara Menghapus Virus Malware di Android Terbaru

Penyebab Serta Cara Menghapus Virus Malware di Android Terbaru

Kampung Gadget – Seperti yang sudah kita ketahui kalau akhir-akhir ini virus dan malware tidak hanya menjangkiti komputer dan laptop saja tapi juga smartphone berbasis Android. Lalu bagaimana cara menghapus virus malware di Android?

Tentu saat ponsel Android kita terserang oleh virus dan malware maka akan ada banyak kerugian yang akan kita rasakan seperti, error, blank dan lebih buruknya lagi data penting yang ada pada ponsel kita bisa hilang atau terhapus tanpa kita sendiri sadari.

Oleh sebab itu, menjaga dan mencegah agar HP Android kita tidak terserang oleh virus dan malware adalah hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan beberapa ulasan penting mengenai hal tersebut.

Contoh HP Android yang Terserang Virus Malware

Sebelum kita mulai kedalam pembahasan mengenai bagaimana cara mencegah serta menghapus virus dan malware pada android, ada baiknya kita kenali dulu ponsel Android yang sudah terserang virus serta malware.

Tidak hanya perangkat komputer dan laptop saja yang memiliki ciri-ciri saat terkena serangan dari virus dan malware tapi saat ini smartphone berbasis Android juga mempunyai ciri-ciri yang hampir sama.

Berikut adalah ciri-ciri HP Android yang terserang oleh virus dan malware.

  • Performa smartphone menurun

Contoh pertama saat smartphone android kita terserang oleh virus dan malware adalah performanya yang terus menurun. Penurunan akan terus terjadi dan mungkin juga akan terus bertambah buruk.

  • Konsumsi baterai jadi lebih boros

Ciri-ciri HP android yang terkena virus dan malware selanjutnya adalah konsumsi daya pada baterai menjadi meningkat dan ini menyebabkan baterai HP menjadi cepat drop.

  • Ponsel sering blank

Seringnya ponsel kita blank atau hang juga bisa disebabkan oleh adanya virus dan malware. Bukan tanpa sebab, karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh malware yang membuat kinerja perangkat andriod kita menjadi lebih berat lagi.

  • Penggunaan kouta internet yang tidak wajar

Pada dasarnya malware dan virus itu dibuat untuk mencuri data penting dari korbannya, saat data itu sudah berhasil didapatkan maka malware ini akan secara cepat mengirim data tersebut ke penciptanya. Saat ini terjadi, tentu secara otomatis penggunaan kuota internet akan lebih cepat.

  • Panggilan Tlp yang sering terputus

Ciri-ciri lainnya yang sering menjadi tanda ponsel kita diserang oleh malware adalah panggilan telpon yang sering terputus meski sinyal pada HP bagus.

  • Munculnya folder atau data aneh pada ruang penyimpanan

Contoh terakhir yang menjadi tanda kalau ponsel kita diserang oleh malware atau virus adalah munculnya folder atau data baru didalam ruang penyimpanan pada ponsel kita. Biasanya nama pada file tersebut tidak kita kenal dan didalamnya juga tidak tersimpan data apapun.

Langkah Mencegah Virus Malware Pada Android

Langkah Mencegah Virus Malware Pada Android

Sebenarnya cara terbaik sebelum kita menghapus virus atau malware yang ada pada ponsel kita adalah mencegahnya untuk datang. Untuk mencegah agar ponsel android kita tidak diserang oleh malware kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

  • Lihat data pembuat aplikasi

Saat kamu ingin menginstal sebuah aplikasi pada ponsel android, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu data penting dari pencipta aplikasi tersebut seperti profil dan latar belakangnya.

  • Lihat review dari aplikasi yang ada di instal

Sebenarnya untuk bisa menginstal aplikasi secara aman adalah dengan melihat review positif dari pengguna aplikasi tersebut sebelumnya. Jika review cenderung mengarah ke hal negatif maka ada baiknya jangan memaksakan untuk menginstalnya.

  • Hindari menginstal aplikasi di pihak ketiga

Sebenarnya tidak hanya di Google Play Store saja tempat untuk mendowload aplikasi, melainkan masih ada beberapa market lain yang dibuat oleh pihak ketiga. Jika tidak dirasa penting, ada baiknya hindari menginstal aplikasi pada martket tersebut.

  • Hindari memberikan akses Superuser di sembarang aplikasi

Bagi kalian pemilik ponsel Android yang sudah di root, ada baiknya untuk tidak memberikan sembarang aplikasi mengakses Superuser. Karena jika ini terjadi maka malware atau virus akan mempunyai kontrol penuh pada ponsel kalian.

  • Rutin melakukan scanning virus dan malware

Pencegahan terbaik agar ponsel tidak terkena virus adalah melakukan scanning secara rutin. Kalian bisa melakukan scanning dengan memakai aplikasi AntiVirus terpercaya. Cara ini juga  terbukti ampuh untuk mencegah ponsel kamu terserang oleh virus.

Cara Menghapus Virus Malware di Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Virus Malware di Android Dengan Mudah

Setelah kalian tahu bagaimana ciri-ciri dan cara mencegah agar ponsel Android kita tidak diserang oleh virus, maka untuk langkah adalah menghapus virus dan malware yang ada didalam HP kita.

Untuk melakukan cara ini, kalian akan memerlukan beberapa aplikasi AntiVirus. Ada beberapa jenis aplikasi AntiVirus yang sudah terpercaya dan bisa kamu instal secara gratis di ponselmu.

1. Safe Security

Aplikasi AntiVirus yang pertama ini bisa kamu instal dengan mudah di Google Play Store, selain itu aplikasi ini juga sudah terpercaya dan juga sudah di unduh lebih dari 16 juta.

Tidak hanya itu, aplikasi Safe Scurity ini juga menjamin keamanan untuk para penggunanya dari penyalahgunaan data pribadi yang ada didalam ponsel. Untuk pemakainnya adalah sebagai berikut.

  • Instal terlebih dahulu aplikasi Safe Security di Play Store
  • Setelah selesai, buka aplikasi Safe Security
  • Selanjutnya pilih menu “Scan
  • Tunggu sampai scan selesai.

Biasanya jika terdapat malware atau virus saat scan dilakukan, maka Safe Security akan secara langsung menampilkannya dan kamu bisa membersihkannya secara langsung.

2. Avira Antivirus

Aplikasi Avira Antivirus ini juga bisa kalian andalkan untuk melindungi ponsel androidmu dari serangan malware dan virus. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sudah terpercaya dan bisa memberikan keamanan bagi data pribadi kalian.

Kalian juga bisa menginstal aplikasi Avira Antivirus secara gratis di Google Play Store yang ada didalam ponsel Androidmu. Untuk penggunaannya juga mudah.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Avira Antivirus tersebut.
  • Setelah selesai, buka aplikasi dan klik “Start
  • Tunggu sampai scan malware selesai.

Jika ada masalah, biasanya akan ditampilkan secara langsung setelah scan tadi selesai. Secara otomatis aplikasi Avira Antivirus akan memperbaiki masalah tersebut.

3. Security Master

Security Master juga merupakan salah satu dari beberapa aplikasi AntiVirus terpercaya yang bisa kamu instal secara gratis di ponsel Android. Aplikasi ini juga sudah terpercaya dan akan selalu menjaga keamanan data penting yang ada didalam ponselmu.

Untuk langkah penggunaan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama instal terlebih dahulu aplikasi Security Master
  • Setelah itu masuk kedalam aplikasi tersebut.
  • Lalu pilih menu “Scan
  • Tunggu sampai proses scan selesai.

Jika ternyata ada masalah pada ponsel Android kalian maka pilih menu “Resolve all” yang muncul setelah scan tadi selesai. Menu ini akan membersihkan masalah yang disebabkan oleh virus dan malware.

4. Clean Master

Aplikasi Clan Master juga merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mencegah dan membersihkan virus serta malware yang ada pada ponsel Android. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sudah dipercaya lebih dari 24 juta orang sampai saat ini.

Kamu dapat menginstal aplikasi Clean Master secara geratis di Google Play Store yang ada pada ponsel Androidmu. Untuk langkah-langkah penggunaanya, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

  • Pertama-tama instal terlebih dahulu aplikasi Clean Master tersebut
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut dan klik “Start
  • Berikutnya pilih menu “AntiVirus
  • Terakhir tunggu sampai selesai.

Saat ini Clean Master juga sudah memiliki fitur pembersih virus dan malware secara otomatis, jadi kalian tidak perlu susah-susah menghapusnya satu-persatu lagi.

5. Avast Mobile Security

Selain beberapa aplikasi AntiVirus diatas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Avast Mobile Security yang satu ini. Aplikasi ini tidak hanya bisa kalian gunakan untuk menghapus virus yang masuk kedalam ponsel tapi juga bisa untuk mencegah.

Aplikasi yang satu ini juga tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan pada ponsel Android kalian, jika tertarik kalian bisa untuk aplikasi tersebut disini. Untuk penggunaanya kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Instal terlebih dahulu aplikasi Avast Mobile Security
  • Lalu buka aplikasi tersebut dan pilih menu “Scan
  • Terakhir tunggu sampai proses scan selesai.

6. AVG AntiVirus

Tentu sebagian pengguna PC sudah tidak asing lagi dengan salah satu AntiVirus yang satu ini. Ya, AVG AntiVirus sebenarnya hanya bisa digunakan pada perangkat PC saja, namun saat ini aplikasi tersebut sudah bisa di instal pada perangkat Android.

Aplikasi AVG AntiVirus ini bisa kalian unduh secara gratis di Google Play Store dan pastinya tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Nah, untuk proses penggunaanya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi AVG AntiVirus yang sudah kalian instal tadi
  • Lalu pilih menu “Scan
  • Tunggu sampai scanning selesai
  • Jika ada masalah yang terdeteksi maka kalian dapat memilih menu “Resolve

Selesai dan kini smartphone Android kalian akan lebih aman serta data penting yang ada didalam ponsel juga akan terjaga dengan baik.

Mungkin itu saja sedikit ulasan yang bisa Kampung Gadget rangkumkan mengenai penyebab serta cara menghapus virus dan malware di Android. Jangan lupa nantikan tips menarik seputar gadget lainnya hanya di sini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.