Inilah 9 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi Terbaru

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Kampung Gadget – Sampai saat ini ternyata masih banyak pengguna smartphone yang sering mengalami masalah saat mengunduh aplikasi di Play Store, mulai dari masalah download yang tertunda sampai Play Store yang mendadak macet. Lalu bagaimana cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi?

Pada dasarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab masalah tersebut, mulai dari Aplikasi Play Store yang bermasalah, memori yang penuh, settingan tanggal yang tidak sesuai dan masih banyak lagi.

Agar masalah ini dapat selesai dengan baik tentu kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab masalah tersebut, dengan begitu kita akan bisa mengatasinya dengan baik.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya kalian dapat menyimak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Umumnya masalah tersebut terjadi karena adanya error pada software dari smartphone Xiaomi, tapi beberapa kasus masalah ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

1. Memori ponsel yang sudah penuh

2. Masalah pada cache atau data

3. Adanya pembaharuan otomatis pada Play Store

4. Koneksi internet yang bermasalah

5. Aplikasi Play Store sedang pembaharuan

6. Terjadi masalah pada akun Play Store

Beberapa masalah tersebut terkadang menjadi biang kerok masalah download tertunda pada Play Store.

Setelah kita tahu apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut maka selanjutnya kita akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Cara mudah untuk mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut tidaklah terlalu sulit dan kita juga tidak perlu membeli ponsel baru agar tidak mengalami masalah itu.

Nah, berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan saat mengalami masalah download tertunda di Play Store Xiaomi.

1. Melihat Update Aplikasi Otomatis

Cara yang pertama bisa kamu lakukan untuk melihat settingan update otomatis didalam aplikasi Play Store pada ponsel Xiaomi.

Sebab secara default aplikasi Play Store memiliki sistem update otomatis saat ada pembaharuan pada aplikasi yang kamu gunakan. Jadi cobalah untuk melihat settingan pada Play Store terlebih dahulu.

Caranya juga cukup mudah dan kamu tidak perlu pergi ke customer service untuk mengatasi masalah ini.

  • Masuk kedalam aplikasi Play Store
  • Pilih “Aplikasi & Game Saya
  • Pilih “Update
  • Pilih “Jangan Update App Secara Otomatis

2. Hentikan Antrean Download Sebelumnya

Selain masalah yang utama, penyebab download tertunda pada Play Store juga bisa terjadi karena adanya banyak unduhan ataupun pembaharuan aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menghentikan unduhan atau pembaharuan pada aplikasi tersebut. Jika ini terjadi diluar kontrolmu, maka kamu bisa mengikuti cara yang diatas.

3. Menghapus Cache pada Play Store

Seperti yang kita tahu kalau semua aplikasi Android itu memiliki sistem cache nya tersendiri, begitu juga dengan aplikasi Play Store yang ada pada ponselmu.

Beberapa ponsel memang sudah di lengkapi dengan pembersih cache otomatis, tapi terkadang beberapa aplikasi memiliki cache yang tidak bisa dibersihkan secara otomatis.

Oleh sebab itu kamu harus membersihkannya secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk kedalam menu “Setelan
  • Kemudian pilih “Aplikasi
  • Lalu cari “Google Play Store
  • Terakhir “Bersihkan cache

Setelah itu selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi Play Store dan coba untuk mendownload aplikasi yang kamu inginkan tadi.

4. Merubah Settingan Download Pada Play Store

Cara yang selanjutnya untuk mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi adalah mengubah setelan Prefensi jaringan download yang ada pada aplikasi.

Umumnya banyak orang yang tidak sadar kalau pengaturan yang satu ini juga bisa menjadi penyebab download tertunda pada aplikasi Play Store, selain itu ini juga menjadi penyebab borosnya kuota data.

Untuk merubah pengaturan tersebut sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

  • Masuk kedalam aplikasi “Play Store
  • Kemudian tap icon garis tiga di pojok kiri atas
  • Klik “Setelan
  • Kemudian cari “Preferensi Download Aplikasi
  • Pilih “Selalu Tanyakan

Dengan ini Play Store biasanya akan selalu menanyakan kepadamu saat ada pembaharuan aplikasi terbaru.

5. Memori Ponsel yang Penuh

Masing-masing ponsel pasti mempunyai kapasitas memori yang berbeda-beda, apabila kamu terlalu banyak menginstal game atau aplikasi maka memori ponselmu akan penuh.

Saat kapasitas memori pada ponsel sudah penuh, maka ini akan membuat kinerja ponsel semakin lambat serta membuat masalah pada saat mengunduh aplikasi baru di Play Store.

  • Buka menu “Setelan” pada ponsel Xiaomi
  • Lalu Pilih “Penyimpanan

Maka saat ini kamu akan di tampilkan pada menu ruang penyimpanan ponselmu. Jika ternyata memorinya penuh maka kamu harus menghapus beberapa aplikasi agar bisa mendownload app yang baru.

6. Memaksa Berhenti Aplikasi Play Store

Cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda pada Play Store di ponsel Xiaomi adalah dengan menghentikan paksa aplikasi Play Store.

Caranya juga sangat mudah untuk kamu lakukan.

  • Masuk ke menu “Setelan” pada ponsel
  • Cari “Aplikasi
  • Kemudian klik “Google Play Store
  • Setelah itu pilih “Paksa Berhenti

Tentu dengan cara ini semua aktivitas yang ada di Play Store akan berhenti secara otomatis, dan akan kembali berjalan saat kamu membukanya lagi.

7. Mengganti Akun Play Store

Selain cara-cara yang diatas, untuk mengatasi download tertunda di Play Store, kamu juga bisa mencoba untuk mengganti akun Google Play lama dengan akun yang baru.

Terkadang masalah itu bisa terjadi karena adanya error pada akun yang sedang kalian gunakan. Untuk mengganti akun lama dengan akun baru caranya sebagai berikut.

  • Masuk kedalam menu “Setelan” pada ponsel Xiaomi
  • Setelah itu pilih “Sinkron
  • Pilih “Google
  • Setelah itu tap icon dengan titik tiga pada bagian bawah.
  • Pilih “Hapus Akun
  • Kemudian “Restart” ponselmu

Saat ponselmu sudah hidup kembali maka langkah selanjutnya kamu masuk kembali ke aplikasi Play Store lalu masukkan akun baru yang sudah kamu buat sebelumnya.

8. Masalah Pada Jaringan Internet

Setiap aktivitas dari beberapa aplikasi yang ada didalam ponsel kita tentu membutuhkan koneksi internet yang baik agar bisa mengambil data yang mereka butuhkan.

Ketika koneksi internet kita buruk tentu hal ini akan membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan, begitu juga dengan Google Play Store.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian lihat dulu apakah koneksi internet pada ponsel masih aktif atau tidak. Jika menggunakan jaringan wifi, maka cobalah untuk memeriksa layanan wifi yang kamu gunakan.

9. Merestart Ponsel Xiaomi

Langkah terakhir jika cara diatas sudah kamu lakukan tapi belum berhasil maka kamu bisa mengatur ulang ponsel Xiaomimu. Biasanya ini menjadi cara terakhir yang dipilih oleh semua orang.

Perlu kamu ketahui kalau saat smartphone Xiaomi direstart atau di setel ulang maka semua data seperti aplikasi, foto, video, dan data lainnya yang tersimpan didalam memori internal akan hilang.

Sebelum kamu melakukan cara ini sebaiknya backup terlebih dahulu beberapa data pentingmu ke simcard atau kartu sim, ini untuk mencegah data tersebut terhapus.

Jika sudah selesai, langkah untuk mereset ponsel Xiaomi adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu “Setelan” pada ponsel Xiaomi.
  • Lalu cari menu “Pengaturan Tambahan
  • Pilih “Cadangkan dan Reset” di menu paling bawah

Biasanya kamu akan disuruh memasukkan data akun yang terhubung pada ponsel Xiaomi yang kamu gunakan. Setelah selesai maka secara otomatis ponselmu akan merestart ulang.

Setelah selesai maka ponselmu akan tampak seperti HP baru saat pertama kamu membelinya.

Baca Juga :

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

7 Trik Rahasia Android Terbaru yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Baik mungkin itu saja sedikit tips mengenai cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi terbaru yang bisa Kampung Gadget hadirkan. Semoga bermanfaat dan nantikan tips lainnya seputar Android disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.