18 Cara Menghemat Baterai Hp Android yang Boros, Dijamin Berhasil!

Cara Menghemat Baterai Hp Android yang Boros

Cara Menghemat Baterai Hp Android – Tentu hampir semua pengguna ponsel Android akan merasa kesal saat mengetahui kalau faktanya baterai Hp yang mereka gunakan ternyata lebih cepat habis, apalagi sedang seru-serunya memakai smartphone.

Lebih paranya lagi saat kita sedang asyik-asyiknya bermain game lalu ponsel yang kita pakai malah mati karena kehabisan daya baterai, pastinya ngeselin sekali bukan. Meski ini adalah masalah yang umum terjadi pada ponsel Android, tapi tentu hal tersebut akan sangat mengganggu semua aktivitas kita.

Tidak sedikit juga dari mereka yang merasa bingung dengan cara untuk menghemat daya baterai tanpa mau mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Karena hampir semua masalah tentu ada penyebabnya, begitu juga dengan konsumsi baterai Hp Android yang boros.

Penyebab Baterai Hp Android Cepat Habis

Penyebab dan Cara MengehatBaterai Hp Android Cepat Habis

Sebelum kita lanjut kedalam pembahasan cara menghemat baterai Hp Android, ada bagusnya kita lihat dulu apa yang menjadi penyebab konsumsi baterai Hp Android boros.

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, kalau untuk mendapatkan sebuah jawaban dari masalah yang sedang dialami itu harus melihat faktor penyebabnya terlebih dahulu, begitu juga dengan masalah baterai Hp Android yang boros atau cepat habis.

Dalam beberapa kasus, borosnya konsumsi daya pada baterai Android itu dapat disebabkan oleh banyak hal dan salah satunya itu adalah kebiasaan dari penggunanya sendiri. Selain kebiasaan dari penggunanya sendiri, faktor lain yang juga menjadi penyebab baterai Hp Android cepat habis. Contohnya adalah sebagai barikut:

  1. Terlalu lama menyalakan ponsel.
  2. Terlalu sering menggunakan Multimedia.
  3. Terlalu sering melakukan restat pada ponsel.
  4. Ponsel Android yang sudah di root.
  5. Baterai ponsel yang sudah rusak atau tidak original.

Lihat penyebab baterai Hp cepat bahis lainnya

Inilah Cara Mengatasi Baterai Hp Android yang Boros Untuk Semua Tipe

Inilah Cara Menghemat Baterai Hp Android Untuk Semua Tipe

Setelah kita sudah tahu apa yang menjadi penyebab baterai Hp Android cepat habis, maka untuk selanjutnya kita akan mencari tahu bagaimana cara menghemat baterai Hp Android yang cepat habis.

Baerikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan 8 cara mengatasi baterai Hp Android yang boros. Apa saja itu? Yuk, kita lihat sama-sama dibawah ini:

1. Matikan Auto-Brightness

Pertama cara mengatasi baterai Hp Android yang boros adalah dengan mematikan fitur Auto-Brigtness. Hal ini karena fitur tersebut akan secara otomatis melakukan penyesuaian tingkat kecerahan layar pada ponsel android saat kita berada didalam tepat yang berbeda-beda.

Meski fitur ini sedikit memabantu kita, namun dalam beberapa kasus, mengaktifkan fitur ini dapat menyebabkan tingkat kecerahan layar menjadi jauh lebih cerah dari yang kita butuhkan. Saat tingkat kecerahan layar menjadi maksimal dalam jangka waktu yang lama, maka konsumsi baterai akan terus meningkat.

Oleh karena itu, menonaktifkan fitur ini adalah cara yang tepat untuk menghemat konsumsi daya pada baterai ponsel Android yang kita gunakan. Tapi kalian bisa mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

2. Matikan Getar (Vibrate)

Selain dengan mematikan fitur Auto-Brightness, cara mengatasi baterai Hp Android yang boros juga bisa kalian lakukan dengan menonaktifkan fitur getar (Vibrate). Meksi menggunakan daya baterai yang tidak terlalu banyak, tapi jika fitur tersebut diaktifkan secara terus-menerus maka akan bisa menyebabkan konsumsi daya pada baterai terus meningkat.

Oleh sebab itu, matikan fitur ini juga memang tidak terlalu kalian butuhkan dan gunakan fitur getar jika memang dirasa perlu saja.

3. Pakai Baterai HP yang Original

Penggunaan baterai yang tidak original juga bisa menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada Hp Android. Selain daya pada baterai menjadi cepat habis, memakai baterai yang bukan original juga bisa memicu hp menjadi cepat panas atau meledak.

Agar hal ini tidak terjadi pada kalian, maka gunakanlah jenis baterai yang original. Meski harganya lebih mahal, tentu hal ini juga demi kenyamanan serta keamanan saat kalian menggunakan ponsel.

4. Kurangi Waktu Mati Otomatis Pada Layar

Mengaktifkan fitur Screen Timeout terlalu lama ternyata juga bisa menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada ponsel Android. Cara kerja dari fitu ini juga hampir sama dengan fitur Auto-Brightness yang akan mengunci ponsel secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Jadi saat kalian mengatur waktu mengunci secara otomatis dalam jangka lama atau lebih dari 2-5 menit, maka ini akan membuat ponsel Android lebih lama menyala saat tidak digunakan. Akhirnya konsumsi daya baterai akan menjadi semakin boros.

Oleh karena itu mematikan fitur Screen Timeout juga merupakan salah satu cara menghemat baterai Hp Android yang kita gunakan.

5. Nonaktifkan Jaringan Internet

Saat ini dengan adanya jaringan internet sangatlah membantu setiap pekerjaan kita, mulai dari mengirim data, menerima data sampai dengan meeting secara online.

Tapi dalam beberapa kejadian, mengaktifkan jaringan internet pada ponsel didalam tempat yang minim akeses internet dapat menjadi penyebab borosnya konsumsi daya baterai. Hal ini karena ponsel kalian akan terus mencoba untuk bisa terhubung dengan jaringan internet.

Apabila jaringan internet yang ada di tepat kalian kurang baik, maka menonaktifkan koneksi internet pada ponsel Android adalah cara yang tepat untuk menghemat konsumsi baterai.

6. Gunakan Mode Airplane

Cara menghemat konsumsi daya pada baterai Android yang selanjutnya ini sangatlah berkaitan dengan cara yang diatas tadi. Dimana kalian bisa menggunakan Mode Airplane saat koneksi jaringan internet di tempat kalian kurang baik atau tidak ada sama sekali.

Dengan mengaktifkan Mode Airplane, ponsel kalian tidak akan bekerja lebih keras untuk bisa terhubung dalam jaringan internet. Imbasnya konsumsi daya pada baterai akan menurun dan pastinya baterai ponsel kalian akan lebih awet.

7. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Cara menghemat konsumsi baterai pada ponsel Android yang selanjutnya bisa kalian lakukan dengan cara menonaktifkan beberapa fitur yang memang sedang tidak kalian butuhkan.

Beberapa fitur tersebut seperti, GPS, Bluetooth, NFC, Air Gestures, Smart Scrolling dan fitur lainnya yang memang sedang tidak kalian perlukan. Dengan menonaktifkan fitur tersebut saat tidak dibutuhkan, maka baterai pada ponsel kalian akan lebih awet dan bisa digunakan lebih lama.

8. Gunakan Jaringan Wi-Fi

Saat ditempat kalian terdapat koneksi Wi-Fi yang bagus, maka ada baiknya menggunakknya jika kalian ingin mengakses internet dalam waktu yang lama, salah satunya seperti bermain game online.

Saat mengaktifkan Wi-Fi, maka matikanlan koneksi melalui mobile. Serta jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur “Always on During Sleep” pada pengaturan Wi-Fi. Dengan aktifnya fitur ini, konsumsi daya pada baterai akan lebih sedikit.

Cara Menghemat Baterai Yang Boros

Cara Menghemat Baterai Yang Boros

Dalam pembahasan diatas, kita sudah melihat bagaimana cara mengatasi baterai Hp Android yang boros. Nah, untuk selanjutnya kalian bisa melihat bagaimana cara menghemat baterai Hp Android yang boros.

Penasaran? Mari kita simak bersama-sama 10 cara menghemat baterai Hp Adroid yang boros dibawah ini:

1. Aktifkan Lockscreen Widget

Mengaktifkan fitur Lockscreen Widget ada sebuah cara menghemat baterai Hp Android yang boros. Tapi fitur ini tidak ada disemua ponsel Android, tapi jika tersedia, maka aktifkanlan fitur tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kalian bisa mengakses semua aplikasi secara langsung melalui lockscreen tanpa harus membuka kunci perangkat terlebih dahulu. Meski sama-sama menyalakan layar smartphone, tapi waktu yang dibutuhkan akan lebih sedikit daripada membukanya terlebih dahulu.

2. Gunakan Bacground Gelap

Bagi kalian yang menggunakan ponsel dengan teknologi laya AMOLED, maka cara menghemat baterai Hp Android bisa dilakukan dengan cara menggunakan background berwarna gelap atau hitam. Semakin gelap warna background yang kalian gunakan maka akan semakin sedikit pula konsumsi daya yang dibutuhkan.

Oleh karen ini, memakai backgound atau tema gelap adalah cara menghemat baterai Hp Android yang bisa kalian lakukan.

3. Bersihkan Wiget yang Tidak Dipakai

Dengan adanya wiget, kita memang akan lebih dipermuda dalam mengakses beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Tapi dibalik itu, wiget yang tidak diperlukan dalam jangka waktu lama akan membuat ponsel kita lebih cepat kehabisa daya baterai.

Jadi, membersihkan beberapa wiget yang tidak diperlukan seperti Facebook, Twitter, Cuaca dan wiget yang terhubung ke jaringan internet lainnya adalah cara yang paling mudah untuk menghemat konsumsi daya pada baterai.

4. Perbaharui Aplikasi Secara Rutin

Selain dengan membersihkan wiget yang tidak diperlukan, cara menghemat baterai Hp Android yang boros juga bisa kalian lakukan dengan melakukan pembaharuan secara rutin pada aplikasi yang penting.

Pastikan kalian selalu memperbaharui secara berkala aplikasi yang sering digunakan, karena dengan begini kalian akan mendapatkan performa yang lebih baik.

Para developer aplikasi biasanya melakukan sebuah update pada aplikasi yang mereka buat untuk mengoptimalkan penggunaan baterai serta memori.

5. Nonaktifkan Auto-Sync Pada Akun Google

Pastinya semua ponsel Android mempunyai beberapa aplikasi yang disediakan oleh Google. Tapi tentunya tidak semua aplikasi tersebut kalian butuhkan, pastinya ada beberapa yang memang tidak pernah kalian gunakan.

Maka dari itu, ada baiknya kalian mematikan Auto-Sync yang terdapat di akun Google. Karena dengan begini, ponsel kalian tidak akan kehabisan daya baterai dengan cepat.

6. Nonaktifkan Auto-Sync Dalam Aplikasi

Selain didalam akun Google, beberapa aplikasi juga terkadang mempunyai fitur Auto-Sync yang dapat menjadi penyebab baterai ponsel kalian menjadi cepat habis. Fitur ini biasanya digunakan oleh beberapa aplikasi untuk memperbaharui secara otomatis konten yang ada didalamnya.

Tentu jika dibiarkan, ponsel Android kalian akan lebih cepat kehabisa daya baterai. Selain itu, umur baterai pada Hp kalian juga akan lebih cepat berkurang.

7. Matikan Pembaharuan Otomatis Pada Play Store

Melakukan update pada aplikasi yang kita gunakan memang sangat baik untuk meningkatkan performa didalam ponsel kita. Tapi ada baiknya kalian melakukan update aplikasi di Google Play Store secara manual saja dan jangan menyetingnya ke mode otomatis.

Karena jika kalian menyetingnya ke mode update otomatis, maka seluruh aplikasi yang ada didalam ponsel kalian akan diperbaharui meski jaringan internet sedang tidak mendukung atau baterai sedang dalam keadaan low-batt.

8. Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Background

Cara menghemat baterai hp Android yang selanjutnya itu bisa kalian lakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di Background.

Karena pada beberapa aplikasi akan terus berjalan meski sedang tidak kalian gunakan atau saat ponsel kalian sedang terkunci. Saat aplikasi tersebut terus berjalan di background, maka secara otomatis daya pada baterai akan cepat habis meski tidak kalian gunakan.

9. Turunkan Brightness Layar

Selain dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, cara menghemat baterai Hp Android juga bisa dilakukan dengan menurunkan tingkat Brightness pada layar.

Menurunkan tingkat kecerahan layar itu tidak hanya akan membuat mata kalian tidak cepat lelah tapi juga bisa menjaga daya pada beterai tidak cepat habis. Tapi jangan sampai mengurangi tingkat kenyamanan kalian saat mengoperasikan smartphone.

10. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Perlu

Cara menghemat baterai Hp Android yang boros terakhir adalah dengan menonaktifkan notifikasi dari beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Secara default, aplikasi yang kita gunakan akan selalu mengirimkan kita beberapa notifikasi. Notifikasi ini biasanya berhubungan dengan adanya fitur baru, info baru dan hal yang berkaitan dengan aplikasi itu sendiri.

Saat notifikasi ini aktif, konsumsi daya baterai pastinya akan terus terkuras meskipun ponsel kalian sedang tidak digunakan. Oleh karena itu, dengan menonaktifkan notifikasi tersebut akan membuat ponsel kamu tidak cepat kehabisa daya.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa admin berikan mengenai cara menghemat baterai Hp Android yang boros dan juga semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya. Jika ada pertanyaan mengenai masalah diatas, jangan sungkan untuk menghubungi kami atau menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.