Inilah 10 Penyebab Kepala Charger HP Panas Saat Digunakan

Kampung Gadget – Masih banyak orang yang tidak sadar dengan penyebab utama kepala charger Hp cepat panas, padahal bukan karena kualitas dari adaptor itu saja tapi kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh penggunannya juga menjadi penyebab utama adaptor charger Hp menjadi cepat panas.

Ada banyak masalah yang akan kita alami jika kepala charger ponsel kita sering mendadak panas, salah satunya itu konsleting atau lebih buruknya bisa meledak. Jadi sangat disarankan sekali untuk kita menghindari agar hal tersebut tidak terjadi pada kita.

Ini Penyebab Kepala Charger HP Panas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, kalau ada beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang memicu kepala charger ponsel kita cepat panas. Berikut adalah beberapa penyebab yang sedikit orang sadari.

1. Spesifikasi Kepala Charger yang Tidak Cocok

Penyebab yang pertama dari masalah ini adalah spesifikasi dari kepala charger yang tidak sesuai dengan kebutuhan dari ponsel kita. Selain itu kebutuhan suplai daya setiap ponsel juga berbeda-beda, ini juga membuat penggunaan adaptor charger tidak boleh sembarangan.

Oleh karena itu, saat kamu ingin mengganti adaptor charger lama dengan yang baru sebaiknya memperhatikan spesifikasinya terlebih dahulu, usahakan sama persis dengan spesifikasi dari ponsel Android kalian.

2. Charger Hp Terlalu Lama

Tidak banyak orang yang sadar kalau ternyata mengisi daya terlalu lama bisa menjadi penyebab charger Hp cepat panas. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan men-charger ponsel terlalu lama apabila sudah terisi 100%.

Selain dapat mencegah agar kepala charger tidak cepat panas, kebiasaan mencabut colokan charger saat baterai sudah terisi penuh juga bisa membuat umur baterai ponsel lebih panjang.

3. Memakai Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Kebiasaan menggunakan ponsel sambil mengisi daya tidak hanya menjadi pemicu baterai Hp cepat panas, namun ini juga menyebabkan kepala charger menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini akan membuat kalian rugi 2 kali.

Jadi sangat disarankan sekali untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya, tapi jika memang penting, hindari menggunakannya terlalu lama.

4. Charger yang Sudah Lama

Penyebab charger menjadi cepat panas yang selanjutnya adalah pemakaian kepala charger yang sudah lama atau tua. Setiap barang elektronic tentu memiliki umurnya masing-masing, begitu juga dengan charger Hp.

Jadi pemakaian charger lama juga bisa membuat kepala charger menjadi cepat panas, selain itu jika ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka dapat menjadi pemicu rusaknya baterai pada ponsel kalian.

5. Mengisi Saat Daya Baterai 0%

Tahukah kalian kalau sebenarnya mengisi daya baterai dalam keadaan 0% ini dapat memicu kepala charger menjadi lebih cepat panas. Bukan hanya itu saja, kebiasaan buruk ini juga bisa menjadi penyebab umur baterai semakin pendek.

Maka dari itu, hindari kebiasaan yang tidak baik tersebut dan cobalah untuk mengisi ulang daya pada baterai saat masih 10-15%. Karena pada kisaran itu, daya baterai sangat ideal untuk kamu isi ulang.

6. Aliran Arus Listrik Kurang Stabil

Saat kita men-charger ponsel dan arus listrik dirumah kita tidak stabil maka ini dapat menjadi penyebab charger Hp menjadi cepat panas. Bukan itu saja, komponen elektronik pada smartphone juga bisa mengalami kerusakan apabila aliran arus listrik sering tidak stabil.

Maka dari itu, hindari mengisi ulang daya pada baterai ponsel saat aliran listrik dirumah kalian tidak stabil.

7. Charger Tidak Original

Pemakaian charger yang tidak original atau asli juga bisa menjadi penyebab kepala charger cepat panas. Hal ini tentu karena bahan yang digunakan dalam pembuatannya dibawah standar yang mengakibatkan charger lebih cepat panas.

Jadi sangat disarankan sekali untuk kalian yang ingin mengganti charger lama dengan charger yang baru untuk membeli produk asli saja. Untuk memperolehnya kalian bisa datang ke toko yang sudah terpercaya.

8. Charger yang Tidak Pernah Dicabut

Ternyata masih banyak orang yang tidak sadar dengan kebiasaan buruk tersebut bisa menjadi penyebab charger Hp cepat panas. Bukan hanya itu saja, kebiasaan buruk ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Tentu kalian tidak ingin kalau hal tersebut terjadi pada kehidupan kalian bukan! Maka dari itu hindari membiarkan charger terus terhubung dengan colokan listrik dirumah.

9. Arus listrik Pada Charger yang Tidak Stabil

Penyebab charger Hp menjadi cepat panas yang berikutnya ini adalah arus listrik didalam charger yang tidak stabil. Tidak stabilnya arus listrik pada charger bisa disebabkan oleh umur charger yang sudah lama sampai penggunaan bahan yang tidak berkualitas.

10. Seringnya Mencolok dan Mencabut Charger

Kebiasaan yang terakhir ini juga bisa menjadi pemicu charger Hp lebih cepat panas. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian menghindari mencolok dan mencabut charger terlalu sering. Selain membuat charger cepat panas, kebiasaan ini juga bisa memicu rusaknya baterai pada ponsel.

Gunakan charger sewajarnya saja, usahakan juga untuk tidak beraktifitas berat didalam ponsel saat sedang mengisi daya, karena bukan hanya charger yang akan cepat panas melainkan ponsel juga akan ikut panas. Jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka bukan tidak mungkin kalau ponsel kalian akan meledak.

Baik itu saja beberapa ulasan yang dapat Kampung Gadget hadirkan hari ini mengenai penyebab kepala charger Hp cepat panas, serta nantikan tips seputar gadget keren lainnya hanya disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.