30+ Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri | UPDATE September 2020!

Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri

Hp Sering Mati Sendiri – Semakin hari teknologi buatan manusia akan semakin canggih, tapi meski begitu tidak semua teknologi lepas dari kekurangan dan juga masalah. Seperti halnya sebuah smartphone yang tidak akan pernah lepas dari masalah ataupun error.

Masalah ataupun error yang terjadi bisa karena beberapa faktor, mulai dari adanya masalah pada sistem sampai masalah pada usernya sendiri. Salah satu masalah yang cukup sering dan umum dirasakan oleh pengguna smartphone adalah Hp yang suka mati sendiri atau restat berulang-ulang.

Apalagi saat sedang asyik menggunakan ponsel, tapi tiba-tiba HP yang kita gunakan malah mati sendiri. Kalau nggak mati sendiri, kadang-kadang restart dengan sendirinya. Tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan bukan!

Masalah yang satu ini juga sering terjadi disemua merek smartphone yang dijual di Indonesia. Meski jarang terjadi, tapi tetap saja masalah ini sangat mengganggu kita sebagai pengguna.

Daftar Isi

Apa Penyebab Hp Sering Mati Sendiri?

Penyebab Hp Sering Mati Sendiri

Penyebab Hp Android restat sendiri sebenarnya sangatlah luas, karena sampai saat ini terdapat banyak sekali faktor-faktor sederhana yang memicu timbulnya masalah tersebut. Tapi salah satu faktor yang cukup sering adalah penggunaan aplikasi yang tidak kompetible dengan versi Android pada ponsel.

Selain hal itu, berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan 10 penyebab Hp Sering mati sendiri.

1. Banyaknya File Sampah

Penyebab Hp Android sering mati sendiri yang pertama itu dapat terjadi karena banyaknya file sampah yang ada di dalam ponsel.

File sampah tersebut diproduksi oleh aplikasi yang kalian instal, entah itu aplikasi sosmed ataupun juga aplikasi game. Setiap kalian kalian membuka ataupun menjalankan sebuah aplikasi, maka saat itulah file sampah akan terus diproduksi oleh aplikasi tersebut.

Jika file sampah ini terus menumpuk dan tidak segera kalian bersihkan maka hal buruknya akan membuat ponsel Android menjadi sering blank, error dan mati sendiri.

2. Aplikasi Mengalami Kerusakan

Tidak semua jenis aplikasi itu bisa berjalan dengan baik pada semua perangkan Android, karena terkadang ada juga beberapa aplikasi yang mengalami masalah ataupun rusak.

Saat sebuah aplikasi mengalami masalah, biasanya akan memunculkan sebuah pesan seperti “Aplikasi Error“, Aplikasi Berhenti Tiba-tiba, “Force Close” dan masih banyak lagi.

Adanya beberapa file pada aplikasi yang hilang atau tidak lengkap, rusak dan tidak compatible juga sering membuat sistem Android mengalami error sampai mati dengan sendirinya.

3. Error Pada Sistem Android

Selain karena faktor dari aplikasi yang bermasalah, terjadinya error pada sistem Android juga bisa disebabkan oleh kesalahan user itu sendiri.

Menghapus file penting pada sistem Android dengan sengaja atau tidak, akan membuat alur dari sistem kerja ponsel mengalami masalah dan lebih parahnya HP kalian bisa hidup mati dengan sendirinya.

4. Sistem Android Sudah di Root

Bagi sebagian pengguna, melakukan root pada ponsel Android memang bisa memberikan manfaat tertentu. Salah satunya kita bisa mengakses berbagai hal penting yang sebelumnya tidak bisa kita akses didalam ponsel.

Tapi dibalik itu, HP Android yang sudah di root dapat menyimpan berbagai masalah. Kesalahan saat melakukan root bisa menjadi penyebab sistem mengalami error, crash sampai ponsel mati total.

5. Chipset dan RAM Mengalami Overload

Masing-masing ponsel mempunyai kemampuannya sendiri, saat kita memaksakannya untuk menjalankan aplikasi yang berat atau melebihi kemampuannya itu akan menimbulkan banyak masalah.

Selain dapat menguras daya baterai dengan cepat, HP menjadi cepat panas sampai kegagalan dalam sistem yang menyebabkan ponsel mati dan hidup secara terus-menerus.

6. Ponsel Mengalami Overheat ( Panas Berlebihan )

Seperti yang sudah disinggung diatas, kalau pada saat Hardware didalam ponsel kita bekerja dengan keras, maka konsumsi daya pada baterai akan semakin meningkat. Imbasnya, selain daya baterai akan menjadi cepat habis, ponsel kalian juga akan mengalami Overheat.

Apabila masih terus dipaksakan, ponsel kalian bisa mengalami masalah yang lebih serius. Selain bisa mati dan hidup dengan sendirinya, kerusakan komponen didalam ponsel tidak akan bisa dihindarkan.

7. Usia Ponsel Sudah Lama

Setiap komponen yang ada didalam ponsel Android itu mempunyai masa atau umurnya masing-masing. Biasanya umur ponsel yang sudah harus diganti dengan unit baru adalah 4-5 tahun dari awal pembelian.

Semakin lama umur ponsel yang kalian miliki, tentu komponen yang ada didalamnya itu akan semakin ketinggalan zaman. Oleh karena ini, kalian juga tidak perlu memaksakan ponsel untuk melakukan pekerjaan yang memang tidak bisa iya kerjakan.

8. Gema yang Terlalu Berat

Seperti informasi yang sudah dijelaskan diatas, kalau setiap ponsel Android itu mempunyai kekuatan dan kemampuannya masing-masing.

Memaksakan ponsel yang kita miliki untuk menjalankan game berat ataupun game yang tidak kompetible dengan versi Android pada HP kalian bisa memicu terjadinya masalah pada sistem.

Jika terus dipaksakan, ponsel kalian tidak hanya akan melakukan restat dengan sendirinya tapi juga komponen dalam ponsel kalian akan lebih cepat rusak.

9. Sofware Mengalami Crash

Tentunya adalah sebuah masalah yang menjadi penyebab sofware pada ponsel mengalami crash, mulai dari adanya 2 aplikasi sama yang berjalan bersamaan, sampai dengan proses update yang tidak benar.

Saat hal itu terjadi, tidak menutup kemungkinan kalau ponsel kalian akan mengalami error dan bisa saja mati dan hidup dengan sendirinya.

10. Terserang Virus atau Malware

Penyebab Hp sering mati sendiri yang terakhir bisa terjadi karena adanya serangan virus atau malware. Virus atau malware tidak hanya bisa mengancam pengguna PC tapi juga bisa menimbulkan masalah bagi pengguna smartphone.

Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri

Inilah Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri

Setelah kita sudah melihat beberapa penyebab ponsel sering mati sendiri, maka untuk selanjutnya admin akan menjelaskan mengenai cara mengatasi Hp sering mati sendiri.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, admin sudah merangkumkan beberapa cara sederhana yang bisa kalian pilih. Cara berikut ini juga bergantung dari penyebab yang sering membuat ponsel Android suka mati sendiri.

1. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Ganti Sistem ROM

Seperti yang sudah pernah admin jelaskan pada artikel sebelumnya kalau Android itu bersifak open source. Hal ini memperbolehkan penggunanya untuk melakukan perubahan didalam sistem Android seperti mengganti ROM bawaannya.

Dalam beberapa kasus, perubahan sistem ROM bawaan didalam ponsel Android dapat menyebabkan beberapa masalah. Masalah ini bisa terjadi kalau proses perubahan sistem ROM pada Android tidak dijalankan dengan benar.

Jadi masalah ponsel yang sering mati sendiri setelah memperbaharui sistem ROM dapat disebabkan adanya sedikit masalah sewaktu proses instalasi ROM berjalan.

2. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Update Sistem ke Versi Terbaru

Secara berkala, setiap ponsel Android akan mendapatkan sebuah pembaharuan sistem. Hal ini tentu bertujuan untuk memperbaiki beberapa masalah yang sering terjadi pada ponsel Android serta memberikan pengalaman baru bagi penggunannya.

Ketika error terjadi, cobalah untuk memeriksa pembaharuan yang tersedia di ponsel Android kalian. Untuk mengecek pembaharuan yang tersedia bisa melalui menu “Pengaturan” lalu “Sistem” kemudian “Pembaharuan Sistem“.

3. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Mengganti Komponen Baterai

Salah satu penyebab paling dasar HP suka mati sendirinya adalah keadaan baterai yang sudah usang atau rusak. Tentu setiap komponen yang ada didalam smartphone mempunyai usianya sendiri, begitu juga dengan baterai.

Dalam jangka waktu tertentu, baterai akan mengalami penurunan kualitas sehinggan menimbulkan beberapa masalah seperti ponsel yang mendadak mati meski indikator baterai menunjukkan angkan 100%.

Oleh karena itu, mengganti dengan baterai yang beru adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini.

4. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Melakukan Pembersihan RAM

Rata-rata ponsel Android zaman sekarang sudah dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup besar, mulai dari 2GB dampai dengan 16GB.

Meski kapasitas RAM pada ponsel Android terus di tambah, namun hal ini juga diikuti dengan beberapa aplikasi yang membutuhkan resources besar seperti aplikasi game online.

Nah, jika ponsel kalian mati secara mendadak saat digunakan untuk bermain game, maka bisa jadi kapasitas RAM yang tersisa tidak cukup untuk menjalankan aplikasi game tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus langsung aplikasi game tersebut dan menggantinya dengan aplikasi game yang mungkin lebih ringan.

5. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Menghapus Aplikasi yang Berat

Masing-masing pengguna smartphone pastinya memiliki kebutuhannya tersendiri terhadap sebuah aplikasi yang di-instalĀ didalam ponselnya. Tapi kalian sebaiknya lebih bijak dalam menginstal aplikasi pada ponsel yang sedang digunakan.

Karena masing-masing ponsel mempunyai kekuatannya tersendiri dalam menjalankan setiap aplikasi yang di-instal. Jadi cobalah untuk tidak memaksakan ponsel untuk menjalankan aplikasi berat yang mungkin tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki HP kalian.

6. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Membersihkan File Cache / Sampah

Didalam sebuah smartphone, tentu ada berbagai macam jenis file yang tersimpan dan diantaranya itu berupa file sampah yang dibuat oleh beberapa aplikasi. Keberadaan file sampah ini sering membuat ponsel kita menjadi lambat dan blank saat digunakan.

Oleh sebab itu, membersihkan file sampah secara berkala sangatlah wajib untuk kalian lakukan. Selain bisa memberikan ruang terbuka didalam penyimpanan, ponsel kalian juga akan terhindar dari masalah error atau mati dengan sendirinya.

7. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Memperbaiki Hardwere

Jika masalah yang terjadi bukan karena adanya kerusakan pada Software, maka bisa jadi Hardware pada ponsel kalian mengalami kerusakan. Bisa saja terjadi pada bagian EMMC atau komponen Hardware lainnya sehingga tidak bisa bekerja dengan efektif.

Apabila sudah seperti itu, maka solusi yang paling baik dalam mengatasi masalah ini adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Untuk menggantinya kalian harus datang ke tempat service atau jika dirasa parah, membeli unit baru adalah pilihan baik.

8. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Membersihkan Virus Pada Ponsel

Meski tidak terlalu bahaya seperti PC, ponsel yang terserang virus juga bisa menjadi penyebab beberapa masalah seperti ponsel yang sering balnk, error dan hidup mati dengan sendirinya.

Tentu jika masalah ini adalah penyebab utamanya, membersihkan virus tersebut adalah cara yang tepat. Kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi antivirus yang bisa kalian download pada Google Play Store.

9. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Bagi sebagian pengguna smartphone yang sering mengalami masalah seperti hp sering mati sendiri, mereset kepengaturan pabrik adalah cara yang cukup tepat saat sudah tidak bisa menemukan penyebabnya.

Dengan mengembalikan ponsel kepengaturan pabrik, maka secara otomatis semua sistem yang ada didalam ponsel Android akan tereset. Dengan begini, masalah pada sistem akan teratasi dengan lebih mudah.

10. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Mendinginkan Ponsel

Ketika ponsel digunakan secara terus menerus, maka secara otomatis suhu panas akan naik dengan perlahan-lahan. Tapi jika digunakan secara paksa atau dipakai membuka aplikasi berat, maka ponsel kalian akan mengalami overheat. Overheat adalah tingkat suhu panas yang melebihi batas wajar yang dapat diterima oleh ponsel.

Jika terjadi dalam jangkan waktu yang lama dan juga sering maka tidak menutup kemungkinan sebagian komponen yang ada didalam ponsel kalian akan mengalami masalah.

Oleh karena itu, saat suhu panas pada ponsel sudah terasa melebihi batas yang bisa diterima, maka mendinginkannya adalah cara yang tepat.

11. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Downgrade Aplikasi yang Sudah Diperbaharui

Dalam beberapa kasus, ponsel yang memiliki kapasitas RAM dan ROM yang kecil akan mengalami kesulitan dalam mengikuti setiap pembaharuan pada beberapa aplikasi.

Jika dipaksakan, ponsel biasanya akan mengalami sedikit masalah, seperti balnk dan mati sendiri. Jika hal ini terjadi, tentu cara yang paling tepat adalah melakukan downgrade pada aplikasi yang sudah diperbaharui.

12. Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan MenggGanti Ponsel Lama Dengan yang Baru

Tentu ini adalah sebuah pilihan yang terakhir jika cara diatas tidak berhasil untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Karena kemungkinan besar salah satu komponen penting didalam ponsel kalian rusak dan mengakibatkan HP mati total.

Selain karena faktor pengguna, ponsel mati total juga bisa disebabkan oleh faktor usia. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau setiap ponsel mempunyai batas usianya masing-masing.

Cara Mengatasi HP Restat Sendiri Berulang-ulang

Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Terbaru

Selain beberapa tips diatas, admin juga akan membagikan kalian sebuah tips lainnya yang berkaitan dengan cara mengatasi Hp restat sendiri berulang-ulang.

Berikut admin Kampung Gadget sudah merangkumkan 8 cara mengatasi Hp sering mati sendiri. Yuk, kita simak penjelasannya dibawah ini:

1. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Hapus Aplikasi Game yang Berat

Untuk sebuah ponsel baru yang mempunyai kapasitas RAM serta ROM yang besar maka masalah ini mungkin tidak akan pernah terjadi, tapi bagi kamu yang menggunakan ponsel lama yang memiliki kapasitas RAM dan ROM yang kecil maka ada kemungkinan beberapa aplikasi game menjadi penyebabnya.

Meski terasa berat, menghapus beberapa game berat adalah cara yang baik untuk mengatasi ponsel yang hidup mati dengan sendirinya.

2. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Bersihkan Cache Android

Bagi pengguna ponsel lama yang mempunyai kapasitas ROM kecil, maka membersihkan file sampah atau Cache didalam ponsel adalah cara yang tapat.

Karena jika dibiarkan, Cache akan terus menumpuk dan juga akan menghabiskan banyak ruang didalam ponsel kalian. Sehingga ini akan membuat ponsel kalian menjadi lambat, sering balnk dan paling parahnya ponsel bisa melakukan restat dengan sendirinya.

3. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Menggunakan Aplikasi Antivirus

Masalah Hp sering balnk dan restat sendiri secara berulang-ulang juga bisa disebabkan oleh sebuah virus atau malware. Oleh sebab itu membersihkan virus yang menyerang ponsel kita adalah sebuah pilihan yang baik untuk kalian lakukan.

Kalian dapat menggunakan beberapa aplikasi antivirus yang sudah tersedia langsung didalam ponsel atau bisa juga dengan mendownloadnya di Play Store.

4. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Mengganti SIM Card

Meski tidak terlalu sering terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau SIM Card yang bermasalah bisa menjadi penyebab ponsel restat dengan sendirinya.

Tidak ada salahnya juga kalian untuk mencoba cara yang satu ini dalam mengatasi masalah tersebut. Meski belum terlalu pasti diketahui, mengganti SIM Card lama dengan yang baru juga dikatakan ampuh dalam mengatasi masalah tersebut.

5. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Unroot Ponsel Android

Jika sebelumnya kalian sudah pernah melakukan root dan ponsel yang kalian gunakan sering mengalami masalah seperti balnk error dan restat sendiri maka bisa dipastikan itu terjadi karena proses root tidak berjalan dengan benar.

Oleh karena itu, melakukan unroot adalah pilihan yang tepat untuk kalian lakukan dalam mengatasi masalah tersebut.

6. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Menghapus Aplikasi yang tidak kompetible

Beberapa aplikasi yang dirilis dalam Google Play Store, tentu tidak semua jenis aplikasi tersebut cocok atau competible dengan perangkat yang kalian gunakan.

Jika ternyata aplikasi yang sudah kalian instal dan tidak kompetible dengan versi Android yang ada dalam ponsel maka itu dapat menjadi pemicu masalah tersebut. Maka dari itu, menghapus aplikasi tersebut akan mengatasi masalah yang sedang kalian alami saat ini.

7. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Melakukan Reboot

Cara sederhana lainnya yang bisa kalian lakukan saat mengalami masalah seperti ponsel yang restat dengan sendirinya adalah me-reboot ponsel yang digunakan.

Namun saat kalian melakukan reboot, usahakan seluruh kartu SIM, Memori SD ikut dikeluarkan. Cobalah untuk mendiamkan ponsel kalian dalam jangkan waktu yang sedikit lama.

8. Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri Dengan Melakukan Factory Riset

Cara mengatasi Hp sering mati sendiri yang terakhir itu bisa kalian lakukan adalah melakukan factory Riset. Tentu cara ini akan mengembalikan ponsel kalian seperti pertama kalian membelinya.

Namun sebelum kalian melakukan cara ini, ada baiknya untuk membeckup seluruh data penting yang ada pada smartphone. Untuk melakukan Factory Riset, kalian bisa menyimak langkah-langkahnya disini.

Baik, mungkin cukup sekian informasi yang bisa admin rangkumkan mengenai cara mengatasi HP sering mati sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.