Inilah 12 Cara Mengatasi HP Panas Saat Bermain Game Terbaru

Cara Mengatasi HP Panas Saat Bermain Game

Bagi sebagian orang yang suka bermain game Android, tentu pernah ataupun sering mengalami masalah yang satu ini. Dimana ponsel yang digunakan bermain game jadi cepat panas, meski baru digunakan bermain game sebentar. Lantas bagaimana cara mengatasi HP panas saat bermain game?

Seperti yang sudah pernah Kampung Gadget jelaskan sebelumnya, kalau saat ini banyak ponsel Android yang mempunyai daya tahan baterai dan sofware yang kurang baik. Terlebih lagi, akhir-akhir ini juga terdapat banyak bug yang muncul pada ponsel dengan sistem Android ataupun OS terbaru.

Tapi selain karena faktor HP yang kalian gunakan untuk bermain game, kebiasaan buruk yang kalian lakukan juga bisa menjadi penyebab hp panas saat digunakan.

Apa Penyebab HP Panas Saat Bermain Game?

Sampai saat ini masih banyak orang yang tidak sadar kalau sebuah kebiasaan sederhana yang tidak pernah kalian bayangkan itu ternyata menjadi faktor pendukung untuk membuat ponsel bekerja lebih keras dan imbasnya suhu panas HP kalian menjadi meningkat.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian orang saat bermain game.

1. Jaringan Internet yang Buruk

Penyebab hp cepat panas saat bermain game yang pertama ini adalah buruknya jaringan internet yang kalian gunakan saat bermain game. Apalagi kalian sedang bermain gema online seperti mobile lagends, PUGB, FF dan game online lainnya.

Tentu dengan koneksi jaringan yang buruk, tidak hanya akan membuat lag pada game yang kalian mainkan tapi hp yang gunakan bermain game juga akan menjadi cepat panas. Hal ini karena HP kalian akan terus berusahan untuk terhubung dengan jaringan internet yang lebih baik.

2. Mengisi Daya Sambil Bermain Game

Selain karena koneksi internet yang buruk, penyebab utama HP cepat panas saat bermain game adalah kebiasaan menggunakan ponsel sambil mengisi daya. Pastinya dari kalian tidak sadar kalau saat proses pengisian daya, suhu pada HP kalian akan mengalami peningkatan dan tentu ini sangat tidak baik jika sambil digunakan bermain game.

Hal ini karena tidak hanya akan membuat hp kalian menjadi cepat panas tapi juga bisa meledak dan membahayakan nyawa kalian. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan sekali untuk menggunakan HP saat melakukan pengisian daya.

3. Fitur GPS dan Wi-Fi yang Selalu Aktif

Kebiasaan selanjutnya yang menjadi penyebab hp cepat panas saat digunakan bermain game adalah fitur GPS dan Wi-Fi yang selalu aktif meski tidak sedang digunakan. Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak terlalu berarti dan cenderung biasanya saja, tapi mematikan GPS dan Wi-Fi saat tidak dibutuhkan merupakan cara yang tepat untuk mencegah ponsel kita panas.

Dalam keadaan tertentu GPS dan Wi-Fi memang sangat membantu kita, namun saat tidak dibutuhkan, fitur tersebut malah akan merugikan kalian. Selain membuat baterai HP menjadi cepat habis, HP kalian juga akan menjadi panas meski tidak kalian gunakan sekalipun.

4. Spesifikasi HP yang Tidak Sesuai Dengan Game

Penyebab hp cepat panas yang selanjutnya itu adalah kebiasaan memaksakan HP untuk menjalakan game berat yang melebihi kemampuan HP kalian sendiri. Saat HP kalian dipaksakan untuk bisa menjalankan game berat, maka ini akan menyebabkan seluruh perangkat yang ada didalamnya bekerja lebih keras dan akhirnya HP kalian menjadi panas.

Selain membuat ponsel menjadi cepat panas, kebiasaan ini juga akan membuat umur perangkat elektronik yang ada didalam ponsel kalian akan menjadi lebih pendek.

Cara Mudah Mengatasi HP Panas Saat Bermain Game

Memang masalah Hp menjadi cepat panas itu tidak hanya bisa terjadi pada smartphone lama saja tapi kondisi ini juga bisa terjadi pada ponsel baru. Karena seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, kalau bukan hanya faktor Hp yang digunakan tapi faktor kebiasaan sehari-hari juga bisa menyebabkan ponsel menjadi cepat panas.

Memang sedikit sulit untuk mencegah agar Hp yang kita gunakan tidak cepat panas, namun meski begitu tidak ada salahnya juga kita mencoba untuk mengatasi hal tersebut. Penasaran? Yuk, kita lihat sama-sama beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Hp panas saat digunakan untuk bermain game.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar ternyata juga bisa menjadi penyebab meningkatnya suhu panas pada Hp yang kalian gunakan saat bermain game, baik kalian bermain game Offline ataupun game Online. Pada saat kalian memaksakan agar tingkat kecerahan layar menjadi maksimal, maka ini tidak hanya berdampak pada borosnya konsumsi baterai tapi Hp kalian juga akan lebih cepat panas.

Ada baiknya kalian menurunkan tingkat kecerahan layar saat digunakan bermain game, atau kalian juga bisa menyeting pencerahan layar secara auto. Karena dengan cara ini Hp kalian akan menyesuaikan sendiri tingkat kecerahan layar yang sedang dibutuhkan.

2. Baterai HP yang Sudah Tua atau Rusak

Seperti yang kita tahu kalau baterai adalah salah satu bagian terpeting yang harus ada didalam sebuah ponsel. Oleh karena itu, menjaga agar baterai ponsel tetap berada di kondisi yang baik adalah kunci utama dalam mencegah smartphone yang kita gunakan cepat panas.

Oleh sebab inilah kalian harus melakukan pengecekan secara rutin agar bisa memastikan kalau baterai pada Hp kalian itu masih dapat digunakan atau tidak. Umumnya baterai Hp yang sudah rusak atau tidak bisa digunakan dapat ditandai dengan fisik yang menggelembung.

3. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara mengatasi Hp panas saar bermain game yang selanjutnya adalah dengan mematikan seluruh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Meski tidak kalian gunakan, terkadang beberapa aplikasi masih tetap berjalan di latar belakang dan ini akan membuat konsumsi baterai menjadi meningkat serta ponsel kalian juga akan lebih cepat panas.

Kalian juga dapat melihat beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menggunakan cara berikut ini.

  • Pertama-tama kalian masuk kedalam menu “Settings
  • Setelah itu kalian bisa memilih menu “Application Manager
  • Terakhir kalian dapat memilih opsi “Running

Nah, dalam menu ini kalian akan melihat beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang smartphonemu. Jika tidak diperlukan, kalian bisa mematikan beberapa aplikasi tersebut dengan cara memberhentikan secara paksa atau Force Stop.

4. Sofware yang Belum Diupdate

Sofware yang belum di update juga bisa menjadi penyebab timbulnya bug dan bug yang muncul juga cukup beragam serta berbeda-beda di setiap ponsel. Saat bug itu muncul pada ponsel kita, tidak sedikit membuat smartphone kita bekerja lebih keras dari biasanya.

Ketika ponsel kita sudah bekerja lebih keras dalam menjalankan setiap aplikasi dan game, maka suhu panas yang keluar akan terus meningkat sembari digunakan bermain game ataupun multitasking.

5. Terlalu Lama Bermain Game

Bermain game terlalu lama juga bisa menjadi pemicu ponsel kita cepat panas, apalagi beberapa game Android saat ini sudah berada dikualitas HD. Sebuah game yang mempunyai kualitas HD seperti PUBG, Asphalt 9 dan Mobile Lagends itu tentu membutuhkan kinerja GPU yang lebih kuat.

Meski GPU yang digunakan pada smartphone kalian sudah bagus, namun tetap saja jika digunakan dalam jangka waktu yang lama Hp kalian akan tetap panas. Maka dari itu, memberikan beberapa jam jeda akan membuat ponsel kalian terhindar dari panas.

6. Memori Internal yang Sudah Habis

Saat ini memang sudah banyak smartphone yang memiliki kapasitas memori internal yang luas, namun seiring berjalannya waktu, beberapa aplikasi sosial media dan juga game membutuhkan ruang penyimpanan yang semakin besar.

Oleh karena itu, wajib hukumnya kalian mengecek secara rutin kapasitas memori internal yang masih tersisa pada smartphonemu. Selain itu menghapus beberapa aplikasi yang memang sudah tidak dibutuhkan juga merupakan cara untuk mencegah hp Android menjadi cepat panas.

7. Periksa Jaringan Internet yang Digunakan

Cara mengatasi Hp panas saat bermain game yang selanjutnya adalah dengan memastikan koneksi internet yang sedang digunakan. Karena jika koneksi internet yang kalian gunakan sedang tidak stabil atau buruk maka ini akan membebani kinerja perangkat yang ada didalam Hp Android.

Smartphone kalian akan terus mencari koneksi internet yang lebih baik demi menjaga kenyamanan kalian saat bermain game online. Nah, jika tiba-tiba ponsel kalian terasa panas dan rasa panas itu terus meningkat, maka ada baiknya untuk mengganti koneksi internet yang digunakan dengan jaringan provider yang lebih baik.

8. Nonaktifkan Wi-Fi, GPS dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Tidak sedikit dari orang yang sadar kalau ternyata GPS, Wi-Fi dan Bluetooth bisa menjadi penyebab Hp menjadi lebih cepat panas saat digunakan bermain game. Meksi fitur tersebut sangat membatu kita sehari-hari, namun jika memang sedang tidak di perlukan, ada baiknya kalian mematikannya.

Dengan cara ini, ponsel kalian tidak akan mudah panas saat digunakan bermain game. Serta konsumsi daya baterai juga akan semakin sedikit karena kinerja ponsel Android kalian akan berkurang.

Baik, mungkin hanya itu saja sedikit rangkuman informasi seputar cara mengatasi Hp panas saat bermain game. Semoga bermanfaat dan nantikan tips keren seputar gadget hanya di blog Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.