Inilah 10 Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP Android yang Paling Aman

Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP Android yang Aman

Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP – Mungkin saat ini sudah tersedia banyak ponsel Android yang dibekali dengan baterai besar serta fitur fast charging, tapi meski begitu tidak menutup kemungkinan juga kalau masih banyak orang yang sering mengalami lowbat atau kehabisan baterai dengan cepat.

Hal beruknya lagi, kejadian tersebut bisa terjadi lebih dari dua kali dalam sehari saat digunakan secara terus menerus. Namun ini biasanya tergantung dari kapasitas baterai ponsel yang digunakan, karena semakin besar kapasitas baterai pada Hp Android maka akan semakin lama pemakaiannya dan proses pengisian juga pasti akan semakin lama.

Penyebab borosnya komsumsi daya pada baterai ponsel tidak hanya bisa terjadi karena kondisi baterai yang tidak bagus atau baterai yang tidak original, diserang oleh virus dan malware namun juga bisa terjadi karena penggunaan ponsel terlalu sering atau tanpa jeda. Saat kalian sedang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk menunggu proses pengisian daya, maka hal ini akan menjadi mimpi buruk.

Sebab ponsel membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengisi ulang daya pada baterai yang habis, meskipun Hp kalian sudah dibekali dengan fitur fast charging. Oleh karena itu, kalian wajib untuk mengetahui beberapa hal penting dalam proses mengisi ulang daya pada baterai smartphone agar lebih cepat penuh.

Lalu apa saja hal penting tersebut? Yuk, kita cari tahu dibawah ini.

Beginilah Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hp Android Terbaru

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hp Android Terbaru

Seperti yang sudah disinggung diatas, kalau lama dan cepatnya proses pengisian daya pada ponsel itu tidak hanya tergantung dari kapasitas baterai serta fitur fast charging saja tapi hal itu juga bergantung pada penggunanya sendiri.

Nah, berikut ini 10 tips agar baterai cepat penuh dan pastinya aman bagi smartphone kalian.

1. Menjaga Agar Suhu Ponsel Tetap Dingin

Cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang pertama adalah dengan menjaga suhu ponsel tetap dingin ketika proses pengisian daya berlangsung. Karena ponsel yang panas atau overheating akan membuat daya pada baterai lebih cepat habis dan imbasnya waktu mengisi ualng daya akan menjadi semakin lama.

Oleh sebab itu, menjaga agar suhu ponsel tetap dingin adalah cara yang baik untuk mempercepat proses pengisian daya pada baterai.

2. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Seperti yang kita tahu kalau hampir semua ponsel Android lama dan baru itu memiliki fitur hemat baterai yang sangat bserguna untuk mencegah daya pada baterai menjadi cepat habis. Namun tidak hanya itu saja, karena fitur hemat baterai juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mempercepat pengisian baterai hp Android kalian.

Dengan mengaktifkan fitur ini ketika proses pengisian daya, maka waktu yang dibutuhkan oleh ponsel akan lebih sedikit dibandingkan saat tidak mengaktifkan fitur tersebut.

3. Hindari Mengisi Daya Saat Ponsel Dalam Keadaan 0%

Cara mempercepat pengisian daya baterai HP Android yang selanjutnya itu bisa dilakukan dengan mencegah mengisi ulang baterai dalam keadaan habis total atau 0%. Jika hal itu kalian lakukan secara terus menerus maka tidak hanya proses pengisian daya menjadi lebih lama, tapi umur baterai akan menurun dengan cepat.

Jadi kalian sangat disarankan untuk mengatur waktu yang baik saat ingin mengisi ulang daya pada baterai serta lakukan pengisian ulang daya saat indikator sudah menandakan 15-20%. Hal ini tidak hanya akan menjaga baterai ponsel kalian tetap awet tapi juga mempercepat proses pengisian daya.

4. Matikan Ponsel Saat Mengisi Daya

Mungkin sampai saat ini masih sedikit orang yang tahu kalau mematikan ponsel saat mengisi daya adalah cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang paling aman. Selain dapat mempercepat proses isi ulang baterai, cara ini juga akan memperpanjang usia baterai smartphone kalian.

Metode yang satu ini juga terkenal sangat ampuh dan lebih efektif dari cara yang diatas tadi. Hal ini karena baterai tidak akan mengalirkan daya sama sekali saat proses pengisian ulang berlangsung.

5. Pilih Aplikasi yang Cocok

Meski mematikan ponsel adalah cara mempercepat pengisian baterai yang paling aman, tapi bagi orang yang selalu sibuk dengan ponselnya tentu tidak akan bisa melakukan cara tersebut. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk membantu mempercepat proses pengisian daya pada baterai.

Ada banyak jenis aplikasi tambahan yang dapat kalian download secara gratis di Google Play Store yang ada didalam ponsel Android. Biasanya aplikasi tersebut akan membantu proses pengisian baterai menjadi lebih cepat sekitar 20-30% dari biasanya.

6. Gunakan Mode Airplane Saat Mengisi Daya

Seperti halnya dengan mematikan ponsel saat ingin mengisi daya, mengaktifkan mode Airplane juga merupakan cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang tidak kalah efektif. Dengan memakai fitur ini, semua jaringan internet akan terputus serta aplikasi yang berjalan menggunakan akses internet akan berhenti.

Selain proses pengisian daya menjadi lebih cepat, langkah ini juga akan memberikan jeda atau istirahat pada ponsel kalian.

7. Gunakan Charger Original Ponsel

Masing-masing vendor ponsel Android tentu sudah membekali setiap ponselnya dengan ukuran tegangan serta arus yang pas pada charger. Maka dari itu memakai charger ponsel yang original adalah cara mempercepat pengisian baterai Hp yang sangat aman.

Apabila kalian menggunakan charger yang tidak original atau arus yang dialirkan oleh charger lebih besar dari yang dibutuhkan oleh ponsel dan begitu juga sebaliknya maka tidak menutup kemungkinan kalau baterai akan lebih cepat drop atau rusak.

8. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang selanjutnya itu bisa dilakukan dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan saat proses mengisi ulang daya. Ada beberapa fitur yang wajib untuk kamu matikan ketika ingin mengisi daya seperti NFC, Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan lain-lain.

Jika kalian biarkan fitur tersebut aktif, maka tidak hanya proses pengisian daya yang menjadi lama tapi ponsel kalian akan menjadi cepat panas meski tidak digunakan sekalipun.

9. Hindari Menggunakan Powerbank

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hp Android Tanpa Powerbank

Mengisi daya baterai dengan powerbank memang tidak disarankan tapi dalam kondisi tertentu, powerbank bisa digunakan untuk mengisi ulang daya pada baterai smartphone. Namun kalian harus mematikan ponsel saat ingin menggunakan powerbank.

Tapi jika kondisi memungkinkan untuk menggunakan charger, maka hindari memakai powerbank.Hal ini karena tidak semua powerbank memberikan aliran alus yang pas sesuai kebutuhan ponsel Android kita.

10. Pilih Staker yang Tepat Untuk Ponsel

Cara mempercepat pengisian baterai Hp yang terakhir adalah memilih staker yang tepat untuk smartphone yang kita gunakan. Charger ponsel kalian pada staker listrik bukan dari laptop, PC ataupun powerbank jika itu memungkinkan.

Karena port USB 2.0 itu hanya akan mengeluarkan arus listrik sebesar 2,5 watt saja dan ini akan memperlabat proses mengisi ulang daya.

Selain dengan mengikuti cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang sudah di jelaskan diatas tadi, kalian juga wajib tahu bagaimana cara menghemat daya baterai pada Smartphone. Karena ini akan sangat beguna bagi kalian yang selalu sibuk dengan ponselnya setiap hari.

Dengan begitu kalian tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menunggu baterai Hp Penuh serta daya pada baterai akan lebih awet untuk digunakan seharian. Jadi kalian tidak perlu mencolokan charger dua kali dalam sehari lagi.

Baik, mungkin untuk saat ini sampai disini saja pembahasan mengenai cara mempercepat pengisian baterai Hp Android yang dapat admin hadirkan. Semoga bermanfaat dan nantikan tips keren seputar gadget hanya di Kampung Gadget.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.