Membuat Notifikasi Wa Mengambang

Cara Membuat Notifikasi Wa Mengambang di Android

Cara Membuat Notifikasi WA Mengambang – Notifikasi atau sering juga kita sebut sebagai pemberitahuan pada sebuah aplikasi memang merupakan suatu hal yang penting. Karena dengan adanya notifikasi ini, kita akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui informasi terbaru dari aplikasi yang digunakan.

Apalagi untuk aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp. Tentu dengan munculnya notifikasi kita akan lebih cepat tahu kalau ada pesan baru yang masuk ke akun wa kita. Apalagi saat ini kita memang sedang menunggu balasan pesan dari seseorang yang mungkin penting dan mengharuskan kita untuk segera membalasnya.

Tentunya kalian juga tidak inginkan kalau orang tersebut lama menunggu balasan pesan dari kalian kan? Lalu bisa saja iya membatalkan semua hal penting yang ada didalam pesan tersebut, karena terlalu lama menunggu.

Pastinya tidak akan ada seorangpun yang ingin mengalaminya, termasuk saya sendiri juga tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Lalu bagaimana cara mencegah hal tersebut agar tidak terjadi pada kita?

Caranya tentu dengan mengaktifkan notifikasi pada aplikasi WhatsApp di  ponsel Android yang kita gunakan. Dengan begitu, semua pesan baru yang masuk ke akun wa kita akan muncul pada bilah notifikasi di bagian layar ponsel.

Cara Membuat Notifikasi Wa Mengambang di Semua HP Android

Meski terdengar sangat sederhana, namun tetap saja masih banyak dari kita yang belum tahu cara membuat notifikasi wa mengambang di Android. Hal ini biasanya lebih sering dialami oleh mereka yang baru pertama kali menggunakan aplikasi WhatsApp.

Jika kalian salah satunya, maka tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena hari ini saya akan menjelaskan ke kalian cara menampilkan notifikasi mengambang di HP Android dengan mudah.


Namun penting juga untuk kalian ketahui kalau cara yang saya bagikan ini bisa kalian gunakan di semua HP Android saat ini. Mulai dari HP Vivo, Oppo, Xiaomi, Samsung, Realme, Redmi, Asus dan ponsel Android merek lainnya.


1. Masuk Kedalam Menu Pengaturan HP

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan atau Settings yang ada di HP Android. Lalu kalian dapat mencari menu Daftar Aplikasi atau Aplikasi yang biasanya ada di deretan paling tengah.

Untuk format menu di setiap HP Android memang berbeda-beda, namun untuk fungsi dan kegunaannya sebenarnya sama saja. Jadi, di sini kalian hanya perlu memastikan kalau sudah masuk kedalam menu Aplikasi.

2. Pilih Aplikasi WhatsApp

Setelah kalian sudah berhasil masuk kedalam menu Aplikasi pada HP, maka selanjutnya kalian tinggal mencari aplikasi WhatsApp yang akan kita atur notifikasinya.

3. Buka Menu Notifikasi

Apabila kalian sudah menemukan aplikasi WhatsApp, maka langsung saja tap atau pilih. Kemudian akan terbuka beberapa menu pilihan lainnya, tapi kalian hanya perlu memilih menu Notifikasi / Pemberitahuan.

4. Pilih Tampilkan Notifikasi WhatsApp

Sekarang kalian harus menggeser menu button ke arah kanan, sehingga akan berubah menjadi warna biru. Menu ini memiliki fungsi untuk mengijinkan aplikasi mendorong notifikasi ke layar ponsel.

Jika menu ini di nonaktifkan, maka notifikasi WhatsApp tidak akan muncul di layar smartphone.

Di sini kalian juga bisa menyesuaikan pengaturan notifikasi yang diinginkan untuk tampil di layar HP. Ada banyak pilihan yang dapat kalian gunakan dan pastikan tidak terlalu berlebihan ya.

Karena bisa berpengaruh pada performa HP yang bisa menurun atau lemot saat digunakan. Sebab memori RAM menjadi cepat penuh karena harus menghandle banyaknya notifikasi yang muncul pada HP kita.

5. Buka Aplikasi WhatsApp dan Cari Pengaturan

Setelah selesai menentukan notifikasi yang kalian inginkan, kini saatnya kita beralih ke aplikasi WhatsApp.

Sekarang buka aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan pada HP, kemudian kalian cari menu Pengaturan / Setelan. Caranya dengan menekan icon titik tiga yang ada di pojok kanan layar pada WhatsApp.

6. Pilih Notifikasi

Apabila sudah berada didalam menu Pengaturan atau Setelan pada aplikasi WhatsApp, maka sekarang tinggal mencari menu Notifikasi.

Di sini kalian juga bisa memilih tampilan notifikasi yang di inginkan dari aplikasi WhatsApp. Selain notifikasi untuk chat pribadi, kalian juga bisa mengatur notifikasi untuk group wa yang dimiliki.

Apabila sudah selesai, kalian bisa langsung mengetesnya dengan mengirimkan sebuah pesan dari ponsel lain. Pastikan ponsel dalam keadaan terkunci jika kalian ingin melihat notifikasi berhasil muncul atau tidak di layar ponsel.

Penutup

Bagaimana sobat Kampunggadget, sangat mudah bukan membuat notifikasi wa mengambang di Android? Jadi sekarang kalian tidak perlu khawatir kalau ketinggalan informasi penting dari aplikasi WhatsApp.

Seperti biasa, jika kalian memiliki sebuah pertanyaan seputar informasi di atas yang berhubungan dengan aplikasi WhatsApp. Maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar dan saya akan dengan senang hati membantu kalian mencarikan jawabannya.

Mungkin sampai di sini saja informasi tentang cara membuat notifikasi Wa mengambang di HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.