4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus – Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi chatting yang satu ini. Yup, WhatsApp atau sering juga di kenal dengan singkatan WA ini adalah salah salah satu aplikasi yang cukup populer. Di mana hingga sampai saat ini, WhatsApp sudah mempunyai 5 miliar unduhan di seluruh dunia.

Hal itu jelas karena WhatsApp menghadirkan berbagai macam fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya secara gratis. Salah satu fitur sederhana yang sering digunakan oleh pengguna WA adalah chat atau bertukar pesan dengan banyak orang. Mulai dari mengirim pesan ke teman atau saudara yang hanya sekedar menanyakan kabar, sampai mengirim pesan untuk keperluan bisnis.

Akan tetapi tidak semuanya lancar seperti yang kita harapkan, karena pastinya ada saja beberapa masalah yang terjadi. Entah itu karena faktor di sengaja atau tidak di sengaja, contohnya saja seperti pesan WhatsApp yang tiba-tiba hilang.

Jika pesan yang hilang itu tidak terlalu penting, mungkin bagi sebagian orang akan mengabaikannya saja. Tapi bagaimana jika pesan WA yang sudah terhapus dengan tidak sengaja tadi penting? Tentu, hampir 90% dari orang akan merasa panik dan khawatir jika pesan tersebut tidak bisa di pulihkan.

Tapi tenang, kalian tidak perlu panik begitu dengan masalah chat WhatsApp yang tiba-tiba hilang dari ponsel. Karena dalam artikel ini Kampung Gadget akan membagikan kalian sebuah cara untuk memulihkan pesan WA yang sudah terhapus.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android Terbaru

Setiap orang pasti pernah mempunyai masalah tersebut, entah itu karena faktor kesengajaan atau tidak. Intinya itu kalian jangan langsung panik jika tiba-tiba obrolan di WA mendadak hilang tanpa sebab, karena pasti ada solusi yang bisa di lakukan.

Sebenarnya cara sederhana yang bisa kita coba lakukan untuk mengembalikan chat yang sudah terhapus di WA ialah dengan menginstall ulang. Karena dengan cara menginstall ulang aplikasi WhatsApp, nantinya kamu akan melihat opsi pemulihan data saat verifikasi.

Dalam opsi pemulihan tersebut, tidak hanya bisa mengembalikan semua media yang kalian miliki tapi juga bisa memulihkan pesan yang terhapus. Namun ini ada tapinya, proses pemulihan ini hanya bisa di lakukan jika kalian sudah membackup data sebelumnya ke Google Drive.

Jika tidak, maka cara tersebut tidak akan bisa memulihkan obrolan penting kalian yang sudah terhapus. Lalu apakah ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk memulihkan riwayat chat? Tentunya ada. Kalian bisa menggunakan salah satu dari 4 cara mengembalikan chat WA yang terhapus lama di HP Android berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Voice Note Menjadi Status WhatsApp

1. Mengembalikan Pesan WA yang Sudah Terhapus Dengan File Manager

Mengembalikan Pesan WA yang Sudah Terhapus Dengan File Manager

Cara pertama yang bisa kalian lakukan dalam mengembalikan pesan obrolan yang terhapus tidak sengaja di WA ialah dengan memakai file manager. File manager sendiri merupakan tempat menyimpan seluruh data yang di miliki oleh semua aplikasi termasuk WhatsApp.

Di dalam file manager inilah kalian akan menemukan beberapa file obrolan yang sudah terhapus sebelumnya. Tapi file tersebut tidak lantas bisa kalian buka dan melihat isi di dalamnya, karena memiliki format yang tidak bisa di buka pada HP Android.

Namun file tersebut akan kita pulihkan ke dalam aplikasi WhatsApp agar isinya bisa kita lihat kembali. Ini juga cocok untuk mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup di Android. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih seperti ini:

  • Langkah pertama tentu kalian buka dulu Ponsel Android.
  • Setelah terbuka, kalian dapat langsung membuka File Manager atau Penyimpanan Internal.
  • Dalam File Manager kalian cari lagi folder dengan nama WhatsApp.
  • Setelah terbuka, cari lagi folder dengan nama Database.
  • Pada folder ini kalian akan menemukan banyak file dengan nama msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12, untuk format belakangnya bisa saja berbeda-beda jadi itu biarkan saja dan jangan di rubah.
  • Kemudian kalian hilangkan format YYYY-MM-DD atau menjadi seperti msgstore.1.db.crypt12 dan kalian harus merubahnya satu persatu.
  • Selanjutnya kita akan mulai melakukan Uninstal Aplikasi WhatsApp pada ponsel dan kalian bisa melakukannya seperti biasa.
  • Jika sudah, instal kembali WhatsApp di Google Play Store.
  • Buka WhatsApp dan lakukan verifikasi memakai nomor sebelumnya.
  • Ketika di minta, pilih Pulihkan untuk mengembalikan chat yang ada pada file tadi.
  • Tunggu sampai proses Pemulihan selesai dan jika sudah ketuk Lanjutkan.

Dengan cara tersebut biasanya chat WA yang tadinya terhapus secara tidak sengaja akan muncul kembali di riwayat obrolan.

Catatan: Cara ini hanya bisa kalian gunakan jika chat WhatsApp yang baru saja terhapus atau tidak lebih dari 7 hari. Jika lebih, umumnya akan terhapus secara permanen dari HP kita.

2. Memulihkan Chat WA yang Terhapus Dengan Google Drive

Memulihkan Chat WA yang Terhapus Dengan Google Drive

Selain dengan memakai cara yang pertama, kalian juga masih bisa mengembalikan chat WA yang tidak sengaja terhapus. Cara ini jelas bisa memulihkan seluruh chat yang sebelumnya sudah terhapus dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jadi, apabila ponsel kalian mungkin sedang mengalami kerusakan dan mengharuskan untuk menginstall ulang aplikasi WhatsApp maka bisa memakai cara ini. Tapi sebelum itu, usahakan kalian sudah melakukan backup atau menyimpan seluruh chat wa dalam Google Drive.

Jika kalian tidak melakukanya, maka kemungkinan besar seluruh chat tersebut tidak akan pernah kembali lagi. Namun jika sudah, kalian bisa memulai cara mengembalikan chat WA yang terhapus lama dengan Google Drive di bawah ini:

  1. Pertama pastikan kalian sudah menginstall Aplikasi WhatsApp.
  2. Buka WhatsApp dan pilih Agree and Continue.
  3. Verifikasi kembali dengan Nomor HP sebelumnya yang kalian gunakan.
  4. Setelah proses verifikasi selesai, maka ketuk Next.
  5. Pilih Ok dan Continue.
  6. Berikutnya untuk memulihkan data sebelumnya, langsung saja pilih Restore.
  7. Tunggu sampai proses selesai dan Masukan Nama kalian lalu pilih Next.

Jika sudah berhasil, maka kini kalian akan melihat semua obrolan yang sebelumnya hilang. Tapi jika masih gagal, mungkin ada kesalahan saat proses backup atau pemulihan. Kalian bisa mengulangi cara di atas dengan perlahan-lahan agar tidak ada kesalahan saat proses pemulihan data.

3. Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Dengan Recent Backup

Cara yang selanjutnya ini sebenarnya hampir sama dengan proses pemulihan chat WA di atas tadi, namun kelebihannya adalah prosesnya yang lebih simpel.

Bagi kalian yang sudah menggunakan WhatsApp versi terbaru saat ini, maka pasti akan menemukan fitur backup otomatis. Karena baru-baru ini developer WhatsApp kembali menambahkan beberapa fitur terbaru ke dalam aplikasinya dan salah satunya adalah fitur backup otomatis ini.

Fitur ini akan membatu seluruh penggunanya untuk mengamankan data penting yang ada di dalam WhatsApp tanpa harus repot-repot membackupnya secara manual. Hal ini tentu akan menguntungkan kalian saat terjadi masalah pada aplikasi WhatsApp.

Untuk memulihkannya, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, kalian bisa menghapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada pada ponsel.
  • Jika sudah terhapus, maka cobalah untuk menginstallnya kembali seperti dulu.
  • Usahakan kalian menginstallnya di Google Play Store dan jangan di market lain.
  • Jalankan aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall tadi dan verifikasi kembali memakai Nomor HP sebelumnya.
  • Apabila kalian menemukan pesan yang bertuliskan ‘Restore your chat history‘ maka langsung pilih menu Restore.
  • Tunggu sampai proses pemulihan selesai dan lamanya proses ini biasanya bergantung dari ukuran file WhatsApp yang tersimpan.

Apabila berjalan dengan benar, maka seluruh riwayat obrolan kalian sebelumnya akan kembali muncul. Tapi, cara ini biasanya hanya berlaku jika chat WA kalian tidak terhapus lebih dari 7 hari.

Baca Juga: Cara Menyimpan Voice Note WhatsApp Pada HP

4. Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android ke iPhone

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya-tanya tentang, apakah bisa mengembalikan chat WA dari Android ke iPhone? Tentu jawabannya adalah mustahil.

Karena seperti yang kalian ketahui, bukan hanya tipe serta spesifikasi Smartphone yang berbeda tapi cara penyimpanan juga berbeda. Di mana aplikasi WhatsApp pada HP Android itu menggunakan Google Drive sebagai tempat menyimpan seluruh data penggunanya.

Sedangkan untuk WhatsApp di iPhone sendiri memakai iCloud sebagai tempat untuk membackup seluruh data penting penggunanya. Maka dari itu, jika sebelumnya kalian memakai HP Android dan beralih ke iPhone maka seluruh chat sebelumnya tidak akan bisa kembali.

Walaupun kalian di iPhone mempunyai aplikasi Google Drive, tetap saja mengembalikan chat WA sebelumnya tidak akan bisa di lakukan. Maka jika hal ini yang kalian cari-cari, maka berhentilah, karena sulit untuk kalian bisa mengembalikannya.

Tips Mencegah Agar Chat WA Tidak Hilang

Untuk mencegah kalian mengalami hal buruk seperti pesan WA yang tiba-tiba hilang atau aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba error. Maka ada baiknya kalian mencegahnya dengan melakukan beberapa cara seperti dengan membackup ke Google Drive.

Seperti yang admin jelaskan di atas, dengan membackup semua data ke Google Drive maka akan meminimalisir hilangnya data saat ponsel error atau rusak. Dalam hal ini, sebenarnya ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mencadangkan data pada WhatsApp.

  • Menggunakan Fitur Cadangan Lokal.
  • Memakai Google Drive.

Nah, bagi kalian yang mungkin tidak tahu cara melakukan backup, maka bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Cara Backup Memakai Fitur Cadangan Lokal

Apabila kalian tidak mempunyai jaringan internet ataupun kuota yang besar, maka bisa memakai cara yang pertama ini. Karena ini akan menyimpan beberapa data penting yang saat ini masih ada di dalam aplikasi WhatsApp dan harus dilakukan secara manual.

Selain itu, fitur ini tidak akan membackup data yang sudah kamu hapus sebelumnya. Serta kamu juga wajib membackupnya setiap hari atau selang beberapa hari kedepan saat ada data penting yang ingin di simpan.

Prosesnya itu kurang lebih seperti ini:

  • Pertama kalian buka dulu Aplikasi WhatsApp pada HP Android.
  • Kemudian tekan icon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Setelah itu kalian pilih lagi menu Setelan.
  • Berikutnya pilih Chat dan lanjutkan ke opsi Cadangan Chat.
  • Di dalam menu ini, kalian bisa langsung memilih opsi Cadangkan.

Terakhir kalian hanya perlu menunggu sampai selesai saja dan prosesnya juga tidak lama. Cara ini juga cocok untuk kamu lakukan saat ingin memindahkan akun WA dari HP lama ke ponsel Android yang baru.

2. Memakai Google Drive

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk mencegah hilangnya data penting pada WhatsApp adalah dengan membackupnya ke Google Drive. Untuk prosesnya juga tidak jauh berbeda dari cara yang pertama tadi, namun di sini kamu wajib menyiapkan akun Google.

Pastikan kalian sudah mempunyai akun google dan usahakan akunnya juga sudah aktif. Setelah siap, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah awal kalian buka dulu aplikasi WhatsApp.
  2. Pada halaman depan, kalian pilin icon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Berikutnya kalian cari lagi menu Setelan.
  4. Setelah itu cari opsi Chat dan Cadangan Chat.
  5. Jika sudah, pastikan dulu Akun Google yang kalian lihat di bawah sudah sesuai.
  6. Apabila semua siap, maka kalian bisa mengetuk menu Cadangkan ke Google Drive.
  7. Terakhir kalian bisa memilih proses pencadangan harian, mingguan ataupun bulanan.

Dengan begitu, kalian sudah berhasil mencadangkan semua data penting yang ada di dalam akun WhatsApp.

Penutup

Semua cara di atas tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri, jadi kalian bisa meyesuaikannya dengan keperluan. Tapi pengalaman dari admin sendiri, untuk chat WA yang sudah terhapus lama itu akan sulit di kembalikan jika sebelumnya belum di backup.

Jadi, jika sebuah chat yang ingin kalian pulihkan itu sudah terhapus lama dan lebih dari sebulan tanpa backup sebelumnya maka itu mungkin sulit. Namun jika itu baru saja terjadi, maka kalian bisa mengikuti cara yang pertama tadi.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang dapat saya hadirkan mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menantikan informasi menarik seputar gadget hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.