Cara Memperkuat Sinyal Indosat

Cara Memperkuat Sinyal Indosat Agar Tetap Stabil

Cara Memperkuat Sinyal Indosat – Bagi kalian yang mungkin belum tahu, Indosat merupakan salah satu provider seluler yang ada di Indonesia. Indosat juga sering di kenal dengan harga paket datanya yang murah serta paket Unlimited nya yang benar-benar keren.

Sampai saat ini, Indosat masih menjadi salah satu operator seluler yang mempunyai banyak pengguna. Mulai dari daerah perkotaan, sampai ke desa-desa yang ada di seluruh Indonesia pun banyak yang memakai layanan dari Indosat.

Memang tidak hanya terjadi pada provider Indosat saja, masalah internet yang lemot juga bisa terjadi di operator seluler lainnya. Masalah lemotnya internet Indosat sebenarnya tidak hanya terjadi karena operatornya sedang bermasalah, tapi juga bisa karena kualitas sinyal yang di dapat oleh penggunanya.

Seperti yang sudah saya pernah jelaskan sebelumnya, kalau kualitas sinyal yang ditangkap oleh ponsel sangatlah berpengaruh. Nah, terkadang pasti pernah muncul pertanyaan, seberapa banyak sih, sinyal yang harus di dapatkan oleh perangkat kita agar akses internet tidak lemot?

Memang tidak ada patokan yang pasti untuk hal tersebut. Tapi intinya itu, semakin besar sinyal yang didapat oleh perangkat, maka semakin cepat koneksi internet yang akan dirasakan. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika sinyal yang didapat kecil, maka kecepatan internet juga akan ikut menurun atau lemot.

Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Benar

Tahukah kalian? Kalau sebenarnya ada sebuah cara yang bisa membuat koneksi internet dari Indosat menjadi cepat dan stabil, lho.

Dari pengalaman pribadi, kecepatan download internet Indosat yang paling cepat yang pernah saya rasakan itu pernah mencapai 10MBps. Tapi saya mendownload menggunakan perangkat laptop dengan bantuan IDM dan kecepatannya stabil di angka 10MBps. Untuk sinyal yang di dapatkan oleh ponsel saya sangat full dan berada di jaringan 4G LTE.

Apakah kalian ingin mencoba untuk merasakannya? Jika iya, di sini saya sebenarnya sudah menyiapkan beberapa tips yang dapat kalian coba untuk memperkuat sinyal Indosat yang lemot. Selain itu, tips yang saya bagikan di sini juga merupakan sebuah rangkuman dari pengalaman pribadi dan pastinya terbukti berhasil.

Penasaran dengan tips tersebut? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Rubah Pengaturan Sinyal pada HP

Pada dasarnya jangkauan sinyal operator Indosat di setiap daerah yang ada di Indonesia itu pasti akan berbeda-beda. Ada daerah yang jangkauannya bagus, ada juga yang kurang dan ada pula yang tidak terjangkau sama sekali. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mengakalinya dengan mengubah jenis jaringan yang akan digunakan.

Contohnya saja, apabila kalian biasanya memakai jaringan Indosat 4G, namun saat kalian pergi ke suatu daerah yang ternyata sinyal kurang bagus, maka kalian bisa mencoba untuk mengubah pengaturan jaringannya ke 3G. Dengan begitu, kualitas internet yang bisa kalian dapatkan akan lebih baik dan ponsel kalian juga tidak akan cepat panas.

Untuk mengubahnya sangatlah mudah, kalian bisa langsung melalui pengaturan pada ponsel atau menggunakan kode dial. Begini langkah-langkahnya:

#1. Melalui Pengaturan

  • Buka menu Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian cari menu Pengaturan Kartu SIM.
  • Di halaman ini kalian cari SIM yang menggunakan kartu Indosat.
  • Kemudian pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Terakhir tinggal mengubah pengaturan jaringan, pilih Prioritas 3G.

Setelah berhasil, ponsel kalian akan mengutamakan mencari jaringan 3G yang ada di sekitarnya. Jika kalian ingin menghemat baterai, maka bisa menurunkannya lagi ke 2G tapi internet yang di dapat akan sangat lambat.

#2. Menggunakan Kode Dial

Jika kalian tidak ingin melalui menu pengaturan untuk mengubah jaringan, maka bisa menggunakan kode dial untuk mengubahnya. Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi Telepon pada HP kalian.
  • Pada keyboard ketikan kode *#*#4636*#*#.
  • Tunggu dulu beberapa saat.
  • Jika sudah muncul jendela baru pada layar, langsung pilih Pengaturan Informasi Telepon.
  • Lalu kalian bisa langsung mengatur jenis jaringan sesuai dengan lokasi saat ini.

Terakhir tunggu sampai penyesuaian sinyal berhasil, nantinya jaringan yang sudah kalian pilih akan secara otomatis di tetapkan oleh ponsel sebagai jaringan prioritas.

Jadi, kalau jaringan 3G di tempat kalian berada saat ini lebih bagus daripada 4G, maka seharusnya koneksi internet akan lebih baik dari sebelumnya.

2. Install Aplikasi Penguat Sinyal

Selain yang pertama, kalian juga bisa memakai cara ini untuk memperkuat sinyal Indosat yang ada di HP kalian. Di mana kalian bisa memakai sebuah aplikasi pihak ketiga dari Google Playstore untuk memperkuat sinyal Indosat di tempat kalian berada.

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi penguat sinyal yang bisa kalian install secara gratis pada ponsel Android. Contohnya seperti HSPA+ Tweaker, Pinger, Connection Stabilizer Booster dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun pengalaman saya pribadi, aplikasi penguat sinyal yang cukup baik ada pada Pinger dan HSPA+ Tweaker.

Tapi itu menurut pendapat dari saya pribadi dan saya sendiri juga sudah pernah mencoba aplikasi tersebut untuk memperkuat sinyal Indosat pada HP. Jadi, sekarang sebenarnya tergantung dari kalian masing-masing, mau menggunakan aplikasi yang mana.

Informasi tambahan untuk kalian, aplikasi ini berfungsi hanya untuk memperkuat sinyal Indosat yang di tangkap oleh HP kalian. Sehingga dengan memasang salah satu aplikasi tersebut, maka masalah sinyal yang sedang kalian alami pasti bakal teratasi.

3. Atur Ulang APN Indosat

Apabila di tempat kalian sinyal Indosat yang di tangkap oleh ponsel sangat lemah, maka kemungkinan itu karena ada masalah pada APN(Acces Point Name) nya. Meski secara umumnya, APN akan terpasang secara otomatis saat kita memasang kartu SIM pada HP dan akan menyesuaikan dengan layanan yang kita daftarkan.

Tapi terkadang APN yang di pasang secara otomatis itu bisa mengalami masalah, seperti membuat sinyal pada HP menjadi lemot. Untuk mengatasinya, kita bisa memasangkan APN baru yang lebih kencang dan stabil.

Caranya seperti ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Lalu cari menu pengaturan Dual SIM.
  3. Sekarang cari SIM yang memakai kartu Indosat.
  4. Selanjutnya pilih menu APN (Nama Titik Akses).
  5. Jangan merubah yang sudah ada, tapi kita buat APN baru dengan tekan menu (+).
  6. Masukan APN yang sudah saya siapkan di bawah.
  7. Berikutnya pilih Simpan.
  8. Terakhir jangan lupa untuk mengaktifkannya.

Sekarang, kalian bisa mencoba mengakses internet dengan layanan dari Indosat dan lihat kecepatan serta ke stabilannya.

NamaIndosat Internet
APNIndosatgprs
Proxy10.19.19.19
Port8080
Usernameindosat
Passwordindosat
MMS proxyNot set
MMS portNot set
MCC510
MNC01

Untuk sisanya lagi kalian dapat membiarkannya default, ya.

4. Pakai Aluminium Foil Untuk Memperkuat Sinyal Indosat

Pakai Aluminium Foil Untuk Memperkuat Sinyal Indosat

Masih sedikit dari orang yang tahu kalau sebenarnya aluminium foil dapat kita gunakan sebagai alat untuk memperkuat sinyal Indosat. Di mana aluminuim foil ini akan meningkatkan sinyal yang di tangkap oleh smartphone.

Namun sampai saat ini masih belum ada seorang ahli yang menjelaskan cara kerja dari aluminium foil dalam mengantarkan sinyal ke ponsel. Karena banyak yang sudah menjelaskannya di internet, maka tidak ada salahnya juga untuk kita mencobanya.

Nah, untuk metode penggunaanya itu sebenarnya berbeda-beda.

  • Ada yang menggunakan aluminium foil dengan langsung menempelkannya di bagian belakang body ponsel.
  • Ada juga yang menambahkan logam magnet kedalamnya.
  • Serta masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk masing-masing prosesnya itu juga sudah ada yang menjelaskannya di internet, jadi jika kalian ingin mencobanya, maka dapat mencarinya di Google ataupun Youtube.

5. Aktifkan Fitur Airplane Mode pada HP

Mungkin banyak dari kalian berfikir kalau fitur airplane mode hanya berguna untuk menghemat daya baterai smartphone saja, padahal sebenarnya masih ada fungsi lainnya. Di mana dengan fitur tersebut dapat kita manfaatkan untuk menyegarkan jaringan internet yang sedang gangguan pada HP.

Dengan begitu, tentunya metode ini akan sangat cocok dengan apa yang sedang kita bahas kali ini, yaitu untuk memperkuat sinyal Indosat pada smartphone.

Caranya sangat mudah:

  1. Pertama tarik kebawah bilah notifikasi pada layar.
  2. Kemudian aktifkan fitur airplane mode yang berlogo pesawat.
  3. Lalu tunggu beberapa saat, sekitar 15 detik.
  4. Jika sudah, matikan fitur airplane mode.
  5. Selesai.

Setelah proses di atas selesai, maka secara otomatis sistem pada HP akan memuat dan mencari ulang jaringan yang tersedia. Biasanya ini akan memperbesar potensi kita dalam mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih kuat.

6. Pindahkan Slot SIM

Mungkin tidak semuanya, tapi ada beberapa ponsel yang biasanya hanya di slot SIM 1 saja yang bisa mengakses jaringan 4G dan slot SIM 2 biasanya hanya untuk jaringan 3G. Selain itu hal ini juga sering tidak di jelaskan secara langsung oleh toko yang menjual ponsel tersebut, sehingga tidak banyak orang yang sadar dengan hal itu.

Nah, jika kartu Indosat yang kalian gunakan internettan itu berada di slot SIM 2, maka cobalah untuk memindahkannya ke slot SIM 1. Tapi pastikan juga kalau kartu Indosat kalian sudah mendukung jaringan 4G serta paket data yang dimiliki juga khusus untuk 4G.

Selain itu, walapun kalian mempunyai smartphone dan kedua slot SIM sudah mendukung jaringan 4G, tidak ada salahnya juga untuk mencoba memindahkan kartu Indosat ke slot SIM 1. Karena pengalaman saya peribadi, slot SIM 1 itu mampu menangkap sinyal yang lebih baik dari pada slot SIM 2.

7. Pindah ke Lokasi yang Memiliki Jangkauan Sinyal Lebih Baik

Semua tips memperkuat sinyal Indosat di atas memang tidak akan berpengaruh banyak jika ternyata lokasi kalian berada memiliki kualitas jaringan Indosat yang kurang bagus. Oleh sebab itu, cobalah untuk pergi ke tempat yang memiliki jangkauan sinyal lebih baik.

Contohnya saja, jika sekarang saya berada di dalam kamar dan sinyal Indosat sangat lemah, maka saya akan pindah ke tempat yang lebih terbuka, seperti di teras rumah misalnya. Intinya itu, kalian cari lokasi yang memang agak terbuka, karena biasanya sinyal operator lebih gampang masuk kesana.

Untuk hasilnya? Biasanya sinyal akan mengalami peningkatan sekitar 30% meski kalian hanya berpindah tempat saja. Jadi, di sini itu kita harus pintar-pintar dalam mencari tempat yang dirasa punya kualitas sinyal yang lebih bagus.

8. Cari Waktu yang Tidak Padat

Secara umum, jaringan seluler akan menjadi lemot ketika kita berada di lokasi dengan banyak orang yang menggunakan layanan operator seluler sama. Selain itu, jaringan internet juga bisa menjadi lemot kalau banyak pengguna yang menggunakan layanan di waktu yang bersamaan.

Jadi, kalian dapat mencoba untuk menghindari menggunakan internet pada hari atau waktu sibuk tersebut. Karena dengan begitu internet yang kalian dapatkan akan jauh lebih bagus karena di luar hari serta jam padat tersebut. Misalnya pagi sampai sore merupakan waktu padat, maka kalian bisa mengakalinya dengan mengakses internet di malam harinya.

9. Ganti Perangkat yang Bisa Menanggkap Sinyal Lebih Baik

Selain memindahkan posisi slot SIM yang di gunakan, jenis perangkat yang kita gunakan sebenarnya juga sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal Indosat yang di dapat.

Misalnya kalian menggunakan smartphone dengan kartu Indosat, namun sinyal yang di tangkap masih dirasa kurang kuat maka coba ganti menggunakan modem. Kenapa harus menggunakan Modem? Karena modem itu mempunyai teknologi serta kemampuan yang khusus untuk menangkap sinyal lebih baik dari smartphone.

Penggunaan modem juga sangat saya sarankan apabila kalian mengabiskan waktu yang lama di dunia internet. Selain kecepatan internet yang bisa di dapat lebih baik, ponsel kalian juga akan terasa tetap sejuk meski digunakan dalam jangka waktu lama untuk mengakses dunia internet.

Namun kelemahan penggunaan modem ini ada di ukuran baterai yang di milikinya. Ukuran baterai modem tidak semuanya sebesar ukuran baterai smartphone jaman sekarang, sehingga tidak cocok jika kalian membawanya bepergian.

10. Ganti Kartu SIM

Cara memperkuat sinyal Indosat yang terakhir adalah dengan mangganti kartu SIM lama dengan SIM Indosat yang baru. Karena masalah lemahnya sinyal yang di dapat oleh ponsel kalian itu bisa saja terjadi karena kartu SIM mengalami masalah. Masalah yang lebih sering terjadi biasanya ada di chip kecil yang terdapat di dalam kartu yang berwarna kuning keemasan.

Mungkin saja ada bagian yang terputus atau tergores yang mengakibatkan fungsi SIM menjadi bermasalah. Singga sinyal yang di peroleh juga sangat lemah meski kartu Indosat kalian sudah 4G sekalipun.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti kartu SIM tersebut dengan yang baru. Jika nomor SIM tersebut sangat penting, maka kalian juga bisa menggantinya langsung ke galeri Indosat terdekat di kotamu. Dengan begitu masalah sinyal Indosat yang lemot akan teratasi dengan lebih mudah, cepat dan aman pastinya.

Penutup

Semua tips itu sebagian saya rangkum dari pengalaman pribadi dan sebagian lagi saya rangkum dari forum internet. Saya berharap kalau dengan adanya tips tersebut bisa membantu kalian semuanya yang saat ini sedang mengalami masalah dengan sinyal Indosat.

Kalian juga bisa memilih salah satu dari beberapa tips memperkuat sinyal Indosat yang sudah saya rangkumkan tadi. Biasanya dengan menggunakan tips di atas, masalah sinyal Indosat yang lemot itu sudah bisa teratasi dengan mudah.

Baik, mungkin itu saja informasi tentang cara memperkuat sinyal Indosat agar makin kencang yang bisa saya rangkumkan untuk kalian hari ini. Jika ada pertanyaan, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.