Cara Membuat ID Telegram

Cara Membuat dan Melihat ID Telegram Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat ID Telegram – Aplikasi Telegram merupakan aplikasi chatting yang hampir sama dengan WhatsApp. Meski terlihat sama, namun ada banyak sekali perbedaan dari kedua aplikasi ini. Misalnya saja soal fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Telegram yang lebih lengkap dari pada WhatsApp.

Berbicara mengenai Telegram, sebenarnya selain nomor telepon, kita juga bisa mengatur ID (username) pada Telegram. Di mana kita bisa menyesuaikan username Telegram ini sesuai dengan keinginan saat pertama kali membuat akun baru.

Walaupun sudah muncul saat pertama membuat akun, namun ternyata masih banyak orang yang melewati tahapan ini. Padahal jika kita melihat kedepannya, mengatur Username Telegram ini sangatlah penting dan harus kita lakukan saat membuat akun.

Nah, jika dari kalian belum tahu cara membuat dan melihat ID Telegram sendiri, maka berikut ini saya akan menjelaskan cara lengkapnya.

Cara Membuat ID Telegram

Pada dasarnya untuk membuat ID Telegram itu kita hanya perlu membuka pengaturan akun yang di miliki. Sebab, dalam pengaturan akun tersebut kita sudah di sediakan opsinya. Jadi, kita tinggal mengatur username-nya di dalam opsi tersebut.

Berikut cara membuat ID Telegram dengan Buka Pengaturan Akun Telegram -> Pilih Menu Username Pada Akun -> Isikan Username -> ID Telegram Berhasil Dibuat.

Proses simpelnya sih seperti itu, namun jika kalian ingin lebih lengkapnya maka bisa simak di bawah ini.

1. Buka Pengaturan Akun Telegram

Untuk langkah pertama, kalian bisa membuka aplikasi Telegram yang ada pada HP seperti biasa. Setelah aplikasi sudah terbuka, maka kalian bisa menekan menu yang ada di sebelah kiri pada layar.

Nantinya kalian akan melihat jendela menu lainnya. Di sini tinggal pilih saja menu Settings atau Pengaturan jika memakai bahas Indonesia.

2. Pilih Menu Username Pada Akun

Setelah kalian sudah memilih menu pengaturan tadi, maka kali sekarang akan berada di dalam pengaturan akun Telegram sendiri. Untuk membuat ID, kalian tinggal menekan kolom yang bertuliskan Username.

Karena hanya pada kolom ini kita bisa mengubah ID pada akun Telegram yang di gunakan.

3. Isikan Username

Langkah berikutnya kalian bisa memasukkan Username pada kolom yang sudah tersedia. Kalian dapat membuat ID sesuai dengan keinginan masing-masing. Sebagai contohnya, saya di sini mengisikan ID dengan KampungGadget_Admin.

Namun perlu di ketahui juga kalau dalam pemilihan username ini kalian bisa menggunakan huruf, angka dan tanda sesuai keinginan.

Selain itu, dikarenakan usename Telegram ini bersifat unik, maka kalian tidak akan bisa memakai ID yang sama dengan orang lain. Jika ID yang kalian buat sudah ada yang menggunakan, maka di bawahnya tidak akan terlihat tulisan Available (Tersedia).

4. ID Telegram Berhasil Dibuat

Apabila kalian sudah selesai menentukan username Telegram yang akan di gunakan, maka langsung saja tekan tombol Centang yang ada di bagian atas layar.

Nantinya kalian akan kembali di arahkan ke pengaturan akun Telegram seperti awal lagi. Jangan kawatir, karena ini tandanya username yang kalian masukkan sudah berhasil di buat.

Penting:

Aplikasi Telegram ini mempunyai fitur yang memungkinkan kalian untuk bisa mengubah ID kapan saja dan tanpa ada batasannya.

Cara Melihat ID Telegram Sendiri

Sebenarnya caranya hampir sama saat kita membuat username Telegram tadi. Namun jika kalian masih bingung, maka saya akan menjelaskannya di bawah ini.

1. Buka aplikasi Telegram pada HP

Namun, jika kalian belum pernah membuatnya, maka bisa mengikuti tutorial di atas terlebih dahulu. Apabila sudah, maka kalian bisa mengikuti tutorial yang selanjutnya.

2. Pilih Menu Pengaturan Akun

Apabila aplikasi Telegram sudah terbuka, maka sekarang kalian tinggal masuk kedalam menu pengaturan akun. Untuk masuk kedalam menu ini, kalian bisa menekan ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas layar.

Setelah terbuka, langsung saja kalian tekan menu Pengaturan.

3. ID Telegram Sendiri Berhasil di Lihat

Jika sudah masuk kedalam pengaturan akun, maka secara otomatis kalian sekarang sudah ada di dalam akun Telegram sendiri.

Bila username sudah pernah kalian buat sebelumnya, maka pada halaman ini ID tersebut akan terlihat pada kolom username. Apabila belum, tampilannya akan berisi tulisan None. Sehingga kalian harus membuat terlebih dahulu ID-nya.

Cara Melihat ID Telegram Orang Lain

Jika tadi merupakan cara untuk melihat username Telegram sendiri, maka bagaimana jika kita ingin tahu ID orang lain?

Sebenarnya caranya sih tidak terlalu sulit, karena bisa saya katakan hampir sama dengan proses tadi. Tapi jika kalian belum tahu, maka berikut akan saya jelaskan caranya dengan lengkap.

1. Pilih Menu New Message

Langkah pertama tentu kalian harus membuka terlebih dahulu aplikasi Telegram yang sudah di miliki. Kemudian kalian bisa menekan ikon pensil yang ada di bawah bagian layar (menu New Message).

2. Pilih Kontak yang di Inginkan

Setelah menekan ikon pensil tadi, maka sekarang kalian akan berada di dalam halaman New Message.

Nah, pada halaman ini kalian juga akan menjumpai beberapa opsi. Namun karena kita hanya ingin melihat ID Telegram orang lain, maka pilih saja nama kontak yang di simpan.

Pastikan memilih nama kontak yang ingin kalian lihat username atau ID-nya.

3. Pilih Nama Kontak Telegram

Sekarang kalian akan berada di halaman chat dari kontak yang sudah di pilih. Untuk bisa tahu username yang iya gunakan, kalian tinggal menekan Nama atau Foto Profil Kontak tersebut.

Nantinya kalian akan di arahkan ke halaman lain yang berhubungan dengan profil kontak tersebut.

4. Lihat ID Telegram

Pada halaman ini, semua informasi dari kontak yang kalian pilih akan di tampilkan dengan cukup lengkap. Sebagai contohnya kalian dapat melihatnya pada gambar di atas tadi. Silakan kalian cek ID atau username yang di gunakan oleh kotak yang di pilih.

Penting:

Tutorial ini hanya bisa kalian gunakan untuk kontak yang sudah tersimpan pada HP. Sehingga untuk orang yang belum kalian simpan, maka tutorial di atas tidak akan bekerja.

Meski begitu, kalian masih bisa memakai fitur pencarian yang ada di Telegram dengan mengetik nama serta membuka halaman kontak yang di pilih.

Apa Guna ID Telegram?

Tentu saja sangat berguna, karena dengan adanya ID, seseorang akan bisa mencari kontak kita dengan lebih mudah. Selain itu, username akan sangat jauh lebih mudah kita ingat dari pada nomor HP yang di gunakan mendaftar akun Telegram.

Tidak hanya itu saja, ini juga akan menghidarkan seseorang salah saat mencari akun Telegram kita.

Selain itu, ID Telegram berguna seperti username layaknya akun media sosial lainnya. Dengan adanya ID (username) ini pengguna akan lebih mudah menemukan akun kita ataupun menambahkan akun Telegram lainnya. Intinya ID Telegram ini memudahkan kita dalam menggunakan akun Telegram yang di miliki.

ID Telegram itu yang Mana?

Mungkin masih banyak dari kalian yang bingung ataupun bertanya-tanya tentang ID Telegram itu yang mana sih? Nah, saya akan menjelaskan secara singkatnya dalam artikel ini.

ID Telegram atau sering di sebut dengan username ini digunakan oleh semua pengguna Telegram yang bersifat unik atau tidak sama dengan pengguna lainnya. ID Telegram ini terletak pada halaman atau profil akun Telegram kita.

Username (ID) ini juga bisa kita rubah sesuka hati karena tanpa ada batasan. Hanya saja kita tidak bisa membuat ID yang sama dengan orang lain.

Penutup

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kalau membuat ID Telegram ini sangatlah penting untuk kalian lakukan. Karena dengan adanya username ini kita akan memperoleh banyak sekali keuntungan yang akan di dapatkan. Salah satunya itu agar orang lain bisa dengan mudah menemukan akun kita.

Dengan tutorial di atas yang sudah saya jelaskan secara lengkap, seharusnya sih sobat Kampung Gadget sudah punya ID unik sendiri. Namun jika memiliki masalah, bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Saya akan dengan senang hati membantu kalian untuk mencarikan solusinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.