Mengenal Aplikasi Telegram Terbaru

Mengenal Aplikasi Telegram Serta Kelebihan dan Fitur Terbarunya

Mengenal Aplikasi Telegram – Seperti yang sudah sering kalian jumpai, kalau saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi chatting. Salah satunya itu adalah Telegram. Aplikasi sangat mirip dengan WhatsApp, Line dan aplikasi serupa lainnya yang berfungsi untuk menerima dan mengirimkan pesan.

Di dalam Telegram, kita akan disuguhkan banyak sekali fitur unik yang tidak di miliki oleh aplikasi lainnya. Contohnya saja seperti fitur botchannel dan juga fitur secret chat.

Umumnya sih untuk orang yang sudah memakai Telegram sejak lama, sudah pasti tahu tentang aplikasi ini. Namun nyatanya masih banyak sekali pengguna yang belum tahu tentang Telegram secara mendalam.

Namun kalian tidak usah khawatir dengan hal tersebut, sebab hari ini saya akan menjelaskannya secara lengkap untuk kalian. Pembahasan ini juga cocok untuk kalian yang baru tahu aplikasi Telegram dan juga penasaran dengan fitur-fitur terbaru yang ada di dalamnya.

Tentang Aplikasi Telegram

Sampai saat ini masih banyak sekali saya dengar sebuah pertanyaan, apa itu Telegram? Secara singkat, Telegram ini merupakan sebuah aplikasi chatting yang bisa di gunakan untuk menerima maupun mengirim pesan berupa teks, video, audio maupun dokumen.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi endtoend di dalamnya, sehingga keamanan pesan akan menjadi lebih terjamin lagi.

Tidak hanya itu saja, hampir sama dengan aplikasi chatting lainnya, Telegram juga mempunyai fitur untuk melakukan panggilan. Mulai dari panggilan suara maupun video call dengan nomor kontak yang kita simpan di Telegram.

Apakah hanya itu saja? Sudah pasti tidak, karena masih banyak lagi tentunya.

Fitur-fitur Pada Aplikasi Telegram

Untuk fitur yang saya katakan tadi itu hanyalah dasarnya saja, ya. Karena masih ada banyak fitur unik lainnya yang akan kalian jumpai di dalam Telegram, tapi tidak ada di aplikasi chatting lainnya.

Penasaran? Yuk, mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Fitur Chanel

Masih banyak yang belum tahu kalau Telegram itu memiliki fitur Channel. Di mana channel ini merupakan sebuah tempat dimana pengguna bisa mengirimkan pesan yang diinginkan ke semua pengikutnya di Telegram.

Contoh sederhananya seperti di aplikasi Youtube. Yang mana sebuah konten yang dibuat oleh Youtuber bisa di tonton oleh orang umum atau subscriber-nya. Namun bedanya itu kalau di channel Telegram yang bisa mengirimkan sebuah pesan hanya pembuat atau pemilik channel itu sendiri.

Kebanyakan dari orang biasanya memakai channel ini untuk berbagi pesan-pesan atau hal menarik ke sesama pengguna Telegram.

2. Fitur Bot

Fitur yang kedua ini juga masih sedikit pengguna Telegram yang tahu tentang keberadaannya. Yup, ini adalah fitur Bot.

Sebenarnya Bot ini merupakan fitur kekinian yang mempunyai banyak kegunaan dan hanya ada di dalam aplikasi chatting tertentu saja. Lalu apa fungsi fitur ini? Fungsinya adalah untuk membantu semua penggunanya dalam melakukan berbagai macam hal di dalam aplikasi.

Misalnya saja seperti menerjemahkan suatu bahasa, mengecek nilai tukar uang, memainkan sebuah game, menjadi sebagai kalkulator dan masih banyak lagi tentunya. Untuk fitur Bot di Telegram ini bisa kalian dapatkan secara gratis dan juga dapat di terapkan pada chat tertentu saja.

Intinya itu, dengan fitur Bot ini kita bisa melakukan banyak hal seru di dalam aplikasi Telegram.

3. Login Memakai Nomor HP

Di beberapa aplikasi chatting yang lainnya itu memerlukan akses Email atau Gmail untuk proses registrasi. Namun tidak untuk Telegram, ya. Karena kita hanya perlu menggunakan nomor telpon saja untuk melakukan registrasi.

Hal tersebut sudah pasti membuat kita lebih praktis. Meski hanya menggunakan nomor HP saja, namun kita masih tetap mendapatkan fitur verifikasi pin saat registrasi di lakukan. Sehingga keamanan akun Telegram kita akan tetap terjaga dengan baik.

4. Fitur Username

Di dalam Telegram, kita juga akan menemukan fitur username. Di mana fitur ini biasanya sering di gunakan oleh beberapa pengguna untuk mempermudah mencari kontak tanpa harus tahu nomor teleponnya terlebih dahulu.

Hal ini juga berlaku jika pengguna mencari kontak dari username, maka nomor telepon pengguna Telegram tersebut tidak akan tampil. Kenapa seperti itu? Tentu ini bertujuan agar privasi nomor telepon pengguna tetap terjaga.

Belum memiliki username? Yuk, cari tahu cara membuat username atau ID Telegram pada pembahasan sebelumnya.

5. Fitur Pengeditan Pesan

Bisa dikatakan kalau fitur pengeditan pesan ini sangat jarang ada di aplikasi chatting lainnya. Yang mana dengan fitur ini kita bisa mengubah pesan typo yang sudah terlanjur terkirim sebelumnya. Sehingga kita dapat memperbaiki kata-kata yang mungkin salah.

Oh ya, jika kalian ingin membedakan mana pesan edit dan yang asli, dapat dilihat dari penandaan notifikasi edited yang terdapat di bagian bawah pesan.

6. Login di Banyak Perangkat

Memang tidak banyak, karena rata-rata aplikasi chatting hanya mengizinkan penggunanya untuk login dalam satu perangkat saja. Intinya itu, kita tidak akan bisa login pada dua perangkat yang sama secara bersamaan.

Namun itu tidak berlaku untuk Telegram. Karena pada aplikasi ini kita sebagai pengguna bisa login di banyak perangkat yang sama sekaligus. Sudah pasti ini akan mempermudah kita saat ingin mengelola akun Telegram yang di miliki.

Tapi bukan hanya itu saja, kita sebenarnya juga bisa login beberapa akun Telegram dalam satu perangkat sekaligus.

7. Fitur Secret Chat

Yang terakhir, Telegram juga memiliki fitur secret chat yang bisa di gunakan oleh semua pengguna. Seperti namanya, di mana fitur ini dapat kalian gunakan untuk membuat pesan rahasia, contohnya antara kalian dan kontak yang bersangkutan.

Apa bedanya dengan pesan biasa? Perbedaan pesan secret chat dengan yang biasa adalah keamanannya yang lebih tinggi. Sebab kita dapat mengatur sendiri kapan pesan yang ada di secret chat itu terhapus secara otomatis.

Bagusnya lagi, fitur ini tidak mempunyai fitur forward dan juga tidak dapat di screenshot seperti di pesan chat biasa. Sehingga isi pesan di secret chat ini tidak akan bisa di ketahui oleh orang lain selain Anda dan kontak yang bersangkutan saja.

Kelebihan Aplikasi Telegram

Kelebihan Aplikasi Telegram

Telegram tidak hanya mempunyai banyak fitur saja, namun aplikasi yang satu ini juga memiliki banyak sekali kelebihan di dalamnya. Jika kalian pengguna Telegram sejak lama, sudah pasti bakalan menemukan banyak kelebihan yang tidak ada pada aplikasi chatting lainnya.

Apa saja kelebihannya? Mari kita simak di bawah ini:

1. Aplikasi Telegram Sangat Ringan

Walaupun mempunyai banyak fitur, namun Telegram tetap merupakan aplikasi chatting yang sangat ringan saat di gunakan. Ini karena aplikasi Telegram itu mempunyai tampilan yang sangat sederhana namun sangat mudah untuk di operasikan.

Selain itu, untuk ukuran data aplikasi Telegram juga tergolong kecil. Karena hanya berukuran 24MB saja.

2. Privasi Sangat Terjaga

Telegram juga mempunyai fitur keamanan yang sangat baik dalam mengirim sebuah pesan. Karena selain pesan yang sudah dienkripsi endtoend, Telegram sendiri juga sudah menyediakan fitur secret chat. Untuk fitur yang satu ini sudah saya jelaskan fungsi di atas, ya.

Intinya dengan fitur yang satu ini, pesan yang kalian kirim akan jauh lebih terjamin lagi keamanannya. Agar lebih tahu manfaatnya, langsung saja coba fitur ini di akun Telegram kalian masing-masing.

3. Sistem Keamanan Sangat Terjamin

Jika kalian menanyakan masalah keamanan, sudah pasti keamanan pada aplikasi Telegram sangat terjamin.

Salah satunya seperti untuk dapat login ke akun Telegram pribadi. Di mana kita harus memasukkan PIN terlebih dahulu yang sudah di kirim ke nomor HP yang terkait dengan akun. Tanpa adanya PIN ini, sudah pasti kita tidak akan bisa login ke akun Telegram.

Untuk Siapa Aplikasi Telegram Ini?

Sebenarnya sih masih sama dengan aplikasi chatting lainnya. Di mana Telegram juga sangat cocok di gunakan oleh semua kalangan yang memang membutuhkan aplikasi ini. Baik untuk keperluan chatting pribadi ataupun untuk kebutuhan bisnis.

Jika di lihat dari penggunaan pribadi, sudah pasti kita bisa memperoleh berbagai macam fitur yang unik-unik di dalamnya. Misalnya saja seperti bot, edit pesan dan masih banyak lagi yang lainnya. Di tambah lagi dengan enkripsi dan keamanannya yang jauh lebih terjaga.

Sedangkan untuk keperluan bisnis, kalian akan menemukan fitur channel yang dapat di gunakan untuk mempromosikan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis.

Penutup

Masing-masing aplikasi sudah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu contohnya itu seperti aplikasi Telegram yang kita bahas hari ini. Yang mana Telegram memiliki banyak fitur serta keunggulan yang seperti penjelasan di atas.

Dari pengembang, fitur yang ada di dalam Telegram akan selalu di perbaharui secara berkala. Kedepannya mungkin saja kita akan mendapatkan lebih banyak lagi fitur-fitur baru selain yang saya bahas tadi.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan hari ini. Kalau mempunyai sebuah pertanyaan ataupun ada hal yang kurang di mengerti, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar, ya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.