Cara Mengatasi Kamera Android Error

Cara Mengatasi Kamera Android Error Paling Ampuh

Mengatasi Kamera Android Error – Tentunya semua smartphone Android saat ini sudah di bekali dengan fitur kamera depan ataupun belakang. Bahkan, saat ini kamera menjadi salah satu standar tersendiri sebagai penentu apakah HP tersebut layak atau tidak untuk di beli.

Bagi yang belum tahu, untuk menjalankan kamera dalam ponsel Android, kalian tentu memerlukan sebuah aplikasi. Yang mana aplikasi ini biasanya sudah langsung terinstal langsung saat kalian membelinya atau sudah di pasangkan oleh prodesennya. Sehingga, kalian sebagai pengguna tidak perlu repot-repot menginstalnya lagi sendiri.

Ketika kalian membuka aplikasi kamera itu, biasanya akan muncul sebuah gambar preview kamera. Umumnya itu hal yang normal.

Dalam beberapa kasus, ada juga pengguna yang mengalami error seperti:

  1. Kamera HP yang tidak bisa terbuka.
  2. Muncul pesan kamera tidak terhubung.
  3. Kamera muncul pesan gagal.
  4. Loading saja tanpa mau terbuka.
  5. Muncul pesan kamera telah terhenti.
  6. Bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Selain itu, masih banyak lagi error lainnya yang mungkin muncul saat membuka aplikasi kamera di HP Android. Karena setiap ponsel itu bisa mengalami masalah yang berbeda-beda dan berdasarkan penggunanya masing-masing.

Penyebab Kamera HP Android Error / Tidak Bisa Memotret

Ada baiknya, sebelum kita lanjut kedalam pembahasan mengenai solusi dari masalah kamera android yang error, ada beberapa hal yang perlu untuk kalian ketahui terlebih dahulu. Hal tersebut berhubungan dengan penyebab kamera HP Android yang tidak bisa memotret atau macet saat di gunakan.

Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya dan itu bisa seperti:

1. Adanya Banyak Bug Pada Sistem

Masalah yang pertama bisa terjadi karena sistem di dalam ponsel Android terdapat banyak bug sehinggan membuat beberapa masalah seperti yang terjadi saat ini. Bug ini biasanya muncul ketika kalian gagal saat melakukan Update pada sistem.

2. Sistem Tidak Stabil

Selaun bug, sistem yang tidak stabil juga bisa menimbulkan banyak masalah pada ponsel seperti aplikasi kamera yang macet. Secara umum, ini dapat di sebabkan oleh banyaknya file sampah, RAM penuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Efek Samping Dari Root

Jika dilakukan dengan cara yang benar, mungkin root bisa memberikan manfaat yang baik bagi penggunanya. Namun proses root yang tidak benar, kadang bisa membuat HP menjadi bermasalah. Salah satu masalah yang bisa di timbulkan, ialah error pada aplikasi kamera HP.

4. Error Pada Aplikasi Kamera HP

Untuk yang belum tahu, aplikasi bawaan HP Android seperti kamera ini pun juga bisa berpengaruh. Contohnya saja, efek dari kesalahan file cache, dan masalah lain yang sama.

5. Terjadi Kerusakan Pada Komponen HP

Komponen HP yang mengalami kerusakan ini bisa di sebabkan oleh banyak hal, bisa saja karena jatuh, kemasukan air atau ponsel terlalu panas. Kerusakan bisa terjadi pada IC, chipset atau yang paling sering sih kerusakannya itu dari kamera HPnya langsung.

Selain 5 penyebab yang sudah di sebutkan, mungkin masih ada banyak penyebab lainnya yang mengakibatkan kamera HP tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Kamera Android Error, Tidak Bisa Terhubung, Tidak Berfungi dan Tidak Bisa Terbuka

Sebelum lanjut, ada hal yang perlu untuk kalian ketahui dan ini sangatlah penting. Pada umumnya, kerusakan pada HP Android itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu kerusakan pada sistem dan komponen.

Nah, setelah kalian sudah melihat beberapa penyebab tadi, kita bisa ambil sebuah kesimpulan kalau error pada kamera HP juga bisa di sebabkan oleh sistem dan komponen pada ponsel.

Namun, tentu kita tidak akan bisa langsung memastikan penyebab utamanya. Karena errornya itu biasa saja muncul dari masalah pada sistem, atau bisa juga terjadi karena kerusakan komponen HP itu sendiri.

Oleh sebab itu, kalian jangan buru-buru dulu untuk membawanya ke tempat service HP atau service center. Cobalah untuk mengikuti tips berikut ini, untuk memperbaiki kamera HP Android yang error tadi agar normal kembali.

Penting: Pembahasan kali ini sebenarnya di tunjukan untuk semua merek HP Android. Mulai dari Xiaomi, Asus, Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo, Huawei, Evercoss, Realme, Coolpad dan lainnya.

1. Cobalah Untuk Merestat HP Terlebih Dahulu

Seperti yang sudah di jelaskan tadi, kalau sistem yang tidak stabil itu bisa mengakibatkan aplikasi kamera tidak mau berjalan dengan normal. Sehingga, kalian akan melihat pesan error yang muncul ketika membuka aplikasi kamera.

Contohnya pesan yang muncul di aplikasi kamera, “Sayangnya Kamera Telah Berhenti”, atau bisa juga ketika di buka tiba-tiba keluar dengan sendirinya.

Kondisi tersebut sebenarnya cukup wajar, karena bisa terjadi di semua smartphone Android. Tapi, kalian jangan buru-buru panik, apabila menjumpai pesan tersebut saat membuka aplikasi kamera. Karena langkah yang peling sederhana untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan restat HP.

  1. Tekan dan tahan tombol power yang ada di HP Android kalian.
  2. Setelah itu coba pilih Mulai Ulang.
  3. Tunggu sampai HP kembali menyala.

Setelah HP menyala seperti semula, cobalah untuk membuka kembali aplikasi kamera ponsel kalian. Periksa apakah masalah yang kalian alami itu sudah kembali normal atau masih belum.

2. Lakukan Force Stop Pada Aplikasi Kamera

Pada beberapa HP Android terbaru, mungkin sudah menggunakan aplikasi kamera yang termasuk dalam tipe background service. Di mana aplikasi kamera tersebut akan terus berjalan di latar belakang, meski kalian tidak sedang menggunakannya.

Itu sebenarnya hal yang bisa di bilang normal. Namun hal yang wajib kalian ketahui adalah, jika misalnya ada error pada aplikasi kamera, maka error tersebut akan terus berjalan. Ini memang sangat sulit untuk kita ketahui, tapi bukan merupakan masalah yang sulit untuk di atasi.

Solusi yang paling ampuh, kalian bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan / Setelah pada HP Android kalian.
  • Selanjutnya cari menu Aplikasi.
  • Lalu cari lagi Aplikasi Kamera dan langsung buka.
  • Berikutnya kalian pilih opsi Paksa Berhenti atau Force Stop jika ponsel kalian memakai bahasa Inggris.

Cara tersebut biasanya sangat efektif sekali dalam memperbaiki kamera HP yang error, seperti:

  1. Aplikasi kamera yang tidak merespon sama sekali (hang atau tiba-tiba terhanti).
  2. Kamera yang tidak memunculkan gambar apa pun dan hanya menampilkan gambar berwarna hitam (gelap) saja.
  3. Semua menu yang ada di aplikasi kamera tidak dapat digunakan (sama seperti hang).
  4. Kamera yang saat di buka keluar dengan sendirinya.

3. Bersihkan Cache dan Clear Data Pada Aplikasi Kamera

Seperti yang pernah Kampung Gadget jelaskan sebelumnya, kalau file cache ini merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai masalah di dalam HP Android. Salah satu masalahnya seperti yang kalian alami saat ini, yaitu kamera HP yang error.

Sebenarnya, file Cache ini memiliki banyak peranan penting bagi semua aplikasi, karena itu merupakan tempat penyimpanan data sementara. Fungsinya jelas untuk mempercepat kinerja suatu program atau aplikasi di dalam HP Android.

Tapi yang menjadi masalahnya, terkadang terdapat juga data error yang memang tidak sengaja tersimpan pada cache ini. Jika sudah begini, akhirnya akan menimbulkan masalah seperti mengakibatkan aplikasi kamera menjadi tidak merespon.

Namun, kalian jangan khawatir dengan masalah ini. Karena kalian hanya perlu menghapus cache-nya melalui:

  • Buka menu Pengaturan / Setelan pada HP Android.
  • Selanjutnya kalian masuk kedalam menu Aplikasi.
  • Berikutnya cari lagi Aplikasi Kamera dan langsung buka.
  • Terakhir ketuk tombol Hapus Data.

Dengan cara itu, cache akan terhapus beserta error-nya. Cara ini juga sangat efektif sekali untuk mengatasi masalah seperti kamera tidak merespon di HP Android, atau kamera yang suka tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus Untuk Android

Sebenarnya sih masalah yang di sebabkan oleh virus di HP Android itu cenderung sangat jarang sekali muncul, beda kalau di PC. Meski begitu, bukan berarti nggak ada sama sekali, ya.

Ini biasanya berhubungan dengan masalah dari stabilitas aplikasi, dan bisa juga menjadi pemicu aplikasi kamera di HP Android mengalami error atau tidak merespon.

Dalam mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mencoba untuk melakukan scanning memakai aplikasi antivirus. Kalian bisa mendapatkannya di Google Playstore, karena di sana ada banyak sekali aplikasi antivirus untuk Android yang bisa di dapatkan secara gratis.

Setelah proses scanning selesai, maka kalian bisa melakukan clear cache pada aplikasi kamera. Caranya bisa kalian ikuti di pembahasan sebelumnya.

5. Ganti Aplikasi Kamera HP Dengan yang Lain

Cara Mengatasi Kamera Android Error Dengan Mengganti Aplikasi Kamera Default

Sampai saat ini, masih banyak sekali orang yang beranggapan kalau aplikasi kamera itu hanya ada satu atau versi bawaan HP Android saja. Padahal, sebenarnya itu tidak benar, lho.

Jika kalian membuka Google Playstore, maka akan ada banyak sekali aplikasi kamera untuk Android yang dapat digunakan secara gratis. Beberapa diantara aplikasi tersebut, bahkan ada yang memiliki fitur lumayan lengkap dari aplikasi bawaan HP-nya.

Contohnya saja seperti:

  1. Bisa memberikan efek warna tertentu.
  2. Mengubah resolusi foto, entah itu lebih besar atau lebih kecil.
  3. Meningkatkan kualitas hasil foto dari kamera HP.
  4. Dan masih banyak fitur-fitur keren lainnya.

Tidak hanya itu, ada kabar baik lainnya, di mana aplikasi kamera dari pihak ketiga ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kamera Android error atau mengalami masalah.

Seperti masalah munculnya pesan “Kamera tidak terhubung”, “Sayangnya kamera telah terhenti” atau yang lainnya.

6. Coba Lakukan Factory Reset

Jika semua cara tadi belum bisa mengatasi kamera Android error atau tidak bisa memotret, maka masih ada solusi lain yang dapat kalian lakukan. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan factory reset.

Alasannya tentu, dengan melakukan reset pada HP Android, maka secara otomatis, semua pengaturan ponsel sebelumnya akan terhapus. Sistem pada Smartphone akan dikembalikan seperti awal atau ketika baru pertama membalinya.

Solusi ini juga sangat cocok sekali untuk kalian lakukan, karena dapat membantu untuk mengatasi kamera HP yang tidak bisa terbuka sama sekali.

Cara reset-nya adalah seperti ini:

  • Pertama kalian masuk dulu kedalam Pengaturan atau Setelan pada HP.
  • Kemudian geser ke bawah, lalu buka menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Setelah itu, silakan kalian ketuk opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Selanjutnya, kalian tinggal mengikuti panduan reset-nya saja. Setelah HP berhasil di restat, maka keadaan sistem akan kembali menjadi normal seperti awal lagi.

Penting:

Pada saat kalian melakukan reset pabrik, maka seluruh data yang ada di dalam ponsel akan hilang, namun ini hanya berlaku pada penyimpanan internal saja. Data seperti foto, video, dokumen, audio, kontak, akun, data sosial media, game dan lain sebagainya. Jika data itu tidak kalian pendahkan dari internal, maka saat proses reset pabrik, data tersebut akan terhapus otomatis.

Agar data penting itu tidak hilang percuma, maka ada baiknya kalian memilih opsi pencadangan terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan cara memindahkan data ke laptop, kartu memori atau media penyimpanan lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkap, kalian juga bisa membaca cara backup data penting di Android pada artikel sebelumnya.

7. Update Sistem Android Pada HP Kalian

Mungkin masih banyak pengguna ponsel Android yang tidak peduli dengan melakukan update sistem dari pengembang Android. Alasannya mungkin bermacam-macam. Mulai dari alasan tidak terlalu membutuhkan, size dari file pembaharuan terlalu besar, tidak cukup ruang dalam memori, sampai takut nanti HP-nya error.

Padahal sebenarnya itu semua tidak selamanya benar, lho. Melakukan update itu sangatlah bagus dan efeknya juga baik untuk ponsel kita. Contohnya, bisa meningkatkan performa sistem, memperbaiki jika terjadi error pada aplikasi dan masih banyak yang lainnya.

Jika kalian ingin mencobanya, tapi belum tahu cara update-nya. Maka bisa melihatnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama buka lagi menu Pengaturan atau Setelan pada HP.
  2. Geser ke bawah sampai menemukan menu Tentang Ponsel.
  3. Lalu kalian tinggal mencarinya dan lakukan pembaharuan sistem jika tersedia.

Biasanya pembaharuan pada sistem Android itu, tidak semua smartphone mendapatkannya. Karena ini sebenarnya kebijakan dari merek HP Android yang kalian gunakan.

8. Unroot HP Android Kalian

Tidak sedikit dari orang yang juga sering melakukan root pada HP Androidnya. Karena seperti yang pernah Kampung Gadget jelaskan, ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan ketika melakukan root.

Namun, tidak selamanya juga seperti itu. Sebab melakukan root juga bisa membuat kalian mengalami masalah error di dalam ponsel dan ini bagi kalian yang memang belum tahu cara optimasinya dengan benar.

Bahkan jika kita berbicara mengenai kamera Android, error yang muncul juga bisa disebakan oleh masalah yang sedang kita bahas kali ini. Contohnya saja seperti:

  • Kamera HP yang tiba-tiba tidak bisa terbuka.
  • Tidak bisa terhubung seperti sebelumnya.
  • Timbul sebuah pesan gagal.
  • Berhenti dengan sendirinya.
  • Force Close (tiba-tiba keluar).
  • Serta masih banyak lagi yang lainnya.

Karena itu, jika saat ini ponsel kalian sedang dalam keadaan root maka cobalah untuk menghilangkan aksesnya. Kemudian kalian bisa melakukan reset pabrik. Caranya sama seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi.

9. Optimalisasi RAM di HP Android

RAM adalah sebuah memori yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang di perlukan oleh sebuah aplikasi. Masing-masing HP Android itu mempunyai kapasitas RAM yang berbeda-beda. Namun, saat ini kebanyakan ponsel Android sudah di bekali dengan RAM 2GB sampai 4GB.

Memori RAM sangatlah penting untuk dijaga agar tidak cepat penuh. Kenapa harus dijaga? Karena jika memori RAM HP penuh, stabilitas sistem akan mengalami penurunan, dan ini bisa mengakibatkan banyak aplikasi yang berjalan mengalami error. Misalnya saja seperti:

  1. Tiba-tiba terhenti dengan sendirinya.
  2. Keluar sendiri.
  3. Tidak bisa di buka.
  4. Muncul pesan “Sayangnya aplikasi telah terhenti”.

Hal ini juga bisa terjadi pada aplikasi kamera HP Android.

Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kalian coba lakukan untuk mengatasi RAM HP Penuh. Salah satu caranya, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan atau Setelan yang ada di dalam HP.
  • Geser lagi ke bawah, lalu masuk kedalam menu Aplikasi.
  • Selanjutnya kalian buka menu Aplikasi Berjalan.
  • Terakhir coba Paksa Berhenti beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

Atau jika kalian berminat, bisa juga mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses optimalisasi. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di Google Playstore, salah satunya bernama Greenify.

Jika ingin lebih efektif lagi, kalian bisa menyimak cara menambah RAM HP Android pada pembahasan sebelumnya. Di sana kalian bisa mengetahui hal-hal yang bisa di lakukan ketika memori RAM HP sudah penuh tanpa harus menggantinya dengan yang baru.

10. Bawa Ketempat Service HP

Cara Mengatasi Kamera Android Error Dengan Membawanya ke Tempat Service

Jika semua cara di atas sudah kalian terapkan satu persatu, namun hasilnya belum bisa mengatasi masalah yang terjadi, maka dapat di simpulkan kalau masalah ini bukan ada pada sistem tapi ada pada komponen HP itu sendiri.

Penyebabnya seperti yang sudah di jelaskan tadi, bisak karena terjatuh, terkena air, komponen kepanasan dan masalah lain yang sejeninya.

Untuk ciri-ciri dari masalah komponen HP yang rusak itu biasanya akan menimbulkan beberapa masalah seperti:

  1. Muncul Pelangi Pada Kamera: Timbulnya sebuah pelangi di kamera HP adalah sebuah kondisi di mana saat membuka aplikasi kamera, bukannya muncul gambar, justru malah muncul cahaya dengan warna seperti pelangi. Ini bisa terjadi dikarenakan komponen mengalami kerusakan dan bisa juga terjadi karena sistem.
  2. Terdapat Garis-garis: Jika muncul garis, entah itu garis vertikal ataupun horizontal, maka kerusakan ini bisa terletak pada layar atau komponen kameranya. Biasa saja karena ada keretakan pada bagian dalam atau yang lainnya.
  3. Tidak Muncul Gambar Pada Kamera: Apabila tidak muncul gambar, umumnya akan disebabkan oleh koneksi kameranya yang terputus.

Untuk mengatasi masalah ini, jelas kalian harus melakukan perbaikan pada komponen yang mengalami kerusakan. Jadi, mau tidak mau, HP kalian harus segera di bongkar.

Biaya Servis Kamera HPKomponennya Saja
150 – 300 ribu100 – 150 ribu

Biasanya tanpa pemasangan, biaya komponen kamera ini cukup murah tapi itu tergantung dari tipe HP kalian masing-masing. Tapi, sayangnya tidak semua orang bisa membongkar HP-nya sendiri. Apalagi untuk mengganti komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

Maka dari itu, solusi yang paling mudah untuk kalian lakukan adalah dengan membawa HP ke tempat Service atau Service Center. Jika masih ada garansi, biasanya kalian tidak perlu mengeluarkan uang, alias gratis.

11. Ganti HP Lama Dengan HP yang Baru

Cara yang paling terakhir dalam mengatasi kamera Android error adalah dengan mengganti ponsel lama kalian dengan yang terbaru.

Meski kalian bisa mengganti kerusakan yang terjadi pada komponen kamera, namun itu sebenarnya tergantung dari tipe ponsel Android yang kalian gunakan. Karena saat ini, untuk smartphone Android terbaru, mengganti komponen kamera yang rusak bisa cukup mahal, mengingat ponsel saat ini membawa kamera lebih dari satu.

Ditambah, garansi resmi biasanya tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada komponen HP karena kesalahan penggunanya. Seperti karena terjatuh, kemasukan air atau kesalahan pengguna lainnya. Sehingga sedikit kemungkinan kalian bisa mendapatkan garansi jika mengalami masalah ini.

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret?

Ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada aplikasi kamera yang terdapat banyak bug. Selain itu kondisi kamera HP yang tidak bisa memotret gambar juga dapat terjadi karena kerusakan pada komponen kamera HP itu sendiri.

Solusi untuk mengatasi masalah kamera HP Android yang tidak bisa memotret adalah dengan melakukan factory reset, atau membawanya ke tempat service. Karena dengan begitu masalah kamera HP yang rusak karena terjatuh atau tidak bisa memotret gambar bisa teratasi dengan lebih mudah.

Penutup

Masalah pada kamera HP Android yang error atau tidak bisa dibuka, tidak bisa terhubung, tidak berfungsi itu dapat dengan mudah kalian perbaiki di rumah.

Akan tetapi, Admin berharap dengan adanya pembahasan di atas tentang cara mengatasi kamera Android error bisa membantu kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah yang sama. Karena perlu kalian katahui juga, kalau dengan cara-cara di atas itu masih bisa mengatasi masalah yang terjadi pada kamera HP Android yang error.

Apabila dari kalian masih ada yang belum paham atau ada pejelasan yang belum di mengerti, maka kalian bisa langsung menulisnya di kolom komentar. Admin akan dengan senang hati membantu kalian untuk mencarikan solusi dari masalah tersebut.

Mungkin hari ini cukup sekian dulu informasi mengenai cara mengatasi kamera HP Android error, semoga bermanfaat dan bisa berguna untuk kalian semuanya. Nantikan informasi menarik, keren dan unik seputar gadget lainnya hanya di Kapung Gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.