8 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Android

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Android

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang – Pada dasarnya smartphone Android itu memungkinkan penggunanya untuk memasang beberapa aplikasi yang di inginkan. Meski kita bisa mengunduh beberapa aplikasi tanpa batas melalui play store, namun hal itu tidak selamanya bisa sesuai keinginan.

Karena ada kalanya kalian akan mengalami kegagalan saat mengunduh sebuah aplikasi dan ini biasanya di sebabkan oleh ruang penyimpanan penuh. Untuk masalah ini, kalian biasanya akan menjumpai sebuah pesan yang bertuliskan “Tidak cukup ruang pada perangkat“. Hal ini jelas, kalian tidak akan bisa menambahkan aplikasi baru lagi ke dalam ponsel.

Meski saat ini, semua HP Android terbaru sudah dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar, namun tetap saja masalah ini bisa terjadi. Selain karena terlalu banyaknya menginstal aplikasi di dalam ponsel, kondisi ini juga bisa terjadi karena kesalahan penggunanya sendiri.

Selain tidak bisa menambahkan aplikasi lainnya, ketika ruang penyimpanan ponsel penuh juga bisa menimbulkan masalah lain, seperti kinerja HP yang semakin berat serta beberapa aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik. Namun kalian tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena ada sebuah cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

Adapun beberapa cara mengatasi tidak cukup ruang pada ponsel Android ini dapat diterapkan pada semua merek smartphone. Seperti Samsung, Lenovo, Vivo, Oppo, Asus, Xiaomi, Advan, Coolpad, Realme dan merek HP Android lainnya.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Padahal Memori Masih Banyak

Jika saat ini kalian sedang menghadapi masalah tersebut, maka jangan panik, karena selain menambah kapasitas kartuSD, kalian juga bisa mencoba cara sederhana ini untuk mengatasinya. Dalam mengatasi masalah tidak cukup ruang padahal memori masih banyak, Kampung Gadget membaginya menjadi beberapa bagian, diantaranya itu:

  1. Periksa Kapasitas Ruang Penyimpanan
  2. Bersihkan Seluruh File Cache
  3. Pindahkan Aplikasi ke Penyimpanan Eksternal
  4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan
  5. Pindahkan Foto, Musik dan Video ke Micro SD
  6. Hapus Seluruh SMS
  7. Lakukan Master Reset
  8. Coba Backup Data ke Google Drive

Untuk melihat informasi yang lebih jelas dan lengkap mengenai semua cara mengatasi tidak cukup ruang di atas, maka kalian bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Periksa Kapasitas Ruang Penyimpanan

Hal yang paling penting kalian lakukan pertama kali adalah memastikan terlebih dahulu ruang penyimpanan yang ada pada ponsel. Meski ini bukan merupakan solusi, tapi cara ini hanya bertujuan untuk memastikan jumlah memori yang masih tersisa.

Kalian dapat membukanya melalui notifikasi yang muncul atau bisa juga melalui menu Setting yang ada didalam ponsel Android. Atau agar lebih mudahnya, kalian bisa membuka aplikasi Manager File dan kalian akan melihat kapasitas memori yang tersedia.

Dalam manager file kalian akan melihat secara lengkap, apa saja yang sudah memakai memori yang ada didalam ponsel. Seperti Foto, Video, Aplikasi, Audio, Dokumen, Unduhan, Arsip dan masih banyak lagi dan untuk melihat jumlah memorinya, kalian bisa menekannya satu persatu.

Kalian bisa melakukan pemeriksaan pada masing-masing menu dan melihat jumlah memori yang di habiskan, apabila dirasa itu kurang penting, maka kalian dapat menghapusnya langsung di sana.

2. Bersihkan Seluruh File Cache

Seperti yang sudah pernah di jelaskan sebelumnya, kalau file cache ini adalah tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang ada pada ponsel. Cache ini juga mengambil tempat di ruang penyimpanan ponsel kalian, tepatnya di memori internal.

Cache data ini sebenarnya bersifat sementara dan mempunyai waktu kadaluarsa sehingga akan terhapus secara otomatis. Namun banyaknya aplikasi pada ponsel yang menggunakan file cache, justru akan membuat memori internal cepat penuh.

Oleh sebab itu, kalian bisa melakukan pembersihan pada file cache yang masih tersimpan di dalam ponsel Android. Selain memakai aplikasi tambahan, kalian juga bisa melakukanya secara manual. Untuk cara lengkapnya adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama kalian buka dulu menu Pengaturan yang ada di dalam ponsel
  • Selanjutnya kalian cari menu Penyimpanan
  • Terakhir pilih dan tap menu Cached Data untuk membersihkanya

3. Pindahkan Aplikasi ke Penyimpanan Eksternal

Jika kalian mempunyai penyimpanan eksternal atau kartuSD, maka bisa menggunakanya untuk mengatasi masalah ini. Dimana kalian dapat memindahkan beberapa aplikasi yang tersimpan di memori internal ke penyimpanan eksternal.

Tapi untuk cara ini, kalian tidak bisa memindahkan semua aplikasi yang ada di dalam ponsel ke penyimpanan eksternal. Karena biasanya aplikasi ini tidak memiliki akses untuk melakukan pemindahan tempat penyimpanan dan itu terjadi pada aplikasi bawaan Android.

Namun, untuk aplikasi yang kalian instal secara manual melalui Play Store, maka tempat penyimpanan datanya bisa kalian pindahkan. Untuk caranya adalah seperti ini:

  • Pertama kalian buka lagi menu Pengaturan yang ada di dalam ponsel
  • Berikutnya kalian pilih sebuah opsi Aplication Manager
  • Lalu kalian cari aplikasi yang ingin di pindahkan dengan menekannya
  • Terakhir pilih opsi Move to SD Card
  • Tunggu sampai proses pemindahanya selesai
  • Ulangi juga pada aplikasi lainnya

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Apabila dengan memindahkan aplikasi ke eksternal masih belum bisa menyediakan ruang penyimpanan yang cukup, maka kalian bisa menghapusnya. Kalian dapat mencari beberapa aplikasi yang tidak penting, kemudian menghapus instalannya.

Namun perlu untuk kalian ketahui juga kalau tidak semua aplikasi yang ada di ponsel Android dapat kalian hapus sesuai dengan keinginan. Karena ada beberapa yang tidak akan bisa kalian hapus secara biasa, contohnya adalah aplikasi bawaan Android.

Selain aplikasi bawaan dari pabriknya, tentu bisa kalian hapus sesuka hati jika dirasa memang tidak di perlukan. Jadi, untuk menghapusnya kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama-tama kalian buka dulu menu Pengaturan yang ada pada ponsel Android
  • Langkah selanjutnya kalian cari lagi menu Aplication Manager
  • Cari aplikasi yang memang tidak penting
  • Tap aplikasi tersebut dan pilih Uninstal

Kalian bisa mengulangi cara ini sampai ruang penyimpanan pada ponsel kembali atau cukup untuk menginstal aplikasi baru lagi.

5. Pindahkan Foto, Musik dan Video ke Micro SD

Bagi yang belum tahu, sebenarnya foto dan video itu sangatlah banyak memakan ruang penyimpanan pada ponsel Android. Hal ini juga sedikit orang yang sadar, karena terlalu asyik menyimpan saja tanpa memperhatikan jumlah ruang yang tersedia.

Solusinya jelas kalian bisa menghapus beberapa foto atau video tadi sehingga membuat ruang penyimpanan didalam ponsel kembali lega. Tapi jika kalian tidak ingin menghapusnya, maka bisa memindahkannya ke ruang penyimpanan eksternal atau kartuSD.

Untuk proses pemindahan foto dan video ke kartuSD, caranya adalah seperti ini:

  • Pertama kalian buka dulu Galleri yang ada pada ponsel
  • Berikutnya kalian pilih Foto atau Video yang ingin di pindahkan
  • Terakhir pada menu Option, kalian tap Move to SD Card

Berikutnya agar penyimpanan foto dan video dari kamera tidak memenuhi memori internal, kalian bisa mengubahnya langsung ke penyimpanan SD. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dulu aplikasi Kamera atau Video yang ada pada ponsel
  • Selanjutnya kalian tap Pengaturan
  • Terakhir kalian rubah penyimpanan dengan mencetang pada pilihan SD Card

Selesai dan kini foto atau video yang dihasilkan oleh kamera akan tersimpan di dalam ruang eksternal atau kartuSD.

6. Hapus Seluruh SMS

Cara mengatasi tidak cukup ruang di Android yang selanjutnya juga bisa kalian lakukan dengan membersihkan seluruh SMS yang masuk. Hal ini memang terlihat sangat sederhana dan meskipun tidak terlalu berpengaruh besar dalam mengatasi masalah yang tarjadi, tapi cara ini cukup membantu.

Hal ini juga tidak kalian lakukan hanya berpatokan pada pembersihan SMS yang masuk kedalam aplikasi pesan saja, tapi juga pada BBM, WA, Line dan lainnya. Dengan cara ini, niscaya ruang penyimpanan ponsel kalian bisa kembali lega, walaupun tidak banyak.

Caranya sangat mudah, seperti:

  • Pertama masuk dulu kedalam Aplikasi Pesan
  • Selanjutnya, pilih Pesan yang ingin di hapus
  • Atau bisa juga dengan menandai semuanya secara langsung

7. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah kalian lakukan, namun ternyata belum bisa mengatasi masalah yang terjadi maka pilihan selanjutnya kalian bisa melakukan factory reset. Factory reset ini akan mengembalikan seluruh pengaturan yang ada didalam ponsel kembali seperti awal.

Namun perlu kalian ingat, sebelum melakukan factory reset, ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu data penting yang ada didalam ponsel. Data penting tersebut seperti Kontak, Foto, Video, Akun, Audio, Dokumen dan hal penting lainnya yang kalian miliki.

Langkah-langkah melakukan factory reset adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan
  • Setelah itu kalian buka lagi menu Backup & Reset
  • Berikutnya tinggal memilih Factory Data Reset
  • Terakhir pilih opsi Reset Phone
  • Tunggu sampai ponsel kalian kembali menyala

Jika sudah menyala, kalian bisa mengikuti semua intruksi yang di tampilkan pada layar smartphone.

8. Coba Backup Data ke Google Drive

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di HP Android Dengan Google Drive

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis adalah dengan memanfaatkan Google Drive. Dimana kalian dapat memakai Google Drive sebagai tempat untuk menyimpan seluruh file penting seperti foto, video, audio atau dukumen.

Untuk saat ini, satu akun google itu mempunyai kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB dalam Google Drive. Mungkin itu masih dirasa kurang cukup, maka kalian bisa menambahkanya dengan akun Google lainnya, sekitar 2 sampai 3 akun Goolge. Jika kita kalikan, tentu itu sudah lebih dari cukup untuk menyimpan seluruh data penting yang kita miliki.

Jika semua data penting yang kalian miliki sudah berhasil di pindahkan ke Google Drive, maka kalian dapat menghapus file tersebut di penyimpanan telepon. Hal ini jelas akan membuat ruang penyimpanan di dalam ponsel kalian kembali lega.

Selain tidak membebani ruang memori internal pada ponsel, menyimpan file penting di Google Drive juga akan memudahkan kalian ketika ingin mengambilnya. Kapanpun dan dimanapun itu kalian akan dengan mudah mengakses file penting tersebut asalkan ponsel tehubung dengan jaringan internet.

Penutup

Kalian bisa mengikuti beberapa tutorial dia atas dengan baik, sebab permasalahan di atas tadi itu merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi. Kalian juga bisa memilih salah satu cara di atas dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan atau mungkin ada hal yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Admin akan membantu kalian untuk mengatasi dan mencarikan solusi dari masalah tersebut.

Untuk saat ini, mungkin cukup sampai disini penjelasan mengenai cara mengatasi tidak cukup ruang di HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.