4 Cara Blokir Internet di Aplikasi Android

Cara Blokir Akses Internet di Aplikasi Android Tertentu

Cara Blokir Internet di Aplikasi Android – Apakah saat ini kalian ingin mematikan koneksi internet pada salah satu aplikasi pada HP Android? Mungkin masing-masing orang mempunyai alasan tersendiri saat mematikan akses internet pada aplikasi tertentu. Salah satunya itu bisa dikarenakan banyaknya iklan yang muncul di dalam sebuah aplikasi yang sedang di gunakan.

Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada pengguna HP Android yang senang membuka aplikasi game yang tersedia pada Play Store. Atau mungkin saat ini ada sebuah alasan lain yang membuat kalian ingin memblokir akses internet pada aplikasi tertentu saja.

Tentunya kalian bisa melakukan hal tersebut dengan mudah dan juga tidak memerlukan akses root agar dapat mematikan koneksi internet aplikasi tertentu di Android. Agar tidak terlalu panjang, langsung saja kalian bisa menyimak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Blokir Internet di Aplikasi Android Tertentu Tanpa Bantuan Aplikasi

Mungkin bagia sebagian orang yang belum tahu, kalau untuk memblokir akses internet di Aplikasi tertentu itu tidalah sulit. Karena, saat ini kalian bisa langsung melakukannya tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga dan pastinya tanpa perlu root.

1. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

Secara umum, di dalam smartphone Android terbaru saat ini mempunyai sebuah fitur yang bisa membatasi koneksi internet pada beberapa aplikasi. Namun perlu kalian ketahui juga kalau tidak semua smartphone Android mempunyai fitur tersebut.

Tapi, jika fitur ini tidak tersedia pada ponsel Android kalian, maka bisa mencoba melakukan cara yang kedua nantinya. Memakai cara ini kalian juga bisa dengan mudah untuk blokir akses internet di aplikasi android tertentu. Yang perlu kalian lakukan hanya pergi ke menu Pengaturan -> Aplikasi (Setting -> Apps) lalu kalian bisa langsung memilih aplikasi yang ingin di blokir akses internetnya.

Pada halaman info Aplikasi, kalian bisa mengetuk “Penggunaan Data” (Data Usage) dan langsung aktifkan “Batasi data latar belakang aplikasi” (Restrict app background data). Hal ini untuk memastikan kalau aplikasi tersebut tidak akan memakai data seluler saat berjalan di latar belakang selama kalian tidak membukanya.

Itu hanya untuk membatasi pemakaian data internet untuk beberapa aplikasi tertentu saja, jika ingin mengaktifkan untuk semua aplikasi caranya juga tidak jauh berbeda. Kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan -> Penggunaan Data (Settings -> Data Usage), kemudian tekan icon titik tiga lalu ketuk “Batasi data Latar Belakang” (Restrict background data).

Kemudian kalian juga bisa menetapkan batas data seluler bulanan, sehingga kalian tahu kapan data seluler di dalam ponsel habis digunakan. Jika kalian sudah memakai ponsel dengan android versi terbaru (N keatas) maka kalian akan menjumpai mode Penghemat Data (Data Saver).

Fungsi dari fitur ini sebenarnya hanya membatasi penggunaan data latar belakang di semua aplikasi yang terinstal. Tapi, kalian juga masih bisa memilih beberapa aplikasi yang memang ingin untuk di batasi penggunaan data latar belakang.

Penting juga untuk kalian ketahui, kalau masing-masing merek smartphone itu langkah-langkahnya biasa saja berbeda-beda. Tapi, untuk tahapannya itu kurang lebih hampir sama, cuman letak atau posisinya saja yang membedakannya.

Jadi, kalian dapat menyesuaikannya dengan letak menu yang ada didalam pengaturan smartphone kalian masing-masing. Atau kalian hanya perlu untuk menjelajahi lebih jauh pengaturan yang ada didalam ponsel.

Cara Blokir Akses Internet di Aplikasi Android Dengan Bantuan Aplikasi

Seperti yang sudah jelaskan tadi, jika pada smartphone kalian tidak terdapat fitur tersebut, maka jangan bersedih karena masih bisa memakai cara lainnya. Dimana cara lainnya itu adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store.

Untuk saat ini, sebenarnya sudah ada banyak sekali aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai pembatas koneksi internet pada aplikasi tertentu. Nah, meski ada banyak, Kampung Gadget hanya akan memberikan beberapa daftar aplikasi saja buat kalian.

Hal ini, karena tidak semua aplikasi itu bisa berfungsi sesuai dengan kebutuhan kalian. Agar tidak terlalu panjang, berikut 3 daftar aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memblokir akses internet di aplikasi Android tertentu.

1. Aplikasi NO Root Firewall

Aplikasi pertama yang dapat kalian gunakan untuk membantu membatasi penggunaan internet pada aplikasi tertentu adalah No Root Firewall. Bagi yang belum tahu, No Root Firewall ini adalah sebuah aplikasi yang akan membatasi jaringan data, roaming dan wifi.

Cara penggunaan aplikasi ini kurang lebih seperti berikut:

  • Pertama, pastikan dulu kalau kalian sudah mendownload aplikasi No Root Firewall di Play Store.
  • Jika sudah di Instal, maka langsung buka aplikasi No Root Firewall tadi.
  • Pada menu home, kalian bisa tekan opsi Start dan geser ke menu Apps.
  • Berikutnya kalian cari aplikasi yang ingin di metikan jaringan internetnya, cantang sampai berwarna Merah.
  • Selesai, kini aplikasi yang sudah kalian centang tidak akan menggunakan internet lagi secara diam-diam.

2. Aplikasi Net Block – Block Internet per App

Aplikasi kedua yang bisa kalian gunakan untuk membantu membatasi akses internet di beberapa aplikasi tertentu adalah Net Block. Net Block – Block Internet per App adalah sebuah aplikasi yang mempunyai fungsi tidak jauh berbeda dengan aplikasi pertama.

Namun yang membedakan aplikasi ini dengan yang pertama adalah tampilannya yang lebih sederhana serta pastinya sangat mudah untuk digunakan.

Jika kalian berminat untuk memakai aplikasi ini, maka bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama tentu kalian harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Net Block – Block Internet per App di Play Store.
  • Instal seperti biasa dan jika sudah, kalian bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Di menu awal aplikasi, kalian akan langsung menemukan beberapa Daftar Aplikasi dan pilih sesuai yang di inginkan.
  • Untuk memilihnya, kalian hanya perlu Mencentang salah satu aplikasi yang akan di batasi akses internetnya.
  • Jika sudah menemukan semua aplikasi yang ingin di batasi, maka langsung pilih menu Of yang ada di pojok kiri bawah.

Selamat, kini aplikasi yang sudah kalian centang tadi itu tidak akan menggunakan internet yang ada di ponsel kalian secara diam-diam.

3. Aplikasi Internet Guard Data Saver Firewall

Aplikasi pilihan terbaik lainnya yang bisa membantu kalian dalam memblokir internet di aplikasi Android tertentu adalah Internet Guard Data Saver Firewall. Aplikasi ini juga tidak hanya bisa membantu kalian membatasi penggunaan internet di beberapa aplikasi tertentu saja, namun masih ada fitur lainnya.

Dimana Internet Guard Data Saver Firewall ini juga mempu untuk menghemat pemakaian kuota internet dalam pengaturan kondisi tertentu. Contohnya seperti mematikan koneksi internet ketika layar smartphone terkunci dan fitur yang lainnya.

Apabila dari kalian ada yang berminat untuk memakai aplikasi yang satu ini, maka bisa langsung menyimak cara penggunaanya di bawah ini:

  • Masih sama seperti cara di atas, kalian wajib menginstal terlebih dahulu aplikasi Internet Guard Data Saver Firewall di Play Store.
  • Setelah proses instalasi selesai, maka buka aplikasi tersebut.
  • Untuk mengaktifkan fiturnya, pastikan kalian sudah menggeser tombol Enable/Disable yang ada di sudut kiri atas layar.
  • Berikutnya kalian langsung pilih beberapa aplikasi yang memang ingin di batasi penggunaan internetnya, dengan cara menekan icon Wifi sampai berwarna merah.
  • Jika ingin melihat menu pengaturan lainya, kalian bisa menekan ikon Panah.
  • Selesai, aplikasi tersebut tidak akan membuat koneksi internet di ponsel kalian lambat lagi.

Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa semua aplikasi di atas adalah aplikasi VPN? Ya, itu memang aplikasi VPN, tapi fungsi utamanya adalah untuk memblokir konektivitas di setiap aplikasi yang terinstal.

Apakah memakai aplikasi VPN bisa mempengaruhi kecepatan internet? Tentu jawabannya adalah tidak, karena semua aplikasi tersebut tidak mengganggu jalannya internet didalam ponsel.

Penutup

Kesimpulannya, kalian dapat memilih dua cara untuk blokir internet di aplikasi Android tertentu, mulai dari melalui menu pengaturan sampai dengan menginstal aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya kedua pilihan tersebut mempunyai fungsi yang hampir sama, yaitu memblokir koneksi internet di aplikasi tertentu saja.

Semua cara itu sangat aman untuk dilakukan, sehingga kalian tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Karena tidak akan ada dampak buruk yang terjadi pada ponsel kalian saat mengaktifkan fitur tersebut.

Baik, untuk saat ini mungkin sampai disini dulu informasi yang dapat Kampung Gadget hadirkan untuk kalian mengenai cara blokir akses internet di aplikasi Android tertentu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.